Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Memberitakan kabar baik

Eveline Tay's picture

Selamat berjumpa kembali teman2  dalam artikel saya ini tentang pengalaman penginjilan saya saat mengikuti tim penginjilan gereja tempat saya beribadah dan melayani ke gereja Pos PI kami yabg berada di Kalimantan....

Gereja kami mempunyai satu motto yang diambil dari kutab Matius 28:19-20 yang isinya adalah amanat Agung Tuhan Yesus kepada murid2 Nya...berbunyi " pergi jadikan lah sekuruh bangsa murid Ku...." maka Gereja kami setiap tahun pasti ada jadwal penginjilan ke seluruh Pos PI yang tersebar keseluruh Indonesia...dan yang paling banyak terdapat di Kalimantan Barat..tengah ...dan timur yg berjumlah 78 anak gereja di berbagai desa.

Mission trip ini sudah berlangsung sejak thn 1992 hingga saat ini total gereja kami sdh mencapai 103 buah. Jadwal mission trip ini tiap tahun di bulan Juni-Juli...gereja membagi menjadi 18 tim yang masing2 tim memiliki 5-8 orang anggota....

Saya pribadi baru mulai ikut tim penginjilan ini thn 2012 ( saat usia saya 55 th)...itu pun penuh pergumulan sekali....banyak yang saya gumuli sebelum ikut pergi...saya berpikir...biaya akomodasi nya ckp besar...setelah tiba disana ...itu desa loh...bkn kota..tidur dgn beralaskan tikar...mandi kemubgkunan di sungai (kalau gereja blm ada kanar mandi nya).. makan minum juga akan bermasalah...tidak seenak warteg di kota mungkin...jadi itulah yg menjadi kendala saya sewaktu mau ikut tim penginjilan.

Puji Tuhan...karena Dia mau pakai saya..makan saya dikuatkan...akhirnya saya memutuskan ikut pergi...itulah thn pertama saya ikut mission trip ini...sebelum kami berangkat...anggota tum dibekali naskah firman Tuhan utk acara panggung noneka sekolah minggu di setiap gereja yg akan dikunjungi...lagu2 rohani dan juga kesaksian2yang akan kami sampaikan saat malam KKR...tim kami berangkat dr Jakarta ke Pontianak...dr sana kami naik mobil ke pelabuhan utk nyambung kapal fery sepanjang perjalanan ke 4 gereja di 4 desa.. kami berlima ...Hamba Tuhan dan 4 jemaat aktivis.. harus ganti2 transportasi...kadang harus naik motor yang masing2 kami di bonceng ileh jemaat gereja yang akan kami kunjungi...masuk hutan dan bukit2 terjal...sangat mengerikan sekali...

Tiba di gereja pertama itu sdh siang menjelang sore..anak2 sekolah minggu sudah menunggu kedatangan kami...karena mereka rindu dan haus akan firman Tuhan...maka kami pu  tidak sempat utk istirahat...langsung kami pasang panggung utk permainan panggung boneka...kami ajar mereka menyanyi lagu2 baru...menghafal ayat dari firman yang kamu sampaikan...juga ada aktivitas membuat selipan alkitab dsb nya....

Saat kami menyampaikan firman...kamu merasa agak kesulutan karena perbedaan umur juga karena ada yang usia sdh besar tapi belum sekolah dan tidak bisa membaca...maka kami menggunakan alat peraga agar mereka bisa ikut menghafal ayat.

Selesai sekolah Minggu.. barulah kami bisa istirahat sejenak dan kami disuguhkan snack dan kopi..snack kampubg tidak lain adalah singkong goreng...lemang...kadang  biskuit2..selesai snack dan ngopi.. kami mandi bergiliran...yg laki2 mandi di sungai...kami para ibu2  ..mandi di kamar mandi  rmh jemaat...air nya air gunung...ada yang air sungai.. malam nya setelah makan...kami pun mulai ubadah KKR umum .. kami anggota tim yang bertugas memimpin pujian atau main drama ..vocal grup atau kesaksian..secara bergilir di tiap2 desa yg kami kunjungi nanti nya....lalu pendeta tim kamu yg sbg pembucara di setiap malam KKR.

Selesai ibadah KKR..kami saling berkenalan dgn jemaat...kadang ada jemaat yang curhat..mengutarakan pergumulan mereka...ada yang sedang sakit..maka kami masing2 anggita tim bertugas mendoakan mereka satu persatu dgn tumpang tangan...kadang walau sdh malam pun kami dgn membawa senter jalan masuk gang2 kecil datang ke rumah jemaat yang perlu kami doakan.

malam setelah selesai semua nya..tim kami rapat evaluasi pelayanan...setelah itu kami pun gelar tikar dan tidur diatas mimbar...dgn lilin yang remang2 Bersyukur sekali saat ibadah KKR..mereka menggunakan genset utk penerangan...

pagi hari kedua...kami bangun setelah selesai mandi kami saat teduh bersama...setelah iru kami sarapan...kemudian melanjutkan perjalanan ke desa dan gereja  berikut nya...sampai pada hari terakhir ..kami kembali ke Pontianak..menginap 1 malam di hotel...barulah merasakan empuk nya tempat tidur..segar nya air mandi dsb nya.keesokan hari nya batulah kami terbang balik Jakarta

Yang ingin saya tekankan adalah...saya saat ikut tim penginjilan ini begitu sukacita...meski banyak tantangan...tp Tuhan nyatakan penyertaan Nya...saya dan tim tidak merasa letih...dan kami merasa setiap makanan...tempat tidur...tempat mandi... yang mana jauh berbeda dgn di kita..tapi kami dapat menikmatinya dengan tanpa merasa apa2...semua nya jadi indah...dan Tuhan menambahkan stamina setiap kami.

Saat kami bersaksi di depan mimbar..atau secara pribadi setelah selesai ibadah KKR..itu menjadi suatu kesukaan dan kebanggaan kami dapat melayani mereka...karena kamu dapat meyakinkan Tuhan Yesus dalam hati mereka...bukan saja kami membawa berkat bagi mereka...tetapi kami pun diberkati...kami boleh menaikan dia2 syafaat utk mendoakan mereka..

Karena pengalaman yang indah dan menyenangkan ini..saya pun ikut  tim penginjilan di tahun2 berikut nya...sudah 3 x ikut dan total desa dan gereja yang saya kunjungi sdh mencapai 14...puji Tuhan...biarlah kira nya Tuhan terus akan memakai saya utk menjadi saluran berkat bagi orang banyak