Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

YHWH Elohim Yang Mahatahu Tidak Tahu

hai hai's picture

Teologi Reformed mengajarkan bahwa Allah mahakuasa dan mahatahu. Lebih lanjut diajarkan bahwa Mahakuasa artinya mampu melakukan segala sesuatu dan tidak ada yang tidak bisa dilakukannya. Mahatahu artinya mengetahui segala hal dan tidak ada yang tidak diketahuinya. Demi keyakinan demikianlah para Teolog Reformed NEKAD menafsirkan bahkan mengembangkan ajaran yang bertentangan dengan ajaran Alkitab.

Allah Yang Mahatahu Tidak Tahu

Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya." Kejadian 3:22

Pdt. Budi Asali Mdiv mengagulkan dirinya Reformed Sejati dan menuduh Pdt. Dr. Stephen Tong pendiri Gereja Reformed Injili Indonesia (GRII), Sekolah Teologia Reformed Injili (STRI), Sekolah Tinggi Teologia Reformed Injili Indonesia (STTRII) dan Institut Reformed Jakarta (IRJ) bukan Reformed sejati. Bahkan dia menuduh Pdt. Dr. Stephen Tong SESAT karena menyatakan dirinya tidak tahu apakah Kongzi (Confucius) masuk sorga atau tidak namun tahu pasti bahwa Allah akan mengadili Kongzi dengan adil.

Budi Asali mengajarkan bahwa MAHATAHU artinya tidak ada yang tidak diketahui. Allah Tritunggal mahatahu, itu sebabnya tidak ada yang tidak diketahui-Nya. Bila ada yang tidak diketahui itu berarti bukan Allah sejati. Dari mana dia mendapatkan ajaran demikian? Dari hongkong (entah-berentah), karena Alkitab justru mengajarkan hal sebaliknya. Di dalam Eksposisi Kitab Kejadian 3:1:24 dia menulis:

a)   Ay 22a tidak boleh diartikan secara hurufiah. Itu adalah irony (= ejekan). Tuhan mengatakan itu karena Adam/Hawa percaya pada kata-kata setan dalam ay 5.

tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat." Kejadian 3:5

Alkitab mengajarkan bahwa Ular yang menggoda Hawa adalah Iblis. Alkitab juga mengajarkan bahwa Iblis bukan setan. Di dalam Perjanjian Lama Iblis diterjemahkan dari kata Ibrani SATAN, sementara dalam Perjanjian Baru diterjemahkan dari kata Yunani SATANOS dan DIABOLOS. Iblis hanya ada SATU. Kata SETAN diterjemahkan dari kata Yunani DAIMON. Iblis bukan Setan karena Satanos alias Diabolos bukan Daimon. Mengajarkan bahwa Iblis adalah Setan hanya membuktikan bahwa Budi Asali sama sekali tidak memahami apa yang diajarkannya.

Andai kata ajaran Pdt. Budi Asali BENAR. Kepada siapakah TUHAN Allah berfirman? Kepada Allah dan Roh Kudus. Siapa yang diejek? Allah Tritunggal. TUHAN Allah mengejek diri-Nya sendiri dan Allah serta Roh Kudus karena manusia lebih mempercayai Ular alias Iblis (Iblis bukan setan) dari pada Allah. Namun, itu tidak mengubah kenyataan bahwa:

  1.  "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat" berarti HANYA ada satu manusia yang tahu tentang yang baik dan yang jahat
  2.  "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat" berarti HANYA ada satu Allah yang tahu tentang yang baik dan yang jahat

Kejadian 3:22 adalah percakapan antara Allah Tritunggal. Frasa "salah satu dari Kita" berarti HANYA satu dari Kita. Mustahil frasa "salah satu dari Kita" berarti KITA bertiga. HANYA ada satu Allah yang tahu berarti ada DUA Allah yang tidak tahu.

Tentang Kejadian 3:22, salah satu orang blogger Kristen yang menyebut dirinya Adrina dan mengaku muridnya Pdt. Budi Asali MDiv mengajar di Komunitas Blogger Kristen SABDA Space:

Ayat (Kejadian 3:22 – red) itu hanya berbicara tentang adanya komunikasi/perbincangan 'antar Allah' dan menurut saya malaikat tidak terlibat di dalamnya.

Apabila yang diajarkan adrina benar, bukankah itu berarti Alkitab ditulis dalam bahasa SANDI sehingga harus ditafsirkan untuk memahaminya? Dari mana Adrina mendapatkan kunci sandinya sehingga kalimat, "Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat" artinya ada komunikasi antara Allah Tritunggal namun tidak boleh dipahami bahwa Allah dan Roh Allah tidak tahu hal yang jahat"? Dari hongkong (entah-berentah).

Lebih lanjut Adrina mengajarkan bahwa memahami Kejadian 3:22 secara hurufiah berarti MENGHINA atau MENGHUJAT Allah karena Allah sejati MUSTAHIL tidak tahu. Namun dia lupa bahwa dengan menafsirkan Kejadian 3:22 seperti yang dilakukannya berarti membuat BERHALA yang diberinya kuasa untuk MUSTAHIL tidak tahu dan dinamainya Allah. Kejadian 3:22 mengajarkan dengan gamblang dan tegas bahwa Allah Tritunggal yang menyatakan diri lewat Alkitab adalah Allah yang TIDAK mustahil tidak tahu.

Sebagian teolog reformed mengajarkan bahwa Kejadian 3:22a adalah firman Allah yang mustahil dipahami manusia, itu sebabnya tidak boleh ditafsirkan namun juga tidak boleh dipahami bahwa HANYA satu Allah yang tahu yang baik dan yang jahat sementara dua Allah yang lain tidak tahu. Menurut mereka, itu adalah misteri firman Allah. Karena yang diajarkannya tidak diajarkan oleh Alkitab dan para teolog itu menyangkal dirinya adalah nabi yang mendapat wahyu baru MUSTAHIL mengakui bahwa yang mereka ajarkan adalah kebenaran.

Teolog yang lain mengajarkan bahwa Kejadian 3:22 harus DIEDIT dulu lalu dipahami seperti di bawah ini:

Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi YANG seperti salah satu dari Kita TELAH MENJADI tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya." Kejadian 3:22

Kata-kata yang berwarna merah ditambahkan.

Karena yang diajarkannya tidak diajarkan oleh Alkitab dan para teolog itu menyangkal dirinya adalah nabi yang mendapat kuasa untuk mengedit Alkitab  MUSTAHIL mengakui bahwa yang mereka ajarkan adalah kebenaran.

Ada pula teolog yang mengajarkan bahwa Allah yang kita sembah adalah Allah Tritunggal itu sebabnya frasa "salah satu dari Kita" di dalam Kejadian 3:22 harus dipahami sebagai "Kita bertiga". TUHAN Allah MUSTAHIL tidak tahu bahwa salah satu dari Kita artinya salah satu dari Kita, bukan Kita bertiga. Apabila Dia memaksudkan, "Kita bertiga", mustahil Dia mengatakan, "salah satu dari Kita."

Seorang blogger mengajarkan: Apabila yang diketahui TUHAN Allah tidak diketahui Allah dan Roh Allah, itu berarti ketiga-Nya tidak MAHAESA atau KEMAHAESAAN Allah Tritunggal tidak SEMPURNA. Karena Keesaan Allah Tritunggal sempurna, itu berarti mustahil hanya satu Allah yang tahu sedangkan yang lainnya tidak tahu. Kejadian 3:22 mengajarkan dengan gamblang: Hanya satu dari Allah Tritunggal yang tahu hal yang baik dan yang jahat. Apabila kenyataan demikian membuat Allah Tritunggal dianggap tidak MAHAESA secara sempurna, itu berarti Allah Tritunggal yang menyatakan diri lewat Alkitab memang tidak mahaesa secara sempurna. Apabila anda merasa keberatan untuk menyembah Allah Tritunggal demikian, silahkan menyembah Allah Tritunggal yang lain karena saya tetap akan menyembah Allah Tritunggal demikian.

Kejadian 3:22 mengajarkan dengan TEGAS dan GAMBLANG bahwa hanya SATU Allah dari Allah Tritunggal yang tahu hal yang baik dan yang jahat sementara DUA Allah yang lainnya tidak tahu. MUSTAHIL menyangkalnya! Dari pada berlaku TOLOL dan sia-sia menyangkalnya, menurut saya adalah bijaksana menerima kebenaran tersebut lalu berusaha memahaminya.

Tuhan Yesus Yang Mahatahu Tidak Tahu

Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa  sendiri." Matius 24:36

Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa  saja." Markus 13:32

Siapa yang tahu kapan Anak Manusia akan datang lagi ke dunia? Ei Pater Monos! HANYA Bapa sendiri! HANYA Bapa sendiri berarti HANYA Bapa sendiri! HANYA Bapa sendiri berarti Yesus Kristus tidak tahu! HANYA Bapa sendiri berarti Roh Kudus tidak tahu. HANYA Bapa sendiri! Tegas dan gamblang! Mustahil disangkal apalagi ditentang!

Arianisme yang ajarannya diwarisi oleh Saksi Yehova dan Kristen Tauhid mengajarkan bahwa Yesus Tidak tahu karena Dia bukan Allah sejati. Roh Kudus tidak tahu karena Dia bukan Allah namun KUASA. Yesus Kristus memang Allah yang diciptakan namun Dia menciptakan diri-Nya sendiri dari diri-Nya sendiri. Mula-mula Dia menciptakan diri-Nya dari Allah yang tidak kelihatan atau Allah Yang Mahagelap menjadi Allah Yang Mahaterang. Sebagai Allah Yang Mahaterang Dia menggunakan nama TUHAN Allah. TUHAN Allah lalu menciptakan diri-Nya menjadi Malaikat TUHAN atau Malak YHWH. Selanjutnya Malak YHWH menciptakan diri-Nya menjadi Yesus Kristus. Apabila anda tidak suka dengan istilah MENCIPTA, silahkan menggunakan istilah INKARNASI atau MENJELMA. Kenapa saya menggunakan kata MENCIPTA? Karena Sebelum TUHAN Allah menjadi Allah Yang Mahaterang, tidak ada Allah Yang Mahaterang. Sebelum TUHAN Allah menjadi Malak YHWH, tidak ada Allah dalam wujud malaikat. Sebelum Malak YHWH menjadi Yesus Kristus, tidak ada Allah dalam wujud manusia.

Nestorianisme mengajarkan bahwa Yesus memiliki dua pribadi yang terpisah. Yang satu adalah Logos sementara yang lain adalah manusia Yesus. Manusia Yesus memang tidak tahu namun Logos tahu. Yesus Kristus hanya memiliki satu pribadi yaitu Yesus Kristus. Ajaran Yesus dua pribadi bukan ajaran Alkitab.

Kenosis
artinya mengosongkan diri. Kaum Kenosis mengajarkan berdasarkan Filipi 2:5-8 bahwa selama di dunia Yesus Kristus MENANGGALKAN ke-Allahan-Nya, itu sebabnya Dia menjadi tidak mahatahu dan tidak mahakuasa.


Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus, Filipi 2:5


yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, Filipi 2:6

melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Filipi 2:7

Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. Filipi 2:8


Filipi 2:5-8 hanya mengajarkan bahwa Yesus MENANGGALKAN kemuliaan-Nya sebagai Allah namun sama sekali tidak mengajarkan bahwa Dia menanggalkan Ke-Allahan-Nya. Itu sebabnya ketika di dunia Yesus berdoa.

Demikianlah kata Yesus. Lalu Ia menengadah ke langit dan berkata: "Bapa, telah tiba saatnya;  permuliakanlah Anak-Mu, supaya Anak-Mu mempermuliakan Engkau. Yohanes 17:1 

Sama seperti Engkau telah memberikan kepada-Nya kuasa atas segala yang hidup, demikian pula Ia akan memberikan hidup yang kekal kepada semua yang telah Engkau berikan kepada-Nya. Yohanes 17:2

Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus. Yohanes 17:3


Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya. Yohanes 17:4

Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada. Yohanes 17:5

Doa Yesus Kristus tersebut di atas dengan gamblang mengajarkan kepada kita bahwa Dia tidak minta agar dikembalikan kepada ke-Allah-an-Nya namun meminta agar dikembalikan kepada KEMULIANNYA semula.

Miafisitisme mengajarkan bahwa di dalam Kristus hakekat ilahi dan hakekat manusia-Nya saling MENYATU menjadi SATU hakekat sehingga tidak dapat dipisahkan namun sifat masing-masing hakekat yang menyatu itu tidak saling membaur atau saling meniadakan. Selain Ilahi Yesus juga fana. Yesus tidak tahu tentang kedatangan kedua Anak Manusia kerena saat itu Dia sedang dikuasai oleh sifat tidak mahatahu-Nya. Miafisitisme di anut oleh  Gereja Ortodok Siria. Salah satu tokohnya adalah Bambang Noorsena.

Diofisitisme mengajarkan bahwa HAKEKAT Allah (Keilahian) dan hakekat manusia (Kefanaan) Yesus BERPADU namun tidak MENYATU atau BERCAMPUR sehingga terbentuk hakekat BARU. KEILAHIAN Yesus tidak berkurang atau berubah karena kefanaan-Nya dan KEFANAAN Yesus tidak bertambah atau berubah karena Keilahian-Nya. Keilahian dan kefanaan-Nya saling bertahta bergantian secara HARMONIS sesuai dengan kehendak atau pengaturan Allah Bapa. Yesus tidak tahu tentang kedatangan kedua Anak Manusia kerena saat itu Dia sedang dikuasai oleh hakekat manusia-Nya. Gereja Katolik Roma, Gereja Ortodok Yunani (Bizantium) dan Teologi Reformed mengajarkan Diofisitisme.

Baik Miafisitisme maupun Diofisitisme sama-sama bukan ajaran Alkitab. Bahkan keduanya dapat disebut ajaran sesat karena bertentangan dengan ajaran Alkitab. Yesus bukan keturunan Adam yang ke 74 karena Dia bukan anak jasmani Maria.

Yesus Kristus tidak tahu kapan Anak Manusia akan datang kembali ke dunia bukan karena Dia bukan Allah sejati atau karena Dia tidak mahatahu, namun karena Allah Bapa belum memberitahu Dia akan hal itu.

Misteri Tahu


Sebelum ada yang berbuat JAHAT tidak ada yang disebut BAIK. Sebelum ada TERANG tidak ada yang disebut GELAP. Sebelum ada Allah Yang Mahaterang tidak ada yang disebut Allah Yang Mahagelap. Sebelum ada SIANG tidak ada yang disebut MALAM. Sebelum ada PAGI tidak ada yang disebut PETANG. Sebelum mengenal Tuhan yang tinggal dekat (imanen) tidak ada yang disebut Tuhan yang tinggal jauh (transenden). Sebelum ada yang FANA tidak ada yang disebut ILAHI. Sebelum ada yang BIASA tidak ada yang disebut MAHA. Sebelum ada PEMISAHAN belum ada yang disebut PERANTARA.

PERINTAH Pencipta bisa dilanggar oleh ciptaan-Nya namun KETETAPAN Pencipta MUSTAHIL dilanggar oleh ciptaan-Nya bahkan oleh Pencipta sendiri. TUHAN Allah adalah Yesus Kristus. Dia ditetapkan oleh Allah menjadi PERANTARA. Kepada manusia Dia menyampaikan firman Allah yang disampaikan Allah kepada-Nya. Dari manusia kepada Allah Dia menyampaikan doa-doa. Ada PEMISAHAN antara Allah dan PERANTARA dan CIPTAAN. Perantara adalah TUHAN Allah sementara ciptaan adalah manusia. Apabila tidak ada PEMISAHAN antara Allah dan Roh Allah dengan TUHAN Allah, mustahil TUHAN Allah disebut PERANTARA.

Ketika mempelajari kisah penciptaan sorga dan dunia di dalam Kejadian 1:1-31 kita sudah memahami bahwa pada hari pertama Allah menciptakan Terang. Allah lalu memisahkan Terang dari Gelap. Terang yang diciptakan pada hari pertama adalah Allah Yang Mahaterang. Allah sama sekali tidak menciptakan Allah Yang Mahaterang namun menetapkan PERBEDAAN dan PEMISAHAN. Allah Yang Mahagelap adalah Allah dan Roh Allah sementara Allah Yang Mahaterang adalah TUHAN Allah. Allah Yang Mahagelap adalah Allah yang tidak kelihatan atau Allah yang tinggal jauh (transenden) sementara Allah Yang Mahaterang adalah Allah yang tinggal dekat (imanen). Allah yang tinggal dekat adalah PERANTARA antara manusia dengan Allah Yang Mahagelap alias tidak kelihatan.

Semua pasangan suami istri memiliki PENGETAHUAN (kata benda) tentang selingkuh namun hanya pasangan yang salah satu atau keduanya pernah selingkuh saja yang MENGETAHUI (kata kerja) apa itu selingkuh. Yang selingkuh TAHU tentang selingkuh karena pengalamannya berselingkuh. Pasangannya TAHU tentang selingkuh karena pengalamannya diselingkuhi. Yang selingkuh tidak MENGETAHUI selingkuh secara lengkap karena dia tidak TAHU apa yang diketahui oleh pasangan yang diselingkuhinya, demikian pula sebaliknya. Disebut benar-benar MENGETAHUI selingkuh apabila seseorang mengetahui dari pengetahuan yang menyelingkuhi dan diselingkuhi.

Sedih. Semua orang dewasa tahu apa itu sedih. Namun berapa banyak orang dewasa yang tahu apa itu kesedihan karena ditinggal oleh orang yang disayanginya? Anda mustahil mengetahui kesedihan demikian dengan membaca atau mendengar ceritanya. Anda hanya bisa mengetahuinya setelah mengalaminya.

Kita sepakat bahwa DOSA adalah perbuatan yang melanggar perintah Allah. Berbuat dosa berarti melakukan yang jahat dan tidak berbuat dosa berarti melakukan yang baik. Apakah dengan mengetahui kebenaran demikian berarti tahu tentang yang baik dan yang jahat? Benar! Namun itu adalah PENGETAHUAN (kata benda) tentang yang baik dan yang jahat, bukan MENGETAHUI (kata kerja) tentang yang baik dan yang jahat. Untuk mengetahui yang baik dan yang jahat secara lengkap anda harus mengalaminya.

Adam tahu tentang yang baik dan yang jahat karena dia berbuat jahat. TUHAN Allah tahu yang baik dan yang jahat karena Dia dijahati Adam. Di dalam Adam ada Nafas Hidup. Nafas Hidup adalah ROH TUHAN Allah. Adam tahu apa yang TUHAN Allah ketahui tentang yang jahat ketika dijahati lewat Nafas Hidup. TUHAN Allah tahu apa yang Adam ketahui yang jahat ketika Adam menjahati dari Nafas Hidup. Karena Nafas Hiduplah maka pengetahuan TUHAN Allah dan Adam tentang yang baik dan yang jahat sempurna.

Roh manusia adalah pelita TUHAN, yang menyelidiki seluruh lubuk hatinya. Amsal 20:27


Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah. 1 Korintus 2:10

Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh  manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah. 1 Korintus 2:11

Kata "Roh" di dalam Amsal 20:27 diterjemahkan dari kata Ibrani "n@shamah (nesh-aw-maw') bukan Ruwach. N@shamah chay adalah Nafas Hidup yang dihembuskan TUHAN Allah ke dalam Adam. Kata Roh di dalam 1 Korintus 2:10-11 dditerjemahkan dari kata Yunani Pneuma.

Sebelum berbuat jahat Adam memiliki PENGETAHUAN (da`ath - dilafalkan:dah'-ath) tentang yang baik dan yang jahat. Setelah berbuat jahat Adam MENGETAHUI (yada` - dilfalkan yaw-dah') yang baik dan yang jahat. Setelah berbuat jahat Adam MATI dari yang baik. Itu sebabnya dia akan terus berbuat jahat sampai kekal karena tidak ada kebenaran di dalam dirinya. Itu sebabnya DOSA Adam tidak BISA diampuni karena dia MENYANGKAL atau MENGHUJAT Roh Kudus alias Nafas Hidup.

Walaupun Hawa makan buah pengetahuan tentang hal yang baik dan yang jahat namun dia tidak tahu tentang yang baik dan yang jahat. Hal itu terjadi karena standard kebenaran Hawa adalah Adam. Adam adalah ular, dialah yang mengajarkan kepada Hawa bahwa makan buah pengetahuan tidak akan mati dan tidak melanggar perintah Allah namun beroleh pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat seperti Allah. Itu sebabnya Hawa makan buah pengetahuan dengan keyakinan bahwa yang dilakukannya BENAR.

Misteri Kebenaran

Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Yohanes 14:6

Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta. Yohanes 8:44

Yesus Kristus adalah KEBENARAN, itu berarti Nafas Hidup adalah KEBENARAN. Nafas Hidup ada di dalam Adam dan Nafas Hidup sama sekali tidak meninggalkan Adam walaupun dia berdosa. Itu sebabnya setelah Adam mati dan menjadi Iblis, dia memiliki kuasa menjelajah dunia untuk mengikat dan menguasai manusia dan ptantang-ptenteng di sorga untuk menghakimi manusia di hadapan Allah. Itu sebabnya TUHAN Allah berlaku sangat rendah hati kepadanya. Kenapa Yesus Kristus mengajarkan bahwa di dalam Iblis alias Adam tidak ada KEBENARAN?

Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, Yohanes 14:16

yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu. Yohanes 14:17


Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. Yohanes 15:26


Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Yohanes 16:13

Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran. Yohanes 17:17

Maka kata Pilatus kepada-Nya: "Jadi Engkau adalah raja?" Jawab Yesus: "Engkau mengatakan, bahwa Aku adalah raja. Untuk itulah Aku lahir dan untuk itulah Aku datang ke dalam dunia ini, supaya Aku memberi kesaksian tentang kebenaran; setiap orang yang berasal dari kebenaran mendengarkan suara-Ku." Yohanes 18: 37


Di dalam Adam alias Iblis tidak ada KEBENARAN karena Adam MENYANGKAL Nafas Hidup dan tidak memiliki Roh Allah alias Roh Kudus yaitu Roh Kebenaran. Menyangkal Nafas Hidup berarti menghujat Roh Kudus.

Misteri Pengetahuan Allah Tritunggal

Kejadian 3:22 mengajarkan tentang Allah dan Roh Allah TIDAK tahu apa yang diketahui oleh TUHAN Allah. Anda boleh berlaku seperti Pdt. Budi Asali MDiv dan teolog lainnya yang meniru prilaku burung onta yang merasa aman setelah membenamkan kepalanya ke dalam pasir. Anda juga boleh memilih untuk tidak menyembah Allah Tritunggal lagi karena YAKIN ajaran-Nya menyangkal ajaran-Nya sendiri. Namun sebaiknya anda memahami ajaran Alkitab apa adanya lalu berusaha untuk mencari jawabannya dari Alkitab.

Allah MAHAKUASA namun MUSTAHIL menyangkal ketetapan-Nya sendiri. Itulah yang diajarkan oleh Alkitab kepada kita. Ketika Allah menetapkan TUHAN Allah BERPISAH dari Allah dan Roh Allah itu berarti Allah Tritunggal MUSTAHIL menyangkal KETETAPAN demikian. Itu sebabnya Alkitab mengajarkan:

Sebab segala firman yang Engkau sampaikan kepada-Ku telah Kusampaikan kepada mereka dan mereka telah menerimanya. Mereka tahu benar-benar, bahwa Aku datang dari pada-Mu, dan mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. Yohanes 17:8

Banyak yang harus Kukatakan dan Kuhakimi tentang kamu; akan tetapi Dia, yang mengutus Aku, adalah benar, dan apa yang Kudengar dari pada-Nya, itu yang Kukatakan kepada dunia." Yohanes 8:26


Sebab Aku berkata-kata bukan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang mengutus Aku, Dialah yang memerintahkan Aku untuk mengatakan apa yang harus Aku katakan dan Aku sampaikan. Yohanes 12:49

Yesus Kristus adalah TUHAN Allah. Yesus Kristus adalah PERANTARA. Sebagai PERANTARA Dia hanya MENYAMPAIKAN apa yang DISAMPAIKAN Allah alias DIDENGAR dari Allah alias DIKATAKAN Allah kepada-Nya kepada manusia.

Kesimpulan

Kenapa TUHAN Allah tahu yang baik dan yang jahat sementara Allah dan Roh Allah tidak tahu? Karena TUHAN Allah BELUM memberitahu kedua-Nya.

Yesus Kristus adalah Anak Manusia dan Anak Manusia adalah Allah. Kenapa Anak Manusia tidak tahu kapan diri-Nya akan datang kembali ke dunia? Karena Allah Bapa belum memberitahu Dia sementara Dia hanya melakukan semua keinginan Allah Bapa. Itu sebabnya setelah naik ke Sorga dan TAHU kapan Anak Manusia akan kembali lagi ke dunia, Dia segera membaritahu manusia melalui penglihatan kepada rasul Yohanes di pulau Patmos dan tercatat di dalam kitab Wahyu.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Samuel Franklyn's picture

Konsep mirip ini pernah saya baca dalam novel Dune

Kenapa TUHAN Allah tahu yang baik dan yang jahat sementara Allah dan Roh Allah tidak tahu? Karena TUHAN Allah BELUM memberitahu kedua-Nya.

Yesus Kristus adalah Anak Manusia dan Anak Manusia adalah Allah. Kenapa Anak Manusia tidak tahu kapan diri-Nya akan datang kembali ke dunia? Karena Allah Bapa belum memberitahu Dia sementara Dia hanya melakukan semua keinginan Allah Bapa. Itu sebabnya setelah naik ke Sorga dan TAHU kapan Anak Manusia akan kembali lagi ke dunia, Dia segera membaritahu manusia melalui penglihatan kepada rasul Yohanes di pulau Patmos dan tercatat di dalam kitab Wahyu.

Konsep mirip ini pernah saya baca dalam novel Dune. Dalam novel Dune dikisahkan bahwa umat manusia pernah hampir punah karena di bunuh oleh mesin pintar. Karena tragedi ini umat manusia berusaha menciptakan manusia super yang bisa mengalahkan mesin. Manusia super ini di kasih istilah Kwisatz Haderach. Artinya adalah "Shortening of The Way"/Mempersingkat Jalan. Kemampuan manusia super ini adalah prescience. Prescience artinya mengetahui sesuatu akan terjadi sebelum hal itu terjadi. Karena punya kemampuan presience ini maka si Kwisatz diharapkan memimpin umat manusia. Nah dalam novel ini Paul Atreides si Kwisatz Haderah memang bisa tahu apapun yang orang lain mau kerjakan sebelum orang tersebut mengerjakannya. Selain Paul Atreides maka ada kelompok orang lain yang juga punya kemampuan prescience yang terbatas yaitu Guild Navigators. Nah keterbatasan kemampuan prescience adalah seorang prescience tidak bisa tahu apa yang akan dikerjakan oleh seorang prescience lainnya. Jadi Paul tahu apa mau dikerjakan oleh orang lain kecuali orang tersebut punya kemampuan prescience juga macam Guild Navigator.

Nah dalam blog ini maka ketidak tahuan Allah Yang Mahatahu itu adalah dalam konteks antar sesama Allah Tritunggal. Dari sudut pandang manusia maka Allah Mahatahu akan tetapi tidak dari sudut pandang sesama Allah Tritunggal.

matahari's picture

Sebuah Uraian Yang Cerdas !!!

Hanya ada satu kata... "SMART" !!!

 

hai hai's picture

@Matahari, Terimakasih

Saudara matahari, terima kasih atas pujiannya. Bagaimana khabarnya? Cukup lama anda menghilang dari peredaran lho.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

darma's picture

Dua serangkai bukan Tiga kali ya.

-Sumber imajinasinya sama .dari komik

-jadi hasilnya juga sama.

-Saling memuji di dalam satu group atau memuji kasil karya bersama adalah WAJAR untuk menciptakan IMAGE yang baik .

-Dengan image yang baik Pelanggan yang ragu2 akan lebih yakin.

matahari's picture

@Ko Hai

Iya Ko, abis sunset policy kemaren trus disibukkan dengan sampingan-sampingan lain sampe jarang browsing... paling cuma buka email...

Ini mumpung proyek lagi sepi, saham lagi drop, saya manfaatkan untuk belajar di SS... mumpung Pakarnya SS yang mengundang banyak kontroversi masih aktif nulis disini... hehehe....

Ko Hai punya ilmu yang langka... saya sarankan semua tulisan / risalahnya itu dikemas jadi buku, rasanya akan lebih muantap...

 

hai hai's picture

@Matahari, Sibuk = Uang

Wah matahari, sibuk berarti uang dong?

akan kita coba untuk mengemasnya menjadi buku. Setelah terbit tolong beli dan promosikan kepada teman-teman ya?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Adam Kurniawan's picture

@ Hai soal Kej 3:22

Dari SMP hingga kuliah, saya sudah mengerti dan tidak menganggap ayat Kej 3:22 susah, misteri, atau apa yg disebut Hai2.

Kej 3:22, sederhana mengertinya,

Adam telah menjadi seperti Bapa, tahu tentang Baik dan Jahat,

Adam telah menjadi seperti Firman/Yesus, tahu tentang Baik dan Jahat,

Adam telah menjadi seperti Roh Kudus, tahu tentang Baik dan Jahat.

makanya ayat ini berbunyi:

Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya." Kejadian 3:22

KS-ILT Edisi 2,

Gen 3:22 Dan berfirmanlah YAHWEH, Elohim, “Lihatlah, manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, mengetahui tentang yang baik dan yang jahat. Maka sekarang, jangan sampai dia mengulurkan tangannya dan mengambil juga dari pohon kehidupan, dan memakannya, dan hidup untuk selamanya.”

LITV (Literal Version),

Gen 3:22 And Jehovah God said, Behold! The man has become as one of Us, to know good and evil. And now, lest he put forth his hand and also take from the Tree of Life, and eat, and live forever,

Bapa bicara dg 2 pribadi lainnya dalam Tritunggal Allah, atau mungkin Anak/Firman/Yesus bicara dg 2 pribadi lainnya dalam Tritunggal Allah, atau mungkin Roh Kudus bicara dg 2 pribadi lainnya dalam Tritunggal Allah.

Tergantung siapa yg mau anda jadikan sbg subjek pada kata "Berfirmanlah YHWH Elohim (Elohim=Kejamakan dalam diri Allah)......"

Jika anda sulit memahami ayat itu, saya berikan ilustrasi yg sederhana agar teman2 di SS dapat mengerti.

ada 3 orang Dosen (Dosen A, Dosen B, Dosen C), dan ada seorang mahasiswa jenius kayak dosen, bernama D.

Lalu berkatalah Dosen A dihadapan dua dosen lainnya, "Si D, mahasiswa jenius itu telah menjadi seperti salah satu dari KITA, tahu tentang Teori Relativitas Khusus."

Nah, begitulah cara sederhana memahami ayat Kej 3:22 di atas. Ilustrasi jangan dibawa terlalu jauh. Hanya sebatas analogi yg saya maksudkan.

Saran saya untuk Hai2, menulis artikel jangan tendensius, terus usahakan menyebut sumber kutipan/daftar pustaka yg jelas, baik nama Teolog yg anda sebut "Sebagian Teolog" juga buku2 mereka yg anda baca dan pakai, mohon dicantumkan sbg tanda menghargai mereka.

Untuk Pribadi Yesus: satu Pribadi dg DUA NATUR: Tuhan dan Manusia, bacalah buku John Flipse Walvoord: "Yesus Kristus Tuhan Kita", penerbit YAKIN. Di sana sudah dijelaskan panjang dan lebar.

Saya sangat kuatir, Hai2 bisa benar2 jadi Guru Palsu dan Pengajar Sesat kaum awam SS. Jadi belajarlah Hermeneutika di STRIY ambil 3 sks saja di sana, karena anda mengaku Reformed, jadi belajarlah dg Pdt. Tommy J. Matakupan teman anda yg sering anda sebutkan sbg salah seorang Penguji artikel2 blog anda, belajar dg beliau 3 sks saja soal Hermeneutika, agar tidak salah Tafsir dan Menyesatkan anda juga orang2 di SS.

Selamat Belajar Alkitab. Tetap Semangat:)

1 korintus 15:58

__________________

1 korintus 15:58

hai hai's picture

@Dede Wijaya, Tertangkap Basah

Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya." Kejadian 3:22

Bapa bicara dg 2 pribadi lainnya dalam Tritunggal Allah, atau mungkin Anak/Firman/Yesus bicara dg 2 pribadi lainnya dalam Tritunggal Allah, atau mungkin Roh Kudus bicara dg 2 pribadi lainnya dalam Tritunggal Allah.

Tergantung siapa yg mau anda jadikan sbg subjek pada kata "Berfirmanlah YHWH Elohim (Elohim=Kejamakan dalam diri Allah)......"

Dede Wijaya, anda benar benar mengenaskan karena belum mampu membedakan antara Allah, TUHAN Allah dan Roh Allah. Silahkan klik di sini mungkin setelah membaca blog saya tersebut anda mendapat pencerahan.

Saran saya untuk Hai2, menulis artikel jangan tendensius, terus usahakan menyebut sumber kutipan/daftar pustaka yg jelas, baik nama Teolog yg anda sebut "Sebagian Teolog" juga buku2 mereka yg anda baca dan pakai, mohon dicantumkan sbg tanda menghargai mereka.

Dede Wijaya, yang berkali-kali tertangkap basah copy paste dan mengakui tulisan orang lain itu anda lho. Yang berkali-kali menangkap basah anda mencuri karya orang lain itu hai hai lho. Silahkan klik di sini untuk menyegarkan ingatan anda. Syukur kepada Allah nampaknya setelah berkali-kali di baned nampaknya anda sudah BERTOBAT sekarang.

Untuk Pribadi Yesus: satu Pribadi dg DUA NATUR: Tuhan dan Manusia, bacalah buku John Flipse Walvoord: "Yesus Kristus Tuhan Kita", penerbit YAKIN. Di sana sudah dijelaskan panjang dan lebar.

Terima kasih untuk saran anda.

Saya sangat kuatir, Hai2 bisa benar2 jadi Guru Palsu dan Pengajar Sesat kaum awam SS. Jadi belajarlah Hermeneutika di STRIY ambil 3 sks saja di sana, karena anda mengaku Reformed, jadi belajarlah dg Pdt. Tommy J. Matakupan teman anda yg sering anda sebutkan sbg salah seorang Penguji artikel2 blog anda, belajar dg beliau 3 sks saja soal Hermeneutika, agar tidak salah Tafsir dan Menyesatkan anda juga orang2 di SS.

Terima kasih untuk kekuatiran anda Dede Wijaya. Perlu anda ketahui bahwa Saya adalah alumni STRIJ angkatan 1986. Oh ya, anda tahu sekolah Teologia Parakletos di Yogyakarta? Saya juga tercatat sebagai mahasiswa angkatan pertamanya lho. Ketika anda masih ingusan saya sudah belajar Hermeneutika Dede Wijaya yang terhormat. Namun sekali terima kasih atas sarannya. Bagaimana bila anda menasehati diri anda dulu sebelum menasehati orang lain?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Adam Kurniawan's picture

@ Hai2, kok lama balesnya baru sekarang

Saya pikir anda tdk akan bales komentar saya tadi malem.

---------------------------------------------------------------------------

Dari SMP hingga kuliah, saya sudah mengerti dan tidak menganggap ayat Kej 3:22 susah, misteri, atau apa yg disebut Hai2.

Kej 3:22, sederhana mengertinya,

Adam telah menjadi seperti Bapa, tahu tentang Baik dan Jahat,

Adam telah menjadi seperti Firman/Yesus, tahu tentang Baik dan Jahat,

Adam telah menjadi seperti Roh Kudus, tahu tentang Baik dan Jahat.

makanya ayat ini berbunyi:

Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya." Kejadian 3:22

KS-ILT Edisi 2,

Gen 3:22 Dan berfirmanlah YAHWEH, Elohim, “Lihatlah, manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, mengetahui tentang yang baik dan yang jahat. Maka sekarang, jangan sampai dia mengulurkan tangannya dan mengambil juga dari pohon kehidupan, dan memakannya, dan hidup untuk selamanya.”

LITV (Literal Version),

Gen 3:22 And Jehovah God said, Behold! The man has become as one of Us, to know good and evil. And now, lest he put forth his hand and also take from the Tree of Life, and eat, and live forever,

Bapa bicara dg 2 pribadi lainnya dalam Tritunggal Allah, atau mungkin Anak/Firman/Yesus bicara dg 2 pribadi lainnya dalam Tritunggal Allah, atau mungkin Roh Kudus bicara dg 2 pribadi lainnya dalam Tritunggal Allah.

Tergantung siapa yg mau anda jadikan sbg subjek pada kata "Berfirmanlah YHWH Elohim (Elohim=Kejamakan dalam diri Allah)......"

Jika anda sulit memahami ayat itu, saya berikan ilustrasi yg sederhana agar teman2 di SS dapat mengerti.

ada 3 orang Dosen (Dosen A, Dosen B, Dosen C), dan ada seorang mahasiswa jenius kayak dosen, bernama D.

Lalu berkatalah Dosen A dihadapan dua dosen lainnya, "Si D, mahasiswa jenius itu telah menjadi seperti salah satu dari KITA, tahu tentang Teori Relativitas Khusus."

Nah, begitulah cara sederhana memahami ayat Kej 3:22 di atas. Ilustrasi jangan dibawa terlalu jauh. Hanya sebatas analogi yg saya maksudkan.

Saran saya untuk Hai2, menulis artikel jangan tendensius, terus usahakan menyebut sumber kutipan/daftar pustaka yg jelas, baik nama Teolog yg anda sebut "Sebagian Teolog" juga buku2 mereka yg anda baca dan pakai, mohon dicantumkan sbg tanda menghargai mereka.

Untuk Pribadi Yesus: satu Pribadi dg DUA NATUR: Tuhan dan Manusia, bacalah buku John Flipse Walvoord: "Yesus Kristus Tuhan Kita", penerbit YAKIN. Di sana sudah dijelaskan panjang dan lebar.

Saya sangat kuatir, Hai2 bisa benar2 jadi Guru Palsu dan Pengajar Sesat kaum awam SS. Jadi belajarlah Hermeneutika di STRIY ambil 3 sks saja di sana, karena anda mengaku Reformed, jadi belajarlah dg Pdt. Tommy J. Matakupan teman anda yg sering anda sebutkan sbg salah seorang Penguji artikel2 blog anda, belajar dg beliau 3 sks saja soal Hermeneutika, agar tidak salah Tafsir dan Menyesatkan anda juga orang2 di SS.

Selamat Belajar Alkitab. Tetap Semangat:)

1 korintus 15:58
 

------------------------------------------------------------

TUHAN Allah=YHWH Elohim, Allah=Elohim, Roh Allah=Ruah Elohim.

Pengertian anda yg beda2kan istilah ini seolah TUHAN Allah, beda dg Allah, padahal Musa dalam Kej 2:4 memperkenalkan nama Allah dalam Kej 1:1, yaitu TUHAN (YAHWEH=YHWH). Jadi mohon jangan beda2kan sesuai dg apa yg anda mau.

Dalam menafsir mohon jangan pake motede DEDUKSI seperti yg biasa anda lakukan. Ada konsep dulu, lalu anda cari ayat2 pendukung yg lepas konteks, dll, sehingga sesuai dg apa yg Hai2 mau.

Saya tidak melihat anda menerapkan HERMENEUTIKA dalam pembahasan blog2 anda, dan anda punya kecenderungan menafsir dg metode DEDUKSI.

__________________

1 korintus 15:58

hai hai's picture

@Dede, Anda Harus Belajar

Dede, komentar-komentar tidak bermutu memang baru saya jawab ketika benar-benar senggang.

TUHAN Allah=YHWH Elohim, Allah=Elohim, Roh Allah=Ruah Elohim.

Pengertian anda yg beda2kan istilah ini seolah TUHAN Allah, beda dg Allah, padahal Musa dalam Kej 2:4 memperkenalkan nama Allah dalam Kej 1:1, yaitu TUHAN (YAHWEH=YHWH). Jadi mohon jangan beda2kan sesuai dg apa yg anda mau.

Dede wijaya, saya mohon anda jangan keras kepala. Saya menasehati anda untuk klik di sini guna membaca blog saya agar anda mengerti ajaran tentang Allah Tritunggal dengan benar. Jadi mohon, jangan kekeh jumekeh pada ketidak tahuan anda.

Dalam menafsir mohon jangan pake motede DEDUKSI seperti yg biasa anda lakukan. Ada konsep dulu, lalu anda cari ayat2 pendukung yg lepas konteks, dll, sehingga sesuai dg apa yg Hai2 mau.

Mohon anda jangan menuduh orang lain sembarangan, menuduh orang lain sesat tidak akan membuat anda benar. Dari pada membuang waktu menuduh orang lain membabibuta, lebih baik anda tunjukkan salahnya lalu ajarkan yang benar. Karena anda tidak punya kemampuan demikian, sebaiknya diam seribu bahasa dan rajin-rajinlah belajar.

Saya tidak melihat anda menerapkan HERMENEUTIKA dalam pembahasan blog2 anda, dan anda punya kecenderungan menafsir dg metode DEDUKSI.

Saya sudah belajar HERMENEUTIKA ketika anda masih ingusan dan ngompol di celana, itu sebabnya Mustahil anda menilai kemampuan HERMENEUTIKA saya dengan ilmu anda yang baru seujung kuku. Dede, saya mohon anda belajar baik-baik. Nggak ada salahnya ikut PESTA agar anda bisa belajar Teologi dengan cara yang benar. Walaupun gratis namun PESTA sangat berkualitas. apabila anda ingin kuliah di STRIY namun mengalami kesulitan, bilang saja, saya kenal baik dengan Pdt. Thomy Matakupan, saya akan minta tolong dia membantu anda.

Dede Wijaya, saya mohon anda belajar baik-baik. Silahkan klik di sini agar anda bisa belajar  APOLOGETIKA yang benar. Lucu kan, anda menganggap diri sedang berapologetika padahal yang anda lakukan hanya menuduh orang sembarangan? Tentang menghakimi, silahkan klik di sini untuk mempelajarinya agar anda tidak menghakimi membabibuta.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Adam Kurniawan's picture

@ Hai2, baca Kej 3:5

Ayat lain yang masih dalam satu pasal yg membantu memahami Kej 3:22 yaitu Kej 3:5

Gen 3:5 tetapi Allah mengetahui bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat."

 

1 korintus 15:58

__________________

1 korintus 15:58

Joshua Li's picture

Sdr Hai-hai : mohon petunjuk

ada tulisan sdr :

-Yesus Kristus adalah Tuhan Allah ?

-Yesus Kristus adalah Allah ?

mana yang benar ?

-Siapa yang berfirman = Tuhan Allah atau Allah ?

-Siapa sang pencipta = Tuhan Allah atau Allah ?

 

Mohon pencerahan, terima kasih sdr Hai-hai

 

Selamat NATAL                                                                                                                                                            

hai hai's picture

@joshua Li, Allah dan TUHAN Allah

Joshua Li, kata Alah diterjemahkan dari kata Ibrani Elohiym. Elohiym artinya Allah Tritunggal, elohiym juga berarti Allah Bapa. TUHAN Allah diterjemahkan dari kata Ibrani YHWH Elohiym. TUHAN Allah umumnya di panggil TUHAN (YHWH).

Siapa yang berfirman? Bila anda baca Alkitab dengan teliti dan hati-hati, maka anda akan tahu siapa yang berfirman. Namun, semua firman disampaikan kepada manusia melalui TUHAN Allah (PL), Yesus Kristus (PB) dan Roh Kudus (kitab Wahyu).

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

kabarsukacita's picture

@Hai..hai, salah satu dari Kita

Hai..ini topik menarik. Untuk hal ini, pikiran dan ide saya tercabang menjadi dua hal, yaitu

-"persis seperti kamu (hanya 1 yang tahu)" dan lainnya 

-"manusia menjadi salah satu mahluk ciptaan Tuhan yang tahu atas pengetahuan baik dan jahat (kamu baca versi KJV)." Di versi KJV, Tuhan Allah berfirman bahwa manusia sebagai subyek pembicaraan karena mengetahui tentang yang baik dan jahat.

Mungkin anda bisa berikan lebih banyak ayat pendukung lagi buat opini anda, sebab menurut saya alasan anda masih lemah.

.: "Tuhan Yesus adalah Yang Awal dan Yang Akhir. Dia-lah Jalan, Kebenaran, Kebangkitan, dan Kehidupan." :.

__________________

.: "Tuhan Yesus adalah Yang Awal dan Yang Akhir.
Dia-lah Jalan, Kebenaran, Kebangkitan, dan Kehidupan." :.

hai hai's picture

@Kabarsukacita, Seperti Salah Satu

Kabarsukacita, baiklah saya akan kutip komentar saya di blogg si stefanusmukmin. Semoga anda memahaminya.

Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat ; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya." Kejadian 3:22

Then the LORD God said, "Behold, the man has become like one of Us, to know good and evil. And now, lest he put out his hand and take also of the tree of life, and eat, and live forever" Genesis 3:22 - NKJV

Then the LORD God said, "Behold, the man has become as one of Us, to know good and evil. And now, lest he put out his hand and take also of the tree of life, and eat, and live forever" –– Genesis 3:22 - KJV

And the LORD God said, "The man has now become like one of us, knowing good and evil. He must not be allowed to reach out his hand and take also from the tree of life and eat, and live for ever." Genesis 3:22 - NIV

And the Lord God said, “Now that the man has become like one of us, knowing good and evil, he must not be allowed to stretch out his hand and take also from the tree of life and eat, and live forever.” Genesis 3:22 - NetBible

Then the LORD God said, "Behold, the man has become like one of Us, knowing good and evil; and now, he might stretch out his hand, and take also from the tree of life, and eat, and live forever"— Genesis 3:22 - NASB


Then the LORD God said, "The people have become as we are, knowing everything, both good and evil. What if they eat the fruit of the tree of life? Then they will live forever!" Genesis 3:22 - NLT

M23, sebenarnya si stefanusmukmin alias p'tong, alias amara alias setiadi alias rivani SAMA SEKALI tidak memahami apa yang dia TULIS. Maklumlah, walaupun gembar-gembor tentang betapa pentingnya pengetahuan bahasa namun sesungguhnya pengetahuan bahasanya benar-benar parah. Itu sebabnya dia sama sekali tidak memahami apa yang dia BACA.

JUDUL Blog dia, "NGGAK TAHU TAPI SOK TAHU" memang cocok dengan isi blognya dan cocok menggambarkan dirinya. Saya sengaja menjelaskan hal ini agar blog ini tidak berkembang menjadi debat kusir nggak karu-karuan.

Perhatikan kata SEPERTI alias LIKE alias AS yang saya beri warna MERAH dan CORET. Memang ada teolog yang mengajarkan bahwa kata SEPERTI alias LIKE alias AS itu tidak ada di dalam bahasa aslinya. Apabila anda perhatikan Strong di dalam SABDA Alkitab memang kita cenderung untuk setuju bahwa kata  SEPERTI alias LIKE alias AS itu tidak ada.

Selanjutnya teolog-teolog itu menjelaskan bahwa frasa "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat" Tidak boleh dipahami bahwa manusia telah MENJADI Allah namun harus dipahami bahwa manusia HANYA menjadi SALAH SATU yang tahu hal yang baik dan yang jahat.

Saya sudah mencari-cari namun tidak menemukan sumber pustaka yang yang benar-benar dapat dipercaya tentang pertentangan tersebut NAMUN berpihak pada para penerjemah Alkitab yang saya kutip karena isinya lebih konsisten dan dapat dipercaya.

Apabila yang dimaksudkan dengan TAHU yang baik dan yang jahat itu hanya TAHU tentang PENGETAHUAN yang baik dan yang jahat, itu berarti Adam sudah memiliki pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat SEBELUM dia makan buah pengetahuan.

Saya sudah menjelaskan di blog saya tentang MISTERI tahu dan misteri Pegnetahuan Allah Tritunggal.

Ajaran bahwa Allah MAHATAHU artinya TIDAK ada yang Dia tidak tahu itu memang nampak seolah-olah HEBAT namun tidak alkitabiah dan tidak masuk akal.

Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia. Lukas 2:52

Apakah Tuhan Yesus TAHU rasanya menjadi manusia sebelum Dia menjadi manusia? Tentu saja Dia tidak tahu. Yohanes 17:1-26 adalah DOA Tuhan Yesus kepada Allah Bapa. Itu adalah ungkapan hati-Nya kepada Allah Bapa. Kenapa Yesus PERLU berdoa?

Alkitab banyak mencatat kisah-kisah PERCAKAPAN antara Allah Tritunggal. Kenapa Allah Tritunggal PERLU bercakap-cakap bila semuanya SUDAH diketahui?

Ada jalan yang disangka lurus namun ujungnya menuju maut. Amsal 16:25

Itulah yang terjadi dengan doktrin Allah Tritunggal MUSTAHIL tidak tahu.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

kabarsukacita's picture

@hai...maaf alasan anda masih lemah

Untuk kejadian 3:22 masih sangat lemah alasan anda...itu pun belum mencapai kesimpulan, masih 50% 50%, tetapi saya cenderung setuju bahwa subyek pembicaraan adalah adam dan hawa telah tahu baik dan jahat. Makanya saya menuntut anda lebih melakukan riset leih lanjut, karena terlalu dini. Sayapun pernah sempat berpikiran seperti anda sebelumnya, tetapi setelah saya cek kembali hal ini masih belum pasti.

Semoga anda paham maksud saya untuk tidak memaksa dulu karena bukti masih belum pasti.

Selamat Natal '09

.: "Tuhan Yesus adalah Yang Awal dan Yang Akhir. Dia-lah Jalan, Kebenaran, Kebangkitan, dan Kehidupan." :.

__________________

.: "Tuhan Yesus adalah Yang Awal dan Yang Akhir.
Dia-lah Jalan, Kebenaran, Kebangkitan, dan Kehidupan." :.

bintang seven's picture

kok dicoret hai?

Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat ; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya." Kejadian 3:22

kok kata spt nya dicoret? justru penting krn contoh yg bengcu tulis:

Semua pasangan suami istri memiliki PENGETAHUAN (kata benda) tentang selingkuh namun hanya pasangan yang salah satu atau keduanya pernah selingkuh saja yang MENGETAHUI (kata kerja) apa itu selingkuh. Yang selingkuh TAHU tentang selingkuh karena pengalamannya berselingkuh. Pasangannya TAHU tentang selingkuh karena pengalamannya diselingkuhi. Yang selingkuh tidak MENGETAHUI selingkuh secara lengkap karena dia tidak TAHU apa yang diketahui oleh pasangan yang diselingkuhinya, demikian pula sebaliknya. Disebut benar-benar MENGETAHUI selingkuh apabila seseorang mengetahui dari pengetahuan yang menyelingkuhi dan diselingkuhi

krn Tuhan Allah mengetahui bukan krn IA berbuat jahat tp ia mengetahuinya setelah dijahati adam...jd kata spt menegaskan adam tau yg jahat krn ia berbuat jahat sementara Tuhan ALlah tau setelah dijahati adam dari nafas hidup yg berdiam di dlm adam.

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

hai hai's picture

@B7, Tidak Dicoret

B7, itu dicoret sebagai contoh bahwa ada sebagian teolog yang MENCORET kata SEPERTI dari ayat tersebut. Namun yang benar adalah TIDAK dicoret.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

hai hai's picture

@kabarsukacita, 50% 50%

Untuk kejadian 3:22 masih sangat lemah alasan anda...itu pun belum mencapai kesimpulan, masih 50% 50%, tetapi saya cenderung setuju bahwa subyek pembicaraan adalah adam dan hawa telah tahu baik dan jahat. Makanya saya menuntut anda lebih melakukan riset leih lanjut, karena terlalu dini. Sayapun pernah sempat berpikiran seperti anda sebelumnya, tetapi setelah saya cek kembali hal ini masih belum pasti.

Semoga anda paham maksud saya untuk tidak memaksa dulu karena bukti masih belum pasti.

kabarsukacita, ketika anda menyatakan pemahaman saya 50% 50% itu berarti apa yang anda yakini selama ini juga 50% 50%. 

tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat." Kejadian 3:5

Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya." Kejadian 3:22

Apabila anda bandingkan Kejadian 3:5 dan Kejadian 3:22 maka anda akan melihat kesamaannya baik dalam terjemahannya maupun dalam bahasa Ibraninya.

Saya menyebutnya SISTEM KASTA alam semesta. Anda bolah boleh saja menyetujui para teolog yang mengajarkan bahwa Kejadian 3:22 harusnya tertulis:

Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat

Namun anda harus ingat, bahwa yang berbicara di dalam Kejadian 3:5 adalah CIPTAAN yang SOMBONG sementara yang berbicara di dalam Kejadian 3:22 adalah Allah Tritunggal yang mengerti TATANAN sistem kasta alam semesata. Walaupun dalam keadaan MABUK, anda tidak akan pernah berkata, "Anjing itu telah menjadi salah satu dari kita, tahu membalas budi." Anda akan berkata, "Anjing itu menjadi SEPERTI kita, tahu membalas budi."

Saya ingat sebuah kisah dalam Alkitab, ketika seseorang menyangka Tabut bait Allah akan jatuh, dia menyanggahnya. Akibatnya fatal, dia mati saat itu juga. Itulah yang saya maksudkan dengan HUKUM sistem kasta alam semesta.

Semua malaikat harus menyembah Anak Manusia. Yang terjadi adalah malaikat berdosa alias roh jahat alias setan juga menyembah. Semua lutut harus bertelut kepada Yesus Kristus. Yang terjadi semua manusia baik jahat (Paulus) maupun murid-Nya (Yohanes) TERSUNGKUR menyembah-Nya. Itulah yang saya maksudkan dengan HUKUM sistem kasta alam semesta.

Sistem kasta alam semesta, untuk sebuah kalimat yang lebih baik saya menyebutnya sistem kasta KERAJAAN Allah.

kabarsukacita, itulah yang dilupakan oleh para teolog yang mengajarkan bahwa Kejadian 3:22 seharusnya dipahami:

Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat

Di samping itu, bila anda hendak meragukan apa yang saya pahami, maka anda harus menyangkal apa yang saya tulis tentang Misteri Tahu.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

GODARMY's picture

Ko Hai met natal

Kiranya semangat dan damai natal, tidak menurunkan semangat anda untuk selalu mengajar dan memberitakan berita injil di ss ini.Teruslah menulis dan berkarya. Tuhan Yesus memberkati anda dan keluarga anda.

SELAMAT NATAL 2009

candle

JESUS IS GOD

__________________

JESUS IS GOD

hai hai's picture

GodArmy and All, Selamat Natal

Godarmy dan handai taulan sekalian, "Selamat Nata!"

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@haihai : ampunnn...

Bwi hi hi hi...

 

tanya ular saja hai, maka kamu akan mengerti maksud dari kejadian 3 : 22.

kenapa ya kamu selalu mengalami kesulitan memahami ALLAH TRITUNGGAL.

 

tanya kenapa ?!?!?!

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

kane's picture

minta penjelasannya donk

haihai menulis:

Andai kata ajaran Pdt. Budi Asali BENAR. Kepada siapakah TUHAN Allah berfirman? Kepada Allah dan Roh Kudus. Siapa yang diejek? Allah Tritunggal. TUHAN Allah mengejek diri-Nya sendiri dan Allah serta Roh Kudus karena manusia lebih mempercayai Ular alias Iblis (Iblis bukan setan) dari pada Allah. Namun, itu tidak mengubah kenyataan bahwa:
 1. "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat" berarti HANYA ada satu manusia yang tahu tentang yang baik dan yang jahat
 2. "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat" berarti HANYA ada satu Allah yang tahu tentang yang baik dan yang jahat

Kejadian 3:22 adalah percakapan antara Allah Tritunggal. Frasa "salah satu dari Kita" berarti HANYA satu dari Kita. Mustahil frasa "salah satu dari Kita" berarti KITA bertiga. HANYA ada satu Allah yang tahu berarti ada DUA Allah yang tidak tahu.
 

 pertanyaan gw:

untuk kenyataan yg dituliskan pada point 1, jika hanya ada satu manusia yang tahu tentang yang baik dan yang jahat, mengapa Allah tidak langsung menyebut si adam langsung atau si hawa langsung? apakah ini berarti bahwa Allah hanya ingin membuat kita bingung?, ataukah Allah tidak mampu menuduh salah satu dari adam atau hawa? ataukah Allah lupa akan nama manusia yang dimaksud?

untuk point 2 yang anda tuliskan, bahwa hanya ada satu Allah yang tahu tentang yg baik dan yg jahat, mengapa Allah yang berfirman tersebut tidak langsung menyebut Bapakah, Yesuskah, atau Roh Kuduskah yang dimaksud? apakah ini artinya bahwa ada perasaan tidak enak dari Allah yang berfirman untuk menunjuk langsung Allah mana yang dimaksud? ataukah yang berfirman tersebut lupa akan nama Allah yang dimaksud? ataukah sekali lagi Allah hanya ingin membuat kita bertanya2 dan menjadi sesat?

bro hai2, jika firman tersebut diartikan sedemikian seperti yang anda tuangkan, maka saya juga bisa menarik kesimpulan bahwa Allah yang anda maksudkan itu adalah Allah yang tidak becus dalam mengajar, Allah yang suka bikin orang bingung, Allah yang suka melihat manusia menjadi sesat karena ketidakjelasannya itu, Allah yang tidak sempurna karena tidak bisa mengajar kebenaran sejati? dll.......

hai hai's picture

@Kane, Pokoknya

Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu ADAM telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya." Kejadian 3:22

untuk kenyataan yg dituliskan pada point 1, jika hanya ada satu manusia yang tahu tentang yang baik dan yang jahat, mengapa Allah tidak langsung menyebut si adam langsung atau si hawa langsung? apakah ini berarti bahwa Allah hanya ingin membuat kita bingung?, ataukah Allah tidak mampu menuduh salah satu dari adam atau hawa? ataukah Allah lupa akan nama manusia yang dimaksud?

Kanre, kata MANUSIA itu diterjemahkan dari kata Ibrani ADAM kata TELAH MENJADI diterjemahkan dari kata Ibrani HAYAH, bentuk yang digunakan adalah bentuk TUNGGAL artinya untuk SATU orang.

Kata IA MENGULURKAN dan kata IA MEMAKANNYA juga bentu TUNGGAL, untuk satu orang.

untuk point 2 yang anda tuliskan, bahwa hanya ada satu Allah yang tahu tentang yg baik dan yg jahat, mengapa Allah yang berfirman tersebut tidak langsung menyebut Bapakah, Yesuskah, atau Roh Kuduskah yang dimaksud? apakah ini artinya bahwa ada perasaan tidak enak dari Allah yang berfirman untuk menunjuk langsung Allah mana yang dimaksud? ataukah yang berfirman tersebut lupa akan nama Allah yang dimaksud? ataukah sekali lagi Allah hanya ingin membuat kita bertanya2 dan menjadi sesat?

Apabila saya yang menulis Ayat tersebut pasti akan saya tulis:

Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu ADAM telah menjadi seperti GUE, salah satu dari Kita, NGGAK KAYAK ENTE BEDUE, tahu tentang yang baik dan yang jahat.

Namun sayang, bukan saya yang menulis kitab Kejadian.

bro hai2, jika firman tersebut diartikan sedemikian seperti yang anda tuangkan, maka saya juga bisa menarik kesimpulan bahwa Allah yang anda maksudkan itu adalah Allah yang tidak becus dalam mengajar, Allah yang suka bikin orang bingung, Allah yang suka melihat manusia menjadi sesat karena ketidakjelasannya itu, Allah yang tidak sempurna karena tidak bisa mengajar kebenaran sejati? dll.......

Kane, sebenarya tidak ada masalah dengan ayatnya. Coba anda baca ayat tersebut dengna hati-hati dan teliti. Masalah muncul karena beberapa TEOLOG membuat PERATURAN bahwa Allah TIDAK BOLEH tidak tahu.

Bila anda bertanya, ayat Alkitab mana yang mengajarkan bahwa Allah TIDAK boleh tidak tahu? Maka mereka akan menjawab, "POKOKNYA Allah tidak boleh tidak tahu!"

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

kane's picture

jadi?

saya baru melihat profil anda, dan saya baru mengetahui bahwa anda sudah berkepala 4, maka akan lebih baik juka mulai sekarang saya memanggil anda dengan sebutan bapak (sudah berkeluarga juga lagipula)

begini pak Hai2,

pada kisah di kejadian 3:22 anda pada point 1 menjelaskan dengan gamblang penulisan bahwa manusia yang tertulis dalam alkitab itu adalah terjemahan dari adam. oke, saya mengerti dan jelas, namun pada penjelasan anda di point 2 anda hanya berkata bahwa bukan anda yang menulis kitab kejadian tersebut sehingga penunjukan Allah mana yang mengetahui baik dan jahat menjadi tidak jelas. logika saya sederhana saja pak, jikalau memang benar penulisan bagian yang disebutkan pada point 2 tersebut memang tidak jelas dituliskan oleh musa, maka apakah masi dapat dianggap valid untuk mengupas point 1, yang hanya menunjuk adam sebagai objek yang telah melanggar yang dibicarakan oleh Allah ?

kl tentang Allah maha tahu, memang segala yang terjadi, baik yang tersembunyi maupun tidak tersembunyi, Allah mengetahuinya bahkan sampai kepada keinginan hati manusia......karena itu Allah disebut maha tahu, akan tetapi untuk hal2 yang akan datang, tidak bisa dikatakan sesuatu subyek mengetahui apa yang akan terjadi nanti kecuali dia berkuasa menetapkan atau mengadakan suatu kejadian. contoh singkatnya seperti ini, saya mengetahui bahwa 1 jam lagi saya akan berada di sebuah rumah makan padang. saya berkata demikian karena saya hendak makan makanan padang dan memiliki uang yang cukup untuk membeli makanan padang. tapi mungkin pada saat itu juga Allah berkehendak untuk mengambil nyawa saya setengah jam setelah saya berkehendak makan makanan padang tersebut, apa yang terjadi? sebelum saya ke rumah makan padang tersebut, saya mati duluan.....oleh karena itu Allah disebut maha tahu karena Ia berkuasa menetapkan, mengadakan, dan mengijinkan kejadian2 tertentu atau semua kejadian untuk terjadi di masa akan datang.

pak Hai2, menurut saya tidak ada yang salah kok dengan mengatakan bahwa Allah itu maha tahu, dll sebab segala yang baik itu datangnya dari Allah itu sendiri.....

hai hai's picture

@Kane, Kalimat Langsung BUKAN kalimat BERITA

Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu ADAM telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya." Kejadian 3:22

Kane, panggil saya hai hai, itu sudah lebih dari cukup untuk menyapa saya.

Coba anda perhatikan ayat tersebut di atas. TUHAN Allah berfirman. Kepada siapakah FIRMAN itu ditujukan? Bukan kepada manusia namun kepada KEDUA Allah yang lainnya. Allah berkata kepada Allah yang lainnya. Itulah yang terjadi.

Apabila itu adalah Firman TUHAN Allah kepada manusia GUNA menceritakan kisah tersebut, maka NAMA memang perlu di cantumkan.

Apabila kita sedang duduk ngobrol dengan anda dan berkata, ""Sesungguhnya manusia itu ADAM telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat;" Saya tidak perlu menulis:

"Sesungguhnya manusia itu ADAM telah menjadi seperti hai hai salah satu dari Kita, BUKAN Kane, tahu tentang yang baik dan yang jahat;

Memang tidak ada salahnya mengatakan Allah MAHATAHU, sebab itulah kenyataannya. Namun MENYATAKAN mahatahu = MUSTAHIL TIDAK TAHU, itu bertentangan dengan ajaran Alkitab sebab Alkitab mengajarkan di dalam Kejadian 3:22 tentang HANYA ada satu Allah yang tahu hal yang baik dan yang jaat SAAT kisah di dalam ayat titu terjadi.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

kane's picture

mengapa kalimat langsung?

ok, saya akan panggil anda haihai....

begini hai, kita tau bahwa musa menulis kitab kejadian ini, jikalau seperti yang haihai katakan bahwa ini kalimat langsung, saya kurang sependapat, karena jelas musa tidak hadir pada saat Allah berfirman dalam kejadian 3 tersebut. jadi justru lebih tepat mengatakan firman tersebut adalah kalimat berita, karena musa tidak hadir dalam percakapan tersebut, hanya menuliskan saja sesuai dengan apa yang diterimanya. dan dalam kapasitasnya musa sebagai penulis kitab kejadian ini, memang sudah selayaknya jikalau ia menulis nama dari masing2 Pribadi Allah tersebut. bagaimana menurut haihai? thanks sblmnya. 

bintang seven's picture

@hai ? pertama

Ketika mempelajari kisah penciptaan sorga dan dunia di dalam Kejadian 1:1-31 kita sudah memahami bahwa pada hari pertama Allah menciptakan Terang. Allah lalu memisahkan Terang dari Gelap. Terang yang diciptakan pada hari pertama adalah Allah Yang Mahaterang. Allah sama sekali tidak menciptakan Allah Yang Mahaterang namun menetapkan PERBEDAAN dan PEMISAHAN. Allah Yang Mahagelap adalah Allah dan Roh Allah sementara Allah Yang Mahaterang adalah TUHAN Allah. Allah Yang Mahagelap adalah Allah yang tidak kelihatan atau Allah yang tinggal jauh (transenden) sementara Allah Yang Mahaterang adalah Allah yang tinggal dekat (imanen). Allah yang tinggal dekat adalah PERANTARA antara manusia dengan Allah Yang Mahagelap alias tidak kelihatan.

1.maaf agak jarang ol entah udah ditanya apa blm... bgmna mgkn samudera menjadi terang? lalu jika samudera itu sebelum jd terang adalah gelap bgmna sang penulis dpt memastikan itu samudera kan gelap gak kelihatan?

2.kata dicipta dari samudera mjd terang terkesan blingsatan ato mengundang kontroversi...bukankah yg dicipta tak layak disembah? penyembahan hanya kpda pencipta...Yesus memang membentuk dan mencipta bumi..tp kontroversi ttg jadiNYA ia sbg dicipta perlu diperinci nih apanya yg dicipta? dagingnya? krn ditaman eden pun ia berbentuk daging bukan?

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

hai hai's picture

B7, Hakekat manusia Yesus pasti dapat BELI di pasar

1.maaf agak jarang ol entah udah ditanya apa blm... bgmna mgkn samudera menjadi terang? lalu jika samudera itu sebelum jd terang adalah gelap bgmna sang penulis dpt memastikan itu samudera kan gelap gak kelihatan?

B7, secara tradisi kita percaya bahwa penulis kitab Kejadian adalah Musa, bukan hai hai. Oleh karena itu jawaban ini adalah jawaban hai hai, bukan jawaban Musa penulis kitab tersebut.

Kita tidak tahu Musa menulis kitab Kejadian karena penglihatan atau karena dia diceritai. Bila dia menulis karena diceritai, itu berarti dia hanya menulis yang dia dengar. Apabila Musa menulis karena mendapat penglihatan, itu berarti yang dia tulis adalah yang dia lihat. Bagaimana bisa demikian? Karena bila tidak melihat dia nggak mungkin nulis bukan?

2.kata dicipta dari samudera mjd terang terkesan blingsatan ato mengundang kontroversi...bukankah yg dicipta tak layak disembah? penyembahan hanya kpda pencipta...Yesus memang membentuk dan mencipta bumi..tp kontroversi ttg jadiNYA ia sbg dicipta perlu diperinci nih apanya yg dicipta? dagingnya? krn ditaman eden pun ia berbentuk daging bukan?

Menurut saya, kesalahan-kesalahan umat Kristen dari generasi ke generasi adalah :

  1. Tidak konsisten menggunakan nama
  2. Tidak konsisten menggunakan definisi
  3. Tidak konsisten dalam pemahaman
  4. Tidak konsisten dalam pengajaran
  5. Menganggap pemahaman teolog lainnya adalah kebenaran

Suatu hari saya memberitahu seorang Teolog bahwa Huston Smith penulis buku berjudul Adama-agama Manusia melakukan kesalahan FATAL ketika menulis tentang agama Khonghucu karena agama Khonghucu yang ditulisnya bertentangan dengan ajaran agama Khonghucu seperti yang tercatat di dalam kitab suci mereka. Agama Khonghucu yagn ditulis oleh Huston Smith adalah ajaran agama Dao.

Alih-alih berterima kasih, teolog tersebut justru menegur saya dengan KERAS dan menasehati saya untuk tidak menuduh Huston Smith sembarangan. Ketika saya menunjukkan kesalahan Huston Smith dengan gamblang, teolog itu bukannya senang, dia justru ngomel. 

Ha ha ha ha ha ..... Anda sudah pernah membcanya sendiri bukan, ketika saya memberitahu Pdt. Budi Asali bahwa ajran Okultismenya MENGENASKAN dan memberitahu dia ajaran yang benar, alih-alih bersyukur dia langsung memaki saya KONYOL dan TOLOL.

Arianisme mengajarkan bahwa Yesus adalah Allah yang diciptakan oleh Allah Bapa. Teologi Reformed MENYUMPAHI Arianisme habis-habisan dengan mengajarkan Diofisitisme, Yesus adalah SATU Pribadi dengan DUA hakekat. Hakekat Yesus adalah hakekat manusia dan hakekat Allah.

Menurut saya apa yang dilakukan oleh Teologi Reformed adalah MALING yang merasa dirinya bukan maling karena meneriaki Arianisme  "Maling, Maling, Maling."

Saya sering menggoda teman-teman teolog dengan bertanya kepada mereka, "Hakekat manusia Yesus pasti dapat BELI di pasar karena TIDAK diciptakan oleh Allah dan tidak ada sejak kekal bukan?"

Ha ha ha ha ha ha .... 

Tentang Allah Yang Mahagelap menciptakan Allah Yang Mahaterang, anda bisa klik di sini dan di sini untuk membacanya.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

bintang seven's picture

@hai jiwa yg besar

hai yg menyuruh lo beli buku hermeneutik pasti lg menyesatkan lo: gak kebayang ama gw klo hai2 sekolah teologi paling2 nada2nya lo gak lebih dr budi asali yg pake2 istilah doxology, agon dll kutip sana sini...bersyukur lah hai krn Tuhan memimpin lo jadi teolog jalanan krn gak byk bahkan gak pernah gw jumpai yg sedalam lo...maju terus hAI nafas hidup yg BERNAFAS  di dada lo tuh yg berhak memipin lo bukan orng2 sok pinter yg nyuruh lo beli buku hermeneutik...

Saya sering menggoda teman-teman teolog dengan bertanya kepada mereka, "Hakekat manusia Yesus pasti dapat BELI di pasar karena TIDAK diciptakan oleh Allah dan tidak ada sejak kekal bukan?

seloroh hai2 yg paling dalam utk kaum diofimesme apa ya? aduh walau cm seloroh tp inilah yg menjawab kebingungan kita ttg dualisme Kristus...hai2 teolog jalanan yg mengalahkan teolog universitasan! gak percuma pernah jadi auditor ya hai ada gunanya mereka kayaknya gak pernah mengaudit tulisan guru2nya hahaah,......

Di manakah ahli Taurat? Di manakah pembantah dari dunia ini?  Bukankah Allah telah membuat hikmat dunia ini menjadi kebodohan? Oleh karena dunia, dalam hikmat Allah, tidak mengenal Allah oleh hikmatnya, maka Allah berkenan menyelamatkan mereka yang percaya   oleh kebodohan pemberitaan  Injil.  Orang-orang Yahudi menghendaki tanda   dan orang-orang Yunani mencari hikmat   tetapi kami memberitakan Kristus yang disalibkan: untuk orang-orang Yahudi suatu batu sandungan  dan untuk orang-orang bukan Yahudi suatu kebodohan, tetapi untuk mereka yang dipanggil,   baik orang Yahudi, maupun orang bukan Yahudi, Kristus adalah kekuatan Allah  dan hikmat Allah

"hai2 saya dah baca byk artikel budi asali disini dan disini tp gak bisa membohongi nurani saya, bhw byk ajaran reformed yg perlu dipertanyakan, agak heran klo org bertanya dan menyanggah lalu dimaki TOLOL dan KONYOL membandingkannya dg anda saya mengatakan andalah orang yg dianugerahi oleh Tuhan Allah kita yg maha besar byk misteri yg telah anda pecahkan...MISTERI YG MENJADI DASAR SATU AYAT DG AYAT LAIN SATU KITAB DG KITAB LAIN...SEBENARNYA LO SCRA GAK SADAR SUDAH MENULIS BUKU HERMENEUTIK YG BAGUS DI BLOG2 LO...hai makanya gw sarananin mereka itu memang menjengkelkan tp anda adalah org yg penuh beban berat knpa? anda berkewajiban menyampaikan kebenaran di hadapan para sola calvinis, gw harap masa lalu dan masa kecil lo cukup kelam, penuh siksa dan aniaya spy gw berharap lo dah terbiasa dlm keadaan jengkel...hahaaha....hai seorang filsuf pernah berkata:

kita tak pernah dapat menaruh banyak harapan pada orang2 yg berjiwa kecil, tp pertolongan dpt diperoleh dari orang yg berjiwa besar yg dpt menanggung bebannya...hai anda adalah orang yg berjiwa besar teruslah menulis! pastilah lo ketawa krn mnrt gw perkataan filsuf tuh tepat apalagi menyangkut tulisan lo ttg trikotomi setelah manusia percaya pd injil kristus...Roh kudus dan roh kita membentuk jiwa....selamat hai maju terus dlm ikatan damai sejahteraNYA yg melampaui sgla akal amin.

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

hai hai's picture

@B7, Saya Tidak Sendiri

B7, terima kasih untuk pujiannya. Walaupun seolah maju sendirian, namun sesungguhnya saya tidak sendirian. Percaya atau nggak percaya, saya ibarat TUNGKU sementara handai taulan yang lain adalah bara-bara yang tersebar. Saya yakin, inilah yang terjadi. Roh Kudus memimpin saya memungut bara-bara yang tersebar itu lalu menyatukannya di dalam tungku. Sesungguhnya apa yang saya pahami saat ini adalah hal-hal yang saya pahami karena TERPICU oleh ide-ide dari semua handai taulan yang berinteraksi dengan saya. Ketika melihat percikan apinya, saya lalu mendekatinya dan mulai menggali ternyata di bawah percikan api itu terdapat kawah yang luar biasa.

Orang-orang Kristen bodoh itu, saya tidak membenci mereka sama sekali. Saya menyebut mereka Kristen bodoh hanya semata-mata untuk mengingatkan bahwa mereka telah berlaku bodoh. Namun sesungguhnya mereka juga berjasa membuat API ditungku semakin besar sebab merekalah yang mengipasinya.

Semoga Roh Kudus terus memimpin kita dalam memahami kebenaran-kebenaran ajaran Alkitab dan memberi kita NYALI untuk mengakui kesalahan dan menerima ajaran yang benar.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

bintang seven's picture

@hai : terima kasih iblisku..haahaha

B7, terima kasih untuk pujiannya. Walaupun seolah maju sendirian, namun sesungguhnya saya tidak sendirian. Percaya atau nggak percaya, saya ibarat TUNGKU sementara handai taulan yang lain adalah bara-bara yang tersebar. Saya yakin, inilah yang terjadi. Roh Kudus memimpin saya memungut bara-bara yang tersebar itu lalu menyatukannya di dalam tungku.

karena anda yg memulainya maka bengcu adalah pemimpin nya

klo gw ngaku masih cetek bgt hai gw....gw adalah malaikat lo ja dah...spt iblis membisiki petrus...hahaha....gw byk liat ayat jadi connected krn blog2 lo yg gw anggap rahmat di tahun macan ini.... gw pernah diusir dr 3 gereja hai walau halus gw nyeri hate bgt gw kritis nanyain doktrin roh kudus, keselamatan dll malah dituduh saksi jehova lah nabi palsu si sesat dll...gw mulai nyari doktrin yg benar dialiran apa sih...gw nyari2 sendiri dan berlabuh dg yg namanya reformed...gw pernah nangis baca satu tulisan calvin...tp gw nggak gereja di grii...tp gw mulanya gw mengganggap inilah dia yg selama ini gw cari....tp lama kelamaan nurani ini gak bs boong ada yg kurang dg reformed ini terlalu byk yg manut dg semua yg dikatakan calvin....gw menyebutnya sola morfinis calvinis....sekali doktrin calvin di debat gw dicap sbg anak bandel calon si sesat....gw mikir lalu apa bedanya aliran ini dg gereja yg pernah ngusir gw?

skrg gw menyibukkan diri dg bisnis dan dagang...rupanya jadi bos itu enak juga ya....hahahaah....daripada berlama2 digereja utk melayani katanya lbh bae nyuruh2 org..hahaah....cuma bisnis kecil2an sih....gw kadang muak dg byk kotbah...

dg blog2 lo skrg gw pikir adalah....KRISTOLOGI CALVINIS SPTNYA MENTOK DITRITUNGGAL DAN IBLIS ADALAH MALAIKAT...DAN LO DAH MENDOBRAK TEMBOK ITU..THX HAI NURANI GW SKRG DAH TERISI...THX IBLISKU...KRN AKU ADLAH MALAIKATMU...HAHAHA..gw lagi baca blog2 lo hai duh sori nanti klo gw balik ke blog lo yg lama2 tuk bertanya ya...

tugas bengcu skrg adalah menjawab ini.........DOKTRIN PREDESTINASI YG TAK PERNAH MEMUASKAN SEMUA KAUM GW YAKIN TERMASUK CALVINIS...mengapa allah skejam itu...mengapa IA memilih sebelum dunia dijadikan...apa itu kedaulatan...mengapa calvin mentok sampai bhw kedaulatan allah adalah dekrit nya yg rahasia apa yg tak dinyatakan alkitab maka kita wajib menghentikan langkah kita....atau semua itu adalah kegilaan katanya...hai maukah engkau menjadi org gila?.hahah..hai...puaskanlah nuraniku....gbu

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

hai hai's picture

@B7, Predestinasi

B7, terima kasih untuk pujiannya dan dukungannya.

Pelanggan yang protes adalah pelanggan yang setia karena pelanggan yang tidak setia ketika merasa tidak puas dia akan pergi diam-diam. Itulah yang tidak dipahami olah para gembala gereja.

Predestinasi, Total Depravity, original sin. Saat ini saya sedang mengujinya. tidak lama lagi blog tentang hal itu akan terbit. Jadi bersabarlah kawan. Memang ada beberapa hal yang harus kita luruskan dalam generasi ini. Saya bersyukur terlibat di dalamnya. Ini sebuah kehormatan

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

bintang seven's picture

predestinasi

ok hai melangkah lah pelan2 pergunakanlah waktu yg ada gw rasa emang predestinasi adalah langkah yg agak jauh didepan kaum namais dan unitarian masih perlu dijawab siapa tau ada org2 pilihan disitu yg tercelik matanya...predestinasi..hmm...benar2 sebuah kehormatan setelah 500 taon lebih...

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

josia_sembiring's picture

berpikir diluar

Mengapa tidak berpikir bahwa predestinasi itu tidak ada? Kebanyakan orang terlalu terikat dengan predestinasi dan freewill padahal sebenarnya Alkitab sudah jelas mengatakan tentang itu.

Saya cuma mau katakan bahwa :

Tidak mungkin seseorang dihukum karena dia menjalankan skenario dari si Hakim kecuali Hakim itu memang tidak bisa dipegang kata-katanya.

 

bintang seven's picture

@josia sembiring

josia sembiring mejuah juah bro...

Mengapa tidak berpikir bahwa predestinasi itu tidak ada?

kayaknya ada 6 ayat yg mencatat kata predestination itu deh bro klo dihilangkan mungkin bs tenang tp mungkin ada yg gak tenang bukankah gw dah mengurangi alkitab pikirnya....

Kebanyakan orang terlalu terikat dengan predestinasi dan freewill padahal sebenarnya Alkitab sudah jelas mengatakan tentang itu.

gw termasuk orng yg blm puas jos krn calvin bilang melangkah pada apa yg tak dinyatakan alkitab adalah kegilaan dan sia2...dan tulisan pengikut calvinis2 selama ini emang berhenti pada kata ALLAH BERDAULAT...kenapa ia memilih sblm dunia dijadikan allah berdaulat kata mereka..stop dan jgn bertanya lg...gw pengen tanya...mungkinkah calvin salah...bukan alkitab tidak menyatakan jawabannya tp ia tidak menemukannya...

Tidak mungkin seseorang dihukum karena dia menjalankan skenario dari si Hakim kecuali Hakim itu memang tidak bisa dipegang kata-katanya.

jika demikan punya waktu gak jos? telitilah alkitab dan siapa tau anda akan mendapat mutiaranya....

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

josia_sembiring's picture

@ Bintang Seven, Beer Bintang....

Eh, Mejuah-juah... :D

Saya berpikir sangat sederhana dalam membaca apa yang ada di Alkitab. Tidak jelimet memikirkan apa maknanya, apa artinya, karena sebenarnya Firman TUHAN didalamnya sudah sangat jelas sekali :D

Ada Hakim, ada pengadilan itulah ujungnya.

Didalam sebuah pengadilan, seseorang tidak bisa dihukum atas pekerjaan yang dilakukan oleh orang lain. Seluruh isi Alkitab mengatakan demikian. Hukum tabur tuai, perumpamaan tentang talenta, gadis bodoh dan gadis pintar, kutuk dan berkat.

Perumpamaan tentang Talenta mengatakan bahwa hamba yang menjalankan talenta mendapatkan upahnya. Sebelum diberikan upah, ada perhitungan terlebih dahulu (pengadilan)

Semua orang kristen Percaya akan adanya pengadilan TUHAN. TUHAN sebagai hakim dan manusia sebagai terdakwa dan Jaksa-nya adalah kitab-kitab suci (Hukum-hukum Tuhan/ Perundang-undangan)

Hukum Tuhan dibuka, dan manusia tidak bisa menyangkal perbuatannnya akibatnya dia dihukum, namun ternyata Hakimnya sangat baik dan berbelas kasihan sehingga hakim memutuskan vonis bebas. Mengapa hakim itu berbelas kasihan?? Apakah ada konspirasi hakim dengan si terdakwa?? Atau apakah hakim merasa bersalah karena dialah Otak dari semua-nya???

Hukum Tuhan jelas, dan itulah yang harus diikutin karena Hukum itulah yang akan menuntut manusia kelak di pengadilan. Penghakiman TUHAN adil maka apapun yang diputuskan Hakim tidak bisa diganggu gugat, termasuk hukum yang mendakwa si terdakwa. Jadi berteman-lah dengan si Hakim.

Di dalam sepakbola ada aturan-aturan yang berlaku. Semua aturan yang dilanggar wajib dikenai sanksi oleh wasit. Tetapi semua orang juga tahu bahwa wasit memegang kuasa untuk memutuskan apakah itu pelanggaran atau tidak, dan tidak ada yang bisa mengganggu gugat. Ketika pemain A melakukan Handsball dan wasit mengatakan tidak, maka tetap keputusan wasit yang berlaku walaupun jelas-jelas pemain A memang memegang bola.  Semua tunduk kepada peraturan, namun wasit memegang kendali atas permainan.

Perumpamaan2 Yesus sudah sangat jelas menggambarkan sesungguhnya bagaiamana predestinasi dan free will.

Dia yang mencipta manusia berkata kepada manusia itu : " Semua buah pohon di taman ini boleh kamu makan buahnya dengan BEBAS "

 

bintang seven's picture

@hai ? kedua

Adam tahu tentang yang baik dan yang jahat karena dia berbuat jahat. TUHAN Allah tahu yang baik dan yang jahat karena Dia dijahati Adam. Di dalam Adam ada Nafas Hidup. Nafas Hidup adalah ROH TUHAN Allah. Adam tahu apa yang TUHAN Allah ketahui tentang yang jahat ketika dijahati lewat Nafas Hidup. TUHAN Allah tahu apa yang Adam ketahui yang jahat ketika Adam menjahati dari Nafas Hidup. Karena Nafas Hiduplah maka pengetahuan TUHAN Allah dan Adam tentang yang baik dan yang jahat sempurna.

kata sf tau itu dlm arti pengalaman/mengalami yg jahat bukan sekedar definisi...ambil contoh gw, hai dan sf tau teori mengukur dlmnya laut dan waktu di experimen gw terjun lgs kedlm air laut...seorang teman taruhlah mr.x pun mendengar dan tau teori ini....lalu gw berkata pada hai dan sf bhw mrx telah menjadi spt salah satu dari kita tau ttg mengukur dlmnya air laut...gw mikir... hai,sf dan gw sama2 tau tp cuma gw yg dah ngalamin sendiri terjun lgs ke laut,... gmna dg contoh ini jika diterapkan ke tritunggal itu...ketiganya tau tp cuma 1 yg ngalamin lgs?? krn cm 1 yg ngalamin lgs jd cuma 1 yg benar2 dikatakan tau! JADI BAGAMAINA PENGETAHUAN YG BERSIFAT PENGALAMAN BISA DIBERITAHUKAN KAN CM BISA DIALAMI?

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

hai hai's picture

@7, Tuhan Yesus Tidak Tahu

B7, sebagian orang Kristen memang aneh. Mereka kekeh jumekeh MENYANGKAL yang diajarkan oleh Alkitab DEMI omong kosong yang mereka YAKINI.

Perumpamaan kurang lengkap, seharusnya anda menyelam bersama-sama dengan Mr. X lalu berkata kepada hai hai dan SF, Mr. X telah menjadi seperti salah satu dari kita, tahu tentang menyelam. Hai hai dan SF punya pengetahuan tentang menyelam namun TIDAK tahu menyelam karena belum pernah menyelam.

 Allah mahatahu = mustahil tidak tahu.

Itulah yang diyakini oleh banyak teolog reformed membabibuta. Ketika Alkitab mengajarkan bahwa Yesus tidak tahu kapan Dia harus kembali lagi ke dunia, mereka langsung membangun BENTENG dengan mengajarkan bahwa Yesus punya dua hakekat. Yang tidak tahu adalah hakekat manusia-Nya bukan hakekat Allah-Nya. 

Ketika di tanya, kalau begitu bukankah itu berarti Yesus SEPARUH manusia? Mereka bilang bukan karena Yesus adalah 100% manusia dan 100% Allah. Mereka kekeh jumekeh padahal kesimpulan dari ajaran demikian adalah: 100% Kemanusiaan Yesus adalah 50% dari Yesus dan 100% dari ke-Allah-an Yesus adalah 50% dari Yesus.

Ketika di tanya, kalau begitu bukankah itu berarti Yesus adalah SEPARUH ciptaan, SEPARUH Pencipta? Mereka justru menuduh saya sesat karena mengajarkan Yesus adalah ciptaan. Bukankah kesimpulan dari ajaran mereka adalah SEPARUH dari Yesus adalah CIPTAAN?

Ha ha ha ha ... Merek sebut itu PARADOKS, harus dipahami secara rohani, harus dipahami dengan Iman.

Yesus adalah Allah, itu sebabnya Yesus tidak boleh tidak tahu. Kalau Yesus tidak tahu pasti Dia nggak berani mengaku diri-Nya Allah. Buktinya Yesus mengaku diri-Nya tidak tahu kapan Dia harus datang kembali ke dunia. Yang tidak tahu adalah hakekat manusia Yesus bukan hakekat Allahnya. Emang hakekat manusia Yesus nggak pernah ngerumpi dengan hakekat manusia-Nya? Ha ha ha ha ha ....

Yesus SATU pribadi DUA hakekat. Pribadi dalah HAKEKAT dengan karakter khusus. Yesus hanya punya SATU pribadi karena sebelum hakekat manusia-Nya menjadi pribadi KEBURU diambil Alih alias DIKUASAI alias DIPRIBADIHI oleh PRIBADI ilahi-Nya. Itu yng diajarakn Teologi Reformed.

Ketika Yesus nggak tahu PRIBADI-NYA yang mahatahu ke mana? Bukankah itu berarti mengajarkan bahwa Yesus punya DUA pribadi, yang SATU mahatahu yang lain TIDAK mahatahu?

Ketika saya menunjukkan kesalahan Teologi Reformed dan menunjukkan ajaran Alkitab yang benar malah dituduh SESAT. Kenapa sesat? Sesat karena TIDAK MENAFSIRKAN Alkitab seperti teolog Reformed. Makanya beli buku hermeneutik. Ha ha ha ha ha ha ... Itu sebabnya tentang teologi reformed saya menulis:

Alkitab adalah standard kebenaran namun Teologi Reformed adalah standard kebenaran Alkitab. Itu sebabnya bila tidak memahami Alkitab seperti Teologi Reformed berarti SESAT.

Yesus mahatahu? apakah Yesus tahu rsanya menjadi manusia sebelum Dia menjadi manusia? Apakah Yesus tahu rasanya digebukin bahkan disalib sebelum Dia disalib? Apakah Dia tahu rasanya mati sebelum Dia mati? Apakah Dia tahu rasanya BERPISAH dari Allah Bapa dan Roh Kudus sebelum Dia merasakannya di atas kayu salib? Apakah Yesus tahu KENAPA Allah meninggalkan Dia ketika di atas Kayu Salib? Bila tahu kenapa Dia bertanya?

Bukankah mengajarkan tentang Yesus yang tidak sesuai dengan yang diajarkan oleh Alkitab berarti MEMBUAT berhala dan menamainya Yesus?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

smile's picture

Ko Hai : benar benar bingung

  1.  "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat" berarti HANYA ada satu manusia yang tahu tentang yang baik dan yang jahat
  2.  "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat" berarti HANYA ada satu Allah yang tahu tentang yang baik dan yang jahat

Kejadian 3:22 adalah percakapan antara Allah Tritunggal. Frasa "salah satu dari Kita" berarti HANYA satu dari Kita. Mustahil frasa "salah satu dari Kita" berarti KITA bertiga. HANYA ada satu Allah yang tahu berarti ada DUA Allah yang tidak tahu.

Tentang Kejadian 3:22, salah satu orang blogger Kristen yang menyebut dirinya Adrina dan mengaku muridnya Pdt. Budi Asali MDiv mengajar di Komunitas Blogger Kristen SABDA Space:

Ayat (Kejadian 3:22 – red) itu hanya berbicara tentang adanya komunikasi/perbincangan 'antar Allah' dan menurut saya malaikat tidak terlibat di dalamnya.

**********************************************************************************

Ko Hai,...
Pemikiran anda sebegitu dalamnya....

Satu dari kita berarti ada dua pribadi Allah yang ga Tahu....tapi bukankah tritunggal itu adalah tiga dalam satu?

Jika melihat tulisan anda ini,..antara Adrina dan Anda, menurut saya ke 2nya harus membuat petisi, pemahaman siapa yang salah dan pemahaman siapa yang benar..karena orang yang membaca ini akan menjadi bingung, dan bisa pusing...salah satu nya saya...

Pemikiran saya tanpa iman berdoa, hanya mengandalkan logika saja pasti lebih membenarkan apa yang anda katakan...tri saja sudah tiga.... kalo ada tiga, dan salah satu saja yang tahu, berarti yang dua tidak tahu...tapi apakah begitu kebenaran sesungguhnya?

Dengan apa anda berani mengatakan kalau anda benar, dan bisa membuka pikiran semua orang yang membacanya? ini menentukan masa depan,semua jemaat ko Hai...sebagai tambahan, tidak ada lagi wahyu yang diturunkan Allah untuk kita...Atau anda akan mengatakan baru sekaarang pikiran anda terbuka untuk mengerti ayat tersebut?

Semakin membingungkan, mohon pencerahan Ko Hai..

Peace-smile

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

bintang seven's picture

@smile jwbn ecek2

jwbn ecek2 dari gw nih smile: Tri tunggal namanya aja tri kata smile tp tunggal jg..kata samuel franklin kata tau diterjemahkan dari:

Tahu dalam Kejadian 3:22 adalah tahu pengalaman karena kata tahu yang digunakan sama dengan kata bersetubuh.

Kej 3:22
(22)  Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya.

Kej 4:1
(1)  Kemudian manusia itu bersetubuh dengan Hawa, isterinya, dan mengandunglah perempuan itu, lalu melahirkan Kain; maka kata perempuan itu: "Aku telah mendapat seorang anak laki-laki dengan pertolongan TUHAN."

Gen 3:22 (KJV with Strong)
(22)  And the LORDH3068 GodH430 said,H559 Behold,H2005 the manH120 is becomeH1961 as oneH259 ofH4480 us, to knowH3045 goodH2896 and evil:H7451 and now,H6258 lestH6435 he put forthH7971 his hand,H3027 and takeH3947 alsoH1571 of the treeH4480 H6086 of life,H2416 and eat,H398 and liveH2425 for ever:H5769

Gen 4:1 (KJV with Strong)
(1)  And AdamH121 knewH3045 (H853) EveH2332 his wife;H802 and she conceived,H2029 and bareH3205 (H853) Cain,H7014 and said,H559 I have gottenH7069 a manH376 fromH854 the LORD.H3068

jadi klo tau itu bersifat mengalami bukankah Roh Kudus dan Bapa tidak pernah menjadi manusia? bagaimana mungkin Mereka tau dan mengalami yang jahat? kata hai2 anda tau rasanya sedih ditinggal istri anda yg mati? klo anda belum menikah dan istri anda masih hidup bagaimana anda tau rasanya sedih spt itu? jadi pengetahuan bersifat definisi beda dg yg dimaksud kej 3:22 itu krn bersifat mengalami spt kata bersetubuh di kej 4:1

kedua jika Allah Tritunggal sudah tau semuanya utk apa IA masih berkomunikasi satu sama lain? bukankah kalau semuanya telah diketahui tak perlu lagi ada perbincangan antara Allah Tritunggal?

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

smile's picture

B7 : Pls jgn sprti sidang kasus b. century

B7,....selama (saat kotbah )di gereja tadi saya merenung blog yang saya baca hari ini, Blognya Ko Hai Hai...Saya berpikir seperti ini :

Kej 3:22
(22)  Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya.

"Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita...manusia itu telah menjadi seperti YESUS..yang sudah ada sebelum dunia dijadikan.Yesus menjadi manusianya kan setelah dunia dijadikan,tapi keberadaan " Calon" Yesus itu sudah ada sebelum dia jadi manusia...Tahu itu berarti sudah mengalami,...sedangkan Yesus belum jadi manusia walau figure Dia sudah ada...bukankah dia belum mengalami?

maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya.

Ia disini siapa? Buat apa kata dalam kalimat diatas diucapkan lagi, bukankah memang sudah diambil dan dimakan buah nya?

Apakah dengan makan lebih banyak jadi tahu semua, makan satu cuma tahu ecek ecek saja?

Coba perhatikan ayat diatas......mengambil pula,...berarti mengambil lagi.

Apakah Buah yang diciptakan Tuhan itu sebegitu dahsyatnya, sehingga jika orang memakan akan hidup selama lamanya, dan bukankah adam dan hawa telah makan tapi tetap mati?

apakah dengan kata kata hidup selama lamanya pengetahuan itu hidup selama lamanya sampai dunia berakhir...?

Bagaimana jika tritunggal yang menjadi satu kesatuan bisa saling tidak tahu satu dengan yang lain, apakah disaat itu tugasnya lepas sendiri sendiri, dan tidak saling berhubungan....

ada kata kata tidak ada yang tahu kecuali Bapa, anakpun tidak,...apalagi roh kudus...jadi urutannya dalam tritunggal itu ada kastanya...

Urutan yang tertinggi adalah Allah Bapa.. yang ke dua adalah Allah Putra, dan yang ketiga adalah Allah Roh kudus...

jika kadang menjadi satu, kadang menjadi tiga, dan kadang sendiri sendiri, bukankah itu yang memikirkan dengan hikmat sendiri? Apakah pemikiran saya ini jadi suatu pemikiran sesat? Oh Tuhan,...apa yang harus saya lakukan, jika akhirnya jadi begini?

Tidaklah heran jika dari "kita" pun berpikir sedemikian, maka yang diseberangpun membabi buta kita dengan pertanyaan kenapa Allahnya kok Tiga? mana yang harus disembah? masa tri in one? masa Tritunggal.

Sedangkan Mereka sendiri yang menamakan diri KITA, kadang suka ga tahu dengan apa yang diperbuat satu sama lainnya...bukankah akhirnya jadi tidak layak disebut Tritunggal?

Atau memang Tritunggal itu seperti ini?

Saya tidak mau menjadi keliru dengan pemikiran saya ini...tapi itu penting buat pandangan dan pemahaman serta iman saya.

Bagaimana B7? semoga bisa menjelaskan dengan lebih dalam...dan tetap dengan jalur pertanyaannya.

Maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, jangan sampai saya yang bingung ini, diperlakukan seperti anggota pansus yang mendapat jawaban berkelok kelok dari yang ditanya dalam sidang itu....

Pusing.....puyeng....membingungkan.

Peace-smile

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

hai hai's picture

@Smile, Blog Baru

Saudara Smile, saya tidak akan menjawab pertanyaan-pertanyaan anda di sini namun khusus menulis satu blog baru. Anda bisa membacanya dengan klik di sini.

blog tersebut memang tidak menjawab semua pertanyaan anda namun blog tersebut mungkin membuat anda tidak perlu bertanya lagi.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

smile's picture

Ko hai : akan segera saya baca

Akan segera saya baca....

Tks be4...

 

peace-smile

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

bintang seven's picture

@smile pertanyaan yg kritis

smile anda sangat tajam, cinta Tuhan dan lurus makasih utk pertanyaan2nya yg bikin gw ikut pusing...heheh...untung ada bodrex....anda saya rasa adalah orang yg paling luar biasa di gereja anda...saya yakin itu...

sambil masih pusing smile demikianlah yg gw pikirkan:

smile: manusia itu telah menjadi seperti YESUS..yang sudah ada sebelum dunia dijadikan.Yesus menjadi manusianya kan setelah dunia dijadikan,tapi keberadaan " Calon" Yesus itu sudah ada sebelum dia jadi manusia...Tahu itu berarti sudah mengalami,...sedangkan Yesus belum jadi manusia walau figure Dia sudah ada...bukankah dia belum mengalami?

mulanya gw rasa begini smile kita mengerti dulu siapa Yesus itu...kejadian pasal 1 menceritakan ttg TRITUNGGAL BUKAN? kata kita di ayat "marilah kita menjadikan manusia menurut rupa dan gambar kita"....teolog2 yg gw pelajarin mengatakan kita=jamak=tritungal....dan setelah diteliti itu benar...pertanyaan selanjutnya adalah Yesus menyebut dirinya datang dan keluar dari Allah:

yoh 8:42 Kata Yesus kepada mereka: "Jikalau Allah adalah Bapamu , kamu akan mengasihi Aku,   sebab Aku keluar dan datang dari Allah.  Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri,   melainkan Dialah yang mengutus Aku. 

pertanyaannya: kapankah YESUS keluar dan datang dari ALlah? gw belum nemuin teolog ato org yg bertanya dan menjawab sistematis.... apakah kitab kejadian yg menerangkan tritunggal tdk mencatatnya? disinilah kita melihat ketelitian bengcu yg dirahmati....jika kita mendapati di kej 1bhw kata kita=tritunggal bukankah kita patut bertanya lalu apa itu gelap, samudera, roh yg melayang2 dan terang yg dipisahkan dr gelap?

kej 1:3 Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang " Lalu terang   itu jadi. Allah melihat bahwa terang itu baik,   lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap.

bukankah Kristus mengatakan I AM THE LIGHT?Kristuslah terang dunia?....Terang di kej 1:3 itu bukanlah sinar/cahaya/lampu dsb...krn benda2 penerang baru diciptakan  pada kej 1:14 jadi jika demikian terang itu adalah keluar dari BAPA sang pencipta sang creator, dan dipisahkan dari BAPA....KRISTUSLAH terang di kej 1:3 dan gelap yg dikatakan dipisahkan dari terang itulah BAPA...tak heran ada doktrin yg sangat tajam bhw ALLAH adalah imanen (jauh/gelap/tak terjangkau) dan transenden (dekat/bisa dikenali dlm hati manusia).....BAPA adalah gelap dan tak menjadi terang tp samudera telah menjadi terang dan dpt dikenali manusia...ia berkenan mjd manusia....ketika menjadikan adam...mustahil adam yg rupa dan gambar kristus tak tahu itu semuanya....jika kita ingin meleper/lanjut ttg tubuh adam bukankah Kristus (Tuhan Allah/TUHAN) juga telah bertubuh saat ditaman eden? ia yg ditulis berjalan2 ditaman eden di hari sejuk adalah serupa adam/tubuhi?

darimana kita tau kepastiannya itu semua? nama2 sangat penting disini...istilah2 yg dicatat alkitab membuat kita hrs menyediakan waktu utk meneliti nama2 yg diberikan,mengkoneksikan ayat demi ayat kitab demi kitab pasal demi pasal...disinilah gw rasa nasehat nabi daud tepat berbahagialah org yg kesukannya taurat tuhan dan merenungkannya siang dan malam...smile jika rahasia firman Allah dibukakan bukankah kita wajib bergembira...bukankah jerih lelah kita tak terbayar dg kepercayaan kristus krn katanya ia akan membukakannya pada siapa IA berkenan...bukankah dikenan kristus adalah kesukaan kita?...smile gw skrg mikir klo saja gw punya waktu selain dagang skrg ini gw akan menelitinya lbh sering lg gw skg tau apa itu berharganya waktu..terutama menyisihkan waktu utk belajar.

pertanyaan saya jika sampai disini dulu gw jwb smile masih adakah yg ingin anda tanyakan? sblm yg lainnya kita lanjutkan...tp gak usah terlalu dipikirkan hai maklum jawaban orng pusing hehehe....

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

Sammy Mandela's picture

@B7 dan Haihai, lupa ayat ini?

b7 menulis:

bukankah Kristus mengatakan I AM THE LIGHT?Kristuslah terang dunia?....Terang di kej 1:3 itu bukanlah sinar/cahaya/lampu dsb...krn benda2 penerang baru diciptakan  pada kej 1:14 jadi jika demikian terang itu adalah keluar dari BAPA sang pencipta sang creator, dan dipisahkan dari BAPA....KRISTUSLAH terang di kej 1:3 dan gelap yg dikatakan dipisahkan dari terang itulah BAPA...tak heran ada doktrin yg sangat tajam bhw ALLAH adalah imanen (jauh/gelap/tak terjangkau) dan transenden (dekat/bisa dikenali dlm hati manusia).....BAPA adalah gelap dan tak menjadi terang tp samudera telah menjadi terang dan dpt dikenali manusia...ia berkenan mjd manusia....ketika menjadikan adam...mustahil adam yg rupa dan gambar kristus tak tahu itu semuanya....jika kita ingin meleper/lanjut ttg tubuh adam bukankah Kristus (Tuhan Allah/TUHAN) juga telah bertubuh saat ditaman eden? ia yg ditulis berjalan2 ditaman eden di hari sejuk adalah serupa adam/tubuhi?

Apakah tidak SANGAT FATAL menyatakan dan menyimpulkan demikian, padahal ayat Alkitab dengan tegas mengatakan:

Yakobus 1:17  Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.

Mohon penjelasan.

 

hai hai's picture

@Sammy Mandela, Bapa Segala Terang

Sammy Mandela, untuk menjawab pertanyaan anda saya copy paste komentar saya kepada lentin. di bawah ini:

Allah Adalah Terang dan Yesus adalah Gelap

Yoh 1:1  Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
Yoh 1:2  Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.
Yoh 1:3  Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.
Yoh 1:4  Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.
Yoh 1:5  Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.

Pada mulanya adalah BACANG. BACANG itu bersama-sama dengan DAGING dan BACANG itu adalah DAGING.

Di dalam BACANG ada TONGSENG dan TONGSENG itu adalah DAGING TUMIS

DAGING TUMIS itu BERWANGI di dalam BERAS dan BERAS itu tidak menguasainya.

lentin, anda tahu BACANG? Bila anda tidak tahu apa itu BACANG, bertanyalah kepada teman anda yang orang Tionghoa. Bacang itu seperti ketupat yang diisi namun dibungkus dengan daun bambu lalu direbus. Rasanya enak sekali. Bentuknya segitiga.

BACANG yang saya ceritakan di atas adalah BACANG mentah. Setelah direbus BERAS menjadi matang. BERAS matang namanya NASI.

Lentin yang mulia, apakah BACANG itu?

  1. BACANG adalah dwitunggal BERAS dan DAGING
  2. BACANG adalah dwitunggal BERAS dan TONGSENG
  3. Bacang adalah dwitunggal BERAS dan DAGING TUMIS
  4. BACANG adalah dwitunggal NASI dan DAGING
  5. BACANG adalah dwitunggal NASI dan TONGSENG
  6. BACANG adalah dwitunggal NASI dan DAGING TUMIS

Apakah FIRMAN itu?

  1. FIRMAN adalah dwitunggal GELAP dan HIDUP
  2. FIRMAN adalah dwitunggal GELAP dan TERANG MANUSIA
  3. FIRMAN adalah dwitunggal GELAP dan TERANG

Bila anda memahami BACANG saya MUSTAHIL anda memahami KEGELAPAN di dalam Yohanes 1:5 adalah SI JAHAT apalagi Iblis. Sebab bila anda memahami KEGELAPAN di dalam Yohanes 1:5 adalah SI JAHAT atau IBLIS itu berarti:

FIRMAN adalah dwitunggal TERANG dan GELAP alias SI JAHAT atau Iblis

Apa yang terjadi ketika BACANG direbus? Berasnya berubah menjadi NASI. Bagaimana dengan tongseng atau daging tumisnya? Dia berubah menjadi ISI bacang.

Apa yang terjadi ketika FIRMAN alias LOGOS menjadi manusia

  1. GELAP berubah menjadi YESUS
  2. TERANG berubah menjadi Roh Kudus

Ketika Gelap bertemu dengan Terang saat Yesus dibaptis oleh Yohanes Pembaptis dan Roh Kudus turun dan tinggal di atas-Nya. Sejak itulah Yesus juga disebut Yesus Kristus yang artinya Juruselamat Yang Diurapi.

 

Lentin, andai kata BACANG mentah saya tidak direbus namun saya PISAHKAN. Berasnya saya TANAK sampai matang maka berubah menjadi NASI. Di atas NASI itu lalu saya tuangkan TONGSENG atau DAGING TUMIS. Apakah dwitunggal NASI dan TONGSENG saya bisa disebut BACANG? TIDAK! Dwitunggal NASI dan TONGSENG saya namanya NASI CAMPUR atau NASI TONGSENG atau NASI DAGING TUMIS.

Apa perbedaan BACANG dan NASI TONGSENG saya?

  1. Tongseng DI DALAM beras namany BACANG
  2. Tongseng DI DALAM nasi namany BACANG
  3. Tongseng DI ATAS Nasi namanya NASI TONGSENG

Apa perbedaan FIRMAN dan YESUS KRISTUS?

  1. Terang DI DALAM Gelap nama-Nya FIRMAN
  2. Terang DI ATAS Gelap nama-Nya Yesus Kristus
  3. Roh Kudus DI ATAS Yesus nama-Nya Yesus Kristus

lentin, bila anda paham apa yang saya tulis di atas maka anda MUSTAHIL mendapat kesulitan untuk memahami ayat yang anda kutip ini:

1 Yohanes 1:5 Dan inilah berita, yang telah kami dengar dari Dia, dan yang kami sampaikan kepada kamu: Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan.

Allah adalah Terang VS Daging adalah Tongseng

Di dalam Allah Alias Terang sama sekali tidak ada GELAP VS Di dalam Daging alias Tongseng tidak ada NASI.

Kebenaran yang tidak KONSISTEN bukan kebenaran sejati.

lentin, Kitab Yohanes dan Surat Yohanes dengan kitab Wahyu, ketiganya ditulis oleh rasul yang sama yaitu rasul Yohanes. Anda bisa melihat BETAPA konsistennya rasul Yohanes dengan ajarannya.

Saya tahu, belum pernah ada yang mengajari anda cara memahami Yohanes 1:1-5 dan 1 Yohanes 1:5 dengan cara begini. Saya juga tahu belum pernah ada teolog yang mengajarkan bahwa KEGELAPAN di dalam Yohanes 1:5 dan 1 Yohanes 1:5 BUKAN si jahat apalagi Iblis namun YESUS.

Saya juga belum pernah menggunakan BACANG untuk menjelaskan tentang LOGOS menjadi MANUSIA. Saya baru menemukannya tadi setelah berpikir dua hari dua malam, bagaimana caranya menjelaskan kepada kamu tentang hal itu karena kamu tidak memahaminya setelah membaca blog saya tentang hal itu.

Anda boleh tidak sepakat dengan saya namun tolong jangan terlalu cepat menarik kesimpulan dulu. Tolong pikirkan dengan seksama dan hati-hati serta telaten apa yang saya tulis ini. Bila anda tidak sepakat dengan saya hanya karena tidak memahami apa yang saya tulis, benar-benar harus disayangkan. Namun bila anda tidak sepakat karena memiliki pemahaman lain, saya akan menghormati anda walaupun tidak sepakat dengan anda.

Bapa Segala Terang

Yakobus 1:17  Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.

Sammy Mandela, Segala Terang itu siapa? Segala Terang itu adalah Dua Penerang yang menerangi dunia. Yang Satu besar, yang satu lebih kecil. Kedua-Nya diciptakan pada hari pertama dan dipisahkan wewenang-Nya pada hari keempat.

Yohanes memberi nama baru kepada kedua terang itu. Terang yang lebih besar itu dinamai-Nya Theos (Allah). Terang yang lebih kecil itu dinama-Nya Logos (Firman). Terang yang lebih kecil itu, Logos lalu menjadi manusia.

Samudera adalah Bapa-Nya Yesus Kristus

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Kejadian 1:1

Bumi belum berbentuk dan kosong;  gelap gulita menutupi samudera raya,  dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air. Kejadian 1:2

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Allah menciptakan langit dan bumi dalam enam hari. Hari pertama Allah menciptakan Terang. Itu berarti Kejadian 1:2 adalah KONDISI yang ada sebelum PEKERJAAN penciptaan di mulai.

Bumi belum berbentuk.

anda sama seperti kebanyak orang Kristen lainnya, memahami belum berbentuk sebagai bentuknya masih acak-acakan. Acak-acakan memang bukan bulat, bukan lonjong, bukan bujur sangkar, bukan segitiga, namun acak-acakan adalah BENTUKNYA acak-acakan.

Rumah ada berbentuk. Sebelum berbentuk BELUM ada yang disebut rumah. Bumi belum berbentuk sebelum berbentuk tidak ada yang disebut bumi.

KOSONG. Anda juga sama seperti kebanyakan orang Kristen yang memahami kata KOSONG di dalam Kejadian 1:2 seperti anda memahami sebuah rumah KOSONG atau sebuah kaleng KOSONG. Rumah dan kaleng KOSONG adalah rumah dan kaleng yang TIDAK ada isinya.

Kata KOSONG di dalam Kejadian 1:2 sama sekali berbeda dengan kata KOSONG dalam rumah KOSONG atau kaleng KOSONG. Saya akan mengutip tiga ayat Alkitab agar anda mudah memahami hal itu.

Dan mereka membawa dia dan melemparkan dia ke dalam sumur. Sumur itu kosong, tidak berair. Kejadian 37:24

Lalu berkatalah Elisa: "Pergilah, mintalah bejana-bejana dari luar, dari pada segala tetanggamu, bejana-bejana kosong, tetapi jangan terlalu sedikit. 2 Raja-raja 4:3

TUHAN akan menyingkirkan manusia jauh-jauh, sehingga hampir seluruh negeri menjadi kosong. Yesaya 6:12

Di dalam Kejadian 37:14 dan 2 Raja-raja 4:3, kata KOSONG diterjemahkan dari kata Ibrani REYQ yang artinya kosong sementara kata KOSONG di dalam Yesaya 6:12 diterjemahkan dari kata Ibrani AZUWBAH yang artinya TIDAK DIHUNI. Sementara kata KOSONG di dalam Kejadian 1:2 diterjemahkan dari kata BOHUW yang artinya NIHIL atau NULL alias TIDAK ADA.

Penggunaan kata BELUM BERBENTUK (TOHUW) dan KOSONG (NIHIL - BOHUW) adalah JAMINAN untuk menyatakan BUMI Absolutely TIDAK ADA saat itu.

Kenapa pernyataan BUMI Absolutely TIDAK ADA saat itu DEMIKIAN penting? Karena Allah hendak menyatakan bahwa pada saat itu ADA:

gelap gulita menutupi samudera raya,  dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

Sebelum Allah menciptakan Absolutely TIDAK ADA APA-APA. Karena Absolutely TIDAK ADA APA-APA itu berarti gelap gulita menutupi samudera raya,  dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air BUKAN ciptaan. Bila BUKAN ciptaan lalu APA? Sebelum ada ciptaan yang ada adalah PENCIPTA.

GELAP, Samudera dan Roh Allah = Pencipta

Disebut Tri karena ketiga-Nya menyatakan diri-Nya berbeda. Disebut Tunggal kerena ketiga-Nya ada dalam satu kesatuan. Itulah Allah Tritunggal yaitu Gelap, Samudera dan Roh Allah.

Berfirmanlah Allah: "Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering." Dan jadilah demikian. Kejadian 1:9

Lalu Allah menamai yang kering itu darat, dan kumpulan air itu dinamai-Nya laut. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. Kejadian 1:10

Yang di Kejadian 1:2 adalah SAMUDERA yang diterjemahkan dari kata Ibrani TAHOWM sementara yang di dalam Kejadian 1:10 adalah LAUT yang diterjemahkan dari kata Ibrani YAM.

Samudera SUDAH ada sebelum BUMI dicipta bahkan sebelum Allah mulai MENCIPTA. Laut baru ada setelah Allah mencipta, pada hari ketiga. Samudera BUKAN ciptaan sementara LAUT adalah ciptaan Allah.

Di dalam kehidupan sehari-hari memang BANYAK laut yang diciptakan Allah pada hari ketiga yang disebut SAMUDERA. Namun samudera-samudera itu BUKAN SAMUDERA yang tercatat di dalam Kejadian 1:2.

.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

kane's picture

@bintangseven

bro, inget di yohanes pasal 1, ttg yesus? "dalam dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya." kl firman itu terang dan bapa yahwe itu gelap, bagaimana mungkin terang itu datang dari gelap? atau bagaimana mungkin terang dan gelap itu bersama2? inget ayat 1 dan 2, "pada mulanya adalah firman, firman itu bersama sama dengan allah dan firman itu adalah allah. kl terang dan gelap itu bersama2, mungkin ga? hehehe yesus itu bilang dia adalah terang dunia,  barang siapa mengikut aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan....waktu kita baca firman ini, perhatikan konteksnya.....

bintang seven's picture

@kane

kane soal gelap dulu deh sudahkah gelap di Yohanes 1 itu anda sepakat bhw itu bukan iblis? tetapi salah satu Allah Tritunggal yg bisa kita ingat di kejadian 1....gelap menutupi samudera raya dan roh allah melayang2? masih ingat?

klo udah sepakat lalu pertanyaan anda ttg yoh 1 akan diterangkan sbb:

"pada mulanya adalah firman, firman itu bersama sama dengan allah dan firman itu adalah allah. kl terang dan gelap itu bersama2, mungkin ga? hehehe yesus itu bilang dia adalah terang dunia,  barang siapa mengikut aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan....waktu kita baca firman ini, perhatikan konteksnya.....

menurut anda siapa firman itu dan siapa Allah itu?....ayat 1 jelas mengatakan Firman itu bersama2 dg Allah....bukankah ini menjelaskan ada 2 pribadi yaitu firman dan Allah....FIRMAN ADALAH ALLAH TP FIRMAN BUKAN ALLAH....

klo anda mengajari saya utk memperhatikan konteks saya anggap anda adalah orang yg sudah belajar alkitab dan mengerti konteks yoh 1 tsb...

terang dan gelap bersama2? kejadian 1 jelas mengatakan setelah menjadikan terang lalu terang itu dipisahkan dari gelap....didalam Yesus tidak ada gelap krn ia memiliki HIDUP  dan hidup itu adalah TERANG MANUSIA!....TAHUKAH ANDA SIAPA HIDUP/TERANG MANUSIA ITU?

*note Yesus adalah nama setelah IA menjadi manusia jadi kita berbicara konteks setelah IA menjadi daging/manusia.

tp klo gelap dan terang bisa bersama2 apa anda tak percaya???

  orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

Sammy Mandela's picture

@B7 dan Haihai, Allah yang MahaTahu Tidak Tahu?????

Hitam (Haihai), Biru saya

Saya juga tahu belum pernah ada teolog yang mengajarkan bahwa KEGELAPAN di dalam Yohanes 1:5 dan 1 Yohanes 1:5 BUKAN si jahat apalagi Iblis namun YESUS.

Siapa saja Teolog yang mengajarkan bahwa KEGELAPAN dalam Yohanes 1:5 adalah si JAHAT alias Iblis? Mohon sebutkan darimana sumbernya?

Sammy Mandela, Segala Terang itu siapa? Segala Terang itu adalah Dua Penerang yang menerangi dunia. Yang Satu besar, yang satu lebih kecil. Kedua-Nya diciptakan pada hari pertama dan dipisahkan wewenang-Nya pada hari keempat.

Yang saya baca dan pelajari dalam Alkitab, bahwa Hari pertama Tuhan ciptakan TERANG bukan Benda PENERANG. Benda PENERANG baru diciptakan sesuai dengan hari ke-4. Tidakkah Haihai terlalu memaksakan untuk mengepas-ngepaskan hari 1 dan 4, padahal jelas berbeda?????

Mengapa Benda2 penerang di Hari ke-4 bisa dengan gampangnya dihubungkan dengan SEGALA TERANG dalam Yakobus 1:17. Apakah ada kesengajaan untuk dihubung2kan agar pas dengan teori Haihai? Apakah ini yang dinamakan Eisegesis?

Yohanes memberi nama baru kepada kedua terang itu. Terang yang lebih besar itu dinamai-Nya Theos (Allah). Terang yang lebih kecil itu dinama-Nya Logos (Firman). Terang yang lebih kecil itu, Logos lalu menjadi manusia.

Saya heran dengan cara anda menafsir bagian2 Alkitab. Yohanes memberi nama baru kepada dua terang itu????? setahu saya Yohanes tidak menyinggung soak DUA TERANG dalam Injil Yohanes 1. Tidakkah anda hanya mencari2 dukungan yang LEMAH dalam hal ini?

Judul artikel Haihai "ALLAH YANG MAHA TAHU TIDAK TAHU" Tidakkah anda merasa judul anda jelas-jelas BERKONTRADIKSI????

Maha Tahu tapi tidak Tahu?????

bintang seven's picture

@samuel mandela

kayaknya ayatnya jelas deh sam

markus 13:32 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan   ini   tidak akan berlalu, sebelum semuanya itu terjadi.    Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu.  Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu  , malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa   saja."

APAKAH YESUS YG MAHA TAU ITU DIKATAKAN TAU SAAT BUMI AKAN BERLALU/KIAMAT?????

JIKA ANDA MEMAKSA MAHATAU ADALAH TAU SEGALANYA COBA TERANGIN DEH SAMMY YG LUAR BIASA??

walau dikatakan anak tidak tau tp bapa tau inikan jelas bhw salah satu Tritunggal tau ttp yg lain tidak tau saat bumi berlalu...jadi Allah Tritunggal tetap tahu dan mahatau........KETIDAK TAHUAN ALLAH HANYA DALAM RELASI ANTAR ALLAH TRITUNGGAL BUKAN DG MANUSIA ...JADI ALLAH TETAP MAHATAU BAGI MANUSIA TP TIDAK DALAM HUBUNGAN ANTAR ALLAH TRITUNGGAL....PAHAM?

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

hai hai's picture

@Sammy Mandela, Kontradiksi?

Siapa saja Teolog yang mengajarkan bahwa KEGELAPAN dalam Yohanes 1:5 adalah si JAHAT alias Iblis? Mohon sebutkan darimana sumbernya?

Sammy Mandela, lentin percaya bahwa Kegelapan di dalam Yohanes 1:5 dan 1 Yohanes 1:5 adalah si Jahat atau Iblis. Silahkan tanya lentin, siapa yang mengajarinya hal demikian? Apakah anda tahu bahwa Kegelapan di dalam Yohanes 1:5 dan 1 Yohanes 1:5 adalah Yesus, bukan Si jahat atau Iblis. Bila anda tidak meyakininya sebagai Yesus, lalu apa yang anda pahami? Bila anda percaya bahwa KEGELAPAN di dalam kedua ayat tersebut adalah si Jahat atau Iblis atau kejahatan, anda tinggal telurusi, siapakah Teolog yang mengajari anda?

Silahkan klik di sini, mungkin Teolog ini akan memuaskan anda.

Sammy Mandela, Segala Terang itu siapa? Segala Terang itu adalah Dua Penerang yang menerangi dunia. Yang Satu besar, yang satu lebih kecil. Kedua-Nya diciptakan pada hari pertama dan dipisahkan wewenang-Nya pada hari keempat.

Yang saya baca dan pelajari dalam Alkitab, bahwa Hari pertama Tuhan ciptakan TERANG bukan Benda PENERANG. Benda PENERANG baru diciptakan sesuai dengan hari ke-4.

Silahkan baca komentar saya sebelumnya yang saya beri warna merah tersebut di atas. Silahkan klik di sini, mungkin blog ini bisa menjawab keinginan tahu anda. Atau klik di sini untuk memilih sendiri blog yang anda sukai.

Tidakkah Haihai terlalu memaksakan untuk mengepas-ngepaskan hari 1 dan 4, padahal jelas berbeda?????

Tentu saja tidak! Namun bila anda menganggap hai hai terlalu memaksakan untuk mengepas-ngepaskan, sebaiknya tunjukkan kesalahannya, sebelum dia menyesatkan banyak orang.

Mengapa Benda2 penerang di Hari ke-4 bisa dengan gampangnya dihubungkan dengan SEGALA TERANG dalam Yakobus 1:17.

Karena Alkitab mengajarkan hal demikian. Saya tahu sekarang, anda hanya ngetest kan waktu bertanya? Kenapa anda tidak tunjukkan pengetahuan anda tentang SEGALA TERANG di dalam Yakobus 1:17 lalu membuktikan bahwa SEGALA TERANG itu bukan KEDUA PENERANG yang diciptakan pada hari keempat? 

Apakah ada kesengajaan untuk dihubung2kan agar pas dengan teori Haihai? Apakah ini yang dinamakan Eisegesis?

Karena anda yang curiga, sebaiknya andalah yang HARUS  membuktikannya.

Saya heran dengan cara anda menafsir bagian2 Alkitab. Yohanes memberi nama baru kepada dua terang itu????? setahu saya Yohanes tidak menyinggung soak DUA TERANG dalam Injil Yohanes 1.

Kenapa anda tidak memberi tahu blogger yang lain apa yang anda sebut setahu anda itu tentang Yohanes 1?

Tidakkah anda hanya mencari2 dukungan yang LEMAH dalam hal ini?

Sammy Mandela, bila butuh dukungan, saya akan MEMINTANYA dari handai taulan, bukan MENCARINYA.

Judul artikel Haihai "ALLAH YANG MAHA TAHU TIDAK TAHU" Tidakkah anda merasa judul anda jelas-jelas BERKONTRADIKSI????

Sammy Mandela, ada kebenaran yang bisa dirasakan oleh alat peraba, misalnya, panas, dingin, kesat, licin, dll. Ada pula kebenaran yang bisa dirasakan oleh HATI, misalnya, sedih, gembira, marah, takut, dlll. KONTRADIKSI atau TIDAK tentu saja tidak BOLEH ditentukan dengan RASA. KONTRADIKSI atau tidak, harus diuji dengan akal budi, bukan di rasa-rasa.

Saya sama sekali tidak merasa judul blog ini jelas-jelas BERKONTRADIKSI!

Anda MERASA judul blog ini jelas-jelas BERKONTRADIKSI???? Kenapa anda tidak menjelaskan bagaimana CARA anda merasakannya? Kenapa anda tidak menunjukkan jelas-jelas BERKONTRADIKSINYA?

Maha Tahu tapi tidak Tahu?????

BENAR! Kenapa anda tidak membaca blog ini dengan hati-hati dan teliti agar memahami apa arti "Allah Yang Mahatahu Tidak Tahu?"

Apakah ketika menulis komentar tadi, anda sudah membaca isi blog ini?

Sammy Mandela, di kampung saya, ada dua jenis manusia yang paling menyebalkan. Mereka adalah pencari pujian dengan mencuri kebajikan.

Jenis pertama saya sebut Mr. SETUJU. Dia selalu keliling kampung untuk mencari pujian dengan mencuri kebajikan. Dia disebut Mr. SETUJU karena selalu SETUJU. Bahkan ketika mendengar suara KENTUT pun, dia akan latah bilang, "SETUJU!"

Jenis yang kedua saya sebut Mr. BERTANYA. Dia selalu keliling kampung untuk mencari pujian dengan mencuri kebajikan. Dia disebut Mr. BERTANYA karena dia menyangka dirinya pandai setiap kali dia bertanya untuk mempertanyakan apa yang dikatakan orang lain. Bahkan ketika mendengar tetangganya KENTUT pun dia akan mempertanyakan, "Kenapa suara kentutnya tidak seperti kemarin? Kenapa bau kentutnya tidak seperti kemarin? Kamu yakin itu kentut kamu?" Dia hanya bisa bertanya dan mempertanyakan, namun sama sekalit tidak memiliki pengetahuan untuk menjawan, bahkan menjawab pertanyaannya sendiri.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

lentin's picture

@om hai-hai : lentin ?

om hai-hai : "Sammy Mandela, lentin percaya bahwa Kegelapan di dalam Yohanes 1:5 dan 1 Yohanes 1:5 adalah si Jahat atau Iblis. Silahkan tanya lentin, siapa yang mengajarinya hal demikian?"

saya amnesia om, dimana saya bilang seperti itu ?

Komentar saya sama om :

om hai-hai belum ngerti juga???

Dari awal tanggapan saya sudah menyatakan kesalahan yang terdapat di blog ini dengan GAMBLANG. Saya gak senafsu om hai-hai mau mengajar orang lain, saya disini pun hanya minta pertanggung jawaban om hai-hai atas tulisan om hai-hai ini bkn mau ngajarin om hai-hai atau siapapun.

Saya hanya menguji tulisan om hai-hai ini dengan Firman Tuhan. Dan hasilnya bertentangan. Saya tulis lagi ya , apa kesalahan di blog ini. BACA AYAT-AYAT ALKITAB DI BAWAH INI YANG BERTENTANGAN DENGAN TULISAN OM HAI-HAI.

Mal 3:6  Bahwasanya Aku, TUHAN, tidak berubah, dan kamu, bani Yakub, tidak akan lenyap.

Yoh 1:1  Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
Yoh 1:2  Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.
Yoh 1:3  Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.
Yoh 1:4  Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.
Yoh 1:5  Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.

1 Yohanes 1:5 Dan inilah berita, yang telah kami dengar dari Dia, dan yang kami sampaikan kepada kamu: Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan.

Ibrani 13:8  Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya.

Yakobus 1:17
Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.

Yang saya tau dari Firman Tuhan (yang bertentangan dengan tulisan om hai-hai ini) :
1. Tuhan tidak pernah berubah
2. Tuhan adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan
3. Yesus adalah Firman, Firman itu Yesus bersama-sama dengan Allah dan Yesus itu adalah Allah.

kesalahan lain :

om hai-hai mengambil ayat-ayat Alkitab tentang pencipataan langit dan bumi serta isinya dan mengartikan ayat-ayat tersebut Allah menciptakan Allah.

Samudera itu ciptaan Allah om hai-hai, Samudera itu bukan Allah, bukan Tuhan Yesus. Sedih sekali rasanya baca pemahaman om hai-hai ini. Kalo om hai-hai berkata Samudera = TUHAN Allah = Yesus Kristus, berarti om hai-hai penyembah samudera ? Apa om hai-hai animisme dan mencampur adukannya dengan Kekristenan ? apa om hai-hai yang sebenernya sesat alih-alih menuduh hamba Tuhan lain sesat ?

Wahyu 12:1-5 itu bukan kisah Allah Yang Mahagelap Menciptakan Allah Yang Mahamanusia. om hai-hai kok bisa semenyimpang ini ?  Semua kalimat di blog ini menyimpang dari kebenaran Firman Tuhan. Bagaimana om hai-hai mempertanggung jawabkannya!!!

om hai-hai samudera itu bagian bumi, samudera itu lautan. Apa kata Tuhan tentang bumi ini.

Yesaya 66:1  Beginilah firman TUHAN: Langit adalah takhta-Ku dan bumi adalah tumpuan kaki-Ku; rumah apakah yang akan kamu dirikan bagi-Ku, dan tempat apakah yang akan menjadi perhentian-Ku?

Om ngerti maksudnya ? kenapa om hai-hai bisa bilang : "Ternyata Samudera bukan Yesus namun Dia adalah Bapa-Nya Yesus Kristus. "

Gimana sih logika om hai-hai ini ??? Samudera itu bagian bumi om dan bumi itu tumpuan kaki Tuhan. Udah paham ? Kenapa bisa sesesat itu mikirnya ?

Dan satu lagi, saya tidak menuduh om hai-hai... apakah saya terlihat menuduh, sedangkan jelas2 sudah terlihat om hai-hai menyimpangkan Firman Tuhan.

Tentang Tuhan Yesus (Firman), ALLAH dan Roh Kudus, saya tulis ayat-ayat ini om :

Yohanes 4:24  Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."
Yoh 1:1  Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

om hai-hai mungkin pusing mikir, Allah, Roh Kudus, Yesus, gak usa terlalu di jelimetin om, pikiran om GAK AKAN PERNAH BISA ngukur Tuhan, apa lagi sampai om bisa menyimpulkan penciptaan Tuhan, sesat bgt itu.

Baca ayat-ayat diatas, dan ayat2 tersebut udah jelasin secara gamblang.

Allah itu Roh (kita kenal Roh Allah itu Roh Kudus), Allah itu Firman (Yesus), Allah, Roh Kudus dan Yesus itu satu, om hai-hai, SATU. Esa itu satu om.

1Ti 2:5  Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus, 

Dan sekali lagi saya bilang, saya udah baca blog om hai tentang yohanes 1:1-34 dan saya juga bilang lagi tanggapan saya sama dengan Mujizat, om hai super ngawur. Dan tanggapan selebihnya saya tulis juga di sini. Trus om hai mau saya belajar dari situ ??? Saya memank tolol, bego, dungu, bebal, klo sampe saya belajar dari tulisan om hai-hai itu.

Dan om mau tau jawaban dari saya untuk menyelesaikan masalah karena blog ini, akui kesalahan om hai-hai dan hapus blog ini. Itu yg menyelamatkan om hai dari menyesatkan orang lain karena blog ini.

Inget om,kita semua bertanggung jawab atas apa yang telah kita lakukan. Om gak bisa aja seenaknya tulis2 kaya gni, bilang org lain tolol, bego, anjing tolol, lalu om kira gak akan menanggung apa2, inget om, om akan bayar semua itu.

Sampe sini aja tanggapan saya mengenai blog om hai ini. Saya tidak mau tanggapin lagi. Kalo gak ngerti ya udah.

Dimana saya mengatakan hal yg om hai-hai bilang itu ?

I love Jesus

hai hai's picture

@lentin, bila demikian ...

Oh, begitu ya lentin? bila demikian, KEGELAPAN di dalam Yohanes 1:5 dan 1 Yohanes 1:5 itu apa? Maksud saya, bila anda tidak memahaminya sebagai Si jahat atau Iblis, lalu anda memahaminya sebagai apa?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

lentin's picture

om hai-hai : yg saya pahami sampai saat ini

Dalam konteks Yohanes 1:5
Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.

dan 1 Yohanes 1:5
Dan inilah berita, yang telah kami dengar dari Dia, dan yang kami sampaikan kepada kamu: Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan.

  • Kegelapan itu sendiri suatu situasi atau keadaan atau tempat dimana tidak ada terang - tidak dpt melihat kebenaran.
  • Dalam kegelapan, kebenaran tidak di kenal atau dalam kegelapan tidak akan bisa mengenal kebenaran.
  • Didalam kegelapan ada perbuatan-perbuatan yang tidak berkenan di hadapan Tuhan, seseuatu yang tidak benar,kecemaran, jauh daripada kekudusan dan kebenaran yaitu perbuatan2 dosa.

1 Yoh 2:11  Tetapi barangsiapa membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan dan hidup di dalam kegelapan. Ia tidak tahu ke mana ia pergi, karena kegelapan itu telah membutakan matanya.

1 Yoh 2:9  Barangsiapa berkata, bahwa ia berada di dalam terang, tetapi ia membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan sampai sekarang.

Efesus 5:11  Janganlah turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak berbuahkan apa-apa, tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu.

Yoh 3:19  Dan inilah hukuman itu: Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat.
Yoh 3:20  Sebab barangsiapa berbuat jahat, membenci terang dan tidak datang kepada terang itu, supaya perbuatan-perbuatannya yang jahat itu tidak nampak;

Yoh 12:46  Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan.

Joh 8:12  Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."

:-)

I love Jesus

hai hai's picture

@ lentin, Allah Di Dalam KEGELAPAN

Dalam konteks Yohanes 1:5
Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.

dan 1 Yohanes 1:5
Dan inilah berita, yang telah kami dengar dari Dia, dan yang kami sampaikan kepada kamu: Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan.

  • Kegelapan itu sendiri suatu situasi atau keadaan atau tempat dimana tidak ada terang - tidak dpt melihat kebenaran.
  • Dalam kegelapan, kebenaran tidak di kenal atau dalam kegelapan tidak akan bisa mengenal kebenaran.
  • Didalam kegelapan ada perbuatan-perbuatan yang tidak berkenan di hadapan Tuhan, seseuatu yang tidak benar,kecemaran, jauh daripada kekudusan dan kebenaran yaitu perbuatan2 dosa.

Allah adalah terang

Allah = Terang

Terang itu bercahaya di dalam kegelapan

Terang di dalam kegelapan

Kenapa di dalam Alalh tidak ada KEGELAPAN? Karena Allah ada DI DALAM kegelapan.

KARENA Dalam kegelapan, kebenaran tidak di kenal atau dalam kegelapan tidak akan bisa mengenal kebenaran, ARTINYA Allah TIDAK kenal KEBANARAN karena TIDAK bisa MENGENAL kebenaran.

KARENA  Didalam kegelapan ada perbuatan-perbuatan yang tidak berkenan di hadapan Tuhan, ARTINYA Allah PUNYA erbuatan-perbuatan yang tidak berkenan di hadapan Tuhan.

Wow ..... ini logika If Than lho lentin

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

lentin's picture

@om hai-hai : TOLONG "baca" baik2 !

om hai-hai : "Kenapa di dalam Alalh tidak ada KEGELAPAN? Karena Allah ada DI DALAM kegelapan."

om hai-hai TOLONG "baca" baik2 :

Terang
itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya

Allah adalah terang dan didalam Dia sama sekali TIDAK ADA kegelapan

masa om hai-hai kalimat sederhana gtu aja bisa menafsirkannya dengan salah, anak kecil aja tau om apa maksudnya

Joh 8:12  Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."

om hai-hai gamblang nya gini, kalo ada terang maka kegelapan itu SIRNA, HILANG, GAK ADA LAGI.

Lawan kata terang itu gelap. Gelap itu GAK ADA klo terang ada. Ini sederhana sekali om hai-hai. Kenapa hal semudah ini saja sulit dimengerti ?

untuk membantu om memahami Coba om pergi atau bayangkan om pergi ke rumah yang sudah lama tidak ditinggali malam-malam. Dalam rumah itu gelap (om ngerti kan arti kata gelap ?) Bisakah om melihat isi di dalam rumah itu ? TIDAK ! Om membutuhkan cahaya atau terang untuk dapat melihat.
Lalu om cari saklar lampu,dengan meraba-raba dinding, dan om temukan, lalu om nyalakan lampunya, dalam sekejap ruangan itu menjadi TERANG, maka HILANGLAH kegelapan sehingga om dapat melihat seisi rumah itu.

om suka dengan logika IF Then kan, saya buat kan gampangnya :

Jika ada terang maka tidak ada kegelapan
Jika terang muncul maka sirnalah kegelapan
Jika terang datang maka pergilah kegelapan

Itu logika If then nya om hai-hai

om hai-hai : "KARENA  Didalam kegelapan ada perbuatan-perbuatan yang tidak berkenan di hadapan Tuhan, ARTINYA Allah PUNYA erbuatan-perbuatan yang tidak berkenan di hadapan Tuhan."

apa pula ini om hai ? gimana om hai dapat menarik kesimpulan tidak benar seperti ini ?

apa om hai masih hidup dalam kegelapan, sehingga tidak mengenal Terang itu ?

I love Jesus

PlainBread's picture

@Lentin Anda yang harus membaca dengan baik

Lentin, anda mengartikan ayat tersebut dengan pemahaman yang bertahun2 sudah anda percaya sebagai pengertian yang benar. Dulu saya juga mengartikan ayat tersebut seperti anda mengartikannya.

Padahal, ayat tersebut sama sekali gak bilang soal kegelapan PERGI atau Sirna. Ayat tersebut bilang ada terang dalam kegelapan dan kegelapan tidak menguasainya.

Frase "kegelapan tidak menguasainya" anda artikan sebagai kegelapan sirna atau pergi. Kalo memang artinya sperti itu, kenapa penulis ayat tersebut gak menulis SEPERTI pengertian anda: Terang itu bercahaya di dalam kegelapan oleh karena itu kegelapan menjadi sirna.

Bisakah anda melepaskan pengertian anda sejenak saja, untuk bisa mencoba memahami ayat tersebut dari perspektif berbeda yang belum pernah anda gunakan?

lentin's picture

PB : perspektif sesat ?

coba PB sendiri yg pikirkan... :-)

PB : Kalo memang artinya sperti itu, kenapa penulis ayat tersebut gak menulis SEPERTI pengertian andaTerang itu bercahaya di dalam kegelapan oleh karena itu kegelapan menjadi sirna.

apa mank harus begitu ?

I love Jesus

PlainBread's picture

@Lentin anda yang mengartikannya, anda yang menjelaskannya

coba PB sendiri yg pikirkan... :-)

 

PB : Kalo memang artinya sperti itu, kenapa penulis ayat tersebut gak menulis SEPERTI pengertian anda: Terang itu bercahaya di dalam kegelapan oleh karena itu kegelapan menjadi sirna.

mank harus begitu ?

Bukankah anda yang mati2an mau bilang sama hai-hai bahwa anda mengartikannya terang datang, kegelapan pergi/sinar, seperti tulisan anda di atas.

Jadi andalah yang harus menjelaskan kenapa anda artikan:

"kegelapan tidak menguasainya" = "kegelapan sirna/pergi".

Asal muasalnya itu dari mana?

Kecuali kalo ayatnya seperti yang saya buat sendiri, "Terang bercahaya di dalam kegelapan oleh karena itu kegelapan menjadi sirna." Nah anda bisa menepuk2 dada dan yakin bahwa pengertian anda sama dengan apa yang TERTULIS di ayat tersebut.

Kenyataannya, secara TERTULIS, ayat tersebut TIDAK menyatakan bahwa kegelapan itu pergi/sirna. Anda yang menambahkan pengertian anda sendiri ke dalam ayat tersebut.

Makanya saya pernah katakan ke orang lain, pengertian LITERAL tu harus datang duluan dalam memahami suatu kalimat atau cerita. Itu dasar hermenuetika kalo di Teologi. Kalo LITERAL tidak sanggup dipahami, baru pake makna FIGURATIF.

Pengertian anda itu adalah pengertian figuratif, yaitu pengertian yang BERBEDA dengan yang TERTULIS. Kenapa anda pake figuratif? Karena secara hermeneutics, anda TIDAK PAHAM dengan yang LITERAL sehingga memilih FIGURATIF.

lentin's picture

PB : sama sekali TIDAK ADA kegelapan

Saya sebenarnya sedikit malas berdiskusi dengan PB, selain suka membuat topik jadi lebar, makna yg di bicarakan juga jadi hilang entah kemana... PB suka mengaburkan isi sebenarnya !

Pahami ini PB :

Terang itu bercahaya di dalam kegelapan  dan kegelapan itu tidak menguasainya

Allah adalah terang dan didalam Dia sama sekali TIDAK ADA kegelapan

ntah apapun kata yg saya pakai, mau sirnalah kegelapan itu, mau pergilah kegelapan itu... tapi INTINYA

didalam ALLAH sama sekali TIDAK ADA kegelapan

Dan PB saya pakai kata itu juga ingin membuat cara mudah buat om hai-hai memahami TERANG dan KEGELAPAN, bukan kata untuk menafsirkan ayat.

PB sekali2 nanti saya tidak menanggapi PB lagi, tidak apa2 ya. Saya percaya PB cerdas dan pintar, tp saya gk tau knp PB bisa suka membuat kabur suatu makna.

I love Jesus

PlainBread's picture

@Lentin Mari Berimajinasi

Saya sebenarnya sedikit malas berdiskusi dengan PB, selain suka membuat topik jadi lebar, makna yg di bicarakan juga jadi hilang entah kemana... PB suka mengaburkan isi sebenarnya !

Saya baru saja menunjukkan ke anda tentang YANG TERTULIS. Anda sampe sekarang tidak menjawab saya dari mana anda bisa mendapatkan pengertian yang BERBEDA dari yang TERTULIS. Kalo di sini ada yang mengaburkan isi yang sebenarnya, bukankah itu anda, yang mengatakan bahwa "kegelapan tidak menguasainya" = "kegelapan sirna"?

 

Pahami ini PB :

 

Terang itu bercahaya di dalam kegelapan  dan kegelapan itu tidak menguasainya

 

Allah adalah terang dan didalam Dia sama sekali TIDAK ADA kegelapan

ntah apapun kata yg saya pakai, mau sirnalah kegelapan itu, mau pergilah kegelapan itu... tapi INTINYA

didalam ALLAH sama sekali TIDAK ADA kegelapan

Iya saya SUNGGUH AMAT mengerti perspektif anda karena saya juga menggunakan perspektif yang sama bertahun2 yang lalu.

Tapi mengertikah anda akan perspektif saya? 

Saya ingin ajak anda berimajinasi, membayangkan sesuatu untuk bisa mengerti perspektif soal kedua ayat tersebut.

1. Ayat yang pertama:

Terang bercahaya DI DALAM kegelapan.

Bayangkan dua lingkaran, besar dan kecil. Yang kecil berada di DALAM yang besar.

Yang lingkaran kecil itu adalah TERANG. Yang lingkaran besar adalah kegelapan. Makanya dibilang TERANG bercahaya DI DALAM kegelapan.

Apakah kegelapan menguasai terang? TIDAK. Kenapa? Karena terang BERCAHAYA walaupun dia ada di dalam kegelapan.

 

2. Di DALAM Terang tidak ada kegelapan

Tetap bayangkan dua lingkaran yang sama, besar dan kecil. Yang kecil berada di dalam yang besar:

Memang tidak ada kegelapan di DALAM TERANG, karena terang bercahaya DI DALAM kegelapan, bukan di LUAR kegelapan. Bayangkan dua lingkaran kecil dan besar itu. Apakah di dalam lingkaran kecil ada kegelapan? TIDAK. Karena lingkaran yang besar, alias kegelapan itu ada di LUAR terang, karena terang itu ada di DALAM gelap. 

 

PB sekali2 nanti saya tidak menanggapi PB lagi, tidak apa2 ya. Saya percaya PB cerdas dan pintar, tp saya gk tau knp PB bisa suka membuat kabur suatu makna.

Membuat kabur makna apa ya? Bukankah anda yang menambahkan pengertian anda sendiri ke dalam ayat yang TERTULIS? Ayatnya tertulis kegelapan tidak menguasainya, anda mengaburkannya dengan memberi makna "kegelapan sirna".

Sampe sekarang anda tidak menjelaskan kenapa anda bisa beranjak dari "Kegelapan tidak menguasainya" trus loncat ke "kegelapan sirna" kecuali kalo itu asalnya dari pengertian anda sendiri.

lentin's picture

PB : sekali ini lagi

PB : "Sampe sekarang anda tidak menjelaskan kenapa anda bisa beranjak dari "Kegelapan tidak menguasainya" trus loncat ke "kegelapan sirna" kecuali kalo itu asalnya dari pengertian anda sendiri."

PB kan udah saya bilang , kalo kta2 itu untuk menjelaskan TERANG DAN GELAP BUKAN menafsirkan ayat! Tp untuk menjelaskan pada om hai-hai tentang terang dan gelap. Susah sekali engkau mengerti :((

awalnya dari :

om hai-hai gamblang nya gini, kalo ada terang  maka kegelapan itu SIRNA, HILANG, GAK ADA LAGI.

Lawan kata terang itu gelap. Gelap itu GAK ADA klo terang ada. Ini sederhana sekali om hai-hai. Kenapa hal semudah ini saja sulit dimengerti ?

untuk membantu om memahami Coba om pergi atau bayangkan om pergi ke rumah yang sudah lama tidak ditinggali malam-malam. Dalam rumah itu gelap (om ngerti kan arti kata gelap ?) Bisakah om melihat isi di dalam rumah itu ? TIDAK ! Om membutuhkan cahaya atau terang untuk dapat melihat.
Lalu om cari saklar lampu,dengan meraba-raba dinding, dan om temukan, lalu om nyalakan lampunya, dalam sekejap ruangan itu menjadi TERANG, maka HILANGLAH kegelapan sehingga om dapat melihat seisi rumah itu.

om suka dengan logika IF Then kan, saya buat kan gampangnya :

Jika ada terang maka tidak ada kegelapan
Jika terang muncul maka sirnalah kegelapan
Jika terang datang maka pergilah kegelapan

Kata-kata saya ini PB, saya pakai bukan untuk menafsirkan Ayat tersebut, tapi menjelaskan pada hai-hai perbedaan terang dan gelap. Sangat sulitkah PB?

PB, saya mengerti apa yg km suruh imajinasikan itu. Tp ya ampun PB, pada intinya km muter2 aja di tempat yg sama, tp km cuma buat ribet segala sesuatu. Saya bener2 heran sama km, krn km juga ngomongin hal yg sama.

PB :Memang tidak ada kegelapan di DALAM TERANG, karena terang bercahaya DI DALAM kegelapan, bukan di LUAR kegelapan. Bayangkan dua lingkaran kecil dan besar itu. Apakah di dalam lingkaran kecil ada kegelapan? TIDAK. Karena lingkaran yang besar, alias kegelapan itu ada di LUAR terang, karena terang itu ada di DALAM gelap.

tp satu hal, yg mau KOREKSI :

Karena lingkaran yang besar, alias kegelapan itu ada di LUAR terang, karena terang itu ada di DALAM gelap. --> karena di dalam kegelapan itu TIDAK ADA TERANG!

Gini deh PB, kamar aku terang, tapi dibawah kolong tempat tidur aku gelap. Kenapa? karena di kolong tempat tidur aku gak ada cahaya. Dan saat aku mau lihat ke kolong tempat tidur, aku pake senter, jadi cahaya senter itu meneragi kolong tempat tidur aku, sehingga aku dapat melihat, karena sudah tidak gelap lagi.

PB aku percaya km pinter OK ! Masa gtu aja gk ngerti :-)

Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan.

I love Jesus

PlainBread's picture

@Lentin Saya tau saya pintar, tapi saya gak tau anda pintar/gak

Lentin, saya tahu banget soal dualisme. Kalo ada dingin, itu diasumsikan gak ada panas. Kalo ada terang, itu artinya gak ada kegelapan. Paham banget. Paham banget. Paham banget. Tuh saya sampe 3 kali ngetiknya supaya kamu sadar bahwa saya paham perspektif kamu.

Tapi sebaliknya ...

 

PB :Memang tidak ada kegelapan di DALAM TERANG, karena terang bercahaya DI DALAM kegelapan, bukan di LUAR kegelapan. Bayangkan dua lingkaran kecil dan besar itu. Apakah di dalam lingkaran kecil ada kegelapan? TIDAK. Karena lingkaran yang besar, alias kegelapan itu ada di LUAR terang, karena terang itu ada di DALAM gelap.

tp satu hal, yg mau KOREKSI :

Karena lingkaran yang besar, alias kegelapan itu ada di LUAR terang, karena terang itu ada di DALAM gelap. --> karena di dalam kegelapan itu TIDAK ADA TERANG!

Kamu mau MENGKOREKSI dengan mengatakan:

"Di dalam kegelapan itu TIDAK ADA TERANG".

Betul kan? :)

Saya tanya, itu kamu dapet dari mana? Dari kedua ayat tersebut? Coba kasih liat saya bagian mana dari ayat2 tersebut yang menunjukkan bahwa apa yang kamu tulis itu bener :)

Justru di Yoh 1:5  tertulis "Terang itu bercahaya di DALAM kegelapan". Berarti terang ada di DALAM kegelapan? Masa kamu berakhir dengan menyangkal ayat tersebut sih? He he he.

 

Gini deh PB, kamar aku terang, tapi dibawah kolong tempat tidur aku gelap. Kenapa? karena di kolong tempat tidur aku gak ada cahaya. Dan saat aku mau lihat ke kolong tempat tidur, aku pake senter, jadi cahaya senter itu meneragi kolong tempat tidur aku, sehingga aku dapat melihat, karena sudah tidak gelap lagi.

Iya tapi kamu sadar gak kalo di antariksa atau luar angkasa sana, itu gelapan? Kamar kamu ada di dalam universe atau ada di luar universe? 

 

PB aku percaya km pinter OK ! Masa gtu aja gk ngerti :-)

Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan.

Lah emang gue pinter, elu gak usah percaya lagi karena itu kenyataan. Selalu ranking satu di kelas, dapet beasiswa, cum laude, dicari head hunter untuk kerja di 2 perusahaan swasta yang masuk dalam Fortune 500,  dan termasuk dalam kelompok minoritas dalam populasi di dunia berdasarkan IQ dan EQ :D (ngarepin ada yang bilang gue sombong setengah mati hahaha).

 

Anyway,

Nah sekarang yang gue gak tau, elu pinter atau gak? 

Di dalam kegelapan ada terang, setuju kan? Bukankah itu dari Yoh 1:5?

Di dalam terang tidak ada kegelapan, yah gue setuju. Emang kapan gue bilang kalo itu salah. Itu kan dari 1 Yoh 1:5

Yang gue ragu elu pinter, kenapa elu bilang di atas bahwa "Di dalam KEGELAPAN tidak ada TERANG", bukankah itu menyangkal kedua ayat tersebut, Yoh 1:5 dan 1 Yoh 1:5? Kalo elu pinter, gak mungkin elu bikin statemen seperti itu karena sama aja menyangkal isi Yoh 1:5 dan 1 Yoh1:5

lentin's picture

@PB terakhir

saya gk pinter, sy gk jenius, saya biasa2 aja PB :-)
Tp Yesus itu luar biasa dalam hidup saya, saya yg seperti ini saja Dia kasihi. Siapa saya ?
Saya tidak pintar, bahkan lemah. :) Kekuatan dan pengharapan saya hanyalah Yesus Kristus.

Saya percaya Firman Tuhan, Firman Tuhan itu Kebenaran yang menuntun hidup kepada keselamatan :-)

Sekarang saya tanya PB. Apa kegelapan kalo udah ada terang tetap gelap ?

Sulitkan bagi PB yg pintar, yang selalu ranking 1 di kelas, dapet beasiswa, cumlclaude, dicari head hunter untuk kerja di 2 perusahaan swasta yang masuk dalam Fortune 500, dan termasuk dalam kelompok minoritas dalam populasi di dunia berdasarkan IQ dan EQ memahami hal seperti itu ?

Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya

Allah adalah terang dan didalam Dia sama sekali TIDAK ADA kegelapan

Yesus itu adalah terang dunia, barangsiapa mengikut Yesus, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup.

:-)

I love Jesus

PlainBread's picture

@Lentin Benar ini yang TERAKHIR?

Kirain tadi sewaktu baca judul "sekali ini lagi", kirain itu yang terakhir. Ternyata masih ada yang terakhir yah :)

 

saya gk pinter, sy gk jenius, saya biasa2 aja PB :-)
Tp Yesus itu luar biasa dalam hidup saya, saya yg seperti ini saja Dia kasihi. Siapa saya ?
Saya tidak pintar, bahkan lemah. :) Kekuatan dan pengharapan saya hanyalah Yesus Kristus.

Saya percaya Firman Tuhan, Firman Tuhan itu Kebenaran yang menuntun hidup kepada keselamatan :-)

Sama donk, saya juga percaya Yesus. Ada jutaan orang di dunia ini yang percaya Yesus bukan anda atau saya saja  :-) Jadi itu gak membuktikan apa2 di dalam membahas tentang topik yang kita bicarakan.

 

Saya bilang tentang saya pintar kan karena anda berkali2 menekankan bahwa saya pintar. Begitu saya bilang saya pintar, anda langsung bawa2 Yesus yah hehehe.

Saya gak tau apakah anda bilang saya pintar itu motivasinya seperti apa. Tapi percayalah, kalo diskusi sama saya, saya cuma menggunakan senjata2 yang digunakan orang lain dalam berdiskusi dengan mereka. Jadi kalo anda terus menerus bilang saya pintar, saya akan membalikkan kata2 tersebut ke anda, dan saya sudah tahu kok ujung2nya anda bakal bawa2 Yesus. Tipikal. Sama seperti orang2 Farisi bawa2 Abraham supaya mereka bisa dilihat sebagai berada di pihak yang benar. Nyatanya Yesus bilang bahwa kalo mereka keturunan Abraham, pasti mereka menerimaNya. Nyatanya Firman Tuhan bilang (Yoh 1:5) bahwa terang itu ADA DI DALAM kegelapan, meruntuhkan keyakinan anda bahwa terang itu TIDAK ADA di dalam kegelapan.

 

Sekarang saya tanya PB. Apa kegelapan kalo udah ada terang tetap gelap ?

Dari dua ayat yang anda terus bawa2 itu, Yoh 1:5 dan 1Yoh 1:5, menurut anda bagaimana? Bukankah ada jawabannya di situ? Bukankah dikatakan terang itu bercahaya dan kegelapan tidak menguasainya?

 

Sulitkan bagi PB yg pintar, yang selalu ranking 1 di kelas, dapet beasiswa, cumlclaude, dicari head hunter untuk kerja di 2 perusahaan swasta yang masuk dalam Fortune 500, dan termasuk dalam kelompok minoritas dalam populasi di dunia berdasarkan IQ dan EQ memahami hal seperti itu ?

Sulitkah bagi Lentin yang mengaku Yesus itu luar biasa dalam hidupnya, yang mengaku kekuatan dan pengharapannya hanyalah Yesus Kristus, yang percaya Firman Tuhan, untuk mau jujur dan bilang bahwa apa yang dikatakannya soal "Dalam Kegelapan TIDAK ADA terang" adalah kekeliruan karena itu menyangkali Firman Tuhan yaitu Yoh 1:5 ("Terang itu bercahaya di dalam kegelapan")?

 

 

Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya

Allah adalah terang dan didalam Dia sama sekali TIDAK ADA kegelapan

 

 

Yesus itu adalah terang dunia, barangsiapa mengikut Yesus, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup.

:-)

Tapi anda bilang "Di dalam Kegelapan TIDAK ADA terang". Gimana tuh?

Bukankah yang harus anda garis bawahi adalah kata2 "DI DALAM"?

Bukankah Yoh 1:5 menyatakan bahwa Terang bercahaya DI DALAM kegelapan alias ADA terang di dalam kegelapan?

Mentok di 2 ayat yang anda bawa2 sebagai senjata pamungkas, trus bawa ayat2 lain lagi yah? Hehehe. Tipikal. Mendingan anda fokus dulu ke 2 ayat tersebut.

Mendingan anda mengakui di depan umum bahwa anda mau belajar dan mau melepaskan pemikiran yang salah kalo secara tertulis Firman Tuhan sudah menyatakan bahwa "kegelapan tidak menguasainya", BUKAN "kegelapan sirna/pergi". Daripada pura2 bertanya untuk membenarkan pemahaman diri dan mengklaim bahwa pemahamannya sesuai dengan Firman Tuhan, gak taunya mendapati diri bersalah karena Firman Tuhan tidak berkata seperti yang disangkanya.

Sammy Mandela's picture

@b7 dan Hai2 Bapa adalah GELAP?????

Saya juga tahu belum pernah ada teolog yang mengajarkan bahwa KEGELAPAN di dalam Yohanes 1:5 dan 1 Yohanes 1:5 BUKAN si jahat apalagi Iblis namun YESUS.

Anda berkata begitu, bararti anda pernah tahu bahwa banyak Teolog yg mengajarkan bahwa KEGELAPAN di dalam Yoh 1:5 dan 1 Yoh 1:5 adalah si JAHAT/IBLIS, makanya saya mau tanya Siapa saja Teolog yang mengajarkan bahwa KEGELAPAN dalam Yohanes 1:5 adalah si JAHAT alias Iblis? Mohon sebutkan darimana sumbernya?

Sammy Mandela, Segala Terang itu siapa? Segala Terang itu adalah Dua Penerang yang menerangi dunia. Yang Satu besar, yang satu lebih kecil. Kedua-Nya diciptakan pada hari pertama dan dipisahkan wewenang-Nya pada hari keempat.

Saya baca di Alkitab  saya, TIDAK BENAR Kedua Benda Penerang DICIPTAKAN pada Hari Pertama dan juga Tidak Benar bahwa dipisahkan wewenangnya pada hari ke-4

Gen 1:14  Berfirmanlah Allah: "Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun,
Gen 1:15  dan sebagai penerang pada cakrawala biarlah benda-benda itu menerangi bumi." Dan jadilah demikian.
Gen 1:16  Maka Allah menjadikan kedua benda penerang yang besar itu, yakni yang lebih besar untuk menguasai siang dan yang lebih kecil untuk menguasai malam, dan menjadikan juga bintang-bintang.

Yang saya baca dan pelajari dalam Alkitab, bahwa Hari pertama Tuhan ciptakan TERANG bukan Benda PENERANG. Benda PENERANG baru diciptakan sesuai dengan hari ke-4. Tidakkah Haihai terlalu memaksakan untuk mengepas-ngepaskan hari 1 dan 4, padahal jelas berbeda?????

Mengapa Benda2 penerang di Hari ke-4 bisa dengan gampangnya dihubungkan dengan SEGALA TERANG dalam Yakobus 1:17. Apakah ada kesengajaan untuk dihubung2kan agar pas dengan teori Haihai? Apakah ini yang dinamakan Eisegesis?

Mengapa saya kutip Yakobus 1:17 karena Hai2 berkata bahwa Kegelapan adalah Bapa, Yesus adalah TERANG. Padahal Yakobus 1:17 SANGAT JELAS Membantah hal itu BAPA SEGALA TERANG. Tidak ada KEGELAPAN pada BAPA. Ini pernyataan GEGABAH dan Benar2 KACAU dari anda. ditambah dengan pemahaman anda dibawah ini:

Ketika mempelajari kisah penciptaan sorga dan dunia di dalam Kejadian 1:1-31 kita sudah memahami bahwa pada hari pertama Allah menciptakan Terang. Allah lalu memisahkan Terang dari Gelap. Terang yang diciptakan pada hari pertama adalah Allah Yang Mahaterang. Allah sama sekali tidak menciptakan Allah Yang Mahaterang namun menetapkan PERBEDAAN dan PEMISAHAN. Allah Yang Mahagelap adalah Allah dan Roh Allah sementara Allah Yang Mahaterang adalah TUHAN Allah. Allah Yang Mahagelap adalah Allah yang tidak kelihatan atau Allah yang tinggal jauh (transenden) sementara Allah Yang Mahaterang adalah Allah yang tinggal dekat (imanen). Allah yang tinggal dekat adalah PERANTARA antara manusia dengan Allah Yang Mahagelap alias tidak kelihatan.

Juga perhatikan apa yg b7 tulis:

b7 menulis: bukankah Kristus mengatakan I AM THE LIGHT?Kristuslah terang dunia?....Terang di kej 1:3 itu bukanlah sinar/cahaya/lampu dsb...krn benda2 penerang baru diciptakan  pada kej 1:14 jadi jika demikian terang itu adalah keluar dari BAPA sang pencipta sang creator, dan dipisahkan dari BAPA....KRISTUSLAH terang di kej 1:3 dan gelap yg dikatakan dipisahkan dari terang itulah BAPA...tak heran ada doktrin yg sangat tajam bhw ALLAH adalah imanen (jauh/gelap/tak terjangkau) dan transenden (dekat/bisa dikenali dlm hati manusia).....BAPA adalah gelap dan tak menjadi terang tp samudera telah menjadi terang dan dpt dikenali manusia.

---------------------------------------------

Yohanes memberi nama baru kepada kedua terang itu. Terang yang lebih besar itu dinamai-Nya Theos (Allah). Terang yang lebih kecil itu dinama-Nya Logos (Firman). Terang yang lebih kecil itu, Logos lalu menjadi manusia.

Saya heran dengan cara anda menafsir bagian2 Alkitab. Yohanes memberi nama baru kepada dua terang itu????? setahu saya Yohanes tidak menyinggung soak DUA TERANG dalam Injil Yohanes 1. Tidakkah anda hanya mencari2 dukungan yang LEMAH dalam hal ini?

Judul artikel Haihai "ALLAH YANG MAHA TAHU TIDAK TAHU" Tidakkah anda merasa judul anda jelas-jelas BERKONTRADIKSI????

Maha Tahu tapi tidak Tahu?????

MAHA TAHU=TAHU SEGALANYA, kok bisa ada TIDAK TAHU, ini namanya KONTRADIKSI Haihai. Pernyataan anda sungguh KONTRADIKSI. Jika ALLAH disebut MAHA TAHU berarti ALLAH pasti TAHU SEGALANYA, karena kata "MAHA" yg dikenakan ke ALLAH, sudah jelas artinya "TAHU SEGALANYA".

eh kok anda memunculkan teori Allah Maha Tahu tapi tidak tahu. bukankah ini KONTRADIKSI?????

Sammy Mandela's picture

@ 1 Yoh 1:5 dan Yoh 1:5

1 Yoh 1:5  Dan inilah berita, yang telah kami dengar dari Dia, dan yang kami sampaikan kepada kamu: Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan (YESUS).

Anda berkata Yesus adalah GELAP. Ayat di atas menjadi SANGAT-SANGAT ANEH. Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada YESUS.

Ini LOGIKA anda menjadi SANGAT KACAU dan PARAH LUARBIASA!!!

Anda mencontohkan Teolog Budi Asali dalam komentar link anda untuk saya baca, dalam link itu saya tidak menemukan bahwa Budi Asali berkata KEGELAPAN adalah IBLIS/SI JAHAT, tapi di artikel ITU beliau berkata:

Yohanes 1:5 Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.

"kegelapan" di sini berarti kegelapan secara rohani. Ini menunjuk kepada manusia yang digelapkan oleh dosa dan ketidakpercayaan.

Jadi saya bertanya, anda mengatakan Teolog bilang KEGELAPAN itu adalah IBLIS/SI JAHAT, itu Teolog siapa? Siapa saja Teolog yg bilang seperti yg anda maksud?????? Sumber data Haihai darimana? semoga bukan karangan2 anda saja yg mengatasnamakan ada banyak teolog, padahal anda tidak memberikan bukti satu teolog manapun.

Pniel's picture

@Sammy, jangan heran

Sammy : eh kok anda memunculkan teori Allah Maha Tahu tapi tidak tahu. bukankah ini KONTRADIKSI?????

Sammy janganlah heran dan terbengong-bengong kalau Hai Hai mengeluarkan jurus maboknya karena Hai Hai adalah murid dari Biksu Tong.

Sammy, tahukah anda bahwa filsafat Tiongkok kuno yg serba mistis dan irrasional sedang merasuki hati dan pikiran Hai Hai? Ya..Hai Hai sedang mencoba men-sinkretis-kan ajaran timur jauh dengan kekristenan. Hai Hai menamakan ajarannya sebagai AJARAN GOTONG ROYONG.

Kalau anda menonton film Kera Sakti, disana gurunya Hai Hai (Biksu Tong) juga mengajarkan hal yg sama kontradiksinya dengan Hai Hai. Ingatkah anda akan perkataan Biksu Tong ini : "BERISI ADALAH KOSONG, KOSONG ADALAH BERISI" ? Logika waras manakah yg sanggup menyelaraskan keabsurdan ini ??

Bedanya guru dan murid ini adalah yg satu gundul, sedangkan satunya gondrong.

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

hai hai's picture

@Pniel, YAK-YAK-O!

Sammy, tahukah anda bahwa filsafat Tiongkok kuno yg serba mistis dan irrasional sedang merasuki hati dan pikiran Hai Hai? Ya..Hai Hai sedang mencoba men-sinkretis-kan ajaran timur jauh dengan kekristenan. Hai Hai menamakan ajarannya sebagai AJARAN GOTONG ROYONG.

Pniel, sampai hari ini saya masih MENANTANG dan MENUNGGU anda atau Budi Asali mengirimkan makalah 5 kali SEMINARNYA menguliti seminar filsafat Timurnya Pdt. Dr Stephen Tong untuk saya kuliti helai demi helai seperti menguliti bawang bombai agar keliatan masa yang busuk dan mana belatungnya.

Anda sudah punya nyali untuk mengirimkannya? Ha ha ha ha ha ha .......

YAK-YAK-O!

YAK-YAK-O!

YAK-YAK-O!

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Pniel's picture

@Hai, penasaran?

Hai : Pniel, sampai hari ini saya masih MENANTANG dan MENUNGGU anda atau Budi Asali mengirimkan makalah 5 kali SEMINARNYA menguliti seminar filsafat Timurnya Pdt. Dr Stephen Tong untuk saya kuliti helai demi helai seperti menguliti bawang bombai agar keliatan masa yang busuk dan mana belatungnya.

Hahaha...rupanya anda penasaran ya? 

Kalau anda mau menantang saya, jangan menantang saya untuk memberikan makalah itu kepada anda, tetapi tantanglah saya untuk berdebat dengan anda dalam topik ini. Berani? mau saya SKAK MATCH lagi?

Ingat, selama ini saya membiarkan anda mengoceh tak karuan bukan berarti saya tak mampu taklukkan anda tetapi karena saya orang sibuk luar biasa. Saya mau menaklukkan anda bukan untuk kemuliaan diri saya sendiri tetapi demi kemuliaan Allah agar anda jangan menyebarkan bau comberan disini yg menghina kebenaran dan mendengungkan dusta shg banyak orang terseret oleh kesesatan anda.

Hai : Anda sudah punya nyali untuk mengirimkannya? Ha ha ha ha ha ha .......

Saya sudah mengemukakan alasan saya untuk tak memberi makalah tsb kpd anda. Saya juga mempunyai file2 perdebatan Pak Budi dengan pendeta liberal anda (Ioanes Rakhmat), apakah anda tak ingin baca file2 tsb dimana pendeta anda dihabisi oleh pendeta saya? hahahaha....Sori la yau! Saya tak akan berikan file2 berharga saya kepada sembarang orang. Saya akan biarkan anda hidup penuh penasaran kecuali anda bertobat dari segala kesesatan anda.

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

hai hai's picture

@Pniel, Mulut Besar ...

Kalau anda mau menantang saya, jangan menantang saya untuk memberikan makalah itu kepada anda, tetapi tantanglah saya untuk berdebat dengan anda dalam topik ini. Berani? mau saya SKAK MATCH lagi?

Menantang anda debat? ha ha ha ha ha ha ...... Terima kasih Pniel; Amid-amid jabang bayi! Ibarat Christ John nggak akan pernah nantang petinju kampung demikian pula hai hati tidak akan menantang Pniel. Untuk diskusi saya selalu cari lawan yang imbang namun untuk mengajar saya tidak memilih orang. Jadi Pniel, belajar baik-baik ya? Jangan Yak-yak-o.

Ingat, selama ini saya membiarkan anda mengoceh tak karuan bukan berarti saya tak mampu taklukkan anda tetapi karena saya orang sibuk luar biasa. Saya mau menaklukkan anda bukan untuk kemuliaan diri saya sendiri tetapi demi kemuliaan Allah agar anda jangan menyebarkan bau comberan disini yg menghina kebenaran dan mendengungkan dusta shg banyak orang terseret oleh kesesatan anda.

Prilaku anda persis Budi Asali. Itu sebabnya saya tidak mau buang waktu untuk melayani orang-orang seperti anda. Mulutnya besar, pengetahuannya seujung kuku.

Saya sudah mengemukakan alasan saya untuk tak memberi makalah tsb kpd anda. Saya juga mempunyai file2 perdebatan Pak Budi dengan pendeta liberal anda (Ioanes Rakhmat), apakah anda tak ingin baca file2 tsb dimana pendeta anda dihabisi oleh pendeta saya? hahahaha....Sori la yau! Saya tak akan berikan file2 berharga saya kepada sembarang orang. Saya akan biarkan anda hidup penuh penasaran kecuali anda bertobat dari segala kesesatan anda.

Anda bisa buat 1001 alasan. Namun, faktanya pengetahuan Budi Asali tentang agama Tiongkok kuno = NOL BESAR. Pengetahuan Alkitab dia juga nggak seberapa tuh. Prilaku Budi Asali persis prilaku anda. Mengagul-agulkan diri menang namun kenyataannya? Hua hua ha ha ha ha ..... Anda boleh lihat blog-blog saya yang menguliti ajarannya yang yak-yak-o ..... Ha ha ha ha ha ha .....Kcian dech kalian!

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

hai hai's picture

@Sammy Mandela, PARAH LUARBIASA!!!

MAHA TAHU=TAHU SEGALANYA, kok bisa ada TIDAK TAHU, ini namanya KONTRADIKSI Haihai. Pernyataan anda sungguh KONTRADIKSI. Jika ALLAH disebut MAHA TAHU berarti ALLAH pasti TAHU SEGALANYA, karena kata "MAHA" yg dikenakan ke ALLAH, sudah jelas artinya "TAHU SEGALANYA".

eh kok anda memunculkan teori Allah Maha Tahu tapi tidak tahu. bukankah ini KONTRADIKSI?????

Sammy mandela, apakah anda sudah membaca blog ini dengan teliti dan hati-hati? Bila anda sudah membacanya, silahkan menunjukkan kesalahannya. Saya tidak akan mendebat pendapat anda bahwa:

MAHATAHU = TAHU SEGALANYA

Di dalam blog ini saya hanya menjelaskan, ada yang hanya diketahui TUHAN Allah ada pula yang hanya diketahui Bapa.

1 Yoh 1:5  Dan inilah berita, yang telah kami dengar dari Dia, dan yang kami sampaikan kepada kamu: Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan (YESUS).

Anda berkata Yesus adalah GELAP. Ayat di atas menjadi SANGAT-SANGAT ANEH. Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada YESUS.

Ini LOGIKA anda menjadi SANGAT KACAU dan PARAH LUARBIASA!!!

Bila standard LOGIKA tidak kacau adalah LOGIKA anda tentu saja LOGIKA saya SANGAT KACAU dan PARAH LUARBIASA!!! Untungkah LOGIKA anda tidak pernah menjadi standard kebenaran. Sebaiknya anda klik di sini dan membaca blog saya yang membahas Yohanes 1:1-34. Setelah anda membacanya, bacalah kembali komentar saya tentang BACANG.

Anda baru menuduh logika saya SANGAT KACAU dan PARAH LUARBIASA!!! Kenapa tidak berusaha menunjukkan di mana kacaunya? apa standardnya? Yang benar itu yang bagaimana?

 

Anda mencontohkan Teolog Budi Asali dalam komentar link anda untuk saya baca, dalam link itu saya tidak menemukan bahwa Budi Asali berkata KEGELAPAN adalah IBLIS/SI JAHAT, tapi di artikel ITU beliau berkata:

Yohanes 1:5 Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.

"kegelapan" di sini berarti kegelapan secara rohani. Ini menunjuk kepada manusia yang digelapkan oleh dosa dan ketidakpercayaan.

Jadi saya bertanya, anda mengatakan Teolog bilang KEGELAPAN itu adalah IBLIS/SI JAHAT, itu Teolog siapa? Siapa saja Teolog yg bilang seperti yg anda maksud?????? Sumber data Haihai darimana? semoga bukan karangan2 anda saja yg mengatasnamakan ada banyak teolog, padahal anda tidak memberikan bukti satu teolog manapun.

Hati-hati bila mengutip kalimat-kalimat saya kawan. Saya kutip ya agar anda bisa membacanya kembali dengan gamblang lalu memikirkannya?

Saya tahu, belum pernah ada yang mengajari anda cara memahami Yohanes 1:1-5 dan 1 Yohanes 1:5 dengan cara begini. Saya juga tahu belum pernah ada teolog yang mengajarkan bahwa KEGELAPAN di dalam Yohanes 1:5 dan 1 Yohanes 1:5 BUKAN si jahat apalagi Iblis namun YESUS.

Anda tahu, si Jahat adalah makluk yang berbuat JAHAT? Iblis adalah salah satu Si Jahat. manusia yang digelapkan oleh dosa dan ketidakpercayaan. itu sijahat bukan ya?

Sammy mandela, anak hai hai mustahil hai hai karena hai hai adalah NAMA seseorang. Iblis selain DIGUNAKAN sebagai nama Pribadi juga digunakan sebagai nama JENIS. Anak kambing namanya kambing. Anak anjing namanya anjing. anak domba namanya domba. Bagaimana dengan anak ular? ular bukan? Bagaimana dengan anak Iblis? Iblis bukan?

Sammy mandela, saya sering salah ketik. Saya juga sering salah menggunakan istilah. Saya juga sering salah menggunakan kalimat. Bila anda baca dengan teliti blog-blog dan komentar saya maka anda akan menemukan semua kesalahan itu. Bila anda menemukannya, saya dengan mudah mengakui kesalahan lalu mengereksinya. Namun, menurut saya mencari-cari kesalahan demikian nggak ada gunanya.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

tonypaulo's picture

@hai, ini analogi apa?

Sammy Mandela, untuk menjawab pertanyaan anda saya copy paste komentar saya kepada lentin. di bawah ini:

Allah Adalah Terang dan Yesus adalah Gelap

Yoh 1:1  Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

Pada mulanya adalah BACANG. BACANG itu bersama-sama dengan DAGING dan BACANG itu adalah DAGING.

saya tidak tahu analogi absurd apa yang anda coba terangkan hai, apakah anda hanya "me-replace"

Firman menjadi BACANG, dan Allah menjadi DAGING ?

atau coba mengurai entitas eksistensial makna alegoris itu?

pertama prinsip ALLAH yang transenden itu anda habisi hakekatnya dengan mendegrasi suatu analogi yang tidak dapat merepresentasikan Firman dan Allah

bacang ya bacang, daging ya daging

FIRMAN adalah ALLAH

sedang

Bacang adalah Daging? itu terlalu memaksakan, anda boleh tanya ke tukang pembuat baca ; apakah bacang adalah daging

paling dia senyum-senyum kecil mendengar pertanyaan anda itu

dan tidak perlu saya jelaskan arti senyum kecil itu kepada "dik" hai yah

 

Di dalam BACANG ada TONGSENG dan TONGSENG itu adalah DAGING TUMIS

Yoh 1:4  Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.

analogi absurd yang lainnya

berarti anda tidak sekedar mereplace anda mencoba untuk mengurai entitas eksistensial makna alegoris ayat tersebut

dimana suatu konstruksi simetris dari uraian entitas eksistensial makna alegoris ayat tersebut?


 

Yoh 1:5  Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.

DAGING TUMIS itu BERWANGI di dalam BERAS dan BERAS itu tidak menguasainya.

analogi yang absurd lagi hai

anda tidak bisa memberikan entitas esensi-nya sama sekali, justru anda memperangkap imaterial Allah menjadi wujud wajib dalam bentuk makanan

inilah akibat pola pikira anda yang terlalu acak konkrit ini mencoba memberikan penjelasan secara abstrak dan sekuen, padahal itu bukan prefensi kecenderungan berpikir anda hai

(kalau tidak paham apa yang saya sampaikan, bisa mulai dengan quantum learning mengenai prefensi pola pikir seseorang)

 

Lentin yang mulia, apakah BACANG itu?

  1. BACANG adalah dwitunggal BERAS dan DAGING
  2. BACANG adalah dwitunggal BERAS dan TONGSENG
  3. Bacang adalah dwitunggal BERAS dan DAGING TUMIS
  4. BACANG adalah dwitunggal NASI dan DAGING
  5. BACANG adalah dwitunggal NASI dan TONGSENG
  6. BACANG adalah dwitunggal NASI dan DAGING TUMIS

 

loh kok 6 esensi menjelaskan 3 esensi?

analogi anda tentang bacang, absurd sekali hai (anda mengunakan nalar apa mengkonstruks pemahaman anda hai?

ada berapa dwitunggal yang kontradiktif

BACANG adalah dwitunggal BERAS dan DAGING

kemudian anda katakan

BACANG adalah dwitunggal NASI dan TONGSENG

saya baru dengan ada beras (belum jadi nasi} digabung dengan daging (belum jadi tongseng) bisa dikatakan bacang

mungin ini bacang versi suka-sukanya hai yah?

kok tambah tidak karuan dalam memberikan pehamaman?

 

Apakah FIRMAN itu?

  1. FIRMAN adalah dwitunggal GELAP dan HIDUP
  2. FIRMAN adalah dwitunggal GELAP dan TERANG MANUSIA
  3. FIRMAN adalah dwitunggal GELAP dan TERANG

 

hai mana referensi ayatnya yang mengatakan Firman itu Dwitunggal gelap dan hidup?

oh barangkali ini pemahaman versi suka-sukanya hai

Rev 1:8  "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."

kok bertentangan dengan Firman Tuhan ?

 

Bila anda memahami BACANG saya MUSTAHIL anda memahami KEGELAPAN di dalam Yohanes 1:5 adalah SI JAHAT apalagi Iblis. Sebab bila anda memahami KEGELAPAN di dalam Yohanes 1:5 adalah SI JAHAT atau IBLIS itu berarti:

FIRMAN adalah dwitunggal TERANG dan GELAP alias SI JAHAT atau Iblis

Apa yang terjadi ketika BACANG direbus? Berasnya berubah menjadi NASI. Bagaimana dengan tongseng atau daging tumisnya? Dia berubah menjadi ISI bacang.

hai anda bicara analogo bacang saja sudah berantakan hai, apalagi bicara tentang Firman

benahi dulu pemahaman anda yang berantakan ini hai

kalau Nasi yang sudah berubah dari Beras yang dimasak

apa masih bisa dikatakan beras lagi hai?

anak kecil saja bisa membedakan yang mana beras yang mana nasi

kok anda masih "kebingungan" sendiri

BACANG adalah dwitunggal BERAS dan DAGING

bacang tidak pernah ada yang adalah percampuran antara beras (mentah) dan daging (tak jelas mentah atau tidak)

sebelum jauh bicara Firman itu apa, "dik" hai mari selesaikan dulu kekacauan analogi yang anda buat yah "dik"

 

Apa yang terjadi ketika FIRMAN alias LOGOS menjadi manusia

  1. GELAP berubah menjadi YESUS
  2. TERANG berubah menjadi Roh Kudus

Ketika Gelap bertemu dengan Terang saat Yesus dibaptis oleh Yohanes Pembaptis dan Roh Kudus turun dan tinggal di atas-Nya. Sejak itulah Yesus juga disebut Yesus Kristus yang artinya Juruselamat Yang Diurapi.

Gelap berubah jadi Yesus?

Mat 1:18  Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.

hai anda jangan menambah-nambahi sesuatu yang tidak ada tertulis, sedang yang tertulis jelas saja anda masih terkadang salah dalam memahaminya

Yesus dikandung oleh Roh Kudus, ketika IA dibaptiskan bukan berarti ada Roh Kudus turun ke atas-Nya

perhatikan dengan baik

Mat 3:16  Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya,
Mat 3:17  lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan:
"Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."

(KJV+)  AndG2532 Jesus,G2424 when he was baptized,G907 went upG305 straightwayG2117 out ofG575 theG3588 water:G5204 and,G2532 lo,G2400 theG3588 heavensG3772 were openedG455 unto him,G846 andG2532 he sawG1492 theG3588 SpiritG4151 of GodG2316 descendingG2597 likeG5616 a dove,G4058 andG2532 lightingG2064 uponG1909 him:G846

apa karena ada kata lighting upon him atau turun ke atas-Nya

silahkan baca salah satu commentaries dari e-sword hai

John, saw the Spirit of God descending like a dove, and lighting upon him: for this is what was promised to John, as a sign, which should confirm his faith in Jesus, as the true Messiah, and which he himself says he saw, and upon which he based the record and testimony he bore to Christ, as the Son of God; see Joh_1:32 not but that the descent of the Holy Ghost in this manner might be seen by Christ, as well as John, according to Mar_1:10. The Spirit of God, here said to descend and light on Christ, is the same, which in the first creation moved upon the face of the waters; and now comes down on Christ, just as he was coming up out of the waters of Jordan, where he had been baptized; and which the Jews (r) so often call ????? ??? ?? ???, "the Spirit of the king Messiah, and the spirit of the Messiah". The descent of him was in a "bodily shape", as Luke says in Luk_3:22 either in the shape of a dove, which is a very fit emblem of the Spirit of God who descended, and the fruits thereof, such as simplicity, meekness, love, &c. and also of the dove-like innocence, humility, and affection of Christ, on whom he lighted; or it was in some other visible form, not expressed, which pretty much resembled the hovering and lighting of a dove upon anything: for it does not necessarily follow from any of the accounts the Evangelists give of this matter, that the holy Spirit assumed, or appeared in, the form of a dove; only that his visible descent and lighting on Christ was ωσει περιστερα, as a dove descends, hovers and lights; which does not necessarily design the form of the creature, but the manner of its motion. However, who can read this account without thinking of Noah's dove, which brought in its mouth the olive leaf, a token of peace and reconciliation, when the waters were abated from off the earth? Give me leave to transcribe a passage I have met with in the book of Zohar (s);

"a door shall be opened, and out of it shall come forth the dove which Noah sent out in the days of the flood, as it is written, "and he sent forth the dove", that famous dove; but the ancients speak not of it, for they knew not what it was, only from whence it came, and did its message; as it is written, "it returned not again unto him any more": no man knows whither it went, but it returned to its place, and was hid within this door; and it shall take a crown in its mouth, and put it upon the head of the king Messiah.''

And a little after, the dove is said to abide upon his head, and he to receive glory from it. Whether this is the remains of some ancient tradition, these men studiously conceal, concerning the opening of the heavens, and the descent of the Spirit of God, as a dove, upon the Messiah; or whether it is hammered out of the evangelic history, let the reader judge.

(r) Bereshit Rabba, fol. 2. 4. & 6. 3. Vajikra Rabba, fol. 156. 4. Zohar in Gen. fol. 107. 3. & 128. 3. Baal Hatturim in Gen. i. 2. Caphtor Uperah, fol. 113. 2. (s) In Num. fol. 68. 3, 4.

Lentin, andai kata BACANG mentah saya tidak direbus namun saya PISAHKAN. Berasnya saya TANAK sampai matang maka berubah menjadi NASI. Di atas NASI itu lalu saya tuangkan TONGSENG atau DAGING TUMIS. Apakah dwitunggal NASI dan TONGSENG saya bisa disebut BACANG? TIDAK! Dwitunggal NASI dan TONGSENG saya namanya NASI CAMPUR atau NASI TONGSENG atau NASI DAGING TUMIS.

Apa perbedaan BACANG dan NASI TONGSENG saya?

  1. Tongseng DI DALAM beras namany BACANG
  2. Tongseng DI DALAM nasi namany BACANG
  3. Tongseng DI ATAS Nasi namanya NASI TONGSENG

 

hanya orang yang aneh hai mengatakan Tongseng DI DALAM beras namanya BACANG

kok semakin tidak jelas ?

 

Apa perbedaan FIRMAN dan YESUS KRISTUS?

  1. Terang DI DALAM Gelap nama-Nya FIRMAN
  2. Terang DI ATAS Gelap nama-Nya Yesus Kristus
  3. Roh Kudus DI ATAS Yesus nama-Nya Yesus Kristus

lentin, bila anda paham apa yang saya tulis di atas maka anda MUSTAHIL mendapat kesulitan untuk memahami ayat yang anda kutip ini:

1 Yohanes 1:5 Dan inilah berita, yang telah kami dengar dari Dia, dan yang kami sampaikan kepada kamu: Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan.

sama sekali tidak ada kegelapan itu artinya adalah ;

dari semula hingga selamanya tidak ada kegelapan sama sekali

yang tidak mengerti itu anda sendiri "dik" hai

orang yang memiliki penalaran yang jernih cukup bisa mengerti ayat itu

atau anda mau voting untuk menentukan hal ini?

anda berani hai?

 

Allah adalah Terang VS Daging adalah Tongseng

Di dalam Allah Alias Terang sama sekali tidak ada GELAP VS Di dalam Daging alias Tongseng tidak ada NASI.

 

Kebenaran yang tidak KONSISTEN bukan kebenaran sejati.

lentin, Kitab Yohanes dan Surat Yohanes dengan kitab Wahyu, ketiganya ditulis oleh rasul yang sama yaitu rasul Yohanes. Anda bisa melihat BETAPA konsistennya rasul Yohanes dengan ajarannya.

tongseng, nasi, daging apa hubungannya hai?

analogi anda sudah absurd dari awalnya

Allah yah Allah, mana bisa dianalogikan sembarangan sebagai tongseng,

Allah bukan sekedar objek

sedang tongseng jelas sebagai objek mati yang tidak bisa berbuat apa2

daging berproses menjadi tongseng

sedang Allah itu tidak perlu proses untuk menjadi Terang

karena Allah itu dari semula hingga selamanya itu terang

Rev 22:5  Dan malam tidak akan ada lagi di sana, dan mereka tidak memerlukan cahaya lampu dan cahaya matahari, sebab Tuhan Allah akan menerangi mereka, dan mereka akan memerintah sebagai raja sampai selama-lamanya.

 

Saya tahu, belum pernah ada yang mengajari anda cara memahami Yohanes 1:1-5 dan 1 Yohanes 1:5 dengan cara begini. Saya juga tahu belum pernah ada teolog yang mengajarkan bahwa KEGELAPAN di dalam Yohanes 1:5 dan 1 Yohanes 1:5 BUKAN si jahat apalagi Iblis namun YESUS.

mungkin "dik" hai yang belum pernah diajari cara memahami kebenaran Firman secara kontekstual dan proposional

memang teolog itu tidak seperti anda, mereka jauh sangat baik dalam memberikan pemahaman

kalau anda bersedia hai, saya bisa bantu anda untuk memahami dari awal lagi secara benar dan baik menurut pemahaman yang sehat dan sejati berdasarkan kebenaran Firman TTuhan


Saya juga belum pernah menggunakan BACANG untuk menjelaskan tentang LOGOS menjadi MANUSIA. Saya baru menemukannya tadi setelah berpikir dua hari dua malam, bagaimana caranya menjelaskan kepada kamu tentang hal itu karena kamu tidak memahaminya setelah membaca blog saya tentang hal itu.

anda berpikir dua hari dua malam, hasilnya dalam beberapa menit sudah bisa saya bongkar fallacy-nya?

mau anda berpikir dua puluh tahun kalau pikiran anda tidak anda mau tundukan kepada kebenaran Firman, sia-sia "dik" hai

dan masa sih dua hari hanya bisa buat analogi bacang, yang tak jelas itu?

 

Anda boleh tidak sepakat dengan saya namun tolong jangan terlalu cepat menarik kesimpulan dulu. Tolong pikirkan dengan seksama dan hati-hati serta telaten apa yang saya tulis ini. Bila anda tidak sepakat dengan saya hanya karena tidak memahami apa yang saya tulis, benar-benar harus disayangkan. Namun bila anda tidak sepakat karena memiliki pemahaman lain, saya akan menghormati anda walaupun tidak sepakat dengan anda.

Bapa Segala Terang

Yakobus 1:17  Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.

Sammy Mandela, Segala Terang itu siapa? Segala Terang itu adalah Dua Penerang yang menerangi dunia. Yang Satu besar, yang satu lebih kecil. Kedua-Nya diciptakan pada hari pertama dan dipisahkan wewenang-Nya pada hari keempat.

Yohanes memberi nama baru kepada kedua terang itu. Terang yang lebih besar itu dinamai-Nya Theos (Allah). Terang yang lebih kecil itu dinama-Nya Logos (Firman). Terang yang lebih kecil itu, Logos lalu menjadi manusia.

sejak kapan perlu ada dua penerang hai?

apa ini analogi matahari yang menguasai siang dan bulan yang menguasai malam?

matahari adalah penerang yang besar dan bulan adalah penerang yang kecil?

kalau ini bicara tentang theos dan logos

silahkan dibaca dari penjelasan pada link ini

http://www.sarapanpagi.org/theos-allah-studi-kata-bahasa-yunani-vt9.html

 

 

Samudera adalah Bapa-Nya Yesus Kristus

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Kejadian 1:1

Bumi belum berbentuk dan kosong;  gelap gulita menutupi samudera raya,  dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air. Kejadian 1:2

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Allah menciptakan langit dan bumi dalam enam hari. Hari pertama Allah menciptakan Terang. Itu berarti Kejadian 1:2 adalah KONDISI yang ada sebelum PEKERJAAN penciptaan di mulai.

hai perhatikan lagi

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.

berarti

kondisi yang ada sebelum proses penciptaan selanjutnya adalah

langit dan bumi sudah diciptakan

 

Bumi belum berbentuk.

anda sama seperti kebanyak orang Kristen lainnya, memahami belum berbentuk sebagai bentuknya masih acak-acakan. Acak-acakan memang bukan bulat, bukan lonjong, bukan bujur sangkar, bukan segitiga, namun acak-acakan adalah BENTUKNYA acak-acakan.

Rumah ada berbentuk. Sebelum berbentuk BELUM ada yang disebut rumah. Bumi belum berbentuk sebelum berbentuk tidak ada yang disebut bumi.

kembali kepada

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Kejadian 1:1

bukan anda yang menentukan yang disebut bumi itu belum bisa disebut bumi "jika" belum berbentuk

artinya apa "dik" hai

belum berbentuk itu, masih ada proses lanjutan untuk tumbuhan mengakar, untuh hewan dan ikan memiliki ekosistem, dan untuk manusia

belum berbentuknya bukan buat TUHAN

belum berbentuknya memiliki arti belum dapat dimukimi mahluk hidup

 

KOSONG. Anda juga sama seperti kebanyakan orang Kristen yang memahami kata KOSONG di dalam Kejadian 1:2 seperti anda memahami sebuah rumah KOSONG atau sebuah kaleng KOSONG. Rumah dan kaleng KOSONG adalah rumah dan kaleng yang TIDAK ada isinya.

Kata KOSONG di dalam Kejadian 1:2 sama sekali berbeda dengan kata KOSONG dalam rumah KOSONG atau kaleng KOSONG. Saya akan mengutip tiga ayat Alkitab agar anda mudah memahami hal itu.

Dan mereka membawa dia dan melemparkan dia ke dalam sumur. Sumur itu kosong, tidak berair. Kejadian 37:24

Lalu berkatalah Elisa: "Pergilah, mintalah bejana-bejana dari luar, dari pada segala tetanggamu, bejana-bejana kosong, tetapi jangan terlalu sedikit. 2 Raja-raja 4:3

TUHAN akan menyingkirkan manusia jauh-jauh, sehingga hampir seluruh negeri menjadi kosong. Yesaya 6:12

Di dalam Kejadian 37:14 dan 2 Raja-raja 4:3, kata KOSONG diterjemahkan dari kata Ibrani REYQ yang artinya kosong sementara kata KOSONG di dalam Yesaya 6:12 diterjemahkan dari kata Ibrani AZUWBAH yang artinya TIDAK DIHUNI. Sementara kata KOSONG di dalam Kejadian 1:2 diterjemahkan dari kata BOHUW yang artinya NIHIL atau NULL alias TIDAK ADA.

Penggunaan kata BELUM BERBENTUK (TOHUW) dan KOSONG (NIHIL - BOHUW) adalah JAMINAN untuk menyatakan BUMI Absolutely TIDAK ADA saat itu.

kebanyakan orang Kristen memahami dengan benar "dik" hai, kalau anda melabeli diri sebagai "kedikitan orang Kristen" itu tidak lazim

H922
?????
bo?hu?
bo'-hoo
From an unused root (meaning to be empty); a vacuity, that is, (superficially) an undistinguishable ruin: -
emptiness, void.

baca lagi

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Kejadian 1:1

lalu mengapa dicatat pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi,kalau bumi pada saat itu belum ada?

 

Kenapa pernyataan BUMI Absolutely TIDAK ADA saat itu DEMIKIAN penting? Karena Allah hendak menyatakan bahwa pada saat itu ADA:

gelap gulita menutupi samudera raya,  dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

Sebelum Allah menciptakan Absolutely TIDAK ADA APA-APA. Karena Absolutely TIDAK ADA APA-APA itu berarti gelap gulita menutupi samudera raya,  dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air BUKAN ciptaan. Bila BUKAN ciptaan lalu APA? Sebelum ada ciptaan yang ada adalah PENCIPTA.

GELAP, Samudera dan Roh Allah = Pencipta

anda mau menjelaskan apa sih "dik" hai kok muter2 ha jelas gini ?

apa lagi arti dari Sebelum Allah menciptakan Absolutely TIDAK ADA APA-APA.?

masa sih Gelap, samudra itu pencipta hai?

pahami hal yang sangat sederhana

Gen 1:9  Berfirmanlah Allah: "Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering." Dan jadilah demikian.
Gen 1:10 
Lalu Allah menamai yang kering itu darat, dan kumpulan air itu dinamai-Nya laut. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.

masih belum mengerti kenapa dibilang samudra hai?

karena waktu itu belum ada daratan

perhatikan koneksitasnya

Gen 1:2  Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

masih belum jelas juga yah "dik" hai?

kalau belum ada daratan, semuanya masih samudra raya (air semua) kan tidak mungkin dikatakan diatas permukaan tanah (daratan)

 

Disebut Tri karena ketiga-Nya menyatakan diri-Nya berbeda. Disebut Tunggal kerena ketiga-Nya ada dalam satu kesatuan. Itulah Allah Tritunggal yaitu Gelap, Samudera dan Roh Allah.

Berfirmanlah Allah: "Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering." Dan jadilah demikian. Kejadian 1:9

Lalu Allah menamai yang kering itu darat, dan kumpulan air itu dinamai-Nya laut. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. Kejadian 1:10

Yang di Kejadian 1:2 adalah SAMUDERA yang diterjemahkan dari kata Ibrani TAHOWM sementara yang di dalam Kejadian 1:10 adalah LAUT yang diterjemahkan dari kata Ibrani YAM.

Samudera SUDAH ada sebelum BUMI dicipta bahkan sebelum Allah mulai MENCIPTA. Laut baru ada setelah Allah mencipta, pada hari ketiga. Samudera BUKAN ciptaan sementara LAUT adalah ciptaan Allah.

wuah tiba-tiba anda bisa mengerti koneksitasnya

tapi keluar konteks lagi tuh "dik' hai

Gen 1:1  Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
Gen 1:2  Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang
di atas permukaan air.

baca lagi hai yang baik

bumi yang belum berbentuk itu adalah samudera raya

jadi bukan artinya samudera raya itu pencipta hai?

baik secara literatif maupun figuratif

jelas bukan yah "dik" hai

bedakan samudera raya dengan samudera hindia, atau samudera pasifik yah hai

 

Di dalam kehidupan sehari-hari memang BANYAK laut yang diciptakan Allah pada hari ketiga yang disebut SAMUDERA. Namun samudera-samudera itu BUKAN SAMUDERA yang tercatat di dalam Kejadian 1:2.

ada benarnya hai, anda bisa membedakan, namun yang jelas samudera raya itu adalah keadaan bumi pada waktu itu

bukan sang pencipta

tidak pernah ada satu ajaran manapun didunia ini (baik yang non Kristen), mengajarkan bahwa samudera raya itu sang pencipta, baru hai saja yang menyatakan demikian

jika anda sharing dengan orang-orang yang bukan Kristen, pernah membayangkan tidak reaksi mereka apa hai?

belum yah

coba dibayangkan saja hai

 

GBU

hai hai's picture

@tonypaulo, Maaf Ya!

tonypaulo, mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, anda terlalu tolol untuk diskusi masalah ini. Maaf ya, saya tidak mau buang waktu melayani orang tolol seperti anda. Belajar dulu yang rajin ya, tolol?!

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

lentin's picture

@om hai : TOLONG tanggapi komentar TonyPaulo dengan baik

om hai, saya sendiri gak sanggup menanggapi penjelasan om hai kepada saya yg memakai analogi bacang, daging, tongseng. Karena SANGAT menyimpang.

Tapi saya baca disini TonyPaulo memberi tanggapan dgn sangat baik terhadap penjelasan om hai-hai itu, tolong tanggapi dengan benar om, saya percaya om hai-hai orang yg bertanggung jawabkan. Jadi saya berharap om hai juga mau bartanggung jawab atas apa yg om hai telah jelaskan, dengan menanggapi dengan benar dan bereaksi dengan wajar adanya.

I love Jesus

hai hai's picture

@lentin, supaya saya cemburu ya?

Tapi saya baca disini TonyPaulo memberi tanggapan dgn sangat baik terhadap penjelasan om hai-hai itu, tolong tanggapi dengan benar om, saya percaya om hai-hai orang yg bertanggung jawabkan. Jadi saya berharap om hai juga mau bartanggung jawab atas apa yg om hai telah jelaskan, dengan menanggapi dengan benar dan bereaksi dengan wajar adanya.

Bila tonypaulo sudah memberi tanggapan dgn sangat baik itu berarti tidak perlu ditanggapi lagi. Bila saya tanggapi lagi nanti keliatan TOLOLNYA. Bila keliatan tololnya maka itu berarti orang yang memuji "TonyPaulo memberi tanggapan dgn sangat baik" akan keliatan JUGA.

Ha ha ha ha ha ha ... lentin, anda bilang tanggapannya sangat baik. Karena tanggapannya sangat baik, itu berarti anda pasti memahaminya dengan baik dong? Bisa tolong jelaskan kepada saya nggak arti frasa-frasa berikut ini, karena si tua bodoh ini nggak NGARTRI sama sekali, please?!

  • mengurai entitas eksistensial makna alegoris
  • suatu konstruksi simetris dari uraian entitas eksistensial makna alegoris
  • entitas esensi-nya
  • imaterial Allah
  • acak konkrit
  • abstrak dan sekuen
  • prefensi kecenderungan berpikir
  • quantum learning
  • prefensi pola pikir

Atau, lentin, anda sengaja mau meminjam tangan saya untuk menunjukkan KETOLOLAN si tonypaulo? Nakal kamu ya! Memuji-muji si tonypaulo setinggi langit supaya saya cemburu ya? he he he he he ...

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

lentin's picture

@om hai-hai : JANGAN hau-hau deh !!!

om tanggapi lah tanggapan itu dengan BERBOBOT !

klo om gak tau tanya sama TonyPaulo langsung, om suka suruh2 orang untuk rendah hati dan belajar sama om, tapi kenapa saat om gak ngerti kenapa om gak mau rendah hati dan belajar sama TonyPaulo yg lebih tau, malah berkata-kata yang KOSONG DAN KURANG AJAR.

Tujuan saya gak ada mau buat om cemburu, BAH!

Om tulisan2 om ini selain penyesatan tapi juga blasphemy.

Saya gak terima om, apa lagi Tuhan yang punya Firman.

Jangan main2 om !

Klo om gak bisa bertanggung jawab dan merespon tanggapan TonyPaulo dengan baik dan benar, om itu mank tong kosong bunyi nyaringnya.

I love Jesus

paulwekwek's picture

@Lentin... ;)

Yesaya 40:20 Orang yang mendirikan arca, memilih hau-hau yang tidak lekas busuk, mencari tukang yang ahli untuk menegakkan patung yang tidak lekas goyang.

 

Bless all of Us..

__________________

Bless all of Us..

dReamZ's picture

@lentin: kegelapan

untuk membantu om memahami Coba om pergi atau bayangkan om pergi ke rumah yang sudah lama tidak ditinggali malam-malam. Dalam rumah itu gelap (om ngerti kan arti kata gelap ?) Bisakah om melihat isi di dalam rumah itu ? TIDAK ! Om membutuhkan cahaya atau terang untuk dapat melihat.
Lalu om cari saklar lampu,dengan meraba-raba dinding, dan om temukan, lalu om nyalakan lampunya, dalam sekejap ruangan itu menjadi TERANG, maka HILANGLAH kegelapan sehingga om dapat melihat seisi rumah itu.

Mirip2 ama fenomena Isotropic Forest. Nih forest klo diliat dr dket keliatan kaga beraturan tp kl diliat dr jauh misalnya dr atas keliatan kl distribusi pohon2nya beraturan.

Gitu jg contoh lo diatas hanya berlaku pd skala kecil (di rumah). Coba kl diliat kegelapan itu sendiri make skala yg besar, universe kita. Planets, stars, galaxies yg bermilyar2 itu hanya keitung kira2 4% dr smua universe. Jd bisa diblg universe kita isinya kegelapan. Kehadiran stars (penerang) kaga hilangin kegelapan scr kesluruhan dr universe.

So kita manusia kelihatan kaga bisa paham sesuatu yg memang diluar dr pemahaman kita yg sudah ada, tapi jgn mpe kita dah menutup pikiran kita kl yg diluar pemikiran kita itu ga ada. karna kita manusia mah terbatas n kdg hanya bisa ngeliat skala kecil aja. Yah mirip2 yg plain blg laq. Ga tau jg nyambung2 amat ato kaga hihihihi...

PlainBread's picture

@DreamZ Dualisme bercokol di dalam kekristenan

Gue gak kepikiran kalo ada contoh yang lebih gampang dikasih daripada suruh orang berimajinasi pake lingkaran besar dan kecil. Contoh elu lebih gampang dimengerti yaitu soal benda2 penerang (terang) dan universe (gelap). Keduanya adalah gambaran yang tepat untuk 2 ayat tersebut.

Memang susah untuk melepaskan paham yang sudah bertahun2 bercokol di kepala kita. Begitu liat paham yang berbeda, kita serta merta langsung menyalahkannya. Bagaimana kita bisa MENYALAHKAN paham yang lain, kalo kita tidak MENGERTI paham tersebut terlebih dahulu?

Gue pernah kasih tau ke temen gue yang bilang bahwa panas dan dingin gak bisa bersatu, bahwa sebenarnya bisa. Begitu gue bilang ada contohnya yaitu methane hydrate, gas panas yang dibungkus es, dia langsung MINGKEM. Gak usah jauh2 deh ke dasar lautan, ngomongin soal ES GORENG aja dulu: dingin dibungkus panas.

Gue juga pernah bilang ke haihai bahwa pemahaman manusia soal terang (light) itu gue rasa masih primitif, sama primitifnya waktu manusia mengira bahwa mustahil bisa terbang seperti burung mau pake cara apa pun. Gak taunya bisa kan, ada pesawat terbang.

Terang sebagai gelombang dan partikel baru ditemukan dan di"sah"kan sebagai 2 hal kontradiksi yang sama2 benar beberapa dekade yang lalu. Bukan gak mungkin terang dan gelap 2-3 ratus tahun kemudian memang benar ada contoh nyatanya di kehidupan kita sehari2, sama seperti methane hydrate (panas-dingin).

lentin's picture

@dreamz : gampang nya gini deh

lawan kata gelap itu apa ? arti kegelapan itu apa ?

klo seseorang saja tidak mengerti apa itu gelap apa itu terang ? ya sudah mau diapakan lagi, berarti orang itu blm pernah melihat terang :)

I love Jesus

unyil's picture

@Lentin, Api

Salam kenal Lentin,

Lentin, gantilah kata terang dengan api.

Mungkin itu bisa membantu anda melanjutkan diskusi.

__________________

Setiap lembah akan ditimbun dan setiap gunung dan bukit akan menjadi rata, yang berliku-liku akan diluruskan, yang berlekuk-lekuk akan diratakan.

tonypaulo's picture

@hai, hasil kontlemplasi dua hari hanya ini?

tonypaulo, mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, anda terlalu tolol untuk diskusi masalah ini. Maaf ya, saya tidak mau buang waktu melayani orang tolol seperti anda. Belajar dulu yang rajin ya, tolol?!

yah kalau mau menghindar silahkan saja

tapi saya juga punya hal untuk membongkar "fallacy" anda "dik" hai

mari tunjukan anda lebih pintar dari saya (kalo bisa?)

mungkin bisa jadi "dik" hai yang harus banyak belajar lagi yah

 


Bila tonypaulo sudah memberi tanggapan dgn sangat baik itu berarti tidak perlu ditanggapi lagi. Bila saya tanggapi lagi nanti keliatan TOLOLNYA. Bila keliatan tololnya maka itu berarti orang yang memuji "TonyPaulo memberi tanggapan dgn sangat baik" akan keliatan JUGA.

Ha ha ha ha ha ha ... lentin, anda bilang tanggapannya sangat baik. Karena tanggapannya sangat baik, itu berarti anda pasti memahaminya dengan baik dong? Bisa tolong jelaskan kepada saya nggak arti frasa-frasa berikut ini, karena si tua bodoh ini nggak NGARTRI sama sekali, please?!

  • mengurai entitas eksistensial makna alegoris
  • suatu konstruksi simetris dari uraian entitas eksistensial makna alegoris
  • entitas esensi-nya
  • imaterial Allah
  • acak konkrit
  • abstrak dan sekuen
  • prefensi kecenderungan berpikir
  • quantum learning
  • prefensi pola pikir


"dik" hai usia anda sudah diatas kepala empat, saya jauh lebih muda daripada anda karena itu saya kurungi kata dik kepada anda hai

bukan berarti tidak respek, melainkan itu merupakan simbolisasi saya sebagai yang lebih mudah untuk menuntut dari diri anda suatu kewibawaan sesuai dengan usia anda

namun apa yang saya dapat hai?

anda ignorance, anda bertahan, anda menyerang, anda mencabik, itu sikap2 anak remaja hai, anggaplah saya yang walaupun lebih mudah dari anda, karena memang saya belajar Psikologi, memberikan suatu refleksi bagamana anda sewajarnya bersikap sesuai dengan usia anda

dan lebih ironis ketika anda mengatakan kepada orang lain

 

Atau, lentin, anda sengaja mau meminjam tangan saya untuk menunjukkan KETOLOLAN si tonypaulo? Nakal kamu ya! Memuji-muji si tonypaulo setinggi langit supaya saya cemburu ya? he he he he he ...

Bisa tolong jelaskan kepada saya nggak arti frasa-frasa berikut ini, karena si tua bodoh ini nggak NGARTRI sama sekali, please?!

dengan

Maaf ya, saya tidak mau buang waktu melayani orang tolol seperti anda. Belajar dulu yang rajin ya, tolol?!

itu suatu paradoksial

bagaimana mungkin anda menyuruh saya belajar, sedang pemahaman atas terminologi umum dalam diskusi tingkat lanjut anda tidak kuasai dengan baik?

kalaupun anda tidak mengerti terminologi, mari dengan rendah hati tanyakan kepada saya, saya akan menjelaskan kepada anda dengan senang hati apa sebenarnya maksudnya

bukan karena tidak ada bahasa yang mudah, saya berangkat dari kesenangan saya tehadap pemahaman yang abstrak, bagi pemahaman yang abstraks setiap terminologi mengandung suatu konotasi tersendiri dan lebih presisi

janganlah malu untuk belajar suatu yang baru, itu jebakan rasa puas diri yang berlebihan

 

dan mari sekali lagi bahas apa yang saya sampaikan, sebisa anda saja hai

sebisa anda saja (saya juga maklum kok )

terutama analogi bacang yang absurd itu dan merupakan salah satu "master pieces" anda hasil kontemplasi anda dua hari dua malam

 

------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sammy Mandela, untuk menjawab pertanyaan anda saya copy paste komentar saya kepada lentin. di bawah ini:

Allah Adalah Terang dan Yesus adalah Gelap

Yoh 1:1  Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

Pada mulanya adalah BACANG. BACANG itu bersama-sama dengan DAGING dan BACANG itu adalah DAGING.

saya tidak tahu analogi absurd apa yang anda coba terangkan hai, apakah anda hanya "me-replace"

Firman menjadi BACANG, dan Allah menjadi DAGING ?

atau coba mengurai entitas eksistensial makna alegoris itu?

pertama prinsip ALLAH yang transenden itu anda habisi hakekatnya dengan mendegrasi suatu analogi yang tidak dapat merepresentasikan Firman dan Allah

bacang ya bacang, daging ya daging

FIRMAN adalah ALLAH

sedang

Bacang adalah Daging? itu terlalu memaksakan, anda boleh tanya ke tukang pembuat baca ; apakah bacang adalah daging

paling dia senyum-senyum kecil mendengar pertanyaan anda itu

dan tidak perlu saya jelaskan arti senyum kecil itu kepada "dik" hai yah

 

Di dalam BACANG ada TONGSENG dan TONGSENG itu adalah DAGING TUMIS

Yoh 1:4  Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.

analogi absurd yang lainnya

berarti anda tidak sekedar mereplace anda mencoba untuk mengurai entitas eksistensial makna alegoris ayat tersebut

dimana suatu konstruksi simetris dari uraian entitas eksistensial makna alegoris ayat tersebut?


 

Yoh 1:5  Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.

DAGING TUMIS itu BERWANGI di dalam BERAS dan BERAS itu tidak menguasainya.

analogi yang absurd lagi hai

anda tidak bisa memberikan entitas esensi-nya sama sekali, justru anda memperangkap imaterial Allah menjadi wujud wajib dalam bentuk makanan

inilah akibat pola pikira anda yang terlalu acak konkrit ini mencoba memberikan penjelasan secara abstrak dan sekuen, padahal itu bukan prefensi kecenderungan berpikir anda hai

(kalau tidak paham apa yang saya sampaikan, bisa mulai dengan quantum learning mengenai prefensi pola pikir seseorang)

 

Lentin yang mulia, apakah BACANG itu?

  1. BACANG adalah dwitunggal BERAS dan DAGING
  2. BACANG adalah dwitunggal BERAS dan TONGSENG
  3. Bacang adalah dwitunggal BERAS dan DAGING TUMIS
  4. BACANG adalah dwitunggal NASI dan DAGING
  5. BACANG adalah dwitunggal NASI dan TONGSENG
  6. BACANG adalah dwitunggal NASI dan DAGING TUMIS

 

loh kok 6 esensi menjelaskan 3 esensi?

analogi anda tentang bacang, absurd sekali hai (anda mengunakan nalar apa mengkonstruks pemahaman anda hai?

ada berapa dwitunggal yang kontradiktif

BACANG adalah dwitunggal BERAS dan DAGING

kemudian anda katakan

BACANG adalah dwitunggal NASI dan TONGSENG

saya baru dengan ada beras (belum jadi nasi} digabung dengan daging (belum jadi tongseng) bisa dikatakan bacang

mungin ini bacang versi suka-sukanya hai yah?

kok tambah tidak karuan dalam memberikan pehamaman?

 

Apakah FIRMAN itu?

  1. FIRMAN adalah dwitunggal GELAP dan HIDUP
  2. FIRMAN adalah dwitunggal GELAP dan TERANG MANUSIA
  3. FIRMAN adalah dwitunggal GELAP dan TERANG

 

hai mana referensi ayatnya yang mengatakan Firman itu Dwitunggal gelap dan hidup?

oh barangkali ini pemahaman versi suka-sukanya hai

Rev 1:8  "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."

kok bertentangan dengan Firman Tuhan ?

 

Bila anda memahami BACANG saya MUSTAHIL anda memahami KEGELAPAN di dalam Yohanes 1:5 adalah SI JAHAT apalagi Iblis. Sebab bila anda memahami KEGELAPAN di dalam Yohanes 1:5 adalah SI JAHAT atau IBLIS itu berarti:

FIRMAN adalah dwitunggal TERANG dan GELAP alias SI JAHAT atau Iblis

Apa yang terjadi ketika BACANG direbus? Berasnya berubah menjadi NASI. Bagaimana dengan tongseng atau daging tumisnya? Dia berubah menjadi ISI bacang.

hai anda bicara analogo bacang saja sudah berantakan hai, apalagi bicara tentang Firman

benahi dulu pemahaman anda yang berantakan ini hai

kalau Nasi yang sudah berubah dari Beras yang dimasak

apa masih bisa dikatakan beras lagi hai?

anak kecil saja bisa membedakan yang mana beras yang mana nasi

kok anda masih "kebingungan" sendiri

BACANG adalah dwitunggal BERAS dan DAGING

bacang tidak pernah ada yang adalah percampuran antara beras (mentah) dan daging (tak jelas mentah atau tidak)

sebelum jauh bicara Firman itu apa, "dik" hai mari selesaikan dulu kekacauan analogi yang anda buat yah "dik"

 

Apa yang terjadi ketika FIRMAN alias LOGOS menjadi manusia

  1. GELAP berubah menjadi YESUS
  2. TERANG berubah menjadi Roh Kudus

Ketika Gelap bertemu dengan Terang saat Yesus dibaptis oleh Yohanes Pembaptis dan Roh Kudus turun dan tinggal di atas-Nya. Sejak itulah Yesus juga disebut Yesus Kristus yang artinya Juruselamat Yang Diurapi.

Gelap berubah jadi Yesus?

Mat 1:18  Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.

hai anda jangan menambah-nambahi sesuatu yang tidak ada tertulis, sedang yang tertulis jelas saja anda masih terkadang salah dalam memahaminya

Yesus dikandung oleh Roh Kudus, ketika IA dibaptiskan bukan berarti ada Roh Kudus turun ke atas-Nya

perhatikan dengan baik

Mat 3:16  Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya,
Mat 3:17  lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan:
"Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."

(KJV+)  AndG2532 Jesus,G2424 when he was baptized,G907 went upG305 straightwayG2117 out ofG575 theG3588 water:G5204 and,G2532 lo,G2400 theG3588 heavensG3772 were openedG455 unto him,G846 andG2532 he sawG1492 theG3588 SpiritG4151 of GodG2316 descendingG2597 likeG5616 a dove,G4058 andG2532 lightingG2064 uponG1909 him:G846

apa karena ada kata lighting upon him atau turun ke atas-Nya

silahkan baca salah satu commentaries dari e-sword hai

John, saw the Spirit of God descending like a dove, and lighting upon him: for this is what was promised to John, as a sign, which should confirm his faith in Jesus, as the true Messiah, and which he himself says he saw, and upon which he based the record and testimony he bore to Christ, as the Son of God; see Joh_1:32 not but that the descent of the Holy Ghost in this manner might be seen by Christ, as well as John, according to Mar_1:10. The Spirit of God, here said to descend and light on Christ, is the same, which in the first creation moved upon the face of the waters; and now comes down on Christ, just as he was coming up out of the waters of Jordan, where he had been baptized; and which the Jews (r) so often call ????? ??? ?? ???, "the Spirit of the king Messiah, and the spirit of the Messiah". The descent of him was in a "bodily shape", as Luke says in Luk_3:22 either in the shape of a dove, which is a very fit emblem of the Spirit of God who descended, and the fruits thereof, such as simplicity, meekness, love, &c. and also of the dove-like innocence, humility, and affection of Christ, on whom he lighted; or it was in some other visible form, not expressed, which pretty much resembled the hovering and lighting of a dove upon anything: for it does not necessarily follow from any of the accounts the Evangelists give of this matter, that the holy Spirit assumed, or appeared in, the form of a dove; only that his visible descent and lighting on Christ was ωσει περιστερα, as a dove descends, hovers and lights; which does not necessarily design the form of the creature, but the manner of its motion. However, who can read this account without thinking of Noah's dove, which brought in its mouth the olive leaf, a token of peace and reconciliation, when the waters were abated from off the earth? Give me leave to transcribe a passage I have met with in the book of Zohar (s);

"a door shall be opened, and out of it shall come forth the dove which Noah sent out in the days of the flood, as it is written, "and he sent forth the dove", that famous dove; but the ancients speak not of it, for they knew not what it was, only from whence it came, and did its message; as it is written, "it returned not again unto him any more": no man knows whither it went, but it returned to its place, and was hid within this door; and it shall take a crown in its mouth, and put it upon the head of the king Messiah.''

And a little after, the dove is said to abide upon his head, and he to receive glory from it. Whether this is the remains of some ancient tradition, these men studiously conceal, concerning the opening of the heavens, and the descent of the Spirit of God, as a dove, upon the Messiah; or whether it is hammered out of the evangelic history, let the reader judge.

(r) Bereshit Rabba, fol. 2. 4. & 6. 3. Vajikra Rabba, fol. 156. 4. Zohar in Gen. fol. 107. 3. & 128. 3. Baal Hatturim in Gen. i. 2. Caphtor Uperah, fol. 113. 2. (s) In Num. fol. 68. 3, 4.

Lentin, andai kata BACANG mentah saya tidak direbus namun saya PISAHKAN. Berasnya saya TANAK sampai matang maka berubah menjadi NASI. Di atas NASI itu lalu saya tuangkan TONGSENG atau DAGING TUMIS. Apakah dwitunggal NASI dan TONGSENG saya bisa disebut BACANG? TIDAK! Dwitunggal NASI dan TONGSENG saya namanya NASI CAMPUR atau NASI TONGSENG atau NASI DAGING TUMIS.

Apa perbedaan BACANG dan NASI TONGSENG saya?

  1. Tongseng DI DALAM beras namany BACANG
  2. Tongseng DI DALAM nasi namany BACANG
  3. Tongseng DI ATAS Nasi namanya NASI TONGSENG

 

hanya orang yang aneh hai mengatakan Tongseng DI DALAM beras namanya BACANG

kok semakin tidak jelas ?

 

Apa perbedaan FIRMAN dan YESUS KRISTUS?

  1. Terang DI DALAM Gelap nama-Nya FIRMAN
  2. Terang DI ATAS Gelap nama-Nya Yesus Kristus
  3. Roh Kudus DI ATAS Yesus nama-Nya Yesus Kristus

lentin, bila anda paham apa yang saya tulis di atas maka anda MUSTAHIL mendapat kesulitan untuk memahami ayat yang anda kutip ini:

1 Yohanes 1:5 Dan inilah berita, yang telah kami dengar dari Dia, dan yang kami sampaikan kepada kamu: Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan.

sama sekali tidak ada kegelapan itu artinya adalah ;

dari semula hingga selamanya tidak ada kegelapan sama sekali

yang tidak mengerti itu anda sendiri "dik" hai

orang yang memiliki penalaran yang jernih cukup bisa mengerti ayat itu

atau anda mau voting untuk menentukan hal ini?

anda berani hai?

 

Allah adalah Terang VS Daging adalah Tongseng

Di dalam Allah Alias Terang sama sekali tidak ada GELAP VS Di dalam Daging alias Tongseng tidak ada NASI.

 

Kebenaran yang tidak KONSISTEN bukan kebenaran sejati.

lentin, Kitab Yohanes dan Surat Yohanes dengan kitab Wahyu, ketiganya ditulis oleh rasul yang sama yaitu rasul Yohanes. Anda bisa melihat BETAPA konsistennya rasul Yohanes dengan ajarannya.

tongseng, nasi, daging apa hubungannya hai?

analogi anda sudah absurd dari awalnya

Allah yah Allah, mana bisa dianalogikan sembarangan sebagai tongseng,

Allah bukan sekedar objek

sedang tongseng jelas sebagai objek mati yang tidak bisa berbuat apa2

daging berproses menjadi tongseng

sedang Allah itu tidak perlu proses untuk menjadi Terang

karena Allah itu dari semula hingga selamanya itu terang

Rev 22:5  Dan malam tidak akan ada lagi di sana, dan mereka tidak memerlukan cahaya lampu dan cahaya matahari, sebab Tuhan Allah akan menerangi mereka, dan mereka akan memerintah sebagai raja sampai selama-lamanya.

 

Saya tahu, belum pernah ada yang mengajari anda cara memahami Yohanes 1:1-5 dan 1 Yohanes 1:5 dengan cara begini. Saya juga tahu belum pernah ada teolog yang mengajarkan bahwa KEGELAPAN di dalam Yohanes 1:5 dan 1 Yohanes 1:5 BUKAN si jahat apalagi Iblis namun YESUS.

mungkin "dik" hai yang belum pernah diajari cara memahami kebenaran Firman secara kontekstual dan proposional

memang teolog itu tidak seperti anda, mereka jauh sangat baik dalam memberikan pemahaman

kalau anda bersedia hai, saya bisa bantu anda untuk memahami dari awal lagi secara benar dan baik menurut pemahaman yang sehat dan sejati berdasarkan kebenaran Firman TTuhan


Saya juga belum pernah menggunakan BACANG untuk menjelaskan tentang LOGOS menjadi MANUSIA. Saya baru menemukannya tadi setelah berpikir dua hari dua malam, bagaimana caranya menjelaskan kepada kamu tentang hal itu karena kamu tidak memahaminya setelah membaca blog saya tentang hal itu.

anda berpikir dua hari dua malam, hasilnya dalam beberapa menit sudah bisa saya bongkar fallacy-nya?

mau anda berpikir dua puluh tahun kalau pikiran anda tidak anda mau tundukan kepada kebenaran Firman, sia-sia "dik" hai

dan masa sih dua hari hanya bisa buat analogi bacang, yang tak jelas itu?

 

Anda boleh tidak sepakat dengan saya namun tolong jangan terlalu cepat menarik kesimpulan dulu. Tolong pikirkan dengan seksama dan hati-hati serta telaten apa yang saya tulis ini. Bila anda tidak sepakat dengan saya hanya karena tidak memahami apa yang saya tulis, benar-benar harus disayangkan. Namun bila anda tidak sepakat karena memiliki pemahaman lain, saya akan menghormati anda walaupun tidak sepakat dengan anda.

Bapa Segala Terang

Yakobus 1:17  Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.

Sammy Mandela, Segala Terang itu siapa? Segala Terang itu adalah Dua Penerang yang menerangi dunia. Yang Satu besar, yang satu lebih kecil. Kedua-Nya diciptakan pada hari pertama dan dipisahkan wewenang-Nya pada hari keempat.

Yohanes memberi nama baru kepada kedua terang itu. Terang yang lebih besar itu dinamai-Nya Theos (Allah). Terang yang lebih kecil itu dinama-Nya Logos (Firman). Terang yang lebih kecil itu, Logos lalu menjadi manusia.

sejak kapan perlu ada dua penerang hai?

apa ini analogi matahari yang menguasai siang dan bulan yang menguasai malam?

matahari adalah penerang yang besar dan bulan adalah penerang yang kecil?

kalau ini bicara tentang theos dan logos

silahkan dibaca dari penjelasan pada link ini

http://www.sarapanpagi.org/theos-allah-studi-kata-bahasa-yunani-vt9.html

 

 

Samudera adalah Bapa-Nya Yesus Kristus

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Kejadian 1:1

Bumi belum berbentuk dan kosong;  gelap gulita menutupi samudera raya,  dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air. Kejadian 1:2

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Allah menciptakan langit dan bumi dalam enam hari. Hari pertama Allah menciptakan Terang. Itu berarti Kejadian 1:2 adalah KONDISI yang ada sebelum PEKERJAAN penciptaan di mulai.

hai perhatikan lagi

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.

berarti

kondisi yang ada sebelum proses penciptaan selanjutnya adalah

langit dan bumi sudah diciptakan

 

Bumi belum berbentuk.

anda sama seperti kebanyak orang Kristen lainnya, memahami belum berbentuk sebagai bentuknya masih acak-acakan. Acak-acakan memang bukan bulat, bukan lonjong, bukan bujur sangkar, bukan segitiga, namun acak-acakan adalah BENTUKNYA acak-acakan.

Rumah ada berbentuk. Sebelum berbentuk BELUM ada yang disebut rumah. Bumi belum berbentuk sebelum berbentuk tidak ada yang disebut bumi.

kembali kepada

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Kejadian 1:1

bukan anda yang menentukan yang disebut bumi itu belum bisa disebut bumi "jika" belum berbentuk

artinya apa "dik" hai

belum berbentuk itu, masih ada proses lanjutan untuk tumbuhan mengakar, untuh hewan dan ikan memiliki ekosistem, dan untuk manusia

belum berbentuknya bukan buat TUHAN

belum berbentuknya memiliki arti belum dapat dimukimi mahluk hidup

 

KOSONG. Anda juga sama seperti kebanyakan orang Kristen yang memahami kata KOSONG di dalam Kejadian 1:2 seperti anda memahami sebuah rumah KOSONG atau sebuah kaleng KOSONG. Rumah dan kaleng KOSONG adalah rumah dan kaleng yang TIDAK ada isinya.

Kata KOSONG di dalam Kejadian 1:2 sama sekali berbeda dengan kata KOSONG dalam rumah KOSONG atau kaleng KOSONG. Saya akan mengutip tiga ayat Alkitab agar anda mudah memahami hal itu.

Dan mereka membawa dia dan melemparkan dia ke dalam sumur. Sumur itu kosong, tidak berair. Kejadian 37:24

Lalu berkatalah Elisa: "Pergilah, mintalah bejana-bejana dari luar, dari pada segala tetanggamu, bejana-bejana kosong, tetapi jangan terlalu sedikit. 2 Raja-raja 4:3

TUHAN akan menyingkirkan manusia jauh-jauh, sehingga hampir seluruh negeri menjadi kosong. Yesaya 6:12

Di dalam Kejadian 37:14 dan 2 Raja-raja 4:3, kata KOSONG diterjemahkan dari kata Ibrani REYQ yang artinya kosong sementara kata KOSONG di dalam Yesaya 6:12 diterjemahkan dari kata Ibrani AZUWBAH yang artinya TIDAK DIHUNI. Sementara kata KOSONG di dalam Kejadian 1:2 diterjemahkan dari kata BOHUW yang artinya NIHIL atau NULL alias TIDAK ADA.

Penggunaan kata BELUM BERBENTUK (TOHUW) dan KOSONG (NIHIL - BOHUW) adalah JAMINAN untuk menyatakan BUMI Absolutely TIDAK ADA saat itu.

kebanyakan orang Kristen memahami dengan benar "dik" hai, kalau anda melabeli diri sebagai "kedikitan orang Kristen" itu tidak lazim

H922
?????
bo?hu?
bo'-hoo
From an unused root (meaning to be empty); a vacuity, that is, (superficially) an undistinguishable ruin: -
emptiness, void.

baca lagi

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Kejadian 1:1

lalu mengapa dicatat pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi,kalau bumi pada saat itu belum ada?

 

Kenapa pernyataan BUMI Absolutely TIDAK ADA saat itu DEMIKIAN penting? Karena Allah hendak menyatakan bahwa pada saat itu ADA:

gelap gulita menutupi samudera raya,  dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

Sebelum Allah menciptakan Absolutely TIDAK ADA APA-APA. Karena Absolutely TIDAK ADA APA-APA itu berarti gelap gulita menutupi samudera raya,  dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air BUKAN ciptaan. Bila BUKAN ciptaan lalu APA? Sebelum ada ciptaan yang ada adalah PENCIPTA.

GELAP, Samudera dan Roh Allah = Pencipta

anda mau menjelaskan apa sih "dik" hai kok muter2 ha jelas gini ?

apa lagi arti dari Sebelum Allah menciptakan Absolutely TIDAK ADA APA-APA.?

masa sih Gelap, samudra itu pencipta hai?

pahami hal yang sangat sederhana

Gen 1:9  Berfirmanlah Allah: "Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering." Dan jadilah demikian.
Gen 1:10 
Lalu Allah menamai yang kering itu darat, dan kumpulan air itu dinamai-Nya laut. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.

masih belum mengerti kenapa dibilang samudra hai?

karena waktu itu belum ada daratan

perhatikan koneksitasnya

Gen 1:2  Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

masih belum jelas juga yah "dik" hai?

kalau belum ada daratan, semuanya masih samudra raya (air semua) kan tidak mungkin dikatakan diatas permukaan tanah (daratan)

 

Disebut Tri karena ketiga-Nya menyatakan diri-Nya berbeda. Disebut Tunggal kerena ketiga-Nya ada dalam satu kesatuan. Itulah Allah Tritunggal yaitu Gelap, Samudera dan Roh Allah.

Berfirmanlah Allah: "Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering." Dan jadilah demikian. Kejadian 1:9

Lalu Allah menamai yang kering itu darat, dan kumpulan air itu dinamai-Nya laut. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. Kejadian 1:10

Yang di Kejadian 1:2 adalah SAMUDERA yang diterjemahkan dari kata Ibrani TAHOWM sementara yang di dalam Kejadian 1:10 adalah LAUT yang diterjemahkan dari kata Ibrani YAM.

Samudera SUDAH ada sebelum BUMI dicipta bahkan sebelum Allah mulai MENCIPTA. Laut baru ada setelah Allah mencipta, pada hari ketiga. Samudera BUKAN ciptaan sementara LAUT adalah ciptaan Allah.

wuah tiba-tiba anda bisa mengerti koneksitasnya

tapi keluar konteks lagi tuh "dik' hai

Gen 1:1  Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
Gen 1:2  Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang
di atas permukaan air.

baca lagi hai yang baik

bumi yang belum berbentuk itu adalah samudera raya

jadi bukan artinya samudera raya itu pencipta hai?

baik secara literatif maupun figuratif

jelas bukan yah "dik" hai

bedakan samudera raya dengan samudera hindia, atau samudera pasifik yah hai

 

Di dalam kehidupan sehari-hari memang BANYAK laut yang diciptakan Allah pada hari ketiga yang disebut SAMUDERA. Namun samudera-samudera itu BUKAN SAMUDERA yang tercatat di dalam Kejadian 1:2.

ada benarnya hai, anda bisa membedakan, namun yang jelas samudera raya itu adalah keadaan bumi pada waktu itu

bukan sang pencipta

tidak pernah ada satu ajaran manapun didunia ini (baik yang non Kristen), mengajarkan bahwa samudera raya itu sang pencipta, baru hai saja yang menyatakan demikian

jika anda sharing dengan orang-orang yang bukan Kristen, pernah membayangkan tidak reaksi mereka apa hai?

belum yah

coba dibayangkan saja hai

 -------------------------------------------------------------------------------------------------------

 

kalau anda tetap menghindar untuk membahasnya hai

ini merupakan verifikasi bahwa apa yang anda sampaikan ini tak bisa dan tidak sanggup anda pertanggung jawabkan

yang memang absurd adanya

mungkin anda bisa berkontemplasi 2-3 hari ini untuk menjawab hai

take your time hai.....

 

GBU

 

hai hai's picture

@tonypaulo, Mau diblender?

Sekalipun engkau menumbuk orang bodoh dalam lesung, dengan alu bersama-sama gandum, kebodohannya  tidak akan lenyap dari padanya. Amsal 27:22

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

dReamZ's picture

@lentin: arti kegelapan n fenomena dark material

Gini deh PB, kamar aku terang, tapi dibawah kolong tempat tidur aku gelap. Kenapa? karena di kolong tempat tidur aku gak ada cahaya. Dan saat aku mau lihat ke kolong tempat tidur, aku pake senter, jadi cahaya senter itu meneragi kolong tempat tidur aku, sehingga aku dapat melihat, karena sudah tidak gelap lagi.

Lentin,  dibawah kolong tempat tidur elo gelap bkn karna ga ada cahaya. Tapi cahaya dr lampu elo yg dihalangin ama material ditempat tidur jdnya kaga nyampe dibawah kolong tempat tidur elo.

Akhirnya kembali lagi ke pertanyaan yg kita lagi bahas skrang ama plain:

apa benar ada cahaya didalam kegelapan?

Baca es goreng n lingkaran na plain dan kolong tempat tidur elo, gw jd teringat ma salah satu informasi ttg universe yg gw pna baca

Kalo kita mandang langit kan ada tuh bintang2 diantara kegelapan. Kegelapan yg kita liat itu sbenarnya bkn berarti kalo kaga ada bintang disana. (ini lebih jelas dilihat make telescope dr pada mata kita langsung). Tapi ada yg namanya "dark material" (walaupun ini masi belum sepenuhnya dipahami ama manusia), nah material ini yg menghalangi kita bisa melihat cahaya dr bintang itu.

ne gw copas dr kata2nya Sagan yg bs summary:

"The darkness is not the absence of stars [cahaya], it is simply a place where the dark material prevents you from seeing the stars behind.

So bknnya fenomena ini bisa jelasin adanya kemungkinan klo ada cahaya dalam kegelapan n kegelapan itu kaga menguasainya ya?

 

*plain koreksi dunk klo ada yg salah, rada ga pede jg hihihi*

agamaitucandu's picture

@PB: soal gelap dan terang

Persepsi

Menurut Fisika Kontemporer, alam semesta itu terbatas namun tanpa tapal batas. Ruang absolut (di mana alam semesta terletak) itu pun tidak ada.

Kita bisa bilang gelap adalah background, dan dengan begitu terang adalah sesuatu yang di dalam gelap itu. Namun karena alam sesesta tidak punya tapal batas, maka kita bisa juga bilang bahwa terang adalah background dan gelap itu ada di dalam terang.

Dunia tanpa tapal batas itu tidak susah dibayangkan. Ambil contoh permukaan sebuah bola yang bermotif kotak-kotak catur. Kita bisa bilang: ada sejumlah kotak-kotak putih pada permukaan bola hitam. Begitu pula sebaliknya, bisa kita bilang ada sejumlah kotak hitam pada sebuah bola putih.

Lobang Hitam (terang terbungkus gelap)

Bukankah lubang hitam itu juga bercahaya? Hanya saja partikel cahaya yang memancar jatuh kembali karena tertarik oleh gravitasinya yang terlalu besar.

Ini artinya, memang ada terang di dalam gelap. Dilihat dari luar memang lubang hitam itu tampak gelap. Karena partikel (termasuk partikel cahaya) yang sempat terlontar langsung jatuh kembali. Dia gelap karena tak ada cahaya yg lolos dari gravitasi untuk sampai ke mata kita.

Narcissism

Saya sering menghubungkan lobang hitam dengan narcissism. Bintang yg runtuh menjadi lubang hitam akan menyerap materi di sekitarnya. Love that deprived dalam diri seorang narcissist kan mirip lubang hitam? Seolah ada di rongga dadanya, menganga, memakan dirinya dari dalam, dan menyedot narcissistic supply dari orang-orang yg mencintainya?

Pada saat-saat  kebutuhan narcissistic supply nya terpenuhi, si narsis ini akan mampu berlakon seperti bintang berpijar. Sebagian narcissist bisa menjadi artis berprestasi, ilmuwan jenius, tokoh agama atau politik yang gilang gemilang... yang biaya mahalnya ditomboki secara emosi oleh orang-orang yang mengasihinya: pasangan, suami/istri, pacar, anak-anak, orang tua, atau yang tergantung padanya: pembantu, karyawan.

 

 

__________________

.

bintang seven's picture

klo Yesus=gelap

rada gak nerima gw nih klo Yesus=gelap....

pertama dosa kita kan dibuang ke tubir2 laut=Yesus=samudera donk?

kedua waktu orang dibaptis urut2annya adalah sebagai berikut :dalam nama Bapa, lalu Anak dan Roh Kudus dan di kejadian 1 : 2 pun urut2annya adalah sbb: GELAP menutupi SAMUDERA RAYA dan ROH ALLAH melayang2, berarti GELAP= BAPA dan SAMUDERA = ANAK dan ROH ALLAH=ROH KUDUS

ketiga, waktu Yesus disalib ada kehadiran kegelapan disitu padahal waktu itu baru pukul kira2 3 petang, jika Yesus=terang kecil itu dan dinyatakan hai2 tidak mungkin menjadi gelap lagi lalu siapa yg hadir disitu?

keempat, waktu bgs mesir mengalami kegelapan padahal Tuhan Allah = Yesus masakan Yesus menjadi gelap lagi?

kelima ttg Yohanes 1:1 itu sebenarnya gw pengen tanya hai....kita byk berbicara ttg Firman yg menjadi manusia ttp gw pengen tanya yg jauh sebelum Firman jadi manusia atau saat muncul kata Tuhan Allah dikejadian 2 itu yaitu saat di taman eden, bukankah hai bilang Tuhan Allah=Yesus (dlm tubuh kemuliaan=tambahan dr gw)?

jika saat itu IA belum mjd manusia krn tidak lahir dr rahim maria/seorang perempuan....dan lalu dihubungkan di kej 1 bahwa terang dipisahkan dari gelap....ada terang kecil = Yesus dan terang besar = Roh Kudus (menurut hai2) lalu bgaimana hai2 menjelaskan bhw adam bisa merespon Tuhan Allah jika saat itu IA = gelap krn saat itu IA belum jadi manusia? pertanyaan nyelenehnya mungkinkah sang gelap sudah jadi terang dan tidak bisa jadi gelap lagi padahal ia belum mjd manusia? lalu dimana teori Allah imananen dan transenden itu? dan siapa yg hadir saat Yesus disalib?

GELAP YG TELAH DIPISAH DARI TERANG ITU bukankah itu menunjukkan Bapa sang gelap mempunyai pengantara yaitu samudera yg penuh dg air yaitu Roh yg adalah terang manusia? shg IA dpt dikenali dan kita dtp diangkat mjd anak2 terang yg dahulu adalah kegelapan? kegelapan dlm istilah Bapa dan kegelapan dg perbuatan iblis dua istilah yg sangat berbeda....pertama krn BApa yg gelap menjadikan terang utk manusia sementara manusia/adam yg telah ada dlm terang/Roh Kudus berbuat yg jahat/gelap shg Kristus yg adalah terang manusia mengenal apa itu kejahatan/kegelapan....kedua krn kita tidak mungkin berjalan dlm gelap/mengenal bapa tanpa pengantaraNYA yaitu terang yaitu YESUS KRISTUS yg adalah Yesus dan Roh Kudus....itulah mengapa kaum YHWH yg menganggap mengenal Bapa tanpa melalui Yesus Kristus terus berjalan dan terus tersesat...wakakak....

keenam...jika yoh 1:1 mengatakan pada mulanya adalah firman dan firman itu bersama2 dg Allah dan firman itu adalah allah.... hal ini menyatakan bhw Yesus adalah Allah dan Pada mulanya ia bersama dg Allah yaitu Tritunggal satu dlm tiga dan tiga dlm satu....dan setara dg Allah...

namun bgmna mungkin jika dihubungkan dg kejadian 1: 1 pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi/ surga dan dunia/heaven and earth....bgmna mungkin Yesus menjadikan segala sesuatunya (YOH 1:2-3) padahal IA sudah dipisahkan dg gelap pada kej 1:2....namun ada celah lain, yaitu jika terang di kejadian 1:2 adalah Roh Kudus dan bukan Yesus lalu bagaimana menjelaskan gelap menjadi terang Yesus??? gw gak nemuin ayatnya gelap jadi terang ampe 2x utk ngejelasin Allah menjadikan terang besar=roh kudus di kej 1:2 dan terang kecil yaitu Yesus dari gelap menjadi terang kecil....celah2 ini kayaknya hrs ditutup!

itulah mengapa gw keberatan bgt klo Yesus bukan sama dengan samudera ttp gelap......sekian dan terimakasih

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

tonypaulo's picture

@hai, jawablah dengan logis, bukan mengancam

Sekalipun engkau menumbuk orang bodoh dalam lesung, dengan alu bersama-sama gandum, kebodohannya  tidak akan lenyap dari padanya. Amsal 27:22

terima kasih buat Firmannya hai

namun apa hubungannya blender dengan tema dan ayat itu?

ayat itupun  berlaku untuk anda "dik" hai

oh iya jawab saja dengan logis, bukan mengancam sana sini

 

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

tonypaulo, mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, anda terlalu tolol untuk diskusi masalah ini. Maaf ya, saya tidak mau buang waktu melayani orang tolol seperti anda. Belajar dulu yang rajin ya, tolol?!

yah kalau mau menghindar silahkan saja

tapi saya juga punya hal untuk membongkar "fallacy" anda "dik" hai

mari tunjukan anda lebih pintar dari saya (kalo bisa?)

mungkin bisa jadi "dik" hai yang harus banyak belajar lagi yah

 


Bila tonypaulo sudah memberi tanggapan dgn sangat baik itu berarti tidak perlu ditanggapi lagi. Bila saya tanggapi lagi nanti keliatan TOLOLNYA. Bila keliatan tololnya maka itu berarti orang yang memuji "TonyPaulo memberi tanggapan dgn sangat baik" akan keliatan JUGA.

Ha ha ha ha ha ha ... lentin, anda bilang tanggapannya sangat baik. Karena tanggapannya sangat baik, itu berarti anda pasti memahaminya dengan baik dong? Bisa tolong jelaskan kepada saya nggak arti frasa-frasa berikut ini, karena si tua bodoh ini nggak NGARTRI sama sekali, please?!

  • mengurai entitas eksistensial makna alegoris
  • suatu konstruksi simetris dari uraian entitas eksistensial makna alegoris
  • entitas esensi-nya
  • imaterial Allah
  • acak konkrit
  • abstrak dan sekuen
  • prefensi kecenderungan berpikir
  • quantum learning
  • prefensi pola pikir


"dik" hai usia anda sudah diatas kepala empat, saya jauh lebih muda daripada anda karena itu saya kurungi kata dik kepada anda hai

bukan berarti tidak respek, melainkan itu merupakan simbolisasi saya sebagai yang lebih mudah untuk menuntut dari diri anda suatu kewibawaan sesuai dengan usia anda

namun apa yang saya dapat hai?

anda ignorance, anda bertahan, anda menyerang, anda mencabik, itu sikap2 anak remaja hai, anggaplah saya yang walaupun lebih mudah dari anda, karena memang saya belajar Psikologi, memberikan suatu refleksi bagamana anda sewajarnya bersikap sesuai dengan usia anda

dan lebih ironis ketika anda mengatakan kepada orang lain

 

Atau, lentin, anda sengaja mau meminjam tangan saya untuk menunjukkan KETOLOLAN si tonypaulo? Nakal kamu ya! Memuji-muji si tonypaulo setinggi langit supaya saya cemburu ya? he he he he he ...

Bisa tolong jelaskan kepada saya nggak arti frasa-frasa berikut ini, karena si tua bodoh ini nggak NGARTRI sama sekali, please?!

dengan

Maaf ya, saya tidak mau buang waktu melayani orang tolol seperti anda. Belajar dulu yang rajin ya, tolol?!

itu suatu paradoksial

bagaimana mungkin anda menyuruh saya belajar, sedang pemahaman atas terminologi umum dalam diskusi tingkat lanjut anda tidak kuasai dengan baik?

kalaupun anda tidak mengerti terminologi, mari dengan rendah hati tanyakan kepada saya, saya akan menjelaskan kepada anda dengan senang hati apa sebenarnya maksudnya

bukan karena tidak ada bahasa yang mudah, saya berangkat dari kesenangan saya tehadap pemahaman yang abstrak, bagi pemahaman yang abstraks setiap terminologi mengandung suatu konotasi tersendiri dan lebih presisi

janganlah malu untuk belajar suatu yang baru, itu jebakan rasa puas diri yang berlebihan

 

dan mari sekali lagi bahas apa yang saya sampaikan, sebisa anda saja hai

sebisa anda saja (saya juga maklum kok )

terutama analogi bacang yang absurd itu dan merupakan salah satu "master pieces" anda hasil kontemplasi anda dua hari dua malam

 

------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sammy Mandela, untuk menjawab pertanyaan anda saya copy paste komentar saya kepada lentin. di bawah ini:

Allah Adalah Terang dan Yesus adalah Gelap

Yoh 1:1  Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

Pada mulanya adalah BACANG. BACANG itu bersama-sama dengan DAGING dan BACANG itu adalah DAGING.

saya tidak tahu analogi absurd apa yang anda coba terangkan hai, apakah anda hanya "me-replace"

Firman menjadi BACANG, dan Allah menjadi DAGING ?

atau coba mengurai entitas eksistensial makna alegoris itu?

pertama prinsip ALLAH yang transenden itu anda habisi hakekatnya dengan mendegrasi suatu analogi yang tidak dapat merepresentasikan Firman dan Allah

bacang ya bacang, daging ya daging

FIRMAN adalah ALLAH

sedang

Bacang adalah Daging? itu terlalu memaksakan, anda boleh tanya ke tukang pembuat baca ; apakah bacang adalah daging

paling dia senyum-senyum kecil mendengar pertanyaan anda itu

dan tidak perlu saya jelaskan arti senyum kecil itu kepada "dik" hai yah

 

Di dalam BACANG ada TONGSENG dan TONGSENG itu adalah DAGING TUMIS

Yoh 1:4  Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.

analogi absurd yang lainnya

berarti anda tidak sekedar mereplace anda mencoba untuk mengurai entitas eksistensial makna alegoris ayat tersebut

dimana suatu konstruksi simetris dari uraian entitas eksistensial makna alegoris ayat tersebut?


 

Yoh 1:5  Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.

DAGING TUMIS itu BERWANGI di dalam BERAS dan BERAS itu tidak menguasainya.

analogi yang absurd lagi hai

anda tidak bisa memberikan entitas esensi-nya sama sekali, justru anda memperangkap imaterial Allah menjadi wujud wajib dalam bentuk makanan

inilah akibat pola pikira anda yang terlalu acak konkrit ini mencoba memberikan penjelasan secara abstrak dan sekuen, padahal itu bukan prefensi kecenderungan berpikir anda hai

(kalau tidak paham apa yang saya sampaikan, bisa mulai dengan quantum learning mengenai prefensi pola pikir seseorang)

 

Lentin yang mulia, apakah BACANG itu?

  1. BACANG adalah dwitunggal BERAS dan DAGING
  2. BACANG adalah dwitunggal BERAS dan TONGSENG
  3. Bacang adalah dwitunggal BERAS dan DAGING TUMIS
  4. BACANG adalah dwitunggal NASI dan DAGING
  5. BACANG adalah dwitunggal NASI dan TONGSENG
  6. BACANG adalah dwitunggal NASI dan DAGING TUMIS

 

loh kok 6 esensi menjelaskan 3 esensi?

analogi anda tentang bacang, absurd sekali hai (anda mengunakan nalar apa mengkonstruks pemahaman anda hai?

ada berapa dwitunggal yang kontradiktif

BACANG adalah dwitunggal BERAS dan DAGING

kemudian anda katakan

BACANG adalah dwitunggal NASI dan TONGSENG

saya baru dengan ada beras (belum jadi nasi} digabung dengan daging (belum jadi tongseng) bisa dikatakan bacang

mungin ini bacang versi suka-sukanya hai yah?

kok tambah tidak karuan dalam memberikan pehamaman?

 

Apakah FIRMAN itu?

  1. FIRMAN adalah dwitunggal GELAP dan HIDUP
  2. FIRMAN adalah dwitunggal GELAP dan TERANG MANUSIA
  3. FIRMAN adalah dwitunggal GELAP dan TERANG

 

hai mana referensi ayatnya yang mengatakan Firman itu Dwitunggal gelap dan hidup?

oh barangkali ini pemahaman versi suka-sukanya hai

Rev 1:8  "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."

kok bertentangan dengan Firman Tuhan ?

 

Bila anda memahami BACANG saya MUSTAHIL anda memahami KEGELAPAN di dalam Yohanes 1:5 adalah SI JAHAT apalagi Iblis. Sebab bila anda memahami KEGELAPAN di dalam Yohanes 1:5 adalah SI JAHAT atau IBLIS itu berarti:

FIRMAN adalah dwitunggal TERANG dan GELAP alias SI JAHAT atau Iblis

Apa yang terjadi ketika BACANG direbus? Berasnya berubah menjadi NASI. Bagaimana dengan tongseng atau daging tumisnya? Dia berubah menjadi ISI bacang.

hai anda bicara analogo bacang saja sudah berantakan hai, apalagi bicara tentang Firman

benahi dulu pemahaman anda yang berantakan ini hai

kalau Nasi yang sudah berubah dari Beras yang dimasak

apa masih bisa dikatakan beras lagi hai?

anak kecil saja bisa membedakan yang mana beras yang mana nasi

kok anda masih "kebingungan" sendiri

BACANG adalah dwitunggal BERAS dan DAGING

bacang tidak pernah ada yang adalah percampuran antara beras (mentah) dan daging (tak jelas mentah atau tidak)

sebelum jauh bicara Firman itu apa, "dik" hai mari selesaikan dulu kekacauan analogi yang anda buat yah "dik"

 

Apa yang terjadi ketika FIRMAN alias LOGOS menjadi manusia

  1. GELAP berubah menjadi YESUS
  2. TERANG berubah menjadi Roh Kudus

Ketika Gelap bertemu dengan Terang saat Yesus dibaptis oleh Yohanes Pembaptis dan Roh Kudus turun dan tinggal di atas-Nya. Sejak itulah Yesus juga disebut Yesus Kristus yang artinya Juruselamat Yang Diurapi.

Gelap berubah jadi Yesus?

Mat 1:18  Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.

hai anda jangan menambah-nambahi sesuatu yang tidak ada tertulis, sedang yang tertulis jelas saja anda masih terkadang salah dalam memahaminya

Yesus dikandung oleh Roh Kudus, ketika IA dibaptiskan bukan berarti ada Roh Kudus turun ke atas-Nya

perhatikan dengan baik

Mat 3:16  Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya,
Mat 3:17  lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan:
"Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."

(KJV+)  AndG2532 Jesus,G2424 when he was baptized,G907 went upG305 straightwayG2117 out ofG575 theG3588 water:G5204 and,G2532 lo,G2400 theG3588 heavensG3772 were openedG455 unto him,G846 andG2532 he sawG1492 theG3588 SpiritG4151 of GodG2316 descendingG2597 likeG5616 a dove,G4058 andG2532 lightingG2064 uponG1909 him:G846

apa karena ada kata lighting upon him atau turun ke atas-Nya

silahkan baca salah satu commentaries dari e-sword hai

John, saw the Spirit of God descending like a dove, and lighting upon him: for this is what was promised to John, as a sign, which should confirm his faith in Jesus, as the true Messiah, and which he himself says he saw, and upon which he based the record and testimony he bore to Christ, as the Son of God; see Joh_1:32 not but that the descent of the Holy Ghost in this manner might be seen by Christ, as well as John, according to Mar_1:10. The Spirit of God, here said to descend and light on Christ, is the same, which in the first creation moved upon the face of the waters; and now comes down on Christ, just as he was coming up out of the waters of Jordan, where he had been baptized; and which the Jews (r) so often call ????? ??? ?? ???, "the Spirit of the king Messiah, and the spirit of the Messiah". The descent of him was in a "bodily shape", as Luke says in Luk_3:22 either in the shape of a dove, which is a very fit emblem of the Spirit of God who descended, and the fruits thereof, such as simplicity, meekness, love, &c. and also of the dove-like innocence, humility, and affection of Christ, on whom he lighted; or it was in some other visible form, not expressed, which pretty much resembled the hovering and lighting of a dove upon anything: for it does not necessarily follow from any of the accounts the Evangelists give of this matter, that the holy Spirit assumed, or appeared in, the form of a dove; only that his visible descent and lighting on Christ was ωσει περιστερα, as a dove descends, hovers and lights; which does not necessarily design the form of the creature, but the manner of its motion. However, who can read this account without thinking of Noah's dove, which brought in its mouth the olive leaf, a token of peace and reconciliation, when the waters were abated from off the earth? Give me leave to transcribe a passage I have met with in the book of Zohar (s);

"a door shall be opened, and out of it shall come forth the dove which Noah sent out in the days of the flood, as it is written, "and he sent forth the dove", that famous dove; but the ancients speak not of it, for they knew not what it was, only from whence it came, and did its message; as it is written, "it returned not again unto him any more": no man knows whither it went, but it returned to its place, and was hid within this door; and it shall take a crown in its mouth, and put it upon the head of the king Messiah.''

And a little after, the dove is said to abide upon his head, and he to receive glory from it. Whether this is the remains of some ancient tradition, these men studiously conceal, concerning the opening of the heavens, and the descent of the Spirit of God, as a dove, upon the Messiah; or whether it is hammered out of the evangelic history, let the reader judge.

(r) Bereshit Rabba, fol. 2. 4. & 6. 3. Vajikra Rabba, fol. 156. 4. Zohar in Gen. fol. 107. 3. & 128. 3. Baal Hatturim in Gen. i. 2. Caphtor Uperah, fol. 113. 2. (s) In Num. fol. 68. 3, 4.

Lentin, andai kata BACANG mentah saya tidak direbus namun saya PISAHKAN. Berasnya saya TANAK sampai matang maka berubah menjadi NASI. Di atas NASI itu lalu saya tuangkan TONGSENG atau DAGING TUMIS. Apakah dwitunggal NASI dan TONGSENG saya bisa disebut BACANG? TIDAK! Dwitunggal NASI dan TONGSENG saya namanya NASI CAMPUR atau NASI TONGSENG atau NASI DAGING TUMIS.

Apa perbedaan BACANG dan NASI TONGSENG saya?

  1. Tongseng DI DALAM beras namany BACANG
  2. Tongseng DI DALAM nasi namany BACANG
  3. Tongseng DI ATAS Nasi namanya NASI TONGSENG

 

hanya orang yang aneh hai mengatakan Tongseng DI DALAM beras namanya BACANG

kok semakin tidak jelas ?

 

Apa perbedaan FIRMAN dan YESUS KRISTUS?

  1. Terang DI DALAM Gelap nama-Nya FIRMAN
  2. Terang DI ATAS Gelap nama-Nya Yesus Kristus
  3. Roh Kudus DI ATAS Yesus nama-Nya Yesus Kristus

lentin, bila anda paham apa yang saya tulis di atas maka anda MUSTAHIL mendapat kesulitan untuk memahami ayat yang anda kutip ini:

1 Yohanes 1:5 Dan inilah berita, yang telah kami dengar dari Dia, dan yang kami sampaikan kepada kamu: Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan.

sama sekali tidak ada kegelapan itu artinya adalah ;

dari semula hingga selamanya tidak ada kegelapan sama sekali

yang tidak mengerti itu anda sendiri "dik" hai

orang yang memiliki penalaran yang jernih cukup bisa mengerti ayat itu

atau anda mau voting untuk menentukan hal ini?

anda berani hai?

 

Allah adalah Terang VS Daging adalah Tongseng

Di dalam Allah Alias Terang sama sekali tidak ada GELAP VS Di dalam Daging alias Tongseng tidak ada NASI.

 

Kebenaran yang tidak KONSISTEN bukan kebenaran sejati.

lentin, Kitab Yohanes dan Surat Yohanes dengan kitab Wahyu, ketiganya ditulis oleh rasul yang sama yaitu rasul Yohanes. Anda bisa melihat BETAPA konsistennya rasul Yohanes dengan ajarannya.

tongseng, nasi, daging apa hubungannya hai?

analogi anda sudah absurd dari awalnya

Allah yah Allah, mana bisa dianalogikan sembarangan sebagai tongseng,

Allah bukan sekedar objek

sedang tongseng jelas sebagai objek mati yang tidak bisa berbuat apa2

daging berproses menjadi tongseng

sedang Allah itu tidak perlu proses untuk menjadi Terang

karena Allah itu dari semula hingga selamanya itu terang

Rev 22:5  Dan malam tidak akan ada lagi di sana, dan mereka tidak memerlukan cahaya lampu dan cahaya matahari, sebab Tuhan Allah akan menerangi mereka, dan mereka akan memerintah sebagai raja sampai selama-lamanya.

 

Saya tahu, belum pernah ada yang mengajari anda cara memahami Yohanes 1:1-5 dan 1 Yohanes 1:5 dengan cara begini. Saya juga tahu belum pernah ada teolog yang mengajarkan bahwa KEGELAPAN di dalam Yohanes 1:5 dan 1 Yohanes 1:5 BUKAN si jahat apalagi Iblis namun YESUS.

mungkin "dik" hai yang belum pernah diajari cara memahami kebenaran Firman secara kontekstual dan proposional

memang teolog itu tidak seperti anda, mereka jauh sangat baik dalam memberikan pemahaman

kalau anda bersedia hai, saya bisa bantu anda untuk memahami dari awal lagi secara benar dan baik menurut pemahaman yang sehat dan sejati berdasarkan kebenaran Firman TTuhan


Saya juga belum pernah menggunakan BACANG untuk menjelaskan tentang LOGOS menjadi MANUSIA. Saya baru menemukannya tadi setelah berpikir dua hari dua malam, bagaimana caranya menjelaskan kepada kamu tentang hal itu karena kamu tidak memahaminya setelah membaca blog saya tentang hal itu.

anda berpikir dua hari dua malam, hasilnya dalam beberapa menit sudah bisa saya bongkar fallacy-nya?

mau anda berpikir dua puluh tahun kalau pikiran anda tidak anda mau tundukan kepada kebenaran Firman, sia-sia "dik" hai

dan masa sih dua hari hanya bisa buat analogi bacang, yang tak jelas itu?

 

Anda boleh tidak sepakat dengan saya namun tolong jangan terlalu cepat menarik kesimpulan dulu. Tolong pikirkan dengan seksama dan hati-hati serta telaten apa yang saya tulis ini. Bila anda tidak sepakat dengan saya hanya karena tidak memahami apa yang saya tulis, benar-benar harus disayangkan. Namun bila anda tidak sepakat karena memiliki pemahaman lain, saya akan menghormati anda walaupun tidak sepakat dengan anda.

Bapa Segala Terang

Yakobus 1:17  Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.

Sammy Mandela, Segala Terang itu siapa? Segala Terang itu adalah Dua Penerang yang menerangi dunia. Yang Satu besar, yang satu lebih kecil. Kedua-Nya diciptakan pada hari pertama dan dipisahkan wewenang-Nya pada hari keempat.

Yohanes memberi nama baru kepada kedua terang itu. Terang yang lebih besar itu dinamai-Nya Theos (Allah). Terang yang lebih kecil itu dinama-Nya Logos (Firman). Terang yang lebih kecil itu, Logos lalu menjadi manusia.

sejak kapan perlu ada dua penerang hai?

apa ini analogi matahari yang menguasai siang dan bulan yang menguasai malam?

matahari adalah penerang yang besar dan bulan adalah penerang yang kecil?

kalau ini bicara tentang theos dan logos

silahkan dibaca dari penjelasan pada link ini

http://www.sarapanpagi.org/theos-allah-studi-kata-bahasa-yunani-vt9.html

 

 

Samudera adalah Bapa-Nya Yesus Kristus

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Kejadian 1:1

Bumi belum berbentuk dan kosong;  gelap gulita menutupi samudera raya,  dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air. Kejadian 1:2

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Allah menciptakan langit dan bumi dalam enam hari. Hari pertama Allah menciptakan Terang. Itu berarti Kejadian 1:2 adalah KONDISI yang ada sebelum PEKERJAAN penciptaan di mulai.

hai perhatikan lagi

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.

berarti

kondisi yang ada sebelum proses penciptaan selanjutnya adalah

langit dan bumi sudah diciptakan

 

Bumi belum berbentuk.

anda sama seperti kebanyak orang Kristen lainnya, memahami belum berbentuk sebagai bentuknya masih acak-acakan. Acak-acakan memang bukan bulat, bukan lonjong, bukan bujur sangkar, bukan segitiga, namun acak-acakan adalah BENTUKNYA acak-acakan.

Rumah ada berbentuk. Sebelum berbentuk BELUM ada yang disebut rumah. Bumi belum berbentuk sebelum berbentuk tidak ada yang disebut bumi.

kembali kepada

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Kejadian 1:1

bukan anda yang menentukan yang disebut bumi itu belum bisa disebut bumi "jika" belum berbentuk

artinya apa "dik" hai

belum berbentuk itu, masih ada proses lanjutan untuk tumbuhan mengakar, untuh hewan dan ikan memiliki ekosistem, dan untuk manusia

belum berbentuknya bukan buat TUHAN

belum berbentuknya memiliki arti belum dapat dimukimi mahluk hidup

 

KOSONG. Anda juga sama seperti kebanyakan orang Kristen yang memahami kata KOSONG di dalam Kejadian 1:2 seperti anda memahami sebuah rumah KOSONG atau sebuah kaleng KOSONG. Rumah dan kaleng KOSONG adalah rumah dan kaleng yang TIDAK ada isinya.

Kata KOSONG di dalam Kejadian 1:2 sama sekali berbeda dengan kata KOSONG dalam rumah KOSONG atau kaleng KOSONG. Saya akan mengutip tiga ayat Alkitab agar anda mudah memahami hal itu.

Dan mereka membawa dia dan melemparkan dia ke dalam sumur. Sumur itu kosong, tidak berair. Kejadian 37:24

Lalu berkatalah Elisa: "Pergilah, mintalah bejana-bejana dari luar, dari pada segala tetanggamu, bejana-bejana kosong, tetapi jangan terlalu sedikit. 2 Raja-raja 4:3

TUHAN akan menyingkirkan manusia jauh-jauh, sehingga hampir seluruh negeri menjadi kosong. Yesaya 6:12

Di dalam Kejadian 37:14 dan 2 Raja-raja 4:3, kata KOSONG diterjemahkan dari kata Ibrani REYQ yang artinya kosong sementara kata KOSONG di dalam Yesaya 6:12 diterjemahkan dari kata Ibrani AZUWBAH yang artinya TIDAK DIHUNI. Sementara kata KOSONG di dalam Kejadian 1:2 diterjemahkan dari kata BOHUW yang artinya NIHIL atau NULL alias TIDAK ADA.

Penggunaan kata BELUM BERBENTUK (TOHUW) dan KOSONG (NIHIL - BOHUW) adalah JAMINAN untuk menyatakan BUMI Absolutely TIDAK ADA saat itu.

kebanyakan orang Kristen memahami dengan benar "dik" hai, kalau anda melabeli diri sebagai "kedikitan orang Kristen" itu tidak lazim

H922
?????
bo?hu?
bo'-hoo
From an unused root (meaning to be empty); a vacuity, that is, (superficially) an undistinguishable ruin: -
emptiness, void.

baca lagi

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Kejadian 1:1

lalu mengapa dicatat pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi,kalau bumi pada saat itu belum ada?

 

Kenapa pernyataan BUMI Absolutely TIDAK ADA saat itu DEMIKIAN penting? Karena Allah hendak menyatakan bahwa pada saat itu ADA:

gelap gulita menutupi samudera raya,  dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

Sebelum Allah menciptakan Absolutely TIDAK ADA APA-APA. Karena Absolutely TIDAK ADA APA-APA itu berarti gelap gulita menutupi samudera raya,  dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air BUKAN ciptaan. Bila BUKAN ciptaan lalu APA? Sebelum ada ciptaan yang ada adalah PENCIPTA.

GELAP, Samudera dan Roh Allah = Pencipta

anda mau menjelaskan apa sih "dik" hai kok muter2 ha jelas gini ?

apa lagi arti dari Sebelum Allah menciptakan Absolutely TIDAK ADA APA-APA.?

masa sih Gelap, samudra itu pencipta hai?

pahami hal yang sangat sederhana

Gen 1:9  Berfirmanlah Allah: "Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering." Dan jadilah demikian.
Gen 1:10 
Lalu Allah menamai yang kering itu darat, dan kumpulan air itu dinamai-Nya laut. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.

masih belum mengerti kenapa dibilang samudra hai?

karena waktu itu belum ada daratan

perhatikan koneksitasnya

Gen 1:2  Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

masih belum jelas juga yah "dik" hai?

kalau belum ada daratan, semuanya masih samudra raya (air semua) kan tidak mungkin dikatakan diatas permukaan tanah (daratan)

 

Disebut Tri karena ketiga-Nya menyatakan diri-Nya berbeda. Disebut Tunggal kerena ketiga-Nya ada dalam satu kesatuan. Itulah Allah Tritunggal yaitu Gelap, Samudera dan Roh Allah.

Berfirmanlah Allah: "Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering." Dan jadilah demikian. Kejadian 1:9

Lalu Allah menamai yang kering itu darat, dan kumpulan air itu dinamai-Nya laut. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. Kejadian 1:10

Yang di Kejadian 1:2 adalah SAMUDERA yang diterjemahkan dari kata Ibrani TAHOWM sementara yang di dalam Kejadian 1:10 adalah LAUT yang diterjemahkan dari kata Ibrani YAM.

Samudera SUDAH ada sebelum BUMI dicipta bahkan sebelum Allah mulai MENCIPTA. Laut baru ada setelah Allah mencipta, pada hari ketiga. Samudera BUKAN ciptaan sementara LAUT adalah ciptaan Allah.

wuah tiba-tiba anda bisa mengerti koneksitasnya

tapi keluar konteks lagi tuh "dik' hai

Gen 1:1  Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
Gen 1:2  Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang
di atas permukaan air.

baca lagi hai yang baik

bumi yang belum berbentuk itu adalah samudera raya

jadi bukan artinya samudera raya itu pencipta hai?

baik secara literatif maupun figuratif

jelas bukan yah "dik" hai

bedakan samudera raya dengan samudera hindia, atau samudera pasifik yah hai

 

Di dalam kehidupan sehari-hari memang BANYAK laut yang diciptakan Allah pada hari ketiga yang disebut SAMUDERA. Namun samudera-samudera itu BUKAN SAMUDERA yang tercatat di dalam Kejadian 1:2.

ada benarnya hai, anda bisa membedakan, namun yang jelas samudera raya itu adalah keadaan bumi pada waktu itu

bukan sang pencipta

tidak pernah ada satu ajaran manapun didunia ini (baik yang non Kristen), mengajarkan bahwa samudera raya itu sang pencipta, baru hai saja yang menyatakan demikian

jika anda sharing dengan orang-orang yang bukan Kristen, pernah membayangkan tidak reaksi mereka apa hai?

belum yah

coba dibayangkan saja hai

 -------------------------------------------------------------------------------------------------------

 

kalau anda tetap menghindar untuk membahasnya hai

ini merupakan verifikasi bahwa apa yang anda sampaikan ini tak bisa dan tidak sanggup anda pertanggung jawabkan

yang memang absurd adanya

mungkin anda bisa berkontemplasi 2-3 hari ini untuk menjawab hai

take your time hai.....

 -----------------------------------------------------------------------------------------------------

atau anda mau meralat blogs ini hai?

silahkan benahi absurditas  pemahaman anda ini

 

mana hasil kontemplasi dua hari dua malam yang menghasilkan bacang hai?

jika perlu waktu dua bulan buat anda menjawab, saya akan sabar menunggu hai

asal jawabnya logis bukan asburd selalu yah "dik" hai

GBU

 

 

bintang seven's picture

@Tony paulo

bro klo mo sedikit nyambung dg hai2 pahamilah istilah2 di alkitab yg sudah dia terjemahkan, klo lo belum mengikuti beberapa blog dan komentnya kira2 istilah2 dialkitab gw tangkep diartikannya begini:

Tuhan Allah= Yesus Kristus

malak YHWH=malaikat Allah=Tuhan Allah dlm wujud malaikat

gelap dulu pertama dia bilang = Bapa dan sekarang dia bilang=Yesus (lg gw debatin nih ama dia)

samudera dulu dia bilang = Yesus sekarang = Bapa

Firman = logos dan Allah - Theos

Firman yg menjadi daging/manusia = Yesus

Yesus saat dibaptis Yohanes dan dihinggapi Roh Kudus dlm rupa merpati = Yesus Kristus = Yesus + ROh Kudus shg disebut juruslamat

anak tunggal Bapa=Yesus Kristus=dwitunggal Yesus dan Roh Kudus=juruslamat

anak dipangkuan bapa=yesus

langit=surga

earth.bumi=dunia=manusia

terang manusia=Roh Allah

Roh Allah yg berdiam di dalam manusia=Roh KUdus

itulah saat adam dihembusi nafas hidup=adam dihembusi ROh kudus, krn Roh Allah berdiam di dalam adam/manusia.

 

saat belum menjadi manusia maka teorinya bhw FIRMAN =Roh Kudus/HIDUP/Terang manusia (disebut duluan) + gelap (=Yesus saat belum jadi terang)

tp saat sudah jadi manusia dan dibaptis Yohanes maka Firman = Yesus Kristus = Yesus + Roh kudus = Yesus + terang manusia = Yesus diurapi Roh Kudus. shg teorinya setelah itu kegelapan tidak menguasai krn Yesus telah dipenuhi Roh Kudus alias gelap jadi terang alias dwitunggal alias gak bisa dipisahkan lagi.

moga2 gak pusing...ini pelajaran yg dlm bro....dan pasti gak pernah dibahas berseri2 di gereja lo kan?? seperti pelajaran berkat, kesembuhan,hidup berkelimpahan dll kan?....wakakak

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.