Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Ari_Thok's blog

Ari_Thok's picture

Live Streaming From Kaliurang 2010 (berakhir) Diganti Foto-foto

Video 1 :

Ari_Thok's picture

Kopdar Bakso Setan

Sekitar dua tahun yang lalu, dimana untuk pertama kalinya bertemu dengan mas bule, kemarin petang ada kesempatan lagi untuk bisa berkopidarat ria dengannya. Sedikit cerita tentang mas bule, dulu ia adalah penghuni saudara kandung SS yaitu in-christnet, namun karena bujuk rayu, akhirnya bisa terdampar di SS ini. Kisah yang masih diingat oleh mas bule adalah ketika bermain di kotak ijo melihat nama Viesnu di situ, yang dalam bahasa Belanda nya berarti (silakan Viesnu yang menjawab :p). Singkat cerita, mas bule ada kesempatan juga berkunjung ke keluarga istrinya yang ada di Indonesia, jadi lah kopdar pertama dengan mas bule yang waktu itu juga berlangsung di Solo Grand Mall. Kala itu mas bule ditemenin sang istri.

Ari_Thok's picture

Ngobrolin Gereja Kami

Beberapa hari lalu sempet ngobrol via ym yang membuatku agak kaget, ternyata yang selama ini kupikirkan ada juga yang memikirkannya. Biasa, rasan-rasan alias ngrasani hal-hal yang terjadi di sekitar, berikut cuplikannya : 

mr x: pak ari malam pak

mr x has selected the "Orang Utan" IMVironment.

me: malam, kok masih bergelantungan, belum turun ya 

mr x: hehe ogah turun ah

BUZZ!!!

me: gimana kabare? ultah gereja pie? ak gak datang semua neh, lagi ada acara ramadhan

mr x: hehehe

mr x: ]kamu jug liat monyetnya ya

mr x: kabare sedang2 aja

mr x: hehe

mr x: iya aku juga ngga dateng

mr x: malah kelalen klo ni ada ultah

me: wkwkwk

Ari_Thok's picture

Pra Kopdarnas Sampai Ke Villa

Kopdar (Kopi Darat) tahun ke tiga SABDA Space ini memang sengaja disebut sebagai kopdarnas, mengingat blogger yang semakin banyak dan beragam dari berbagai daerah bergabung di Situs SABDA Space. Meski begitu, mayoritas yang datang kali ini memang dari Pulau Jawa, Akan tetapi, saya tetap salut buat para blogger yang sudah jauh-jauh dari pelosok, dari kota besar, hanya untuk bertatap muka dan menjalin persahabatan yang lebih erat. 

Sampai saat ini pun saya masih sangat heran dan kagum, ada apa di SABDA Space sehingga orang rela berbondong-bondong datang? Jauh-jauh dari Wonosobo ke Jogja naik motor, dilanjutkan naik bus. Dari Jakarta terbang ke Jogja, lalu lanjut naik kereta ke Solo. Dari Jakarta terbang ke Solo masih ditambah waktu delay. Dari Salatiga rela berdesak-desakan di bus, meski fisik dan mental mungkin lelah karena aktivitas keseharian. Dari Semarang rame-rame malam-malam rela datang walo hanya beberapa jam bisa bertemu dengan rekan-rekan di SABDA Space, bahkan dari Semarang naik motor ke Tawangmangu (*gedeg-gedeg/geleng-geleng*). Ada apa di SABDA Space? Ini pesan serius buat Admin dan pemilik SABDA Space, "Akan sangat MENGECEWAKAN jika SABDA Space sampai tidak diprioritaskan ataupun tidak diurus dengan baik!".

Ari_Thok's picture

Jumpa Darat Lor In Dan Nasi Timbel

Jumpa darat kali ini diadakan di hari yang sedikit berbeda dari biasanya. Kalo biasanya kopdar diadakan di hari dimana esoknya adalah hari libur, kali ini meski esok hari harus cari duit, kopdar pun tetap digelar. Hehe, apa ini yang namanya ketagihan? Ah gak juga, bertemu rekan ataupun sahabat adalah hal yang sangat menyenangkan. Ya, hari Senin yang penat dan melelahkan ini justru ada ajakan untuk kopdar bareng, mengingat ada salah satu blogger dari luar kota yang  sedang ada di kota Solo. Blogger yang khas dengan oleh-oleh teh Tumbi (atau Tambi) ini sedang ada "urusan" selama beberapa hari di Solo tepatnya di Hotel Lor-In.

Ari_Thok's picture

Oleh-Oleh Retreat Di Kaliurang

Retreat tahun ini cukup menyenangkan dan menyegarkan. Selain karena diadakan di pegunungan yang masih hijau, dingin, dan sering diguyur hujan, mungkin juga karena diriku yang memang sudah penat dan sangat penat dalam bekerja hehe. Retreat plus raker tahun ini memang cukup berbeda dengan beberapa tahun yang lalu. Tentunya ini diluar perkiraan dan harapan jika berkaca dari retreat / raker tahun yang lalu yang justru tidak cukup menyenangkan.

Ari_Thok's picture

Cerita Seputar Kopdar Bagian 3

Akhirnya selesai juga nulis bagian ketiga (akhir), meski agak basi, semoga belum jadi bubur deh :). Cerita bagian pertama bisa di baca di sini, bagian kedua bisa dibaca di sini

Kembali Ke Rumah Turi
Sekitar lima sampai sepuluh menit perjalanan dari Tunas Mekar ke Rumah Turi. Sedikit obrolan di tengah jalan tak terasa sudah sampai tujuan. Begitu memarkir motor, aku merogoh kantong untuk cek handphone teknologi blutut ku. Eh, ada sms masuk. Ternyata mas bule dan mbak Gita sudah berpamitan pulang. Kira-kira beginilah bunyinya "Halo Ari, mas bule dan mbak Gita pulang. Sampai jumpa lagi ya, GBU". Duh, padahal belum puas neh ngobrol ataupun bercengkarama dengan manusia impor dari Belanda, hehe. Ya sudahlah. Acara terus berlanjut. Sekarang lokasi sudah pindah ke lantai atas atau atap Rumah Turi. Ini dilakukan karena diruang bawah atau utama ada acara ulang tahun dari salah satu cucu / keponakan Joli.
Ari_Thok's picture

Oleh-oleh Jagongan Blogger 2008 Ala Solo

Kalo di Jakarta ada pesta blogger 2008 tanggal 22 November 2008 kemaren, gak kalah dengan kota Solo, dimana sehari sesudahnya diadakan Jagongan Blogger 2008 ala Solo. Acara ini bertempat di Speedy Hiks Solo Grand Mall dimulai sekitar pukul 13.20 siang. Tema utama yang dibahas adalah bagaimana dampak blog serta bagaimana nasib Solo Cyber City ke depannya. 

Ari_Thok's picture

Cerita Seputar Kopdar Bagian 2

Melanjutkan bagian kedua dari tiga blog tentang acara kopdar bersama mas bule, kali ini acara inti kopdar yang diceritakan beserta bumbu-bumbunya. Bagian pertama blognya bisa dilihat di sini. Monggo, selamat membaca.

Dua Jam Menunggu Kopdar di Rumah Turi
Perut kenyang, Cik Joli pun sudah memastikan waktu kedatangan mas bule ke SGM adalah sekitar pukul 3 sore. Dengan demikian, kami pun memutuskan untuk kembali ke Rumah Turi. Aku naik sepeda motor, sementara Clara naik mobil bersama Joli. Sampai di Rumah Turi, Joli pun berpamitan untuk mengurus beberapa kepentingan di kantor. Pesan Joli, langsung masuk aja, gak usah sungkan, mbak dan mas pegawai rumah turi akan menemani dan melayani dengan ramah. Nah, berduaan sama Ibu Guru suara merdu pun dimulai. Hehe, bagian ini ada yang disensor ya (khususnya untuk Viesnu, sensor ini sesuai kesepakatan para tersangka . )
 

Ari_Thok's picture

Cerita Seputar Kopdar Bagian 1

SMS Sebelum Kopdar

Pukul 11.14 wib ada sms masuk. "Gmn acr kopdar kmrn dul? Rame? sampe pg lg g? He he". Wah baca sms langsung bikin ngakak . Ini anak sudah lupa hari kale, terlalu banyak ngajar, sampai lupa waktu, lupa hari, lupa tanggal :p. Langsung aja kubalas, "Oalah mbul mbul, kopdar nya hari ini kok. Makane datang, rugi besar kalo nggak datang." Setelah balas sms, mataku kembali menatap monitor si upil. Sambil mengetik sambil memikirkan acara apa yang nanti akan dieksekusi saat kopdar berlangsung. Pukul 11.21, tit .. sms masuk lagi. "Owh, hr ini to. Pngen dtng sih. Tp gmn.. Ninggal kerjaan aja gak mampu.. ini lg msim tes n raportan. Jd ya .. He he nek sampe pg lg, ti2p gudeg ceker margoyudan aja y.. :p eh minta file foto + kopdar solo kmrn donk. Copy in di cd.Bsk lbran tak ambile.q pas itu plg.Ntar tak tker phon dr jktitu.Mau?He he". Wah, ini mungkin mantan bakul, negone pinter, cd kopdar meh dituker pohon yang didapatnya gratisan dari Jakarta .

Ari_Thok's picture

Cerita Dari Bapak

Bapakku ternyata punya sembilan saudara, sebagian besar sudah tidak ada di dunia ini lagi. Dua saudara diatas beliau sudah wafat semasa remaja, satu adik dibawahnya juga meninggal di usia muda karena sakit. Dua kakak dari adik Bapakku, yang sekarang lumpuh di kursi roda, juga sudah meninggal sejak bayi. Satu lagi kakak tepat diatas bapakku sekitar 1000 hari lebih yang lalu juga sudah meninggal. Kini, tinggal tiga bersaudara termasuk bapakku yang "nuwani" (dituakan) diantara keluarga besar. Mmm ... cerita tentang sembilan saudara yang baru malam ini kudengar dari bapakku tercinta. Cerita lanjutan yang acak dari kisah-kisah yang mulai beliau ceritakan saat ngobrol asyik dengan anaknya ini.

Ari_Thok's picture

Toleransi Berpuasa Saat Ramadhan

Puasa lagi puasa lagi ...Duh... Buat sebagian penduduk dunia, bulan ramadhan adalah bulan penuh ampunan, bulan penuh rahmat, bulan untuk mengumpulkan pahala, bulan dimana saatnya keagamaan ditingkatkan. Bagi sebagian orang lagi, bulan ini adalah bulan musibah. Ups, jangan meradang atau mengenyitkan dahi terlebih dahulu ya. Ini hanya sekadar uneg-uneg yang sudah menggelembung. Sekadar ingin mengungkapkan sesuatu yang sudah terpendam, yang selama ini terkungkung dalam rongga otak dan sekat kamar tidur. Tidak untuk menyerang, hanya sekadar curhat. Bulan ramadhan bulan dimana toleransi harus lebih dijalankan buat yang tidak berpuasa. Hormati yang lagi beribadah puasa, hargai bulan suci ini. Sekarang timbul pertanyaan, apakah yang dihormati hanya yang berpuasa? Atau coba berpikir sebaliknya, apakah yang berpuasa juga sudah menghormati dan menghargai yang tidak berpuasa?

Ari_Thok's picture

Ibu Penjual Karak

Tangan ibu itu seperti tak kenal lelah menumbuk nasi yang baru saja diangkat dari dandang. Tangan ibu itu pula yang sejak puluhan tahun yang lalu memegang kemudi sepeda ontel, menempuh puluhan kilometer menjajakan sepatu dan sandal kulit ke desa tempat tinggalnya semasa dia kecil. Seorang ibu yang tak kenal menyerah memperjuangkan dan membesarkan anak-anaknya.

Ari_Thok's picture

Cerita Saat Nenek Meninggal

Selasa pagi minggu kemaren sekitar jam 9 nan pagi, kakak dari Jakarta telepon mengabarkan berita disuruh siap sewaktu-waktu, kalau-kalau nenek meninggal. Siap-siap disini artinya siap antar Bapak ke desa untuk kumpul dengan anggota keluarga besar dalam pemakaman nenek tentunya. Ibu sudah berangkat ke desa duluan saat pagi saat aku berangkat ke kantor, karena dikabarkan nenek sudah kritis.

Ari_Thok's picture

Sakit dan Kasih Sayang Orang Tua

Hari Kamis dan Jumat Akhir pekan ini aku harus mengisinya dengan terbaring di tempat tidur karena sakit. Sakit benar rasanya sampai aku terkadang merintih lewat mulutku. Kamis pagi sekitar pukul 3 dini hari, perut rasanya perih dan sakit. Sempat kucoba tahan dengan mencari posisi tidur yang nyaman sampai jam 6 pagi akhirnya aku ke toilet. Cairan yang cukup banyak pun keluar saat BAB. Tentunya perih dan rasa sakit perut yang melilit pun menyertainya. Kupikir itulah akhir penderitaanku di pagi itu, tetapi ternyata baru awal penderitaan dari sakitku. Perut masih perih, ditambah mual mau muntah rasanya dan inipun berefek juga pada badanku yang mulai demam sampai pusing-pusing.

Ari_Thok's picture

Surat Tilang Pertamaku

surat tilangAkhirnya surat tilang pertama aku terima .. Heheh .. kok malah kesannya bangga? Sudah salah , bangga lagi. DASAR !! Semenjak bisa mengendarai sepeda motor sekitar tahun 2006 (duh telat banget ya, ya maklum, kesempatan dan kemauan yang keras baru datang tahun itu), belum sekalipun kena tilang. SIM baru kuterima 21 Oktober 2006. Setelah itu, yah, biasalah, new bie, rookie, apalah namanya .. lintas kota pun langsung dijelahi. Di mulai ke Salatiga menengok temen kantor yang melahirkan anak di sana (dengan korban yang dibonceng hampir terpental, ups .. ), sampai naik ke pegunungan Tawangmangu, dengan korban tidak diberitahu bahwa itu pertama kali saya naik gunung dengan motor, hehe. Rasanya jelas lah, semangat anak muda kembali membara, berpetualang dengan motor serasa segalanya.

Ari_Thok's picture

Sar"topi" Topiku Masa Kecilku

Sartopi, itulah julukanku di masa kecil. Bagaimana tidak, identitas itu sudah melekat sejak aku duduk di bangku TK. Umurku waktu itu sekitar 6 tahun. Cerita dimulai sejak keluargaku punya satu kebiasaan cukur / potong rambut bersama, tentunya dengan pengecualian ibuku. Wah, aku baru tahu, ibuku kalau potong rambut dimana ya? Waktu itu kita mengundang satu tukang cukur rambut langganan, namanya Pak Min, rumahnya di daerah Kampung Sewu. Setelah tanya-tanya Bapak, beliau sudah meninggal sekitar 10 tahun yang lalu. Dari Bapak sampai anak terakhir semua dicukur pendek. Yah, paling tidak rambut tidak cepat memanjang sampai 2 bulan berikutnya, maklum untuk makan saja susah. Terkadang satu telur aja harus dibagi untuk 6 anggota keluarga. Kembali ke masalah cukur rambut. Saat itu biaya cukur / potong rambut total sekitar 250 rupiah untuk 5 gundul. Wow, murah banget ya .. Bandingin dengan potong rambut sekarang di Christoper, terakhir potong rambut saja sekitar 35 ribu satu kepala, hehe.

Ari_Thok's picture

Sedikit Cerita Menghilangnya SABDAorg dan InChristNet

Setetes air segar datang di sore kemaren sebelum pulang. Di saat staf dan bos pusing karena server yang down, data situs diluar tidak ada kepastian untuk diambil, bahkan sampai menyiapkan data miror untuk diunggah, tiba-tiba ada rekan pelayanan yang menelepon serta menawarkan server baru yang lebih cepat yang ada di Indonesia. "Apa ada yang percaya Tuhan?" Begitu awal perkataan bos sebelum bercerita lengkap tentang tawaran server tersebut. Wow .. waktunya sangat tepat. Thanks God ..

Ari_Thok's picture

Mengupil

Semua orang pasti pernah melakukannya, entah ditempat tersembunyi atau di tempat umum. Mengupil artinya membersihkan lubang hidung dari kotoran yang menempel atau tersaring oleh bulu-bulu hidung. Kenapa upil bisa terbentuk? Bagi sebagian orang yang bersekolah pasti sudah pada tahu.

Ari_Thok's picture

Heboh Geert Wilders

Sekali-kali bicarakan dunia luar ah ... Baru saja buka inbox eh .. dapat email dari milis Korea (pdskorea@XX.xx).. cukup kaget juga nih dengan judul email tersebut. Entah ini hoax atau beneran (aku baru tahu :p), soalnya dah beberapa waktu lalu ramai dibicarakan dan sampai sekarang kayaknya masih ramai dibicarakan, itu tuh tentang Geert Wilders, Politisi Belanda yang akhir tahun kemaren memberikan opini terhadap Al-Quran.