Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

BAHASA ROH - 2

Kiem's picture

Setelah membaca tulisan yang berjudul bahasa_roh, maka blog ini saya sajikan.

Berangkat dari 1 Tesalonika 5 : 23, manusia terdiri dari 3 (tiga) unsur, yaitu roh, jiwa, dan tubuh. Yang tidak dimiliki oleh binatang adalah roh (Kejadian 2 : 7), sedangkan jiwa (akal, emosi, naluri, dll) binatang memilikinya.

Dari sebutannya (Kisah Para Rasul 10 : 46, Kisah Para Rasul 19 : 6, 1 Korintus 12 : 10) “bahasa roh (“roh” adalah huruf kecil artinya roh manusia, bukan Roh Kudus)” adalah bahasa yang diucapkan oleh roh manusia (sebagai pelaku).

Dalam hal ini, jiwa kita tidak turut aktif, justru mengamati apa yang diucapkan oleh roh itu.

Karena kejadian “berbahasa aneh” itu merupakan suatu yang Alkitabiah, bahwa pada saat berbahasa roh, Tuhan sedang bekerja maka kitapun membiarkannya, menikmatinya dan mengamatinya (ini pengalaman kami sendiri).

Seandainya pada saat berbahasa roh (versi Yohanes 4 : 23 - 24 dinamai “menyembah dalam roh dan kebenaran”), pada saat itu disuguhi bacaan alkitab, pasti bisa membaca sambil berbahasa roh/menyembah/berdoa).

Jika bahasa-bahasa asing, jika itu datangnya dari pikiran, atau hafalan, atau bahasanya itu-itu saja, maka itu bukan bahasa roh.

Roh manusia akan berkata-kata apabila datang Roh Kudus (Kisah Para Rasul  2 : 4)

Maksud bahasa roh adalah :

1. Bahasa roh untuk berdoa

Kita tidak tahu berdoa, bahkan kebutuhan kita yang sesuai kehendak Allah tidak kita ketahui (Roma 8 : 26-28).

Berdasarkan pengalaman saya, bahasa roh dalam berdoa berganti-ganti bahasa (hampir tidak pernah berulang, selalu berbeda hari kemarin dengan hari ini, dan seterusnya), sering diselingi nyanyian-nyanyian baru, ratapan-ratapan. Tujuannya berdoa dalam Roh Kudus ini adalah agar kita mengalami proses penyucian dan perubahan menjadi menjadi serupa dan segambar dengan Yesus (2 Korintus 3 : 17 - 18),

Saya merasa sukacita, penghiburan dan kekuatan menghadapi hidup ini, tenteram dan lepas dari segala masalah, jika saya menyembah Tuhan

Sukacita ini membuat saya betahan berdoa lebih dari 1 jam seperti yang diinginkan oleh Tuhan Yesus dari murid-muridnya di taman Getsemane (Matius 26 : 40, Markus 14 : 37), karena yang berdoa adalah roh kita bukan pikiran kita, sehingga kita tidak bosan dan tidak lelah. Kalau berdoa dengan pikiran, 10 menitpun sudah bosan.

2. Bahasa roh sebagai jabatan (pelayanan kita) dalam tubuh Kristus (1 Korintus 12 : 28, 30)

Dalam hal ini, kita sedang dipakai oleh Tuhan untuk menyampaikan sesuatu yang rahasia dari Tuhan kepada seseorang yang bahasanya tidak dimengerti orang banyak. Hal seperti ini pernah kami alami berbahasa Tionghoa, dan orang tionghoa yang ada dalam ibadah itu mengerti bahasa itu.

 

Prosesnya ??

Tidak ada yang tahu apa yang di pikiran Tuhan selain Roh Kudus (Roma 11 : 34), disisi lain kita sendiri tidak dapat mengetahui apa yang ada didalam kita selain roh kita (Roma 8 : 26-28).

Jadi jika Roh Kudus (Roh Allah) menyatu dengan roh kita, maka apa yang kita butuhkan, akan menyambung kepada Tuhan.

Mintalah kepada pembabtis dengan Roh Kudus yaitu Yesus sendiri (Kisah para Rasul 1 : 5), agar kita mengalami seperti Rasul-rasul di hari Pentakosta (Kisah Para Rasul 2 : 1 - dst )

Khusus kepada saudaraku yang di kharismatik :

Sebutan Kharisma itu diterjemahkan 9 (sembilan) Karunia Roh Kudus atau “Kemampuan ajaib (supra natural) yang dari Roh Kudus, yang tidak dapat dilakukan oleh manusia biasa (1 Korintus 12 : 4 – 11).

Jadi jika menyebut dirinya kharismatik, seharusnya memiliki satu atau lebih dari 9 kharisma itu, minimal bahasa roh (untuk kebutuhan sendiri, yaitu untuk berdoa didalam Roh Kudus), sedangkan untuk keperluan pelayanan yaitu 8 karunia lagi, itu akan kita gumulkan sesuai kehendak Tuhan akan kemana kita akan dipakai).

Tuhan Yesus memberkati

 

NB. Blog ini sudah diperbaiki, karena awalnya ditulis dengan Word

hiskia22's picture

@kiem

Bagi anda mungkin bahasa roh sangat bermanfaat bagi anda....seperti saya dulu....

Kenapa ? karena bahasa roh yang ada pada anda menunjukkan bahwa sebenarnya anda belum mempunyai iman yang kuat.

1 Korintus 14 : 22

14:22 Karena itu karunia bahasa roh adalah tanda, bukan untuk orang yang beriman, tetapi untuk orang yang tidak beriman; sedangkan karunia untuk bernubuat adalah tanda, bukan untuk orang yang tidak beriman, tetapi untuk orang yang beriman. 

Anda ingat kisah simon petrus ? dia menyangka bahwa dia beriman ( Memiliki iman yang kuat ) tetapi ternyata tidak. Untuk jelasnya silahkan klik di sini
 

Seperti yang saya rasakan dulu....saya memiliki karunia bahasa roh..saya merasa paling hebat....paling super...dan paling....paling....paling....

Ternyata sebenarnya salah. 

Banyak orang yang tertarik mengejar karunia itu. Dan mempertahankan karunia Itu. Itu  membuktikan bahwa sebenarnya dia belum beriman.

Kenapa kita tidak mengejar karunia yang lain? seperti di dalam 1 Korintus12 : 9

12:9 Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan. 

 

Karunia iman inilah yang membuat kita bertahan menghadapi akhir zaman. Bukan bahasa roh yang biasanya menimbulkan kesombongan dalam diri.

Kalau mau dilihat di 1 Korintus 12 : 8 - 10

12:8 Sebab kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan. 

12:9 Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan. 

12:10 Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu. 

Karunia bahasa roh dan menafsirkan bahasa roh berada di urutan pertama dan kedua dari belakang. Yang pertama yaitu hikmat....

Kenapa kita tidak mengejar karunia hikmat ? atau karunia kedua yaitu pengetahuan. 

Ingat...umat Allah binasa karena kurangnya pengetahuan....

Coba bandingkan dengan kitab Roma 12 : 6 - 8

12:6 Demikianlah kita mempunyai karunia yang berlain-lainan menurut kasih karunia yang dianugerahkan kepada kita: Jika karunia itu adalah untuk bernubuat baiklah kita melakukannya sesuai dengan iman kita. 

12:7 Jika karunia untuk melayani, baiklah kita melayani; jika karunia untuk mengajar, baiklah kita mengajar; 

12:8 jika karunia untuk menasihati, baiklah kita menasihati. Siapa yang membagi-bagikan sesuatu, hendaklah ia melakukannya dengan hati yang ikhlas; siapa yang memberi pimpinan, hendaklah ia melakukannya dengan rajin; siapa yang menunjukkan kemurahan, hendaklah ia melakukannya dengan sukacita. 

Apakah ada karunia bahasa roh ? tidak ada...karena karunia bahasa roh tidak begitu penting.




 

GBU


 

__________________

GBU

Kiem's picture

Bahasa roh bukan kesombongan

Yth. Pak Hizkia22

Saya senang, Bapak mendahului dengan ayat 1 Korintus 14 : 22, bahwa bahasa roh adalah tanda, untuk orang yang tidak beriman, BENAR, dan kita berbahasa roh supaya beriman (iman disini sesuai standar Ibrani 11 : 1- dan contoh-contohnya).

Kalau kita mengatakan bahwa kita beriman, kami balik bertanya :

  1. kalau sudah ada iman sebesar biji sesawi, berarti sudah bisa memindahkan gunung (Matius 17 : 20), kami menyadarri bahwa kami belum mempunyai iman sebesar biji sesawi, makanya kami berdoa setiap pagi dalam bahasa roh.
  2. kalau sudah beriman (percaya), berarti sudah bisa memegang ular, minum racun maut tapi tidak mati, menumpangkan tangan kepada orang sakit dan orang sakit itu sembuh? (kalau kami belum bisa ini) (Markus 16 : 17 dalam hal ini percaya = iman).
  3. Kalau sudah beriman, berarti sudah siap menghadapi kedatangan Tuhan Yesus ( Lukas 18 : 8) Kalau ini, kami masih jauh jika iman dimaksud sesuai standar Ibrani 11 : 1, yaitu apa yang diyakini, itu yang jadi.

Berbahasa roh bukan kesombongan, itulah sebabnya disarankan oleh Rasul Paulus agar tidak berbahasa roh di hadapan jemaat. Untuk itu kami mengadakan ibadah khusus  hari lain untuk Doa penyembahan, supaya bebas berbahasa roh).

Saya tidak memungkiri ada praktek yang salah di gereja-gereja, menunjukkan kesombongan rohani, tetapi itu semua bisa dimaklumi, karena BELUM DEWASA ROHANI, masih suka pamer sampai-sampai bahasa roh itu dihafal. Itu karena belum lama bertobat.

Tuhan Yesus memberkati

hendro's picture

@hiskia22: bahasa roh tanda...

14:22 Karena itu karunia bahasa roh adalah tanda, bukan untuk orang yang beriman, tetapi untuk orang yang tidak beriman; sedangkan karunia untuk bernubuat adalah tanda, bukan untuk orang yang tidak beriman, tetapi untuk orang yang beriman.

Pada kalimat berikut ini: "bahasa roh adalah tanda, bukan untuk orang yang beriman, tetapi untuk orang yang tidak beriman;" Paulus mengacu bahasa roh yang terjadi pada saat Pentekosta (silakan baca ayat sebelumnya; ay.21), dimana murid-murid Yesus berbicara dalam bahasa-bahasa lain (xenolalia) sehingga orang asing yang belum beriman, menjadi takjub. Waktu itupun mereka salah sangka, dikiranya murid-murid Yesus itu mabuk.

Jadi kata "tanda untuk orang yang tidak beriman" ini bukan berarti bahwa orang yang berkata-kata dengan bahasa roh tidak beriman, melainkan para pendengarnya.

Tetapi ayat 23 menyiratkan bahwa bahasa roh yang terjadi di Korintus adalah bahasa roh yang sering disebut dengan glosolalia, nah inilah bahasa roh yang bilamana didengar oleh orang tidak beriman akan menimbulkan anggapan bahwa orang yang sedang berkata-kata dengan bahasa roh adalah gila. Karena itulah Paulus menuliskan restrictions dalam berkata-kata dalam bahasa roh. (1) semuanya itu harus dipergunakan untuk membangun (ay. 26; baik membangun jemaat maupun diri sendiri); (2) dua atau sebanyak-banyaknya tiga orang berkata-kata dalam bahasa roh (ay. 27); (3) seorang demi seorang/bergantian (ay. 27); (4) harus ada seorang lain untuk menafsirkannya (ay. 27, 28); (5) segala sesuatu harus berlangsung dengan sopan dan teratur (ay. 40).

Menanggapi kutipan: "Apakah ada karunia bahasa roh ? tidak ada...karena karunia bahasa roh tidak begitu penting." --->

Memang pada kitab Roma itu Paulus tidak menunjukkan karunia berkata-kata dengan bahasa roh, namun tidak berarti bahwa berkata-kata dengan bahasa roh tidak penting.  Silakan baca bagian terakhir posting ini

Seperti dinasehatkan Paulus kita harus selalu mengingat ultimate goal, yaitu untuk pembangunan tubuh Kristus atau mempersiapkan mempelai Kristus, untuk itulah - setuju dengan anda - kita mengejar karunia-karunia yang lebih utama.

Tuhan Yesus memberkati!

 

__________________

.:Hendro

For the earth will be full of the knowledge of the glory of the Lord as the sea is covered by the waters.[Hab.2:14 BBE]

Tuan Takur's picture

Bahasa roh atau....

Salam kenal Kiem, saya pernah mendengar bahwa arti dari Bahasa aslinya  Bukan Bahasa Roh tetapi adalah Bahasa Lidah .Tk

Kiem's picture

@ Tuan Takur, Aslinya bahasa lidah!

Yth Tuan Takur

Mengenai istilah bahasa roh, aslinya adalah bahasa lidah, saya pernah dengar, tetapi belum pernah lihat. Kalau saya lihat dalam terjemahan lama (bahasa Indonesia) disebutkan "karunia lidah" (1 Korintus 12 : 28).

Tetapi perbedaan istilah ini tidak mempengaruhi pengertian bahasa roh yang saya uraikan.

Tuhan Yesus memberkati

hiskia22's picture

@ hendro...benarkah ?

Benarkah postingan comment anda ?

Salah sama sekali bro...dan salah total...

Saya ga usah panjang lebar....silahkan baca blog saudara kita yang terkasih @ hai hai di sini

Bro....bahasa roh yang saya miliki dulu....seperti ini....sikaralama lama lama lama lama ........sikata kata kata kata kata......uribala were lawala wala wala....si kata kata kata kata........saina na na na na....uribala were lawala wala wala....si kata kata kata kata

Dulu saya mengucapkan seperti itu.....tetapi saya mengucapkan di tengah jemaat kadang ada perasaan malu ( 1/3 suara ).....kadang kalau di samping saya tidak berbahasa roh seperti saya ada perasaan bahwa saya lebih rohani...kadang berbahasa roh tapi berfikir kira - kira jemaat yang lain memperhatikan saya nggak ya ? keren.....abis....

Kalau anda berbahasa roh seperti saya dulu....dan mempunyai perasaan itu....itu bukan bahasa roh yang dari roh kudus.....

Memang bisa bertahan selama 1 jam seperti yang @ kiem rasakan....apalagi diiringi penyembahan...

Tetapi ternyata itu tidak Alkitabiah.......

Bukan perasaan kita yang menjadi standar kebenaran.....bukan pengalaman rohani yang kemudian kita kait - kaitkan dengan asal mencomot ayat Alkitab....dan dijadikan pengajaran

Tetapi Alkitablah sumber kebenaran itu sendiri

GBU

__________________

GBU

hendro's picture

@hiskia22

Saya sudah baca beberapa posting hai-hai, termasuk tulisan yang anda sarankan. Dalam banyak hal, pandangan saya sejalan dengan hai-hai, dalam beberapa hal lainnya saya berbeda pendapat dengan dia.

Kalau bahasa roh yang Hiskia terima tidak mendatangkan damai sejahtera atau malah membuat anda merasa sombong, maka saya tidak tahu apa yang anda dapatkan dulu.

Mengenai komentar anda: "salah total" <--ini memang komentar yang paling mudah disampaikan.

Perasaan tidak bisa dijadikan standar kebenaran, begitu juga iman kita tidak bisa kita gantungkan pada perasaan. Daud menuliskan, "Dasar firman-Mu adalah kebenaran dan segala hukum-hukum-Mu yang adil adalah untuk selama-lamanya (Mzm.119:160).

__________________

.:Hendro

For the earth will be full of the knowledge of the glory of the Lord as the sea is covered by the waters.[Hab.2:14 BBE]

Kiem's picture

Jangan langsung berharap seperti jaman rasul

Yth. Bapak Hiskia22

Kita memang mengharapkan supaya manifestasi Roh Kudus yang kita terima persis seperti yang ada di Alkitab, persis seperti yang dirasakan oleh para Rasul.

Namun kenyataannya, Tuhan menyatakannya sedikit demi sedikit.

Bagi orang-orang yang baru lahir (baru) bahasanya kurang jelas (yang saya alami), seperti anak-anak yang baru belajar bicara, namun lama-lama setelah ditekuni, akan semakin jelas, dan yang sangat saya syukuri, banyak lagi menyusul pernyataan-pernyataan yang baru dari Roh Kudus, semakin bertambah-tambah..

Saya tidak tahun apakah pak Hiskia mengharapkan langsung seperti yang dirasakan dan dilakukan oleh para Rasul???, persis seperti yang di Alkitab???.

Tuhan mungkin menguji kita dulu, apakah setia perkara kecil.

Kalau sudah yakin bahwa bahasa Roh Bapak dulu bukan dari pikiran, bukan juga hafalan atau dipelajari, tetapi yakin bahwa itu dari Roh Kudus, sebenarnya tinggal pak Hiskia menekuni saja (seperti yang saya lakukan setiap pagi di rumah, sekali seminggu di gereja)

Jadi kalau pak Hizkia sudah menyetujui sediki..........it saja dari tulisan awal kami ini, mari baca ulang dengan ayat-ayatnya, itu saja dulu Bapak terima, baru Bapak poles dengan  1 Korintus 14 : 1 -25

Tuhan Yesus memberkati

hiskia22's picture

@kiem, senang berdiskusi dengan anda

Sedikit kesaksian :

Bahasa roh yang saya terima dulu bukan di altar call apalagi di tumpangi tangan. Saya mendapatkan bahasa roh di dalam penjara. Seperti kesaksian saya di sini

Dan sungguh berbeda dengan bahasa roh yang saya terima di gereja kharismatik.

Kenapa saya memutuskan untuk tidak menggunakan bahasa roh model gereja kharismatik ?

Yang jelas dari buahnya saya berbahasa roh...

Ketika di penjara dengan berbahasa roh...buah - buah Roh Kudusnya nyata dan sesuai FT. Dan bahasa roh yang saya terima di penjara tidak bisa saya ulangi lagi sekarang. ( pengalaman berbahasa roh itu sekali saja saya alami )

@ kiem anda menulis :

Kalau sudah yakin bahwa bahasa Roh Bapak dulu bukan dari pikiran, bukan juga hafalan atau dipelajari, tetapi yakin bahwa itu dari Roh Kudus, sebenarnya tinggal pak Hiskia menekuni saja (seperti yang saya lakukan setiap pagi di rumah, sekali seminggu di gereja)

Saya menekuni apa ? bahasa roh yang saya terima di gereja kharismatik seperti ini :

PEMIMPIN PUJIAN  berkata :

" Mari kita berbahasa roh..........sikaralama lama lama lam.....dst...dst..."

Akhirnya kita mengiyakan...dan ikutan sikaralama lama lama....dst....

Itukah bahasa roh ? itukah yang datangnya dari roh kudus ?

katanya mengikuti aliran roh kudus.....yang ada mengikuti suruhan pemimpin pujian

Kita lanjutkan suruhan pemimpin pujian / pendoa :

Bebaskan roh mu....biarkan mengalir....jangan tahan.....

akhirnya kita mengiyakan....hanyut dalam hadirat Tuhan.....dengan sikaralama lama lama......dsat

Itulah yang dikatakan sesat....

@ kiem...belajar lagi.....coba jalan - jalan dulu di SS ini...saya dulu sempat termakan doktrin itu.....tapi puji Tuhan.....semenjak terdampar di SS ini....Tuhan membukakan mata saya...apa yang saya lakukan dengan bahasa roh ( versi gereja kharismatik ) ternyata salah dan sesat....

GBU

__________________

GBU

Kiem's picture

Versi Kharismatik...?, jangan di universalkan

Yth. Bapak Hizkia

Gereja kharismatik lebih dari 100 organisasi, semuanya berbeda versi dalam melakukan dan  mengartikan Firman, apalagi mengartikan roh kudus, karena terhantung apa yang dialaminya.

Saya memang tidak berani mengatakan bahwa kharismatik yang Bapak jalani itu salah, tetapi kharismatik tempat saya tergembala tidak pernah seperti yang Bapak uraikan diatas, selalu terserah Roh Kudus.

Logikanya, karena yang berbahasa roh itu adalah roh kita (1 Korintus 14 : 14), maka kita tidak bisa mengatur dengan kata-kata "mari kita berbahasa roh, dll", yang bisa mengaturnya adalah Roh Kudus

Jika kita mau menyembah dalam roh dan kebenaran, kita hanya mempersiapkan diri menyembah (kalau saya berlutut), dan sebelumnya membaca firman (kebenaran). Selanjutnya, berlutut belum tentu langsung berbahasa roh, tergantung Roh Kudus. Ala kalanya selama penyembahan itu tidak muncul bahasa roh, tetapi yang ada hanya perasaan sukacita dan doa-doa pujian yang berasal dari pikiran.

Puji Tuhan,

Tuhan Yesus memberkati

hiskia22's picture

@kiem

Mungkin gereja anda tidak mempnyai tata ibadah seperti di gereja saya.

Tapi mari anda renungkan lagi isi Alkitab tentang penggunaan bahasa roh di tengah - tengah jemaat.

Walaupun beriman bahwa itu adalah dari Roh Kudus....tapi kalau tidak sesuai Alkitab....itu bukanlah ajaran sejati....tetapi penyesatan.

Walaupun yakin bahwa iman anda dibangun dengan mengadakan ibadah sendiri di gereja ( ibadah penyembahan )....apakah itu sesuai Alkitab ?

Siapakah yang disenangkan ? diri kita atau Tuhan....

Kita beribadah....kita berbahasa roh secara liar....kita tidak sesuai Alkitab....perasaan senang ada...perasaan sukacita hadir....beban terlepas....kelegaan.....

Tapi Tuhan sedih karena apa yang tertulis telah dilanggar....apa yang tidak pernah diwahyukan terciptalah wahyu baru....jangan salah kalau mujizat - mujizat terjadi ( walaupun mengatasnamakan Yesus ).....kesembuhan terjadi ( walau mengatasnamakan Yesus ).....tetapi Tuhan tidak berkenan atas semua itu. Ingat Matius 7 : 21 - 23

Merasa dipenuhi Roh Kudus.....merasa memiliki karunia - karunia Roh Kudus tetapi liar....tidak Alkitabiah.....Jangan salahkan siapa - siapa.....

GBU

__________________

GBU

bintang seven's picture

@hendro bahasa roh

syalom bro.

jujur mengenai bahasa roh gw masih bingung, bro hendro menulis:

Jadi kata "tanda untuk orang yang tidak beriman" ini bukan berarti bahwa orang yang berkata-kata dengan bahasa roh tidak beriman, melainkan para pendengarnya.

pertama pertanyaannya apakah artinya membangun jemaat? dan bagaimana bahasa roh bisa membangun jemaat?

kedua klo bahasa roh adalah utk pendengarnya  pertanyaannya: klo paulus tidak melarang orang berbahasa roh, sedangkan bahasa roh itu tidak membangun jemaat krn tidak dimengerti lalu apakah gunanya bahasa roh itu? menginjili / menarik orang lain? utk pertumbuhan jiwa orang itu sendiri? saya rasa ini agak kebablasan..bukankah iman harus berjalan dengan rasio kita? berbahasa roh menurut saya adalah utk anak kecil...gimana tanggapan bro hendro dll thx gbu

 

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

hiskia22's picture

@kiem

@ kiem anda menulis :

Untuk itu kami mengadakan ibadah khusus hari lain untuk Doa penyembahan, supaya bebas berbahasa roh).

Maaf....saya katakan itu sama sekali tidak Alkitabiah. 

Alkitab mengajarkan...kalau mau berbahasa roh dalam ibadah....harus 2 orang....dan paling banyak 3 orang....bukan semua jemaat...dan itu juga harus ada yang menafsirkan....

1 Korintus 14 : 27

14:27 Jika ada yang berkata-kata dengan bahasa roh, biarlah dua atau sebanyak-banyaknya tiga orang, seorang demi seorang, dan harus ada seorang lain untuk menafsirkannya. 
 

Kalau tidak ada yang bisa menafsirkannya....lebih baik tidak usah bersuara....tapi di dalam hati.

14:28 Jika tidak ada orang yang dapat menafsirkannya, hendaklah mereka berdiam diri dalam pertemuan Jemaat dan hanya boleh berkata-kata kepada dirinya sendiri dan kepada Allah. 
 

Jangan keluar dari Alkitab. Tidak ada supaya bebas berbahasa roh....Alkitab tidak pernah mengajarkan itu.

Hati - hati...batu kilangan siap diikatkan dileher anda......

GBU



 

__________________

GBU

Kiem's picture

Tidak alkitabiah ??

Yth. Pak Hizkia,

Alkitabiah juga, cuma tidak letterlet

karena kehidupan jemaat mula-mula, setia hari, ada salah satu yaitu "doa"

nama ibadah khusus itu adalah Doa Penyembahan. Ini hanya sarana memberikan hati kepada Roh Kuudus.

Tapi, sebetulnya di Perjanjian Baru, kita sudah diajar oleh Yesus, Rasul Paulus, agar kita jangan melakukan Firman itu secara letterlet, tetapi berdasarkan pengertian akan Firman Tuhan.

Contoh-contohnya : Yesus banyak menentang iman, Farisi dan Ahli taurat karena mempersoalkan penegakan Hukum Taurat (tetapi mengabaikan kasih).

Rasul Paulus juga, demikian misalnya, 1 Kor 6 : 12 (semua halal, tetapi memilih yang berguna dan tidak mau terikat). Disini Rasul Paulus tidak mempersoalkan Hukum yang letterlet, tetapi mempersoalkan atau menyelidiki "HATI"/"NIAT".

Puji Tuhan,

Tuhan Yesus memberkati

erick's picture

Pak kim pendeta ya?

Melayani dimana?

 

jadi 2 pertanyaan sama yg di judul

__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

Kiem's picture

Melayani di....

Yth Erick,

Saya melayani di Gereja Pantekosta Tabernakel (GPT), di Pekanbaru, tetapi belum pendeta, hanya jemaat biasa, sering bertugas memimpin pujian 2 kali sebulan, main musik (gitar) selaki-sekali,

Hanya sekarang, saya sudah mempersiapkan diri, siapa tahu nanti Tuhan memanggil saya untuk menjadi pendeta.

Doakanlah, biarlah rencana Tuhan yang jadi.

alvarez's picture

@KIEM, mau jadi PENDETA AJAIB

Kiem bersiap-siap jadi....... :

Saya sudah MEMPERSIAPKAN diri, siapa tahu nanti Tuhan memanggil saya untuk menjadi PENDETA?

AlvareZ :

Masak iya KIEM kamu sudah mempersiapkan diri jadi hamba Tuhan? Saya beri masukan dikit ya dari Alkitab bagaimana seharusnya menjadi gembala :

ALKITAB :  1 Timotius 3 ayat :

Ayat 2:  Karena itu penilik jemaat HARUSLAH seorang yang tak BERCACAT suami dari satu isteri, dapat menahan diri, bijaksana, sopan, suka memberi tumpangan, cakap mengajar orang.

Ayat 3:  bukan peminum, bukan PEMARAH melainkan peramah, pendamai, bukan HAMBA UANG .

Ayat 6 Janganlah ia seorang yang baru bertobat, agar jangan ia menjadi sombong dan kena hukuman Iblis.

Ayat 8 : Demikian juga diaken-diaken haruslah orang terhormat, jangan BERCABANG LIDAH, jangan penggemar anggur, jangan SERAKAH

Ayat 10 : Mereka juga harus DIUJI dahulu, baru ditetapkan dalam pelayanan itu setelah ternyata mereka tak BERCACAT.

1 Korintus 6 : 9-10 :  Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang yang tidak adil tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.  Janganlah sesat! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, BANCI, orang PEMBURIT, pencuri, orang kikir, pemabuk, PEMFITNAH dan PENIPU  tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan  Allah.

 

Kiranya ayat-ayat yang saya berikan tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi Kiem untuk mempertimbangkan kembali keinginan Kiem.

 

 

 

Kiem's picture

@ Alvarez, saya sudah lebih dahulu menyadari hal ini

Salam Damai Sejahtera Sdr. Alvarez

Alvarez mengutip tulisan Kiem :

Kiem bersiap-siap jadi....... :

Saya sudah MEMPERSIAPKAN diri, siapa tahu nanti Tuhan memanggil saya untuk menjadi PENDETA?

 

AlvareZ  mengomentarinya :

Masak iya KIEM kamu sudah mempersiapkan diri jadi hamba Tuhan? Saya beri masukan dikit ya dari Alkitab bagaimana seharusnya menjadi gembala :

ALKITAB :  1 Timotius 3 ayat :

Ayat 2:  Karena itu penilik jemaat HARUSLAH seorang yang tak BERCACAT suami dari satu isteri, dapat menahan diri, bijaksana, sopan, suka memberi tumpangan, cakap mengajar orang.

Ayat 3:  bukan peminum, bukan PEMARAH melainkan peramah, pendamai, bukan HAMBA UANG .

Ayat 6 Janganlah ia seorang yang baru bertobat, agar jangan ia menjadi sombong dan kena hukuman Iblis.

Ayat 8 : Demikian juga diaken-diaken haruslah orang terhormat, jangan BERCABANG LIDAH, jangan penggemar anggur, jangan SERAKAH

Ayat 10 : Mereka juga harus DIUJI dahulu, baru ditetapkan dalam pelayanan itu setelah ternyata mereka tak BERCACAT.

1 Korintus 6 : 9-10 :  Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang yang tidak adil tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.  Janganlah sesat! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, BANCI, orang PEMBURIT, pencuri, orang kikir, pemabuk, PEMFITNAH dan PENIPU  tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan  Allah.

 

Kiranya ayat-ayat yang saya berikan tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi Kiem untuk mempertimbangkan kembali keinginan Kiem.

 

Kiem menjawab :

Ayat yang anda kutip sangat benar.

Selain itu masih banyak lagi persyaratan yang belum anda sajikan, misalnya TITUS, Imamat, dan lain-lain.

Saya beritahukan kepada anda, bahwa menyadari beratnya menjadi pendetalah, sehingga saya sampai sekarang belum menjadi pendeta.

Akhir tahun 1999, nama saya sudah ditetapkan sebagai Pendeta Muda, oleh salah satu organisasi Gereja di Medan. Penetapan ini dilakukan di MUBES di Manado.

Pada waktu itu, (sebelum dilantik), saya sudah pindah dari Medan,

Mengenai tahbisan seorang Pelayan Tuhan (terutama pendeta), saya sudah bahas dengan pendeta di tempat baru (pendeta saya yang sekarang).

Karena menyadari beratnya menjadi pendeta (yang benar-benar dipakai oleh Tuhan, bukan yang dipakai oleh organisasi gereja atau manusia), maka pada saat saya diundang untuk pelantikan, saya tidak datang, dan saya putuskan untuk menjadi jemaat biasa (tanpa pelayanan apa-apa selama setengah tahun). Sampai sekarang, satu persatu pelayanan diberikan kepada saya, mulai dari sekedar penerima tamu, main musik, pelayan perjamuan kudus, pemimpin puji-pujian, operator infocus, dan kepanitiaan-kepanitiaan, sampai sekali-sekali, saat pendetanya berhalangan, diberikan pelayanan Firman.

 

Inilah sekedar kesaksian

Tuhan Yesus memberkati

alvarez's picture

@Kiem, Mau jadi PENDETA? Tukang Parkirpun JANGAN!

Kiem mengaku:

Saya sudah mempersiapkan diri, siapa tahu nanti Tuhan memanggil saya untuk menjadi PENDETA?

Alvarez :

Masak iya KIEM kamu sudah mempersiapkan diri jadi hamba Tuhan? Saya beri masukan dikit ya dari Alkitab bagaimana seharusnya menjadi gembala :

1 Timotius 3 ayat :

Ayat 2:  Karena itu penilik jemaat HARUSLAH seorang yang tak BERCACAT suami dari satu isteri, dapat menahan diri, bijaksana, sopan, suka memberi tumpangan, cakap mengajar orang.

Ayat 3:  bukan peminum, bukan PEMARAH melainkan peramah, pendamai, bukan HAMBA UANG .

Ayat 6 Janganlah ia seorang yang baru bertobat, agar jangan ia menjadi sombong dan kena hukuman Iblis.

Ayat 8 : Demikian juga diaken-diaken haruslah orang terhormat, jangan BERCABANG LIDAH, jangan penggemar anggur, jangan SERAKAH

Ayat 10 : Mereka juga harus DIUJI dahulu, baru ditetapkan dalam pelayanan itu setelah ternyata mereka tak BERCACAT.

1 Korintus 6 : 9-10 :  Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang yang tidak adil tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.  Janganlah sesat! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, BANCI, orang PEMBURIT, pencuri, orang kikir, pemabuk, PEMFITNAH dan PENIPU  tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan  Allah

Kiranya ayat-ayat yang saya berikan tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi Kiem untuk mempertimbangkan kembali keinginan Kiem.

Kiem menjawab :

Saya beritahukan kepada anda, bahwa menyadari beratnya menjadi pendetalah, sehingga saya sampai sekarang belum menjadi pendeta.

Alvarez :

Terus terang saja ya Kiem, JANGAN MENJADI PENDETA! Bukankah ayat diatas yang saya beri warna merah sudah menjelaskan kenapa?

Bahkan TUKANG PARKIR juga jangan! Anda tahu kenapa?

Karena anda adalah orang yang TIDAK BERTANGGUNG JAWAB! Anda tahu tidak kalau tukang parkir juga punya tanggung jawab untuk menjaga kendaraan sekaligus mengatur tempat parkir agar mudah diakses oleh pengguna kendaraan.

Anda tahu apa yang akan anda lakukan kalau ada kendaraan jemaat yang hilang? DEBAT KUSIR! seperti yang biasa anda lakukan kalau dimintai pertanggung jawaban. Dengan Tuhan dan Roh Kudus saja anda BERANI SEKALI, apalagi kalau cuman sama jemaat, ya nggak Kiem?

Anda tahu akibatnya kalau anda mengajak orang yang kehilangan kendaraannya ditangan anda? karena itu saya menasihatkan Pendeta tidak, bahkan tukang parkirpun tidak agar anda terhindar dari celaka.

GBU

hai hai's picture

Baca Blog Ini ... Ngakak

Baca blog ini kok membuat saya ngakak ya? mengingatkan saya pada suatu ketika. Kenapa yagn lain tidak memberi komentar? Karena sibuk ngakak seperti saya?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Tuan Takur's picture

Ngga ngakak

Saya mah tidak ngakak cuman senyum MONALISA aja ah.

minmerry's picture

Cekikikan, Hi Hi Hi

Laugh Face Klip Kovr

Karena kejadian “berbahasa aneh” itu merupakan suatu yang Alkitabiah, bahwa pada saat berbahasa roh, Tuhan sedang bekerja maka kitapun membiarkannya, menikmatinya dan mengamatinya (ini pengalaman kami sendiri).

Hal seperti ini pernah kami alami berbahasa Tionghoa, dan orang tionghoa yang ada dalam ibadah itu mengerti bahasa itu.

no offense, but, untung deh bahasa tionghua. imagine kalo saat itu tuh bahasa pemogramman, butuh IT untuk translate, trus run programnya dulu.

 

__________________

logo min kecil

Samuel Franklyn's picture

@Minmerry: Bahasa pemrograman

Nah ketahuan minmerry nggak paham komputer. Bahasa pemrograman bukan ditranslate dan dirun oleh IT. Bahasa pemrograman itu di terjemahkan oleh compiler/interpreter menjadi bahasa mesin baru bisa di jalankan oleh komputer. Sedangkan kerjaan programmer/developer seperti saya ini menterjemahkan kemauan pemakai komputer dalam bahasa sehari-hari menjadi bahasa pemrograman yang bisa dirubah jadi bahasa mesin.

minmerry's picture

SF : oops

SF, min jadi...

SF, my big bro di rumah yang jago kompie-things, little sisternya emang "ngaco banget"...

haha, oops, apologize...

 

^-^

__________________

logo min kecil

Tiyus's picture

Jadi ikut panas nie...

Yth. Kiem

Maju terus pak kiem. Saya sependapat dengan anda.

 

I Luv Jesus

__________________

give me freedom

Kiem's picture

Terimakasih, ada yang sudah sependapat

Terimakasih Mas Dan, karena kita sudah sependapat duluan sebelum komentar.

Memang inilah miisi kita membuat orang banyak bisa sependapat dengan kita mengenai pengertian ayat-ayat Firman Tuhan

Pniel's picture

@Kim, ijinkan saya bertanya dan silahkan anda menjawab

Setelah selesai ngakak, maka saya hentikan hal itu. Karena kalau ngakak terus-terusan bisa-bisa orang lain menyangka saya sbg orang gila atau kena transfer rohnya toronto blessing.

Dan ijinkan saya bertanya kepada anda dan saya persilahkan anda menjawab.

Kim menulis : sedangkan jiwa (akal, emosi, naluri, dll) binatang memilikinya.

Apa bedanya jiwa manusia dengan binatang?

Apa kalau binatang mempunyai akal berarti dia bisa matematika, fisika, kimia, biologi, seni lukis, dll?

 Anda dan saya dapat membaca dan menjawab diskusi ini karena ada otak kita yang bekerja mengolah informasi2 yang ada menjadi sebuah argumentasi. Saya bertanya dan anda bisa menjawab itu semua karena ada otak yang bekerja. Kalau akal ada didalam jiwa, ketika roh kita menghadap Tuhan maka bagaimana caranya Tuhan bercakap-cakap dan memintai pertanggungan jawab kalau roh kita tak berakal?

Kim menulis : Dalam hal ini, jiwa kita tidak turut aktif, justru mengamati apa yang diucapkan oleh roh itu.

Bagaimana cara jiwa mengamati roh kita didalam berkomunikasi? Setahu saya kata kerja 'pengamatan' dan 'berbicara' hanya dilakukan oleh suatu pribadi. berarti ada semacam kepribadian double/ganda didalam diri kita, dimana yang satu sedang mengamat-amati yang lain didalam berbicara. Bisa dijelaskan gnosis anda ini?

Kim menulis : Seandainya pada saat berbahasa roh (versi Yohanes 4 : 23 - 24 dinamai “menyembah dalam roh dan kebenaran”), pada saat itu disuguhi bacaan alkitab, pasti bisa membaca sambil berbahasa roh/menyembah/berdoa).

Yoh.4:23 Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa MENGHENDAKI penyembah-penyembah demikian.
4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.

Kalau tidak berbahasa roh sambil baca Alkitab berarti Bapa tidak akan mendengar atau menjawabnya karena itu bukan yang Ia kehendaki ???
Berarti doa yang diucapkan oleh para Rasul dan semua orang Kristen dengan memakai bahasa non roh tidak dikehendaki oleh Bapa???

Apa kalau berdoa dengan bahasa roh sambil membaca Alkitab maka doa kita akan lebih manjur dan didengar/dijawab oleh Bapa?Bagaimana kalau hanya berdoa roh saja tanpa baca Alkitab? Bagaimana kalau baca Alkitab saja tanpa berdoa bahasa roh? Apa itu berkenan kepada Bapa ?

Kim menulis : Roh manusia akan berkata-kata apabila datang Roh Kudus (Kisah Para Rasul  2 : 4)

Dari tulisan anda ini apa bisa saya simpulkan sbb :

Roh Kudusnya datang maka seseorang bisa berbahasa roh, kalau Roh Kudusnya tidak datang maka seseorang tidak bisa berbahasa roh. Roh Kudus hanya datang untuk mengaktifkan bahasa roh. Benarkah demikian?

Lalu siapa yang tinggal di hati kita kalau Roh Kudus tidak datang kepada kita? FT mengatakan kalau jati kita tidak berpenghuni, maka hanya ada satu kemungkinan : demon akan tinggal dihati kita menjadi tuan rumahnya. Apa ini berarti kalau tidak berbahasa roh, maka kita sedang didatangi roh jahat/setan? Berarti diluar daripada jam-jam doa seluruh orang kristen sedang dirasuki setan karena Roh Kudusnya tidak datang/tinggal dihati orang tsb.

Kim menulis : Berdasarkan pengalaman kami, bahasa roh dalam berdoa berganti-ganti bahasa (hampir tidak pernah berulang, selalu berbeda hari kemarin dengan hari ini, dan seterusnya), sering diselingi nyanyian-nyanyian baru, ratapan-ratapan. Tujuannya berdoa dalam Roh Kudus ini adalah agar kita mengalami proses penyucian dan perubahan menjadi menjadi serupa dan segambar dengan Yesus (2 Korintus 3 : 17 - 18),

II Kor.3:17 Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan.
3:18 Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar

Ayat diatas sama sekali tidak berbicara mengenai bahasa roh, tetapi mengenai Roh Allah yang ada didalam diri kita yang membawa kemerdekaan untuk mengenal Dia dan membentuk kita serupa dengan Dia.

Kalau anda kaitkan dengan bahasa roh, ijinkan saya bertanya kepada anda : Tuhan menyucikan kita dengan berdoa dalam bahasa roh, bagaimana caranya Tuhan menyucikan kita ini? maksud saya, bagaimana bisa doa membuat orang disucikan, dan tentunya dari dosa?? setahu saya, dosa kita disucikan bukan dengan doa tetapi dengan darah Kristus yang telah mengalir bagi kita di atas Golgota.

Bagaimana caranya bahasa roh bisa mengubah hidup kita menjadi serupa dengan Kristus? Bukankah hanya FT saja yang bisa membentuk hati dan perilaku kita sesuai dengan Dia?? Apa dengan berbahasa roh Tuhan memberi kepada kita wahyu-wahyu atau firmanNya sehingga kita bisa hidup berkenan kepadaNya? lalu apa gunanya Alkitab didalam kehidupan orang kristen?

Dalam tulisan saya ini setidaknya ada beberapa kata yang terulang, spt : 'saya', 'kata', 'Tuhan', dll. Kalau bahasa roh tidak pernah sama/terulang, maka bahasa rohnya untuk menyebut 'Tuhan'  apa? Apa hari ini kata 'Tuhan' berbunyi 'si', lalu besok berubah menjadi 'mala', lusa berubah menjadi 'yuyu', lusanya berubah menjadi 'poiuo'? Suatu saat bisa saja kata 'Tuhan' akan sama bunyinya dengan kata 'setan', misal : hari senin kemarin kata 'setan' berbunyi 'terio', hari sabtu besok kata 'Tuhan' berubah bunyi menjadi 'terio'. Trus bagaimana mengartikan kata 'terio'? apakah itu berarti 'tuhan' atau 'setan'???

Kim menulis : Saya merasakan sukacita, penghiburan dan kekuatan menghadapi hidup ini, tenteram dan lepas dari segala masalah, jika saya menyembah Tuhan. Sukacita ini membuat saya betahan berdoa lebih dari 1 jam seperti yang diinginkan oleh Tuhan Yesus dari murid-muridnya di taman Getsemane (Matius 26 : 40, Markus 14 : 37), karena yang berdoa adalah roh kita bukan pikiran kita, sehingga kita tidak bosan dan tidak lelah. Kalau berdoa dengan pikiran, 10 menitpun sudah bosan.

Perlu anda ketahui bahwa penganut agama lain ada yang bisa bertahan lebih lama dari 1 jam kalau sedang berkomunikasi dengan tuhannya. Penganut Budha bisa berhari-hari didalam bersemedi, dan ketika selesai mereka merasakan damai dan sukacita luar biasa. kalau sedang bersembayang apalagi bulan2 ramadhan, muslim juga tahan semalam suntuk berdoa dan membaca kitabnya tanpa kenal lelah, dan mereka merasakan kedamaian dan sukacita luar biasa. Apa bedanya mereka dengan anda?

Apa kalau anda berdoa maka anda menjadi bodoh? bagaimana anda bisa menyusun kata-kata didalam doa anda kalau pikiran anda tidak dipakai? Setahu saya hanya binatang saja yang tidak punya pikiran/otak. Apa ini berarti kalau sedang berbahasa roh maka manusia menjadi sama dengan binatang? apa gunanya Tuhan menciptakan otak? bagaimana anda mengenal bahwa yang sedang anda tuju didalam doa adalah Tuhan dan bukannya demon kalau otak anda tidak menyaringnya?

Anda tahu orang farisi? kalau dia berdoa di synagoge selalu panjang dan lama sekali. Tuhan mengecam mereka :

Matius.6:7 Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan

Banyaknya kata yang diucapkan menyebabkan banyaknya waktu yang dipakai untuk berdoa. Dan ini Tuhan kecam! Pemahaman anda mengenai 'berdoa satu jam' benar-benar pemahaman yang setia.

Kim menulis : Bahasa roh sebagai jabatan (pelayanan kita) dalam tubuh Kristus (1 Korintus 12 : 28, 30)

I Kor.12:28 Dan Allah telah menetapkan beberapa orang dalam Jemaat: pertama sebagai rasul, kedua sebagai nabi, ketiga sebagai pengajar. Selanjutnya mereka yang mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, untuk menyembuhkan, untuk melayani, untuk memimpin, dan untuk berkata-kata dalam bahasa roh.
12:29 Adakah mereka semua rasul, atau nabi, atau pengajar? Adakah mereka semua mendapat karunia untuk mengadakan mujizat,
12:30 atau untuk menyembuhkan, atau untuk berkata-kata dalam bahasa roh, atau untuk menafsirkan bahasa roh?
12:31 Jadi berusahalah untuk memperoleh karunia-karunia yang paling utama. Dan aku menunjukkan kepadamu jalan yang lebih utama lagi.

Maaf Kim, saya harus katakan satu hal : ANDA BENAR-BENAR SEORANG PENG-EDIT ALKITAB YANG BAIK.

Kim menulis : Tidak ada yang tahu apa yang di pikiran Tuhan selain Roh Kudus (Roma 11 : 34)

Bagaimana dengan Tuhan Yesus dan Allah Bapa? Apa Tuhan Yesus tidak tahu apa yang ada di pikirannya Tuhan? Apa Allah Bapa tidak tahu apa yang ada di pikirannya Tuhan? Bisa dijelaskan? Thanks.

Kim menulis : Mintalah kepada pembabtis dengan Roh Kudus yaitu Yesus sendiri (Kisah para Rasul 1 : 5), agar kita mengalami seperti Rasul-rasul di hari Pentakosta (Kisah Para Rasul 2 : 1 - dst )

Yang benar yang mana ya?

Roh Kudus diam didalam diri kita sehingga kita percaya kepadaNya ATAU ketika kita meminta Roh Kudus didalam doa bahasa roh BARU Roh Kudus tinggal dihati kita? Apa ini berarti setiap orang Kristen yang tidak berbahasa roh tidak didiami Roh Kudus?

Apa anda pernah mengalami kasus atau setidaknya melihat orang kristen yang berbahasa roh dan ribuan orang asing (dari berbagai negara) yang mendengarnya menjadi mengerti dalam bahasa ibu mereka masing2? Apa ini berarti bahasa roh harus spt itu (dimengerti dalam bahasa ibu masing2 orang asing)? kalau tidak demikian, apa itu namanya bukan bahasa roh? Pliz definisikan yang jelas!

 

 

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

Kiem's picture

Mencoba menjelaskan satu persatu

Yth. Mas Pniel.

Terimakasih atas pertanyaan Bapak yang sangat rinci, menandakan bahwa Bapak serius menanggapinya, mungkin Bapak adalah seorang yang sudah memiliki pelayanan besar, Puji Tuhan

Terpaksa harus saya jawab satu persatu, dengan nomor urut, tetapi sebelumnya mohon maaf apabila tidak memuaskan :

  1. Kalau kami mebedakan, jiwa manusia dengan jiwa binatang, hanya berbeda IQ, ini sudah menjadi pendapat dunia ilmu pengetahuan juga.
  2. Double kepribadian??, pada momen-momen tertentu mungkin saja demikian, karena beberapa pekerjaan Roh Kudus demikian, misalnya benubuat, berbahasa Roh, sepertinya terpisah antara roh dengan jiwa. dan kalau roh bekerja tetapi kita tidak sadar, mungkin itu sama dengan hipnotis.
  3. Bapa menghendaki??, ya, dan tertulis demikian, tertapi kehendak Bapa itu belum terwujud dalam kehidupan jemaat. Bahkan berdoa permohonan, seharusnya digerakkan langsung oleh Roh Kudus, walaupun cara kerja Roh Kudus untuk yang kedua ini, roh tidak terpisah dengan jiwa, tetapi Roh Kudus mengurapi/memampukan pikiran kita. Bukan berarti yang dikehendaki Bapa hanya bahasa roh, kalau nanti demikian, Bapak bisa dibilang orang sebagai editor alkitab juga.
  4. Berdoa sambil baca alkitab, itu hanya menunjukkan bahwa saat berbahasa roh, kita tetap sadar, pikiran kita tetap normal dan dapat berpikit (1 Korintus 14 : 14)
  5. Roh Kudus bukan hanya mengaktifkan bahasa roh, tetapi alkitab mencatat, pekerjaan Roh Kudus, antara lain : memberi karunia (9 macam charisma dalam 1 Korintus 12 : 8 : 10), memberi jabatan/pelayanan (1 Korintus 12 : 28 - 30), memberi unsur-unsur kasih (1 Korintus 13 : 1 - 8), mengurapi (memampukan jiwa kita untuk kepentingan Tuhan), menghibur, dan yang paling penting adalah membuat percaya kepada Firman Tuhan. Sedangkan berbahasa roh, kami artikan dari Kisah Rasul  2 : 1 - ... sebagai tanda kepenuhan Roh Kudus, didukung contoh-contoh dalam pekerjaan Rasul dalam Kisah Rasul pasal selanjutnya, bahwa tanda kepenuhan Roh Kudus adalah  berbahasa roh.
  6. Penyucian oleh Roh Kudus dalam 2 Korintus 3 : 17 - 18 tadi, benar, tetapi penyucian bukan hanya itu, harus lengkap 3 unsur, yaitu Firman Tuhan, Roh Kudus dan Korban Kristus (tubuh dan darah dalam Perjamuan)
  7. Sedangkan bahasa-bahasa yang berbeda-beda tadi, didunia ini beratu-ratus jenis bahasa, kita tidak perlu tahu itu bahasa apa, tetapi yang jelas, itu BERBICARA KEPADA TUHAN, BUKAN KEPADA MANUSIA.
  8. Berdoa panjang bukan berarti bertele-tele, tetapi ini bukan doa permohonan (doa akal), tetapi penyembahan. Doa akalpun, jika diurapi Roh Kudus, akan panjang juga karena lengkap, tetapi bukan bertele-tele.
  9. bahasa roh sebagai pelayanan, itu betul karena konteks 1 Korintus 12 : 28 - 30 berbicara pelayanan, dan pada awal blog ini, sudah kami contohkan, kami berbahasa tionghoa, dimana setelah selesai berbahasa, kami mencoba membuktikan apakan benar bahasanya dimengerti oleh orang Tionghoa yang ada disitu, Ternyata benar.
  10. Yang tidak berbahasa roh berarti tidak didiami Roh Kudus??, sudah terjawab pada poin 5 diatas, tetapi kami ulangi dan tegaskan, bahwa yang terpenting adalah Roh Kudus membuat kita PERCAYA kepada Firman Tuhan.
  11. Bahasa roh yang jelas dan dimengerti oleh orang banyak, seperti Kisah 2 : 1 -...,  walaupun dalan nats itu belum tentu bahasa roh itu sebagai pelayanan, namun seperti itulah contoh bahasa roh sebagai pelayanan, berarti Tuhan sedang menyampaikan sesuatu kepada orang  banyak dengan bahasa masing-masing, menggunakan mulut orang-orang yang berbahasa roh, dimana orang tersebut tidak mengerti bahasa itu.

Mudah-mudahan Bapak Puas, selamat melayani,

Tuhan Yesus memberkati

GODARMY's picture

Alamaaak nih topik sangat

Alamaaak nih topik sangat sering sekali gua denger di kalangan gereja, ada yang mengatakan :

1.kalo gak bisa bahasa roh doamu gak diterima.

2.kalo kamu gak bisa bahasa roh, kamu gak nyembah dalam roh.

3.kalo kamu gak bahasa roh,setan pasti menggodain kamu terus.

4.setan takut ama orang yang berbahasa roh.

5.kalo gak bahasa roh gak damai sejahterah.

6.kalo gak bahasa roh berakibat masuk neraka.....ETC.

dan kalo aku tanya mereka gimana bisa bahasa roh,pasti deh jawabannya "Minta sama Tuhan teruuuuuuus aja sampai dapat"

lalu kalau ingin pelayanan gak punya karunia(minim bahasa roh)gak boleh pelayanan dong artinya...

bener gak nih gak bisa bahasa roh berakibat gitu, kok banyak ya, orang yang bisa bahasa roh tapi hidupnya masih kayak gitu Gyahahahaha...bahkan lebih bejat dari orang yang gak kenal Jesus.

Waduh lupa, aku gak bisa bahasa roh nih jadi gimana nasibku nanti:(

JESUS IS GOD

__________________

JESUS IS GOD

hendro's picture

@GODARMY

Pengertian-pengertian berikut ini salah kaprah dan menyesatkan (entah didapatnya dari kitab mana):

1.kalo gak bisa bahasa roh doamu gak diterima <--doa Daniel dijawab Tuhan; ini jaman PL lho...

2.kalo kamu gak bisa bahasa roh, kamu gak nyembah dalam roh.

3.kalo kamu gak bahasa roh,setan pasti menggodain kamu terus <--setelah Roh Kudus turun atas Yesus, Dia dicobai Iblis 3x..nah lho...

4.setan takut ama orang yang berbahasa roh

5.kalo gak bahasa roh gak damai sejahterah.

6.kalo gak bahasa roh berakibat masuk neraka...<--salah besar!!

[ETC excluded; saya nggak tahu ETCnya apa].

Baptisan Roh Kudus diberikan oleh Yesus Kristus. Yesus pernah berkata,"Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum! Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup."  (Silakan baca lengkapnya di Yoh. 7:37-39). Syaratnya: haus, datang kepada Yesus, dan minum!

Pengertian yang juga sering menyimpang dari Alkitab misalnya:

1. Hamba Tuhan itu membagi-bagikan Roh Kudus <--ingat bahwa Dia adalah pribadi Allah yang berkuasa, jangan samakan dengan permen

2. Aku ditumpang tangani sama hamba Tuhan A,B,C, D kok nggak terima baptisan Roh Kudus <--ingat siapa yang memberikan Roh Kudus, kepada Dia-lah anda meminta. Baptisan Roh Kudus bisa terjadi di: kamar anda, GKI/GKJ, ketika anda didoakan oleh teman anda yang telah menerima-Nya dan sayang Yesus, dst..

Semoga komentar di atas bisa berguna. Tuhan Yesus memberkati!

__________________

.:Hendro

For the earth will be full of the knowledge of the glory of the Lord as the sea is covered by the waters.[Hab.2:14 BBE]

GODARMY's picture

HEHEHE... makanya gua juga

HEHEHE... makanya gua juga bingung nih pak hendro mereka dapat darimana gua juga gak tahu, beberapa orang juga nyuruhin gua dengan cara "TRANSFER ROH DENGAN DITUMPANGI TANGAN" (kok gua pikir kek tenaga dalam aja)ada pula yang nyuruhin gue dengan istilah "LES BAHASA ROH"(Ckakaka..yang ini sih gua sungguh ngakak lho), ada pula yang nyuruhin gue dengan cara "BABTIS LAGI DENGAN BABTISAN ROH KUDUS DAN BABTISAN API"(Yang ini gua juga mikir-mikir juga, berapa kali gua harus baptis kalau hanya dengan percaya Yesus dan babtisan air aja gak cukup), yang gua takutin 5-10 lagi bakal muncul beratus-ratus macam baptisan ,kek contohnya:babtis mulut,baptis kuping,babtis tangan,kaki dll dengan dasar ayat-ayat alkitab..Haiyaaaahh.. gue pikir kalo dengan percaya Yesus dan harus babtis air aja gak cukup kan sama aja dengan saya menyangkal Yesus duh Nyangkal bakal gawat nih...gimana nih?:(

JESUS IS GOD

__________________

JESUS IS GOD

hendro's picture

pengin chatting

Saya jadi pengin chatting sama mereka. Ada yang join di SS nggak ya?


__________________

.:Hendro

For the earth will be full of the knowledge of the glory of the Lord as the sea is covered by the waters.[Hab.2:14 BBE]

GODARMY's picture

@hendro

Duh mana tahu ya pak hendro walaupun ada ya buat apa.., paling juga ujung-ujungnya kagak karuan jawabannya.

Oh ya omong-omong Istilah ETC/btw tuh sama artinya kek (dan lain-lain/dll) sampai lupa gua hehe....GBU

JESUS IS GOD

__________________

JESUS IS GOD

Kiem's picture

Gak bisa bahasa Roh

Yth. GODARMY

Pendetapun banyak gak bisa bahasa roh, namun karena alkitab mengatakan, dan yang bersangkutan percaya firman Tuhan, maka orang lain yang belum menerima karunia bahasa roh itu tetap menantikan kapan Tuhan memberikannya,

Namun dalam alkitab ada ayat yang menjadi pedoman yaitu Kisah Para Rasul 2 : 38 :

dikatakan dengan urutan :

  1. Bertobat (Mengaku dosa dan bertekad berhenti melakukannya)
  2. Masing-masing memberi diri dibabtis
  3. Menerima Roh Kudus

Jangan seperti Farisi (pada jaman Yohanes Pembabtis), mau dibabtis, tetapi belum bertobat, akhirnya Yohanes pembabtis menolaknya

Jangan pula, sudah bertobat tetapi tidak mau melanjutkannya dengan babtisan.

Maaf, ini hanya jawaban alkitab, bukan mengatakan GODARMY belum bertobat atau maksud lain.

Tuhan Yesus memberkati

GODARMY's picture

IYAAAWWWย  tetep aja dengan

IYAAAWWW  tetep aja dengan jawaban tunggu teruuuuusss kan pak kiem? kalo dah tobat,dah dibabtis dan dah terima roh kudus, tapi bertahun-tahun belum juga dapet gimana? paling juga jawabannya "HOHOHO...KAMU KURANG KUDUS,KURANG PUASA, KURANG KASIH, DAN KURANG ini itu ..DAN SEBAGAINYA...DLL" yaaah mau gimana lagi hiks.. nasibku:(

apapun jawabannya terima kasih yah pak kiem dah dijawab hehehe:D....GBU

JESUS IS GOD

__________________

JESUS IS GOD

Kiem's picture

@ Godarmy, Cara meminta Roh Kudus

Yth. Godarmy

Kalau persyaratan Bertobat dan memberi diri dibaptis sudah dipenuhi, maka petunjuk khusus meminta roh kudus adalah Lukas 11 : 5 - 13

11:5 Lalu kata-Nya kepada mereka: "Jika seorang di antara kamu pada tengah malam pergi ke rumah seorang sahabatnya dan berkata kepadanya: Saudara, pinjamkanlah kepadaku tiga roti,
11:6 sebab seorang sahabatku yang sedang berada dalam perjalanan singgah ke rumahku dan aku tidak mempunyai apa-apa untuk dihidangkan kepadanya;
11:7 masakan ia yang di dalam rumah itu akan menjawab: Jangan mengganggu aku, pintu sudah tertutup dan aku serta anak-anakku sudah tidur; aku tidak dapat bangun dan memberikannya kepada saudara.
11:8 Aku berkata kepadamu: Sekalipun ia tidak mau bangun dan memberikannya kepadanya karena orang itu adalah sahabatnya, namun karena sikapnya yang tidak malu itu, ia akan bangun juga dan memberikan kepadanya apa yang diperlukannya.
11:9 Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.
11:10 Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.
11:11 Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan?
11:12 Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking?
11:13 Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya."

Intinya adalah meminta dengan tidak malu-malu, mungkin dalam hal ini, disuruh altar call, ya, menurut, dan lain-lain. Firman Tuhan ini harus kita yakini.

Saya tidak tahu apakah di tempat/gereja  anda dibuat acara khusus penyusulan Roh Kudus beberapa hari sebelum sampai beberapa hari sesudah Hari Pentakosta, Kalau di gereja kami itu dilakukan terus

Jangan menyerah, percayalah Firman Tuhan.

Kalau ada yang mengatakan : "kurang suci" itu salah, justru karena ketidak sucian kitalah maka kita membutuhkan penolong, agar kita mengerti jalan Tuhan.

Puji Tuhan

hai hai's picture

@godarmy, Silahkan Klik ...

Saudara godarmy, silahkan klik di sini lalu bacalah dengan teliti, lalu gunakan bahan diskusi dengan Kiem.

Kiem menulis: Yang tidak dimiliki oleh binatang adalah roh (Kejadian 2 : 7), sedangkan jiwa (akal, emosi, naluri, dll) binatang memilikinya.

ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup. Kejadian 2:7

Nafas Hidup = roh?

Kalimat atau kata mana dari Kejadian 2:7 tersebut di atas yang mengajarkan bahwa binatang tidak memiliki roh?

Kalimat atau kata mana pula yang mengajarkan bahwa:

Jiwa = akal, emosi dan kehendak?

Kalimat atau kata dari hongkong?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

GODARMY's picture

Nih ko hai bisa aja dengan

Nih ko hai bisa aja dengan istilah Hongkong hahaha...kalo ngomongin itu sih gua pikir gua cuma pakai dasar ayat yang sama dengan ko hai mungkin (Pengkhotbah 3:19-22) dan gua berpikirnya simple dan masuk akal aja,gua percaya selama ada daging baik manusia/hewan ya ada roh, kalo mo ngomongin lebih jauh lagi ya tentang Trikotomi/dikotomi..cuman lagi males hehe..gimana nih pak kiem mungkin pak kiem bisa jawab pertanyaan diatas..

JESUS IS GOD

__________________

JESUS IS GOD

hai hai's picture

Godarmy, Dari hongkong?

godarmy, sampai hari ini saya memiliki izin ntuk menggunakan istilah "Dari hongkong?"

Ketika Piala Dunia Sepakbola dilaksanakan di Korea dan Jepang, saya dikenalkan pada seorang teman baru. Setahu saya, dialah orang pertama yang menggunakan istilah, "dari hongkong?" ketika mengejek orang lain. Karena menganggap makiannya sangat unik, saya lalu minta izin untuk memakainya, sebagai gantinya dia minta izin untuk menggunakan makian saya, "Oncom!" dan "Dodolipet!" serta "kutu kupret."

Sejak itulah saya sering menggunakan makian itu danmembuat orang-orang tertawa ketika mendengarnya. Beberapa tahun kemudian saya bertemu dengan beberapa orang yang bekerja dalam bidang Iklan.  Nampaknya mereka menganggap makian saya, "dari hongkong" cukup memiliki nilai jual. Beberapa bulan kemudian, makian itu pun muncul di televisi dan ramagi digunakan orang lain.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

GODARMY's picture

Gitu ya ceritanya ko hai,

Gitu ya ceritanya ko hai, berarti enak dong dapet istilah secara legal isa dipakai kapan aja:D..gua sih bukan dari Hongkong , cuman ngimpi pengen jadi orang hongkong,tapi sampai sekarang gak keturutan juga gyahaha...

JESUS IS GOD

__________________

JESUS IS GOD

DAN-DAN's picture

@HAI-HAI, masi ngakak ga?

Pak HAI-HAI, masih ngakak ga? hehehehe..

Kalo aku tuh yakin bener ngakak nya gak brenti2 sama BLOG n komen2 yang di WANITA INGIN DI MENGERTI, eh salahhh.... WANITA SEBAIK NYA...

hueahueauheauheahuauae.... sampe temen2 pada nanyain semua kenapa kok aku ketawa2 ga brenti2...huaehuhauahuhea... mungkin aku terlalu menghayati kali yah heauhaeahuahuae

 

DAN-DAN

 

saya suka bebek panggang...

__________________

Saya Suka Bebek Panggang...

hai hai's picture

DAN DAN, Ngakak Asem

Iya Dan, ngakak tapi rasanya asem.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Josua Manurung's picture

pak Kiem...

dear Pak Kiem,

coba baca lagi surat Paulusnya...

dia menyinggung tentang orang2 yang bisa berbahasa roh...

Paulus berkata... terjemahan bebas...

aku sendiri bukannya tidak bisa berbahasa Roh...

tapi jika jemaat yang lain tidak mengerti ...

maka aku tidak akan menggunakannya...

 

saya dari dulu berusaha mencari orang yang mendapat karunia:

mengartikan bahasa Roh...

apakah ada orang itu?

seharusnya orang itu ada di setiap Kebaktian toh...

dia yang menegur setiap orang yang cuma pura-pura

atau cari perhatian ketika ibadah berlangsung...

istilahnya...

mencuri Kemuliaan TUHAN ALLAH....

 

TUHAN selidiki hati dan pikiranmu!

BIG GBU!

__________________

BIG GBU!

Kiem's picture

Memang sebaiknya demikian

Kalau ibadah kacau karena berbahasa roh, atau karena ada yang pamer, sombong rohani, memang idealnya, yang bersangkutan ditegur.

Tetapi itu tidak mungkin dilakukan oleh seorang gembala yang memiliki hikmat atau bijaksana. Toh, itu semua bisa dimaklumi karena belum dewasa saja itu. Kalau nanti sudah dewasa rohani, akan tertib kembali, teratur dan jelas arahnya.

hai hai's picture

@kiem, Ngeroh Bareng Itu Dilarang Tuhan

Kalau ibadah kacau karena berbahasa roh, atau karena ada yang pamer, sombong rohani, memang idealnya, yang bersangkutan ditegur.

Saudara kiem, yagn jadi masalah bukan kekacauan dalam berbahasa roh dalam ibadah. Masalahnya adalah Allah MELARANG jemaat berbahasa roh RAME-RAME.

Gereja-gereja yang berbahasa roh rame-rame dalam kebaktian ADALAH gereja yang melanggar Perintah Allah.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Kiem's picture

@ Hai-Hai, ternyata ada yang belum saya jawab

Yth. Hai-Hai

Setelah saya periksa blog ini, ternyata komentarnya Hai-Hai belum saya jawab. Maaf ya, karena saya sibuk dalam blog saya yang lain dan menanggapi blog orang lain,. Maklum, sedikit kesempatan membuat blog.

Jadi begini Pak Hai-Hai

Yang dipermasalahkan oleh Tuhan dalam ngeroh bareng itu adalah jika ada yang tidak beriman, seperti ibadah minggu, dimana dalam ibadah Minggu itu bercampur antara orang yang baru bertobat, belum bertobat dan yang sudah dewasa rohani.

Tetapi acara ngeroh bareng ini adalah pada hari selain Minggu, dimana disana yang datang adalah yang beriman terhadap Firman Tuhan mengenai bahasa roh. Maka acara itu adalah berkata-kata untuk diri sendiri dan kepada Tuhan. Jadi, dalam hal ini, ngeroh bareng itu  tidak lagi masalah.

Karena saya menuliskan ini di Warnet (tidak membawa Alkitab, maka saya berjanji (jika Tuhan ijinkan), akan menyajikan ayat alkitab.

Tuhan Yesus memberkati

Pniel's picture

@Kiem, mohon dijelaskan

Trim untuk jawabannya yang sama sekali tidak mengena sehingga tidak memuaskan saya. Saya melayani di gereja tetapi pelayanan saya tidak besar (dalam arti cakupannya). Saya hanya melakukan tugas yang Tuhan sudah percayakan kepada saya. Saya harus bisa dipercaya olehNya, dan saya senantiasa berdoa (tentunya bekerja juga) agar saya mencapai apa yang diinginkanNya sehingga Ia dipuaskan oleh kerja saya. Saya harap andapun demikian juga.

Kiem menulis : Kalau kami mebedakan, jiwa manusia dengan jiwa binatang, hanya berbeda IQ, ini sudah menjadi pendapat dunia ilmu pengetahuan juga

Sebutkan sumber ilmu pengetahuan yang mengatakan bhw manusia dan hewan sama-sama punya IQ hanya berbeda tingkatannya aja? Berapa IQ manusia dan berapa IQ hewan? Blog anda diatas menyatakan bhw binatang juga memiliki jiwa. Apa bedanya jiwa manusia dan jiwa binatang? di IQnya? Kembali lagi, coba jelaskan pertanyaan saya diatas. Anda katakan bhw jiwa memiliki akal, emosi, naluri, dll. Dll-nya apa? Sifat manusia pada umumnya digolongkan menjadi 4 kategori : sanguin, flegmatik, kolerik dan melankolik, apa hewan juga mempunyai ke 4 kategori tsb? kalau punya, berarti hewan punya EQ? Bisa dijelaskan mengenai EQ hewan? ataukah anda punya usul untuk menambahkan jurusan PSIKOLOGI HEWAN pada fakultas Psikologi di kampus2? Mungkin ini ide yang segar untuk anda.

Kiem menulis : Double kepribadian??, pada momen-momen tertentu mungkin saja demikian, karena beberapa pekerjaan Roh Kudus demikian, misalnya benubuat, berbahasa Roh, sepertinya terpisah antara roh dengan jiwa. dan kalau roh bekerja tetapi kita tidak sadar, mungkin itu sama dengan hipnotis.

Yang namanya Double kepribadian adalah kedua-dua kepribadian pasti aktif. Kalau pada saat berbahasa roh kita tidak sadar, berarti itu menandakan bahwa hanya ada satu kepribadian. Kenapa anda katakan double kepribadian? dimana double nya?

Kiem menulis : Bapa menghendaki??, ya, dan tertulis demikian, tertapi kehendak Bapa itu belum terwujud dalam kehidupan jemaat. Bahkan berdoa permohonan, seharusnya digerakkan langsung oleh Roh Kudus, walaupun cara kerja Roh Kudus untuk yang kedua ini, roh tidak terpisah dengan jiwa, tetapi Roh Kudus mengurapi/memampukan pikiran kita. Bukan berarti yang dikehendaki Bapa hanya bahasa roh, kalau nanti demikian, Bapak bisa dibilang orang sebagai editor alkitab juga.

Kalau berdoa permohonan harus digerakkan oleh Roh Kudus, maka Roh Kudus seharusnya menggerakkan doa permohonan tsb. Dalam arti kalimat anda adalah bahwa Roh Kudus seharusnya menggerakkan jemaat untuk berdoa dalam bahasa roh. Tetapi kenapa Roh Kudus tidak mengerjakan apa yang seharusnya Dia lakukan shg kehendak Bapak dilaksanakan? Apa ini bukan berarti Roh Kudus sedang melalaikan kehendak Bapa? Melalaikan kehendak Bapa = berdosa, apa Roh Kudus berdosa?

Kenapa cara kerja Roh Kudus ini lain dari biasanya? Apa maksud Roh Kudus bekerja dengan dua cara : memakai pikiran (doa permohonan) dan tidak memakai pikiran (doa bahasa roh) ? Tolong beri dasar ayat FT!

Kiem menulis : Berdoa sambil baca alkitab, itu hanya menunjukkan bahwa saat berbahasa roh, kita tetap sadar, pikiran kita tetap normal dan dapat berpikit (1 Korintus 14 : 14)

Bukankah anda sendiri yang menyatakan bhw ketika berdoa dalam bahasa roh, pikiran kita tidak sadar sehingga kita betah berdoa SATU JAM, koq sekarang ngomongnya lain ???

Mana bisa berdoa sambil baca Alkitab? Apa ini yang dimaksud DOUBLE PERSONALITY (kepribadian), pribadi yang satu baca Alkitab, pribadi yang lain berdoa??? Anda punya kemampuan supranatural ini? Ataukah anda ingin menyatakan bahwa berdoa lalu berhenti untuk baca Alkitab, setelah baca Alkitab berdoa lagi, lalu berhenti, baca Alkitab lalu berdoa lagi...dst...Apa yang didoakan dan apa yang dibaca apa bisa dimengerti? Apa bisa berdoa dan membaca Alkitab dengan model spt ini???

Kiem menulis : Sedangkan berbahasa roh, kami artikan dari Kisah Rasul  2 : 1 - ... sebagai tanda kepenuhan Roh Kudus, didukung contoh-contoh dalam pekerjaan Rasul dalam Kisah Rasul pasal selanjutnya, bahwa tanda kepenuhan Roh Kudus adalah  berbahasa roh.

Apa artinya kepenuhan Roh Kudus ??? TOLONG DIJELASKAN! Apa harus dengan berbahasa roh??? Bukankah di Kis.2 ada beberapa tanda2 yang lain selain bahasa roh, spt : lidah api diatas kepala & tiupan angin keras. Kalau anda mau konsisten, seharusnya tanda orang dipenuhi Roh Kudus adalah berbahasa roh, lidah api diatas kepala, tiupan angin keras dan lebih jauh lagi adalah setelah diPENUHI Roh Kudus, para Rasul dapat menyembuhkan orang bahkan membangkitkan orang mati. Kalau tidak memenuhi semua kriteria ini berarti tidak ada satu orangpun semenjak zaman para Rasul yang layak diberi cap 'kepenuhan Roh Kudus'.

Kiem menulis : Penyucian oleh Roh Kudus dalam 2 Korintus 3 : 17 - 18 tadi, benar, tetapi penyucian bukan hanya itu, harus lengkap 3 unsur, yaitu Firman Tuhan, Roh Kudus dan Korban Kristus (tubuh dan darah dalam Perjamuan)

Apakah ada ayat FT yang mengatakan hal ini? Setiap orang suci / kudus layak masuk surga. Ini FT yg ngomong. Apakah ketiga hal ini (FT, Roh Kudus (berbahasa roh), dan perjamuan kudus) adalah syarat masuk surga? Tolong beri dasar FT!

Kiem menulis : Sedangkan bahasa-bahasa yang berbeda-beda tadi, didunia ini beratu-ratus jenis bahasa, kita tidak perlu tahu itu bahasa apa, tetapi yang jelas, itu BERBICARA KEPADA TUHAN, BUKAN KEPADA MANUSIA.

Lho...bukankah anda mengacu kepada Kis pasal 2 untuk menguatkan argumentasi bahasa roh yang anda ajarkan? kenapa tidak konsisten dengan implikasi2 tsb?

Perlu anda ketahui bahwa bahasa roh didalam Kis pasal 2 tidak dipergunakan untuk berdoa TETAPI untuk memberitakan Injil kepada seluruh kaum yang berkumpul di Yerusalem untuk perayaan hari Pentakosta. Bagaimana anda menjelaskan hal ini untuk mendukung teori berdoa dalam bahasa roh anda???

Kiem menulis : Berdoa panjang bukan berarti bertele-tele, tetapi ini bukan doa permohonan (doa akal), tetapi penyembahan. Doa akalpun, jika diurapi Roh Kudus, akan panjang juga karena lengkap, tetapi bukan bertele-tele.

Bagaimana kriteria waktu sehingga bisa dikatakan 'panjang' ? Apa isi pokok doa didalam waktu yang panjang tsb? Apa mau mendoakan orang kristen sedunia? anda tahu jumlah orang kristen sedunia? miliaran! mau didoakan satu persatu? MUSTAHIL! Jikalau itu diulang-ulang atau tanpa arah atau cuma was....wes...wis...wus... tanpa arti maka ini bisa dikatakan bertele-tele. Bertele-tele artinya muter-muter, ngalor ngidul tanpa arah yang jelas dan apa maunya, pamer, dll. Bertele-tele timbul dari motivasi bhw doa yang panjang PASTI dikabulkan Tuhan.

Mat.6:7 Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan

Kiem menulis : bahasa roh sebagai pelayanan, itu betul karena konteks 1 Korintus 12 : 28 - 30 berbicara pelayanan, dan pada awal blog ini, sudah kami contohkan, kami berbahasa tionghoa, dimana setelah selesai berbahasa, kami mencoba membuktikan apakan benar bahasanya dimengerti oleh orang Tionghoa yang ada disitu, Ternyata benar.

Anda bilang bahasa roh adalah roh kita berkomunikasi tanpa jiwa kita mengerti. Lalu bagaimana anda mengharapkan orang lain mengerti bahasa roh anda yang bahkan jiwa anda pun tidak mengertinya??? Anda juga katakan bahwa bahasa roh adalah bahasa doa pribadi kita ke Tuhan, lalu mengapa anda katakan bhw bahasa roh adalah untuk pelayanan? pelayanan pribadi ke Tuhan??? Anda negrti apa itu artinya 'pelayanan'? Pelayanan selalu dikaitkan dengan orang lain dan bukan diri sendiri. Lalu bagaimana anda mengharmoniskan BENTURAN KERAS dalam doktrin anda ini??? MOHON DIJELASKAN + AYAT ALKITAB !

Kiem menulis : Yang tidak berbahasa roh berarti tidak didiami Roh Kudus??, sudah terjawab pada poin 5 diatas, tetapi kami ulangi dan tegaskan, bahwa yang terpenting adalah Roh Kudus membuat kita PERCAYA kepada Firman Tuhan.

Bedanya 'didiami Roh Kudus' dengan 'kepenuhan Roh Kudus' apa?

Bisa tolong anda baca dan artikan kalimat anda  ini : Roh manusia akan berkata-kata apabila datang Roh Kudus (Kisah Para Rasul  2 : 4) ???

Bagaimana hubungannya dengan point diatas yg anda maksud? Koq ga nyambung???

Kiem menulis : Bahasa roh yang jelas dan dimengerti oleh orang banyak, seperti Kisah 2 : 1 -...,  walaupun dalan nats itu belum tentu bahasa roh itu sebagai pelayanan, namun seperti itulah contoh bahasa roh sebagai pelayanan, berarti Tuhan sedang menyampaikan sesuatu kepada orang  banyak dengan bahasa masing-masing, menggunakan mulut orang-orang yang berbahasa roh, dimana orang tersebut tidak mengerti bahasa itu.

Kiem mengatakan bhw "BAHASA ROH ADALAH UNTUK PELAYANAN"

Kiem mengatakan bhw "BAHASA ROH BELUM TENTU SEBAGAI (?) PELAYANAN"

Mana yang benar??? Mau maen-maen kontradiksi???Anda berkepribadian ganda???

Sekali lagi : Kisah pasal 2 BUKAN berbicara mengenai BERDOA melainkan PENGINJILAN. Kalau anda pakai ayat tsb sbg dasar teori anda, maka anda sedang menentang Alkitab.

Mohon dijawab sejelas-jelasnya dengan disertai ayat-ayat Alkitab yang tepat dan benar.

Bless.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

Pniel's picture

@Kiem, ada banyak yang blm dijawab

Ada banyak tanda tanya di setiap postingan saya yang belum anda beri tanda titik atau tanda seru, dan ini akan selalu saya ingat sampai anda menghapuskan ingatan saya tsb dengan jawaban2 Alkitabiah.

Anda harus menyelesaikan PR anda dengan tuntas sebelum anda mengklaim sbg 'yang Alkitabiah'.

Bless.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

Kiem's picture

Jawaban buat Pak Pniel

Yth. Pak Pniel

Hanya berbeda IQ, ini sudah menjadi pendapat dunia ilmu pengetahuan juga.

Sumber ilmu pengetahuan yang mengatakan hal ini saya tidak bisa sebutkan, tetapi hal ini saya pernah dengar di Televisi, bhw hewan yang tergolong lebih tinggi IQnya adalah : singa laut, lumba-lumba, gajah, kera, anjing, itulah sebabnya pernah ada yang memadukan musik klasik dengan penggembalaan sapi, ternyata ada pengaruhnya.

Bahkan pernah lagi saya dengar psikologi tumbuhan, dimana tumbuhan bisa dirangsang dengan musik (tetapi ini saya tidak setuju dengan istilah itu)

Binatang juga memiliki jiwa??, berarti hewan punya EQ? mungkin juga, tetapi saya mengamati ayam, anjing, babi, berbeda-beda, ada yang romantis, ada yang sayang anak, ada yang sangat melindungi, ada yang sangat taat kepada tuannya, dan lain-lain.

Soal PSIKOLOGI HEWAN pada fakultas Psikologi di kampus2? kalaupun pendapat saya ini ada literatur yang mendukung, lalu untuk tujuan apa??, dan siapa yang berminat??, rugi!

Double kepribadian adalah kedua-dua kepribadian pasti aktif., Benar. aktif dua2 nya tetapi jiwa hanya pengamat/pendengar budiman, penikmat, tetapi tidak ikut berdoa (1 Korintus 14 : 14) (saya tidak mengatakan pada saat berbahasa roh, pikiran kita tidak sadar, dan kalau pikiran tidak sadar itu adalah hipnotis), 

Ingat juga pengalaman Paulus (dikatakan "seorang kristen" menunjuk dirinya sendiri), yang diangkat ke sorga (II Korintus  12 :2 - 5), karena jelasnya penglihatan itu, sampai tidak bisa dibedakan apakah itu dalam tubuh atau dalam roh.

Kalau tidak sadar itu dari setan, sama dengan hipnotis dll.

1 Kor 14:14 Sebab jika aku berdoa dengan bahasa roh, maka rohkulah yang berdoa, tetapi akal budiku tidak turut berdoa.

Berdoa permohonan juga seharusnya digerakkan oleh Roh Kudus juga, artinya dua-duanya berbahasa roh maupun berdoa akal (permohonan) adalah kehendak Bapa semuanya, kehendak Bapa banyak, termasuk Babtisan, (dikatakan "KepadaNya Aku Berkenan"pada saat Yesus dibabtis. Demikian juga pada waktu Yesus dipermuliakan diatas gunung, juga Bapa mengucapkan hal yang sama.

Menyinggung Yesus dipermuliakan diatas gunung (Matius 17 : 1 - 17),  itu juga adalah Doa penyembahan.

Maksud Roh Kudus bekerja dengan dua cara : memakai pikiran (doa permohonan) dan tidak memakai pikiran (doa bahasa roh) ? Tolong beri dasar ayat FT!.

Untuk ini, saya mau menjawab, tetapi sulit mengatakannya, karena ibarat sekolah, kita masih duduk di bangku SMP tetapi pertanyaan ini sudah tingkat lanjutan. Untuk mengerti hal ini, sangat banyak ayat firman Tuhan, sampai terbentuk suatu pola pengajaran Firman yang disebut "Pengajaran Tabernakel" dari Keluaran 25 sampai Keluaran 40, dan ayat pendukungnya lengkap, hampir menjelajahi seluruh isi alkitab.

Tetapi intinya adalah :

Yang bisa dilakukan oleh orang yang masih dalam tahap Bertobat - Dibabtis sampai Penuh Roh Kudus, hanya doa akal (permohonan), tetapi kalau sudah Penuh Roh Kudus sampai tingkat pendewasaan, dia bisa melakukan berdoa dalam roh dan berdoa permohonan. Untuk itu, seperti FT : "Tetaplah kerjakan keselamatanmu" artinya adalah lanjutkan ke tingkat pendewasaan. Istilah dewasa, banyak ditemukan dalam alkitab, itulah target kita.

Apa yang didoakan dan apa yang dibaca apa bisa dimengerti? Apa bisa berdoa dan membaca Alkitab dengan model spt ini???, untuk ini, sudah terjawab pada ayat-ayat sebelumnya, bahwa ro berdoa dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan (Roma 8 : 26).

Apa artinya kepenuhan Roh Kudus ?, Apa harus dengan berbahasa roh?, sebenarnya tandanya dalam 1 Korintus  adalah 9 karunia Roh Kudus, tetapi tidak mungkin, sebaab kenyataannya, Tuhan tidak menunjukkan bahwan itu semua dimiliki oleh 1 orang, yang dimiliki hanya bebberapa karunia,  sedangkan dalam Kis.2 : 4 tandanya berbahasa roh. Dalam Kis selanjutnya ada beberapa tandanya yaitu bernubuat, sehingga benarlah yang Bapak bilang "Kalau tidak memenuhi semua kriteria ini berarti tidak ada satu orangpun semenjak zaman para Rasul yang layak diberi cap 'kepenuhan Roh Kudus'".

Apakah ada ayat FT yang mengatakan hal ini? Setiap orang suci / kudus layak masuk surga. Ini FT yg ngomong. Apakah ketiga hal ini (FT, Roh Kudus (berbahasa roh), dan perjamuan kudus) adalah syarat masuk surga? Tolong beri dasar FT!,

Soal kesucian, tidak disebut secara langsung sebagai syarat masuk sorga, yang disebut adalah "Percaya dan dibaptis", tetapi, pentingnya kesucian, ada beberapa hal :

  1. Dalam hidup ini, firman Tuhan mencatat, banyak tantangan, antara lain pencobaan, ajaran sesat, yang mungkin menjatuhkan kita. Kalau kita suci (dalam pengajaran Firman = Dewasa rohani) berarti sanggup menghadapi. Kita tidak mau gagal ditengah jalan.
  2. Yesus mempelai laki-laki sorga akan menikah dengan umatNya yaitu Gereja yang Kudus dan Am, Persekutuan orang-orang Kudus.
  3. Akan ada anti Krist, maka yang tidak kudus akan masuk kesana (Wahyu 13)

Kis pasal 2 tidak dipergunakan untuk berdoa TETAPI untuk memberitakan Injil dst (bukan memberitakan injil, tepatnya melayani orang banyak), dan itulah bahasa roh untuk pelayanan itu (1 Kor 12 : 28 – 30), Tetapi jika kita berbicara bahasa  roh untuk berdoa, maka kita harus kembali pada penjelasan mengenai menyembah dalam roh dan kebenaran (dalam Yohanes 4 : 23 – 24, dan Roma 8 : 26).

Berdoa panjang bukan berarti bertele-tele, isi pokok doa didalam tergantung topiknya, doa makan, ya yang berhubungan dengan makan saja, tetapi lengkap., doa membuka ibadah, ya, yang berhubungan dengan ibadah itu saja, yaitu untuk berlangsungnya pekerjaan Roh Kudus secara bebas tanpa gangguan iblis lewat pikiran orang, dll. Sedikit topik tetapi lengkap. Sedangkan doa syafaat, yang mungkin lebih panjang, kita batasi saja untuk kelanjutan ibadah dan ketennteraman ibahadah selanjutnya, dll.

Bagaimana anda mengharapkan orang lain mengerti bahasa roh anda yang bahkan jiwa anda pun tidak mengertinya?,

Jika itu pelayanan, ya, topik apa pun itu, Tuhanlah yang perlu tahu bahasanya dan yang bersangkutan kepada siapa Roh Kudus menyampaikannya

Anda juga katakan bahwa bahasa roh adalah bahasa doa pribadi kita ke Tuhan, lalu mengapa anda katakan bhw bahasa roh adalah untuk pelayanan? pelayanan pribadi ke Tuhan?

Inilah dua macam kegunaan bahasa roh, sudah dijelaskan diatas.

Bedanya 'didiami Roh Kudus' dengan 'kepenuhan Roh Kudus' apa?, Jelas, didiami Roh Kudus??, murid-murid sudah diberi kuasa oleh Yesus dalam Kitab injil lalu mereka pergi menginjil, tetapi baru kepenuhan Roh Kudus setelah Yesus naik ke Sorga (Kisah Para Rasul), dan bedanya ??. Sebelum kepenuhan, murid-murid lemah, takut dan tidak bertahan setelah kematian Yesus, Tetapi setelah kepenuhan??, sekali berkotbah, 300 orang bertobat, dll dalam kisah Para Rasul.

Roh manusia akan berkata-kata apabila datang Roh Kudus (Kisah Para Rasul  2 : 4) ??? sudah jelas “maka  penuhlah.....dst....berbahasa roh”

Bahasa roh yang jelas dan dimengerti oleh orang banyak, seperti Kisah 2 : 1 -...,Ini, kita sudah sepakat bahwa Kis 2 ini tergolong bahasa roh untuk pelayanan, apalah namanya, kita sebut saja menyampaikan sesuatu/

Saya melihat, banyak pertanyaan yang sebenarnya sudah terjawab sebelumnya. Untuk itu, sebaiknya, susun saja di selembar kertas, mulai dari awal blog ini, semua jawaban saya kepada Bapak, Kalau perlu masukkan juga ayatnya lengkap, itulah baca ulang,

Maaf jika jawaban kurang sempurna.

Tuhan menolong kita untuk mengerti kehendakNya.

Yesus dan saya mencintai Bapak

Tuhan Yesus memberkati
DEDE WIJAYA's picture

@ Pniel tanya kpd Anda

Saya ingin tahu posisi anda, dan juga gereja anda GKAI thd:

Apa anda percaya bhs roh masih ada sampai saat ini?

Bgmn pandangan anda bolehkan wanita berkhotbah di Ibadah Umum, bolehkah wanita jadi Pendeta dan Diaken?

Siapa Nama pribadi Tuhan yg disembah orang Yahudi dan kristen?

dede wijaya

__________________

dede wijaya

Pniel's picture

@Dede Wijaya,...

1. Tulisan saya menunjukkan dimana posisi saya.

2. Saya percaya bahwa bahasa roh masih ada sampai saat ini.

3. Wanita boleh menduduki jabatan rohaniawan apa aja sesuai dengan karunia yang Tuhan sudah anugerahkan kepadanya.

4. Silahkan kunjungi blog sebelah. Saya menanyai anda disitu tetapi anda nongolnya disini.

Saya sudah menjawab pertanyaan anda. Sekarang giliran anda menjawab pertanyaan anda sendiri.

Bless.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

farlywior's picture

bahasa roh sangat perlu dimana pun kita berada

saya setuju dengan semua penjelasan Pak Kiem

namun memang semua hal tersembunyi dibalik bahasa roh tidak dapat diterima oleh orang yang belum benar-benar merasakan kepenuhan Roh kudus,sehingga mereka akan berkata 1 dengan yang lainnya :

Kis 2:13 "mereka sedang mabuk oleh anggur mabuk"

bahkan jika Pak Hai-hai yang berkata :

Gereja-gereja yang berbahasa roh rame-rame dalam kebaktian ADALAH gereja yang melanggar Perintah Allah.

Perintah Allah yang mana???????????????????????????????????????

maka pentinglah kita mengerti Firman Tuhan melalui tuntunan Roh Kudus

maju terus Pak Kiem dalam pelayanan

GBU All

 

paulwekwek's picture

farlywior mungkin firman Allah yang ini..

 I Korintus 14:27 Jika ada yang berkata-kata dengan bahasa roh, biarlah dua atau sebanyak-banyaknya tiga orang, seorang demi seorang, dan harus ada seorang lain untuk menafsirkannya.

Namun untuk membaca tulisan Hai-hai tentang bahasa Roh silahkan Klik disini.
__________________

Bless all of Us..

daudtambajong's picture

sangat membekati

share yg sangat memberkati pemahaman saya...,

karena  ada 3 pandangan yang cukup jelas

1,yang mengalami langung

2.yang pernah mengalami tapi 'akhirnya meragukan'

3.yang tidak mengalami

salam kenal buat semua dari yg baru belajar ngeblog,
mending telat belajar daripada gw gaptek melulu ...hahahahaEmbarassed

__________________

i am nothing without JESUS