Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Pelayanan Pelepasan (Deliverance) Part 1

mujizat's picture

Pelayanan Pelepasan (Deliverance) Part 1

Pelayanan pelepasan sering dilakukan Yesus Kristus, yakni membebaskan seseorang dari roh jahat yang merasukinya. Karena keberadaan roh jahat dalam diri seorang manusia sedikit banyak akan mempengaruhi temperamen dan kecenderungannya, yang mengarah kepada perbuatan dosa, maka di sinilah pentingnya layanan pelepasan.

Contoh pertama dilakukan Yesus pada orang di Gadara (Mat 8:28-32).

Mengapa Pelepasan mutlak diperlukan?

Orang yang kerasukan roh jahat seperti contoh di atas, jelas tidak berkuasa atas dirinya sendiri. Kebiasaannya mengamuk, merusak, menakutkan orang, yang notabene perbuatan jahat semata. Boleh saja orang berpendapat, dia gila, dia tidak lakukan itu dengan kesadarannya, namun jangan lupa bahwa dengan keadaannya itu berarti dia "tidak mampu" berbuat baik, tidak mampu melakukan kehendak Allah untuk menuruti, mentaati dan melaksanakan Firman-Nya, ketetapan-Nya. Padahal Yesus berkata, bahwa orang yang masuk sorga ialah mereka yang melakukan kehendak  Allah Bapa (Matius 7:21).

Nah, jika sebelumnya saudara berpendapat bahwa layanan pelepasan tidak perlu, maka mudah2an setelah membaca ini Anda mulai berfikir untuk menggali lebih dalam Kerajaan Allah dan kebenarannya.

Tuhan Yesus memberkati.

Matius 8:28-32

28 Setibanya di seberang, yaitu di daerah orang Gadara, datanglah dari pekuburan dua orang yang kerasukan setan menemui Yesus. Mereka sangat berbahaya, sehingga tidak seorangpun yang berani melalui jalan itu.
29 Dan mereka itupun berteriak, katanya: "Apa urusan-Mu dengan kami, hai Anak Allah? Adakah Engkau ke mari untuk menyiksa kami sebelum waktunya?"
30 Tidak jauh dari mereka itu sejumlah besar babi sedang mencari makan.
31 Maka setan-setan itu meminta kepada-Nya, katanya: "Jika Engkau mengusir kami, suruhlah kami pindah ke dalam kawanan babi itu."
32 Yesus berkata kepada mereka: "Pergilah!" Lalu keluarlah mereka dan masuk ke dalam babi-babi itu. Maka terjunlah seluruh kawanan babi itu dari tepi jurang ke dalam danau dan mati di dalam air.

 

Mujizat

__________________

 Tani Desa

dessrei's picture

pelayanan pelepasan

memang benar bahwa pelayanan pelepasan merupakan salah satu pelayanan Yesus selama tiga setengah tahun dalam pelayanannya dimuka bumi ini. Pelayanan ini merupakan salah satu karunia yang diberikan oleh Tuhan dan tidak semua orang dapat melakukan pelayanan ini. Ada beberapa yang perlu diperhatikan dalam pelayanan ini khususnya dalam menanggani orang tersebut. Pelayanan ini harus dilakukan dengan beberapa tahapan untuk pembimbingan supaya yang bersangkutan dapat pulih dengan baik. Selama pembimbingan diharapkan penuh kesabaran mengingat hal ini tidak mudah untuk dilakukan.

__________________

apakah kebenaran itu?

hiskia22's picture

@mujizat

Bandingkan pelepasan yang ada sekarang dengan contoh pelepasan yang anda tuliskan di blog anda.

Sebagai contoh :

Orang yang kerasukan roh jahat seperti contoh di atas, jelas tidak berkuasa atas dirinya sendiri. Kebiasaannya mengamuk, merusak, menakutkan orang, yang notabene perbuatan jahat semata

Inilah tulisan di dalam blog anda.

Ketika teman saya marah ( Karena jengkel habis dimarahi si boss. Sebenarnya bukan kesalahan dia. Tapi dia-nya yang di marahi ), dia merusak semua yang ada di sekitarnya. membanting meja, kursi dan juga HP.

Seketika itu juga saya dan teman - teman seiman lainnya memegang dia, dan berdoa pelepasan. Menengking roh marah ( roh jahat ) dalam dirinya.

Ketika membanting meja, kursi dan HP dia dalam keadaan emosi. Sehingga tidak sadar apa yang dilakukannya.

Berangsur - angsur kemarahannya mereda. Dan dia tenang. Tapi dia menyesal karena HP nya sudah rusak.

Beberapa hari kemudian dia marah lagi ( Karena kejadian yang sama  dimarahi si boss ) mengulangi kejadian yang sama. Kami yang seiman langsung berdoa pelepasan lagi. Menengking roh marah dalam dirinya.

Dan sampai ketiga kalinya dia melakukan hal yang sama sehabis dimarahi si boss.

Pertanyaannya :

1. Dia marah karena emosi dalam dirinya atau karena roh marah ( roh jahat ) dalam dirinya ?

2. Ketika doa pelepasan, berarti sudah tidak ada lagi kemarahan dalam dirinya. Tetapi kenapa sampai tiga kali masih bisa marah ?

Apakah doa pelepasan kurang sakti ?

3. Pelepasan ? apa yang dilepaskan ?

Roh onani ( berzinah ) ?

ketika doa pelepasan, berarti sudah tidak ada lagi roh onani ( berzinah ) tetapi kenapa anda - anda yang pernah doa pelepasan dari roh onani ( roh berzinah ) masih onani ?

kenapa anda yang pernah dilepaskan dari roh berzinah masih nonton film bokep ?

Kenapa anda yang pernah dilepaskan dari roh selingkuh masih melirik istri orang ?

kenapa anda yang pernah dilepaskan dari roh gosip masih senang ngomongin orang lain ? apalagi ngomongin @hiskia22 ( ha...ha...ha....ke-GR-an )

Bebas....lepas....kutinggalkan semua beban di hatiku...'

melayang ku melayang jauh....melayang dan melayang....

GBU

 

__________________

GBU

whoislikegod's picture

hiskia

Orang marah, onani, gosip mana bisa ditengking tengking gitu sih... Itu bukan roh tapi tabiat daging. Dan tentang itu kan Alkitab dah beri solusi

Gal 5:16 Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.

Dosa mah dosa, tabiat juga tabiat. Aku liat cewek seksi pasti juga nyap-nyapan kok, ga munafik, mo didoain sampai brodol tetep aja. Masalahnya tinggal aku mau terus melototin cewek seksi tersebut sambil membayangkan atau  kayak lagunya dewa, "memutar otak bagaimana cara mendapatkannya (lagu 'ingin bercinta') atau tidak, itu masalahnya.

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

smile's picture

mujijat

For Hiskia : Btw,..hai bro,...gimana kabar si kecil ratu ngebor junior???

For Mujijat : pertanyaan saya sebagian besar sama dengan Hiskia,....tapi ada yang mau saya tambahkan,jadi menurut anda, sdr Mujijat,...berapa kali dalam hidup kita harus dilepasi????

Setiap kali kita marah dan dibilang kerasukan???

atau sebegitu mudah nya kah manusia kerasukan??? Mungkin blog anda terlalu universal dan kurang mendetil, jadi agak sulit memahami pemikiran anda, dan alangkah baiknya bila anda mau lebih detil lagi agar bisa mengkonsumsi blog anda ini dengan jelas dan gamblang, Tks be 4

 

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

mujizat's picture

@smile berapa kali kita harus dilepaskan?

Syalom

Sdr smile menulis,

For Mujijat : pertanyaan saya sebagian besar sama dengan Hiskia,....tapi ada yang mau saya tambahkan,jadi menurut anda, sdr Mujijat,...berapa kali dalam hidup kita harus dilepasi????

Setiap kali kita marah dan dibilang kerasukan???

atau sebegitu mudah nya kah manusia kerasukan???

Bro Smile,

Hati dan jiwa kita bagaikan cawan. Yesus mengajari kita untuk membersihkan bagian dalam dari cawan kita bukan? Maka bagian luarnya akan bersih.

Masalahnya orang lain tidak mudah melihat bagian dalam cawan kita, but kita sendiri sebenarnya yang lebih dapat merasakan, adakah bagian dalam cawan kita bersih ataukah masih kotor dan porak poranda.

Cara sederhana untuk mengetahui seberapa bersih bagian dalam cawan kita ialah lewat api pencobaan, disinggung orang lain, disindir, dimarahi dsb. Ketika kita dimarahi dan masih timbul hasrat untuk balas memarahi, itulah tandanya cawan kita masih belepotan, namun jika kita tetap tenang, walau difitnah tidak timbul dendam atau semacamnya, itulah tanda bhw bagian dalam cawan kita sudah bersih. Maka kita akan mudah sekali memahami firman: berkatilah mereka yang mengutuki kamu (ini salah satu target penting), atau berdoalah bagi mereka yang mengutuki kamu (kemampuan ini juga target penting lainnya), dan kemampuan2 itu hanya bisa dimiliki ketika bagian dalam cawan kita telah bersih.

Jadi kembali ke pertanyaan Anda: berapa kali kita lakukan pelepasan? Ialah seberapa kali Anda merasa itu sebagai suatu kebutuhan. Pelepasan tidak harus dilakukan oleh orang lain, kita cukup menyembah Tuhan, mengampuni, minta ampun, ratapi semua keteledoran yang masih ada, maka Roh Kudus yang mengerjakan sisanya: pelepasan. Inilah yang saya sebut sebagai seseorang yang sudah mandiri, dewasa rohani, yang tidak tergantung orang lain maupun gembala.

Satu hal lagi saya ingin sampaikan, bahwa pelepasan memerlukan kerendahan hati, sebab Tuhan benci kepada kesombongan. Jadi, misalnya ada seseorang yang dipaksa oleh kawannya untuk pelepasan, namun dianya sendiri sebenarnya ogah, maka kalaupun dilayani pelepasan percuma saja. Orang yang rajin mendukakan Roh Kudus dengan menghinakan pekerjaan-Nya, maka jangan harap Roh Kudus menjamahnya, kecuali ada rencana Tuhan tertentu (misal: Saulus).

Mujizat

__________________

 Tani Desa

king heart's picture

@hiskia&smile

Kalau semisal kita biasa ngantuk entah di gereja entah pas seminar entah pas acara apa aja deh, jika kemudian roh ngantuk ditengking dan lari...... bisa terbayang tidak apa efeknya ????

Celaka seumur hidup deh kita gak bakalan bisa ngantuk kalau malam alias jadi manusia yang tidak pernah tidur.... he he he kemudian jangan jangan kita rindu roh ngantuk balik lagi ...

 

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

whoislikegod's picture

King Heart percayalah

KH percaya atau tidak ketika Anda sedang ngantuk bahkan tertidur di gereja lalu dengan diam-diam seseorang mendekati Anda dan menengking keras-keras 'roh ngantuk' pasti Anda akan seger buger sampai acara selesai. Hahaha.... dan malamnya roh ngantuk akan menghampiri Anda lagi... hahaha...

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

mujizat's picture

@king heart soal ngantuk, serupa tapi tak sama

Syalom

Kalau semisal kita biasa ngantuk entah di gereja entah pas seminar entah pas acara apa aja deh, jika kemudian roh ngantuk ditengking dan lari...... bisa terbayang tidak apa efeknya ????

Sejauh yang saya ketahui, penyebab kantuk ada dua:

1.  Proses metabolisme tubuh. Yang ini Bro Lion Heart lebih faham.

2.  Faktor lain, manifestasi roh tertentu. Saya punya pengalaman, ada sebuah ruangan tertentu di sebuah bengkel tempat saya bekerja (di sebuah SMK), ada titik-titik tertentu yang kalau saya berada di situ tiba2 mata terasa berat, namun kalau saya bergeser sedikit, rasa kantuk itu lenyap. Sampai beberapa kali saya coba, geser kanan, geser kiri, dan perbedaan itu cukup signifikan.

Dua penyebab itu serupa tapi tak sama. Mirip sakit punggung yang disebabkan oleh "keluhan, omelan" yang penyebabnya adalah roh sakit punggung, dan sakit punggung yang dikarenakan seseorang habis mengangkat beban yg terlalu berat.

Bagi Anda yang sering lakukanpelayanan roh tentu faham masalah ini.

Celaka seumur hidup deeh kita gak bakalan bisa ngantuk kalau malam alias jadi manusia yang tidak pernah tidur.... he he he kemudian jangan jangan kita rindu roh ngantuk balik lagi ...

Ha ha haaa, ... jadi koordinator ronda aja, lumayan.

Mujizat

 

__________________

 Tani Desa

mujizat's picture

@hizkia22, whoislikegod n smile

Syalom bro semua,

Untuk kasus di Gadara yg di atas, juga untuk kasus anak yang sakit ayan (Pelepasan Part 2) adalah contoh2 dimana "pasien" lebih banyak "tidak sadar" sehingga untuk ini saya rasa tidak bermasalah.

Untuk kasus yang bro hiskia22 ceritakan, coba saya kutip lagi what u wrote sbb:

Ketika membanting meja, kursi dan HP dia dalam keadaan emosi. Sehingga tidak sadar apa yang dilakukannya.

Berangsur - angsur kemarahannya mereda. Dan dia tenang. Tapi dia menyesal karena HP nya sudah rusak.

Bersyukurlah kalau teman Anda tersinggung oleh bossnya, sehingga mau tak mau apa yang "ngumpet" di jiwanya dapat terdeteksi. Artinya adalah: ketika dalam keadaan normal, roh amarah itu tidak bermanifestasi, namun disaat ada pemicu, dalam hal itu disinggung oleh bossnya, maka roh itu bermanifestasi.

Cobalah Anda bandingkan dengan kisah Stefanus ketika dia menjelang saat ajalnya, Stefanus punya banyak alasan untuk marah dan tersinggung, sebab dia yakin dia melakukan kebenaran, namun dihakimi juga oleh kalangan pemuka Yahudi. Tetapi karena Stefanus PENUH ROH KUDUS (baca = kandungan roh amarah sebesar 0%) yaitu ibaratnya seperti cawan yang bagian dalamnya sudah bersih), maka mau diapakan saja ia tidak berhasrat marah, sebab roh amarah tidak dia miliki. Bahkan dengan tulus martir ini berdoa bagi yang menganiaya dia.

Saya sudah mengalaminya, dan saya ingat baik-baik, bahwa ketika saya sediakan waktu tinggal dalam hadirat Tuhan setiap hari, maka hati saya begitu damai, padahal di tahun2 sebelumnya saya sama seperti kebanyakan orang, mudah tersinggung, emosi, dsb. Dan saya percaya, bahwa sdr hiskia22 pasti sering mengalami keadaan berendam dalam hadirat Tuhan, mengingat Anda sudah sering lakukan layanan pelepasan juga.

Jadi, jangan disangka semua orang yang mengaku Kristen pasti bersih dari roh jahat, itu pendapat terlalu prematur. Namun api pengujian akan membuktikannya.

Roh amarah dideteksi (diuji) dengan ketersinggungan. Jika Tuhan ijinkan Anda dimarahi boss, padahal Anda yakin tak bersalah, itulah batu ujian.

Roh perzinahan diuji dengan film bokep, tayangan2 seronok, atau wanita2 cantik. Ini juga batu ujian.

Yang sangat-sangat penting adalah menjalin hubungan intim dengan Tuhan dengan bersaat teduh. Bersaat teduh bukan sekedar baca-baca ayat alkitab beberapa pasal atau beberapa puluh pasal, melainkan juga larut dalam penyembahan, dimana Anda sampai bisa merasakan kehadiran-Nya, ANda mungkin ingin menangis, atau tiba2 ada rasa damaisejahtera luarbiasa di saat pikiran ANda ditujukan kepada Tuhan, itulah DIA.

Mujizat

 

 

__________________

 Tani Desa

whoislikegod's picture

Mujizat

Artinya adalah: ketika dalam keadaan normal, roh amarah itu tidak bermanifestasi, namun disaat ada pemicu, dalam hal itu disinggung oleh bossnya, maka roh itu bermanifestasi.

Roh amarah dideteksi (diuji) dengan ketersinggungan. Jika Tuhan ijinkan Anda dimarahi boss, padahal Anda yakin tak bersalah, itulah batu ujian.

Roh perzinahan diuji dengan film bokep, tayangan2 seronok, atau wanita2 cantik. Ini juga batu ujian.

Syalom Mujizat,

Sebelum kita masuk lebih lanjut, yang ingin saya tanyakan apakah dengan ini Anda mau berkata bahwa roh yang Anda maksud adalah roh jahat/setan/iblis? Dari serangkaian tulisan Anda nampaknya adalah memang itu jawabannya. Dan arti kata pelepasan yang Anda maksud adalah mengeluarkan roh jahat/setan/iblis dari dalam tubuh seseorang yang dirasukinya. Ini pemahaman saya dalam membaca blog Anda.

Masalah kerasukan setan jelas ada karena Alkitab mencatat demikian. Demikian ketika Yesus mengusir setan dari dalam seseorang juga nyata di dalam Alkitab. Permasalahannya adalah mengartikan orang yang marah dan berzinah adalah kerasukan roh amarah dan roh zinah adalah tidak benar. Bagaimana dengan kasus kemarahan Yesus di bait Allah dengan membalikkan meja dan mengusir??? Kerasukkan kah Yesus? Tentu Anda menjawabnya tidak. Kenapa menjawab tidak? Karena Dia adalah Yesus, mustahil kerasukkan. Itukah?

Mujizat, di dalam kita ada roh manusia kita dan Roh Kudus berdiam dalam kita. Bagaimana mungkin roh setan ada juga dalam kita? satu tubuh 3 roh? 3 in 1 kah? Kita berdosa karena kita memilih untuk berdosa bukan karena kerasukan. Sebegitu saktikah setan untuk masuk dalam tubuh pengikut Kristus dan memaksa untuk berbuat dosa? Jika memang seperti itu berarti Roh Kudus yang ada dalam kita tidak sakti amat... Manusia tidak punya kuasa sama sekali.. wah payah dong manusia dan hebatlah setan.

Anda berkata "Jadi, jangan disangka semua orang yang mengaku Kristen pasti bersih dari roh jahat, itu pendapat terlalu prematur." Saya setuju! karena memang 'mengaku Kristen' belum tentu pengikut Kristus. Perhatikan ayat berikut:

Kita harus menyikapi dosa sebagai dosa yang merupakan hasil keputusan kita bukan karena kerasukan.

·siapa seperti Allah?·

1 Yoh1:8 Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita. Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

 

__________________

·siapa seperti Allah?·

mujizat's picture

@whoislikegod roh jahat bisa masuk

Anda menulis:

Permasalahannya adalah mengartikan orang yang marah dan berzinah adalah kerasukan roh amarah dan roh zinah adalah tidak benar.

Pertama. saya ingin garis bawahi, bahwa roh jahat bisa memasuki jiwa manusia dan tinggal di dalamnya, bukan sekedar di luar.

Lukas 11:24-26

24 "Apabila roh jahat keluar dari manusia, iapun mengembara ke tempat-tempat yang tandus mencari perhentian, dan karena ia tidak mendapatnya, ia berkata: Aku akan kembali ke rumah yang telah kutinggalkan itu.
25 Maka pergilah ia dan mendapati rumah itu bersih tersapu dan rapih teratur.
26 Lalu ia keluar dan mengajak tujuh roh lain yang lebih jahat dari padanya, dan mereka masuk dan berdiam di situ. Maka akhirnya keadaan orang itu lebih buruk dari pada keadaannya semula."


keluar , artinya bahwa sebelum itu ia berada di dalam

mereka masuk dan berdiam di situ maknanya sudah sangat jelas.

keadaan orang itu lebih buruk bicara soal kecenderungan yang muncul sebagai akibat manifestasi roh jahat yang tinggal di dalam jiwa orang tsb.

Roh zinah ialah salah satu jenis roh jahat yang memunculkan kecenderungan berbuat zinah, yang dapat menyeret seseorang untuk melakukan dosa itu lewat sebuah keinginan yang kuat. Mohon dibedakan antara zinah dengan rasa birahi isteri terhadap suami or sebaliknya.

Kemarahan Yesus terjadi karena Dia melihat pelecehan tempat ibadah, kemarahan yang muncul karena cinta-Nya kepada Bapa. Ini jelas berbeda dengan amarah yang muncul ketika seorang anak muda tersinggung harga dirinya, pada waktu ia sedang nonton sbh pentas musik, misalnya, ada yg "nyenggol" dia, kemudian dianya merasa tersinggung dan marah.

Galatia 5:19

19 Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu,
20 penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah,

Paulus juga menjelaskan di situ, bahwa setiap orang dengan perbuatan kedagingan tidak akan memperoleh bagian dalam Kerajaan Allah (ayat 21)

Keinginan daging, dalangnya adalah roh kedagingan.

Markus 16:9

9 Setelah Yesus bangkit pagi-pagi pada hari pertama minggu itu, Ia mula-mula menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena. Dari padanya Yesus pernah mengusir tujuh setan.

Mungkin alkitab tidak secara jelas jenis setan apa saja dari ketujuh tersebut, namun saya menduga bahwa beberapa di antaranya adalah: roh zinah, roh cabul, roh bohong dsb.

Jika saya tidak salah, Maria ini juga yang - setelah dilepaskan dari ikatan setan, setelah tujuh setan dalam dirinya sudah diusir Yesus - ia berubah total menjadi sangat mengasihi Yesus (bukan cinta birahi) sebagai akibat jiwa yang telah bersih. Dan follow up yang baik ialah, bahwa setelah itu, ia merupakan salah seorang dari perempuan2 yang melayani Yesus dalam kebutuhan soal makan dsb. Namun yang penting di sini ialah, bahwa kedekatannya dengan Yesus sesudah proses pelepasan itu, menjadikannya bertumbuh secara iman, sehingga roh2 jahat tidak merasukinya lagi. Hal ini jugalah yang seharusnya dikerjakan oleh orang2 yang baru saja dilepaskan lewat pelayanan pelepasan, ialah semakin mendekatkan diri kepada Yesus, dengan jalan baca Firman, merenungkannya setiap hari, melakukannya, maka Firman Tuhanlah yang akhirnya menguatkan dan menyempurnakan dia.

Tergantung bagaimana orang Kristen mendisiplinkan diri. Sekalipun dia dulunya seorang hamba Tuhan penuh urapan, namun jika kemudian tidak jaga kekudusan, mulai renggang hubungah dg Tuhan, maka ia bisa menjadi BEKAS ORANG BENAR seperti raja Saul, yang di bawah kondisi ini roh jahat berhak masuk, sebab pelanggaran terhadap Firman Tuhan identik dengan pintu jiwa yang terbuka lebar.

Tuhan Yesus memberkati.

Mujizat

__________________

 Tani Desa

whoislikegod's picture

Mujizat mengapa?

Mujizat menulis: Pertama. saya ingin garis bawahi, bahwa roh jahat bisa memasuki jiwa manusia dan tinggal di dalamnya, bukan sekedar di luar.

Hoi teman!!!! Anda ga nyimak ya atau malas baca?? Yang bilang orang ga isa kerasukan setan itu sapa??? Bukankah saya sudah menulis di komentar saya sebelumnya??? Bukankah Alkitab juga mencatat demikian???  Yang saya sampaikan ke Anda adalah:

TIDAK BENAR bahwa orang berbuat dosa karena kerasukan.

YANG BENAR adalah ketika orang berbuat dosa adalah KEINGINANNYA SENDIRI!!

atas dua pernyataan saya di atas saya juga menyatakan satu lagi:

whoislikegod is NOT a DEVIL ADVOCATE

Anda muter-muter bahkan tidak menjawab ayat yang saya berikan ke Anda tapi Anda malah menyuguhkan ayat tambahan. Jika Anda berpikiran bahwa setiap tindakan yang melahirkan dosa adalah hasil dari roh jahat yang masuk ke dalam seseorang bagaimana Anda menjawab 1 Yoh 1:8

Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita. Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

Alkitab dengan jelas menyatakan bahwa kita ada kecenderungan untuk berdosa tapi Allah menyediakan pengampunan jika kita mengaku dosa kita. Kalau Anda menyatakan bahwa setiap perbuatan dosa adalah hasil kerasukan Iblis bagaimana orang yang kerasukan iblis bisa memohon ampun atas dosanya??? Dan untuk itu lalu Anda bilang bahwa dengan ini pelayanan pelepasan dibutuhkan?? Hahaha lucu sekali Anda... Pelayanan pelepasan dibutuhkan lalu orang yang dilepaskan menjadi tahir/suci berarti pengakuan dosa dalam 1 Yoh 1:8 tidak dibutuhkan lagi.

Daripada Anda membantah saya lebih saya bantah dulu aja. Begini bantahannya: "whoislikegod, setelah dilepaskan barulah orang tersebut memohon ampun..." Hahaha kalau Anda membantah dengan cara seperti ini lebih lucu lagi karena bantahan seperti ini berarti susunan kata dalam 1 Yoh 1:8 tidak lengkap karena sisi pelepasan roh jahatnya tidak ada. Silakan aja Anda menambahi..

Keinginan daging, dalangnya adalah roh kedagingan.

roh kedagingan? samakah dengan roh jahat? setankah?

Mujizat, inilah arti dari keingingan daging: dorongan dari daging/tubuh, nafsu jasmani atau sesuatu yang dikerjakan oleh tubuh kita. Keinginan daging sama sekali tidak berhubungan dengan roh-roh-an.

Mujizat, mungkin selama ini Anda memiliki pelayanan pengusiran/pelepasan roh jahat. Dan karena Anda terlibat ini maka tanpa Anda sadari anda terjebak dalam praktek yang tidak sesuai dengan Alkitab seperti menganggap bahwa dosa dalangnya kerasukan. Jika benar ya begini saran saya adalah lebih baik Anda belajar lagi lebih dalam. Kita semua di SS juga belajar. SS memang membuat saya lebih dalam lagi belajar

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

arigato's picture

@ teman, apa yang saya ketahui

 

Salam sejahtera,

Didalam diri setiap manusia ada yang namanya "Keserakahan dan Kebencian" tapi keserahkan ini bukanlah suatu makhluk yang kita sebut Iblis/setan.

Memang sifat keserakahan ini hampir sama dengan sifat iblis/setan oleh karena itulah setiap orang yang berbuat keserakahan/kebencian dikatakan kerasukan roh jahat/ iblis/setan. Padahal semua itu adalah dari napsu "Keinginan" manusia itu sendiri.

Keserakahan =Suatu benda/hal yang jahat kalau disukai oleh manusia dan kalau tercapai kesukaannya tsb maka akan terus dikejar sehingga menghasilkan maut.

Kebencian =Kalau terus menerus dilakukan juga akan mendatangkan maut.

Semua perbuatan kita dari hari ke hari terakumulasi ke dalam batin ( perbuatan baik=batin bersih dan perbuatan jahat=batin kotor),

maka sering kali kita melihat/mendengar seseorang yang melakukan kejahatan sebagian besar akhirnya menyesal

karena sewaktu melakukan perbuatan jahat tsb tidak sadar (batin kotor),

setelah sadar (batin tidak kotor walaupun sebentar) baru menyesal.

Apa yang tejadi dgn pelepasan kepada seseorang yang mendapatkan fenomena "tumbang tidak sadarkan diri/ menangis terus menerus dll"

Prosesnya itu adalah seperti mencuci kekotoran batin yang yang sudah terakumulasi/terkontaminasi sedemikian rupa,

sehingga ada yag tidak tahan maka terjadi tidak sadarkan diri,.....

yang pastinya bukan meneking iblis/setan..... tapi kalau meneking sifat iblis/setan mungkin ada benarnya juga.

Maka setelah proses tsb orang ybs biasanya merasakan kedamaian, sukacita atau tidak ada tekanan batin lagi (plong)

"Janganlah mengatakan setiap cobaan datangnya dari Allah (setan/iblis mencoba seijin Allah), tetapi setiap manusia dicoba oleh keinginannya sendiri. Apabila Keinginan sudah dibuahi akan mendatangkan dosa dan apabila dosa udah matang akan mendatangkan maut"

"Dan janganlah membawa kami kedalam percobaan, melainkan LEPASKANLAH KAMI DARI YANG JAHAT".

(Tuhan sudah mengatakan setiap manusia sudah dari jaman purbakala TERIKAT oleh kejahatan (keserakahan/kebencian) dan memohon pada Tuhan untuk melepaskan kejahatan tsb dari kita)

 

Itulah yang saya ketahui dari pengalaman saya, semoga bermanfaat.

mujizat's picture

@whoislikegod maaf PANJAAANG BANGET

Syalom

Whoislikegod, Anda menulis:

TIDAK BENAR bahwa orang berbuat dosa karena kerasukan.

Sebentar, sahabat. Pernyataan Anda bisa ditafsirkan dalam dua pengertian:

1.      TIDAK BENAR bahwa orang (disebut) berbuat dosa (oleh) karena kerasukan

2.      TIDAK BENAR bahwa orang berdosa (penyebabnya adalah) karena (dia) kerasukan

 

Bila pernyataan Anda memiliki makna seperti (1) maka sayapun “setuju” dengan mengabaikan Imamat 20:27.

Namun sepertinya maksud pernyataan Anda lebih condong ke (2) mengingat pernyataan selanjutnya:

YANG BENAR adalah ketika orang berbuat dosa adalah KEINGINANNYA SENDIRI!!

Saya tahan dulu. Sepertinya, sayapun tidak menuliskan bahwa orang disebut berbuat dosa karena kerasukan. Yang saya tulis adalah:

“Karena keberadaan roh jahat dalam diri seorang manusia sedikit banyak akan mempengaruhi temperamen dan kecenderungannya, yang mengarah kepada perbuatan dosa,”(awal posting)

Kecenderungan berbuat dosa TIDAK SAMA dengan berbuat dosa. Orang yang memiliki kecenderungan berbuat dosa BELUM TENTU berbuat dosa.

Kecenderungan = keinginan yang kuat, namun bila ybs tidak meluluskan keinginan tersebut, maka secara umum dia belum berbuat dosa, sesuai pernyataan Yakobus:

Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; (Yak 1:15)

Menurut Yakobus, dosa terjadi ketika keinginan dosa disetujui dan dilakukan. Tentunya sayapun “setuju” dengan mengabaikan pernyataan Yesus di Matius 5:28.

Kembali ke pernyataan Anda:

YANG BENAR adalah ketika orang berbuat dosa adalah KEINGINANNYA SENDIRI!!

Kawan, saya juga setuju dgn pernyataan Anda tsb yang didasari oleh Yakobus 1:14 . Tetapi akan lebih jelas jika kata KEINGINANNYA diganti KEPUTUSANNYA sehingga menjadi:

YANG BENAR adalah ketika orang berbuat dosa adalah KEPUTUSANNYA SENDIRI!!

Mengapa saya berpandangan begitu?

Secara umum, DOSA lahir karena KEINGINAN, dan keinginan memiliki SUMBER KEINGINAN yang menurut Tuhan Yesus letaknya di HATI manusia.

Matius 12:34,35

34 Hai kamu keturunan ular beludak, bagaimanakah kamu dapat mengucapkan hal-hal yang baik, sedangkan kamu sendiri jahat? Karena yang diucapkan mulut meluap dari hati.

35 Orang yang baik mengeluarkan hal-hal yang baik dari perbendaharaannya yang baik dan orang yang jahat mengeluarkan hal-hal yang jahat dari perbendaharaannya yang jahat.

HATI dari ORANG BAIK isinya adalah HAL YANG BAIK, sebaliknya, HATI dari ORANG JAHAT isinya adalah HAL YANG JAHAT. Anda bisa menangkap perbedaannya kan?

Siapakah ORANG BAIK dalam hal ini? Ialah mereka yang KEINGINANNYA adalah BERBUAT BAIK semata, sebaliknya, ORANG JAHAT ialah mereka yang KEINGINANNYA adalah BERBUAT KEJAHATAN. Sampai di sini lebih jelas, kan?

Jadi, dari KEINGINAN yang timbul di hatilah dapat diketahui apakah seseorang itu sudah menjadi ORANG BAIK ataukah dia itu masih ORANG JAHAT (yang ngomong Yesus, bukan mujizat), dan orang yang bersangkutanlah yang lebih dapat merasakan dimanakah posisi dia.

Dear whoislikegod, Anda menulis:

Anda berpikiran bahwa setiap tindakan yang melahirkan dosa adalah hasil dari roh jahat yang masuk ke dalam seseorang

Saudara,

Peranan roh jahat adalah memberikan kecenderungan, keinginan untuk berbuat dosa seperti sudah saya jelaskan di atas. Dosa tercipta ketika seseorang itu MEMUTUSKAN untuk setuju dan melakukannya. Faktanya, banyak orang gagal menolak keinginan itu. Mencabuti roh jahat dari hati seseorang dan mengusirnya  akan melenyapkan KEINGINAN berbuat jahat. Yesus sudah melakukan itu kepada Maria Magdalena (Markus 16:9).

bagaimana Anda menjawab 1 Yoh 1:8

Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita. Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

Dosa bisa dilakukan SEBELUM kita menerima Yesus, dan juga SESUDAH kita menerima Yesus dan lahir baru. Ayat tersebut menunjukkan cara yang benar untuk memperoleh pengampunan, yakni dengan mengakuinya di hadapan TUHAN (Lukas 18:13,14).

 

Alkitab dengan jelas menyatakan bahwa kita ada kecenderungan untuk berdosa tapi Allah menyediakan pengampunan jika kita mengaku dosa kita.

Kecenderungan berdosa itu masih tetap ada jika hati seseorang masih menyimpan keinginan dosa (Matius 12:34,35) karena itu perlu dilakukan sesuatu agar KECENDERUNGAN berdosa ini hilang lenyap.

Kalau Anda menyatakan bahwa setiap perbuatan dosa adalah hasil kerasukan Iblis bagaimana orang yang kerasukan iblis bisa memohon ampun atas dosanya???

Iblis dan setan2 bisa merasuki seseorang jika dia pernah melakukan dosa yang belum diampuni TUHAN, sebab di bawah kondisi ini maka antara orang tsb dengan TUHAN masih ada konflik oleh sebab dosa yang belum dibereskan itu sehingga proteksi Tuhan tidak berlaku. Contoh bagaimana perbuatan dosa merupakan hasil kerasukan iblis silahkan dibaca di (Yoh 13:27). Tidak semua orang yang kerasukan iblis menjadi “lupa diri” alias tidak sadar, lihat bagaimana iblis merasuki pikiran Petrus (Markus 8:33).

Mujizat, inilah arti dari keingingan daging: dorongan dari daging/tubuh, nafsu jasmani atau sesuatu yang dikerjakan oleh tubuh kita. Keinginan daging sama sekali tidak berhubungan dengan roh-roh-an.

Benarkah begitu?

Coba kita bandingkan dengan surat Paulus berikut:

Sebab apa yang tidak mungkin dilakukan hukum Taurat karena tak berdaya oleh daging, telah dilakukan oleh Allah. Dengan jalan mengutus Anak-Nya sendiri dalam daging, yang serupa dengan daging yang dikuasai dosa karena dosa, Ia telah menjatuhkan hukuman atas dosa di dalam daging, (Roma 8:3)

Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging (Galatia 5:16)

Paulus menggunakan istilah keinginan daging dan perbuatan daging untuk menjelaskan KEINGINAN BERBUAT JAHAT dan PERBUATAN JAHAT.

keingingan daging: dorongan dari daging/tubuh, nafsu jasmani atau sesuatu yang dikerjakan oleh tubuh kita

Contoh dorongan daging scr hurufiah: rasa lapar, rasa haus, mau pipis, nafsu seks. Itukah yang dimaksud Paulus sebagai keinginan daging? Apakah ingin makan itu dosa? Ingin minum itu dosa? Mau pipis juga dosa? Suami ingin bersetubuh dengan isterinya itu dosa?

Nafsu seks bisa menjadi dosa jika seorang suami menjadi birahi kepada wanita lain, perhatikan sabda Yesus :

Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan (lain) serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya (Matius 5:28)

Keinginan daging sama sekali tidak berhubungan dengan roh-roh-an.

Kamu hidup di dalamnya, karena kamu mengikuti jalan dunia ini, karena kamu mentaati penguasa kerajaan angkasa, yaitu roh yang sekarang sedang bekerja di antara orang-orang durhaka.

Sebenarnya dahulu kami semua juga terhitung di antara mereka, ketika kami hidup di dalam hawa nafsu daging dan menuruti kehendak daging dan pikiran kami yang jahat. Pada dasarnya kami adalah orang-orang yang harus dimurkai, sama seperti mereka yang Lain (Efesus 2:2,3)

Paulus mengakui, ketika dahulu ia hidup di dalam hawa nafsu kedagingan (ayat 3), ia juga tergolong di antara mereka yang mentaati roh penguasa kerajaan angkasa (ayat 2). Dua ayat tersebut jelas sekali menunjukkan hubungan antara “keinginan daging” dengan roh jahat.

Mujizat, mungkin selama ini Anda memiliki pelayanan pengusiran/pelepasan roh jahat. Dan karena Anda terlibat ini maka tanpa Anda sadari anda terjebak dalam praktek yang tidak sesuai dengan Alkitab seperti menganggap bahwa dosa dalangnya kerasukan.

Terimakasih saran Anda, saudaraku. Saya hanya belajar taat pada Guru saya: Yesus Kristus, dimana Beliau pernah berpesan:

Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-Cuma (Matius 10:8)

Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka,

mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh." (Markus 16:17,18)

Boleh mengalami salah satu atau sebagian dari perintah Yesus adalah bukti TANDA PENYERTAAN TUHAN

Juga ayat ini mendasari pelayanan pelepasan:

Yesaya 61:1-4

1 Roh Tuhan ALLAH ada padaku, oleh karena TUHAN telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara,

2 untuk memberitakan tahun rahmat TUHAN dan hari pembalasan Allah kita, untuk menghibur semua orang berkabung,

3 untuk mengaruniakan kepada mereka perhiasan kepala ganti abu, minyak untuk pesta ganti kain kabung, nyanyian puji-pujian ganti semangat yang pudar, supaya orang menyebutkan mereka "pohon tarbantin kebenaran", "tanaman TUHAN" untuk memperlihatkan keagungan-Nya.

4 Mereka akan membangun reruntuhan yang sudah berabad-abad, dan akan mendirikan kembali tempat-tempat yang sejak dahulu menjadi sunyi; mereka akan membaharui kota-kota yang runtuh, tempat-tempat yang telah turun-temurun menjadi sunyi.

 

Mujizat

__________________

 Tani Desa

whoislikegod's picture

Mujizat. it's an ending

 

Mujizat menulis:

Saya tahan dulu. Sepertinya, sayapun tidak menuliskan bahwa orang disebut berbuat dosa karena kerasukan. Yang saya tulis adalah:

“Karena keberadaan roh jahat dalam diri seorang manusia sedikit banyak akan mempengaruhi temperamen dan kecenderungannya, yang mengarah kepada perbuatan dosa,”(awal posting)

Mujizat Anda mengelak? Ok, saya kutip hasil tanya jawab Anda:

Smile: For Mujijat : pertanyaan saya sebagian besar sama dengan Hiskia,....tapi ada yang mau saya tambahkan,jadi menurut anda, sdr Mujijat,...berapa kali dalam hidup kita harus dilepasi????

Mujizat: Jadi kembali ke pertanyaan Anda: berapa kali kita lakukan pelepasan? Ialah seberapa kali Anda merasa itu sebagai suatu kebutuhan.

Hiskia22: 1. Dia marah karena emosi dalam dirinya atau karena roh marah ( roh jahat ) dalam dirinya ?

Mujizat: Bersyukurlah kalau teman Anda tersinggung oleh bossnya, sehingga mau tak mau apa yang "ngumpet" di jiwanya dapat terdeteksi. Artinya adalah: ketika dalam keadaan normal, roh amarah itu tidak bermanifestasi, namun disaat ada pemicu, dalam hal itu disinggung oleh bossnya, maka roh itu bermanifestasi.

Selanjutnya Anda menulis:

Roh amarah dideteksi (diuji) dengan ketersinggungan. Jika Tuhan ijinkan Anda dimarahi boss, padahal Anda yakin tak bersalah, itulah batu ujian.

Roh perzinahan diuji dengan film bokep, tayangan2 seronok, atau wanita2 cantik. Ini juga batu ujian.

Mujizat bagaimana dengan serentetan itu saya tidak mengartikan  bahwa Orang yang berbuat dosa  karena kerasukan? Yang Anda maksudkan benar bahwa saya bermaksud berkata:

TIDAK BENAR bahwa orang berdosa (penyebabnya adalah) karena (dia) kerasukan

Namun kembali Anda membantah dengan:

Saya tahan dulu. Sepertinya, sayapun tidak menuliskan bahwa orang disebut berbuat dosa karena kerasukan.

Saya memberi komentar setelah saya melihat tanya jawab anda. Itulah sebab komentar saya pertama tidak ditujukan kepada Anda tapi Hiskia22. Anda lihat Hiskia22 hanya diam dan memberi waktu Anda untuk menjawab. Setelah Anda menjawab, termasuk menjawab Smile baru saya melanjutkan karena saya mengerti maksud Anda. Selanjutnya Anda berkata:

Dosa bisa dilakukan SEBELUM kita menerima Yesus, dan juga SESUDAH kita menerima Yesus dan lahir baru. Ayat tersebut menunjukkan cara yang benar untuk memperoleh pengampunan, yakni dengan mengakuinya di hadapan TUHAN (Lukas 18:13,14).

Kecenderungan berdosa itu masih tetap ada jika hati seseorang masih menyimpan keinginan dosa (Matius 12:34,35) karena itu perlu dilakukan sesuatu agar KECENDERUNGAN berdosa ini hilang lenyap.

Tulisan Anda di sini pun konflik dengan hasil tanya jawab di atas. Karena Anda mengatakan bahwa kita masih bisa berdosa SEBELUM dan SESUDAH terima Yesus. Jelas banget Anda berkata bahwa sebelum dan sesudah terima Yesus kita masih bisa kerasukan. Hal ini yang saya tidak setuju karena dari serangkaian ini semua Anda sebenarnya menyatakan bahwa ketika kita berdosa maka itu adalah hasil menifestasi roh jahat dalam diri seseorang. Anak Tuhan berzinah karena ada roh zinah, anak Tuhan marah meluap karena tersinggung adalah karena ada roh amarah di dalamnya.

Anda membahas balik arti keingingan daging yang saya jabarkan. Memang artinya seperti itu tapi Anda lupa bahwa keingingan daging yang saya ungkap adalah dari Gal 5. Kalau Anda penggal arti ‘keingingan daging’ memang tidak salah dan artinya seperti itu. Itulah alami, naluri dasar atau insting. Tapi kalau yang dibahas Gal 5 maka jelas itu adalah naluri dasar yang melahirkan/mengarah kepada dosa.

Lalu Anda membandingkan lagi dengan Rom 8:3. Wah wah wah… aneh saya tidak menangkapnya… Mungkin whoislikegod emang DUNGU. Rom 8 mengungkap tentang Kristus yang mampu mengalahkan dosa. Yesus yang diutus dalam daging yang dikuasai dosa. Yesus yang bisa berdosa tapi memilih untuk tidak berdosa.

Anda membandingkan dengan Ef 2:2,3. Kenapa Anda tidak mengupas ay 4,5? Bukankah ay 4,5 berbicara mengenai solusi dari 1-3 yaitu penebusan?

Mujizat, Anda memiliki jurus 1000 bayangan. Saya hanya bertanya 1 hal untuk mengakhiri ini semua:

Whoislikegod sudah mengenal Yesus, murid Yesus, beriman kepada Yesus dan suatu kali berzinah… apakah karena whoislikegod dirasuk roh zinah sehingga akhirnya berzinah?

Mujizat, saya tidak mempermasalahkan pelayanan Anda, sama sekali tidak.

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

mujizat's picture

Whoislikegod, Anda kritis

Syalom,

Pertama, saya berterima kasih kepada Anda, melaui respons Anda saya “dipaksa” belajar untuk “mendengar “ isi hati orang. Bagi saya, jawaban n argumentasi Anda cukup berat, sehingga memaksa saya untuk mengcopy-paste respons Anda ke ms-Word, membacanya baik-baik, Tanya Tuhan, dan berusaha memberi  jawaban terbaik sesuai kebenaran Firman, dan hal ini jarang saya lakukan, bahkan untuk me-respons sdr HAI-HAI, kecuali untuk postingan HAI-HAI tertentu.

Untuk sisa pertanyaan yang perlu saya tambah penjelasannya:

Hiskia22: 1. Dia marah karena emosi dalam dirinya atau karena roh marah ( roh jahat ) dalam dirinya ?

Jawab:

Karena roh amarah. Kalau saya (baca = steril dari roh amarah), yakin difitnah, saya tidak akan begitu terdorong sampai banting2 hp segala (contoh) atau pecah-pecah piring segala. Paling2 saya introspeksi, atau tanya Roh Kudus: benarkah aku salah? Kalau tidak, berarti bossku yang keliru, ada sesuatu yang salah dgn dia, perlu dia ditolong, bla-bla-bla.

Satu contoh kecil: belum lama ini, mau brangkat sekolah, anak saya menyeterika pakaian seragam, setelah itu saya antar dia ke sekolah, untung hanya 600 m jaraknya dari rumah. Perasaan saya tidak enak, saya buru-buru pulang, ternyata seterika belum dilepas dari listrik, dan kain landasan seterika mulai setengah gosong. Saya masygul, tetapi tidak marah. Ketika anak saya pulang, saya berencana ngomong ke dia soal kealpaannya mematikan seterika, namun dia keburu melihat dasar seterika ada gambar hitam mirip seterika. Dia Tanya, saya jawab: “Ya itu tadi pagi, kamu lupa nyabut steker seterika to? “ . Kami hanya tersenyum, sambil saya tambahkan: makanya lain kali jangan lupa, untung tidak tjd kebakaran. Dan anak saya meminta maaf buat kelalaiannya, dan selesai.

Karena Anda mengatakan bahwa kita masih bisa berdosa SEBELUM dan SESUDAH terima Yesus. Jelas banget Anda berkata bahwa sebelum dan sesudah terima Yesus kita masih bisa kerasukan. Hal ini yang saya tidak setuju karena dari serangkaian ini semua Anda sebenarnya menyatakan bahwa ketika kita berdosa maka itu adalah hasil menifestasi roh jahat dalam diri seseorang. Anak Tuhan berzinah karena ada roh zinah, anak Tuhan marah meluap karena tersinggung adalah karena ada roh amarah di dalamnya.

Jawab:

Benar. Kalau tidak begitu, tidak akan ada BEKAS orang benar. Kerasukan ada prosesnya. Iblis mula-mula mengintip, berada di depan pintu hati seseorang (Kejadian 4:7), menawarkan ide, ketika seseorang itu setuju, maka masuklah dia, memperjelas ide-idenya, “memberi kekuatan dan dorongan” untuk selanjutnya bagaimana melakukan dosa itu. Ada kalanya anak Tuhan sengaja buka pintu, nonton video porno dll, maka masuklah roh-roh itu. Anda tentu faham, lebih mudah memasukkan roh-roh jahat ketimbang menyuruhnya keluar, harus ada “tangan yang kuat” buat mendepaknya ke luar.

Untuk yang lain-lain, saya persingkat saja jawaban saya:

Lukas 14:11

Sebab barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan."

Sayapun bukan manusia sempurna. Nonton video porno, gambar2 jorok, berzinah (Puji Tuhan, sejauh berzinah dalam hati) dan berbagai kekejian lainnya, namun ketika saya ambil keputusan merendahkan diri di hadapan Tuhan, mengakuinya, menyesalinya, meminta ampun, maka Tuhan mengambil kecenderungan2 itu dari hati saya. Dan ketika saya belajar berbuat baik, dengan jalan melakukan pujian dan penyembahan yang nikmat, berendam dalam hadirat-Nya, maka iblispun tak tahan walau hanya mengintip di depan pintu hati saya (bandingkan lagi dgn Kejadian 4:7 soal kenapa dosa bisa mengintip di depan pintu).

Tuhan Yesus memberkati.

 

Mujizat
__________________

 Tani Desa

hai hai's picture

Mujizat, Minta Maaf Sama Iblis.

Pertama, saya berterima kasih kepada Anda, melaui respons Anda saya “dipaksa” belajar untuk “mendengar “ isi hati orang. Bagi saya, jawaban n argumentasi Anda cukup berat, sehingga memaksa saya untuk mengcopy-paste respons Anda ke ms-Word, membacanya baik-baik, Tanya Tuhan, dan berusaha memberi  jawaban terbaik sesuai kebenaran Firman, dan hal ini jarang saya lakukan, bahkan untuk me-respons sdr HAI-HAI, kecuali untuk postingan HAI-HAI tertentu.

Syukur anda sudah bertobat. Orang tidak bertanggung jawab memang tidak pernah bertanggung jawab. alsannya macem-macem, namun sebenarnya satu yaitu dia tidak bertanggungjawab.

Benar. Kalau tidak begitu, tidak akan ada BEKAS orang benar. Kerasukan ada prosesnya. Iblis mula-mula mengintip, berada di depan pintu hati seseorang (Kejadian 4:7), menawarkan ide, ketika seseorang itu setuju, maka masuklah dia, memperjelas ide-idenya, “memberi kekuatan dan dorongan” untuk selanjutnya bagaimana melakukan dosa itu. Ada kalanya anak Tuhan sengaja buka pintu, nonton video porno dll, maka masuklah roh-roh itu. Anda tentu faham, lebih mudah memasukkan roh-roh jahat ketimbang menyuruhnya keluar, harus ada “tangan yang kuat” buat mendepaknya ke luar.

Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau , tetapi engkau harus berkuasa atasnya." Kejadian 4:7

Mujizat, yang ingintip itu dosa bukan iblis. Wah, kamu musti minta maaf tuh sama iblis karena sudah memfitnah dia. Atau jangan-jangan anda dapat wahyu baru sehingga alkitab harus di edit? Nabi baru nich yee?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

mujizat's picture

@HAI HAI, Tuhan kiranya memberkati engkau

Syallom, kohhh,...

Anda menulis:

Syukur anda sudah bertobat. Orang tidak bertanggung jawab memang tidak pernah bertanggung jawab. alsannya macem-macem, namun sebenarnya satu yaitu dia tidak bertanggungjawab.

Jawab:

Senang membaca Anda bersyukur kepada Tuhan untuk pertobatan mujizat. Kiranya Tuhan membawa engkau semakin masuk dalam pelayanan "roh".

Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau , tetapi engkau harus berkuasa atasnya." Kejadian 4:7

Mujizat, yang ingintip itu dosa bukan iblis. Wah, kamu musti minta maaf tuh sama iblis karena sudah memfitnah dia. Atau jangan-jangan anda dapat wahyu baru sehingga alkitab harus di edit? Nabi baru nich yee?

Koh, dosa itu apa seh?

Matius 5:37

Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.

Tentu koh HAI HAI faham keterkaitan antara dosa vs iblis dengan pemahaman Matius 5:37 di atas.

Apakah menurut HAI HAI , Adam dan Hawa akan berbuat dosa jika iblis tidak keluyuran ke taman Eden? Jangan bilang "tidak tahu" lho!

1 Petrus 5:8

Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

Tidak sadarkah engkau, "suhu", kalau iblis itu roh yang hyper aktif? Atau engkau menuduh Petrus sebagai nabi baru juga ?

Tuhan Yesus memberkati.

Mujizat

__________________

 Tani Desa

hai hai's picture

@Mujizat, Tuhan Berfirman

Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: "Pencobaan ini datang dari Allah!" Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun. Yakobus 1:13

Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. Yakobus 1:14

Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut. Yakobus 1:1

Dosa = Keinginan yang dibuahi = Keinginan yang dilaksanakan.

Yang menggoda manusia = KEINGINAN = BUKAN malaikat pemberontak

Tidak sadarkah engkau, "suhu", kalau iblis itu roh yang hyper aktif? Atau engkau menuduh Petrus sebagai nabi baru juga?

Kesadaran kita bukan standard kebenaran. Alkitab adalah standard kebenaran.

 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

mujizat's picture

HAI HAI, muter-muter ?

Syalom,

Rupa2nya koh HAI HAI kurang teliti membaca substansi jawaban2 saya, baiklah saya ulangi dengan beberapa tambahan.

Adam dan Hawa dicbai oleh "keinginannya sendiri" untuk: 1) memakan buah pengetahuan baik dan jahat, 2) menjadi sama seperti Allah.

TETAPIIIII,

Keinginan2 itu muncul setelah sumber keinginannya, yaitu IBLIS , keluyuran ke taman Eden. Baca baik-baik, kooohhh???

Jadi jelas toh? Keinginan itu ada sumbernyaaaa??

Minum vitamin dulu, mbah, biar sedikit cerdas, (sorry, just kidding),...

Contoh kedua:

Yesus Kristus melepaskan 7 roh jahat dari Maria Magdalena.

Tujuh roh jahat itulah yang sebelumnya sering memberikan keinginan2 di hati Maria Magdalena, sehingga ada dorongan kuat untuk berbuat dosa.

Jelas ???

Ketika manusia menerima ide dari iblis, maka masuklah keinginan2 dosa itu, dan Yakobus menyederhanakannya sebagai keinginannya sendiri.

Terang?

Lagipula,

Ayub dicobai oleh dua hal:

Pertama, dipisahkan dari harta benda, dibuat rudin, miskin, apakah itu keinginan Ayub atau keinginan iblis?  Bukankah itu keinginan iblis, tetapi yang diijinkan TUHAN ?

Jelas ???

Kedua, dibuat sakit kit kit,... sampai badannya penuh borok, apakah itu keinginan Ayub atawa keinginan iblis?

(minum vitamin lagiiiii)

Kiranya Roh Kudus memberikan pencerahan buat yang tidak percaya mujizat.

Tuhan Yesus memberkati

Mujizat

 

__________________

 Tani Desa

hai hai's picture

@Mujizat, Blender Dulu

Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. Yakobus 1:14

Keinginan2 itu muncul setelah sumber keinginannya, yaitu IBLIS , keluyuran ke taman Eden. Baca baik-baik, kooohhh???

Jadi jelas toh? Keinginan itu ada sumbernyaaaa??

Siapa yang mencobai manusia? keinginannya sendiri! Siapa yang MEMIKAT? keinginannya sendiri! Siapa yang MENYERET? keinginannya sendiri!

Keinginannya sendiri sumbernya dari mana? keinginannya sendiri! Kalau sumbernya dari Iblis itu namanya keinginan Iblis.

ayat mana yang mengjarkan bahwa Iblis KLUYURAN di taman Eden ketika Adam dan Hawa makan buah terlarang?

 

Yesus Kristus melepaskan 7 roh jahat dari Maria Magdalena.

Tujuh roh jahat itulah yang sebelumnya sering memberikan keinginan2 di hati Maria Magdalena, sehingga ada dorongan kuat untuk berbuat dosa.

Ayat Alkitab mana yang mengajarkan bahwa ketujuh roh jahat yang diusir Kristus dari Maria Magdalena itu MEMBERIKAN keinginan di hatinya sehingga mendorongnya kuat-kuat untuk berbuat dosa?

Ketika manusia menerima ide dari iblis, maka masuklah keinginan2 dosa itu, dan Yakobus menyederhanakannya sebagai keinginannya sendiri.

Ayat mana yang mengajarkan bahwa Iblis memberi ide kepada manusia?

Tentang Ayub, kenapa anda tidak membaca lagi kisahnya dengan teliti lalu menarik kesimpulan dengan logis?

Apakah Iblis berkata kepada Tuhan, "saya INGIN Ayub jatuh miskin"?

Apakah Iblis berkata kepada Tuhan, "saya INGIN Ayub sakitttttttt"?

Mujizat, blender dulu biar ENCER!

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

mujizat's picture

HAI HAI, ini ayatnya

Syalom.

ayat mana yang mengjarkan bahwa Iblis KLUYURAN di taman Eden ketika Adam dan Hawa makan buah terlarang?

Anda mau main plesetan?

Iblis KLUYURAN di Eden sebelum Adam dan Hawa makan buah terlarang. Ini ayatnya:

Kejadian 3:1-5

1 Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh TUHAN Allah. Ular itu berkata kepada perempuan itu: "Tentulah Allah berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?"

2 Lalu sahut perempuan itu kepada ular itu: "Buah pohon-pohonan dalam taman ini boleh kami makan,

3 tetapi tentang buah pohon yang ada di tengah-tengah taman, Allah berfirman: Jangan kamu makan ataupun raba buah itu, nanti kamu mati."

4 Tetapi ular itu berkata kepada perempuan itu: "Sekali-kali kamu tidak akan mati,

5 tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat."

 

Alkitab mengajarkan, bahwa yang dimaksud ular disitu ialah iblis. Apanya yang aneh? Namun intinya adalah, iblis menawarkan idenya, gagasannya, dan Adam n Hawa tergiur, punya keinginan, dst. Tetapi sudah sangat jelas sekali, ada yang mendahului keinginan itu. Alkitab mengajari begitu kan?

Ayat Alkitab mana yang mengajarkan bahwa ketujuh roh jahat yang diusir Kristus dari Maria Magdalena itu MEMBERIKAN keinginan di hatinya sehingga mendorongnya kuat-kuat untuk berbuat dosa?

 

Pernah mendengar istilah TERSIRAT dan TERSURAT ?

Atau pura-pura tidak tahu?

Saya hanya memperjelas apa yang baru TERSIRAT, dan buktikan bahwa penjelasan saya tidak relevan. Emang menurut Anda, apa tujuan Yesus melepaskan Maria Magdalena dari tujuh roh jahat? Mengapa Yesus MEMANDANG PERLU melepaskan wanita ini dari tujuh roh jahat? (Lukas 8:2)(Markus 16:9).

Ayat mana yang mengajarkan bahwa Iblis memberi ide kepada manusia?

Banyak!

Kejadian 3:4-5

4 Tetapi ular itu berkata kepada perempuan itu: "Sekali-kali kamu tidak akan mati,

5 tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat."

Bold yang pertama: “Sekali-kali kamu tidak akan mati,” yang ngomong siapa? Iblis kan?

Perkataan iblis itu menyangkali Kejadian 3:3:

3 tetapi tentang buah pohon yang ada di tengah-tengah taman, Allah berfirman: Jangan

kamu makan ataupun raba buah itu, nanti kamu mati."

 

Juga Kejadian 2:16,17

16 Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: "Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas,

17 tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati."

Mungkin HAI HAI berkata dalam hati: Allah MEMBUAL , yang benar iblis! Karena ketika Adam n Hawa melanggar perintah itu, mereka tidak mati, kontradiktif dgn ayat 17.

Bold yang kedua: “kamu akan menjadi seperti Allah,” itulah yang saya maksud bhw iblis memberi ide kepada manusia pertama.

Matius 16:21-23

21 Sejak waktu itu Yesus mulai menyatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak penderitaan dari pihak tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga.

22 Tetapi Petrus menarik Yesus ke samping dan menegor Dia, katanya: "Tuhan, kiranya Allah menjauhkan hal itu! Hal itu sekali-kali takkan menimpa Engkau."

23 Maka Yesus berpaling dan berkata kepada Petrus: "Enyahlah Iblis. Engkau suatu batu sandungan bagi-Ku, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia."

Perhatikan yang saya bold:” "Enyahlah Iblis…”

Kenapa bukan: “Enyahlah Petrus, atau Diam kau, Petrus,..”

Tidak tersanggah, bahwa Petrus berkata begitu karena ide iblis.  Masih ngeyel ?

Atau Yesus MEMBUAL ?

Tentang Ayub, kenapa anda tidak membaca lagi kisahnya dengan teliti lalu menarik kesimpulan dengan logis?

Ayub 1:11,12

11 Tetapi ulurkanlah tangan-Mu dan jamahlah segala yang dipunyainya, ia pasti mengutuki Engkau di hadapan-Mu."

12 Maka firman TUHAN kepada Iblis: "Nah, segala yang dipunyainya ada dalam kuasamu; hanya janganlah engkau mengulurkan tanganmu terhadap dirinya." Kemudian pergilah Iblis dari hadapan TUHAN.

Renungkan dulu makna ayat 11, baru jawab.

Idenya siapa? Allah duluan, atau iblis duluan?  Idenya COSMOS kale ?? Yang jelas bukan idenya Ayub. Emang pernah Ayub minta sengsara?

Mujizat

 

 

__________________

 Tani Desa

whoislikegod's picture

Mujizat

Saya sudah pernah bilang bahwa saya mengakhiri debat dengan Anda karena tidak ada gunanya. Yang mau saya tulis bukan debat tapi bantuan.

Lebih baik Anda sekarang cari jawaban dulu karena Hai-Hai bakal tanya:

1. Yang di Eden itu ular atau iblis? atau

2. Iblis dalam bentuk ular? atau

3. Iblis yang merasuk dalam hewan yang berjenis ular?

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

sandman's picture

@Mukjizat bantuan lagi..

kalau cuma tiga mah bukan bantuan... nich saya kasih lagi ..

1. Adam ada di mana ketika Hawa digoda?
2. Hawa yang tergoda kenapa Paulus bilang Adam yang pertama ber dosa?
3. Ayat-ayat Alkitab mana yang mengajarkan bahwa Iblislah yang menggoda Hawa saat itu?
4. Ketika Allah menyatakan, "Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh TUHAN Allah." Apa kriteria yang digunakan untuk menilai kecerdikan? bukankah cerdik = berakal budi?
5. apakah yang dikatakan cerdik itu adalah Iblis? Bila iya, kenapa dibandingkan dengan binatang darat? Iblis bukan sesuatu yang mendarat.
6. Kenapa ketika makan buah, dikatakan, "suaminya yang bersama-sama dengan dia?" Bukankah itu berarti Adam ada di situ saat itu?
7. Ada jedah waktu dan perbedaan tempat antara Manusia makan buah hingga Tuhan memanggil.
8. Apakah selama itu manusia terus bersama ular? apabila ular itu adalah Iblis, apakah iblis bersama manusia? Kenapa manusia tidak malu?
9. Ketika ular dikutuk: apabila itu ular sejati, berarti Allah sedang berbuat konyol. Pertama Dia mencipta ulang ular padahal dahbilang berhenti pda hari keenam. Kedua ular hidup dengan instinks, emangnya kutukan Allah dipikiran sama dia?
10. Apabila Iblis yang dikutuk, kenapa kembali dibandingkan dengan binatang darat? Iblis = malaikat sedang ular = binatang. Iblis = roh sedangkan ular = tubuh. Nggak sepadan untuk dibandingkan.
11. Kejadian 3:15. Itu adalah lanjutan dari kutukan kepada ular. Manusia VS Ular = nggak sepadan. Manusia VS Setan = Nggak sepadan. Iblis ngggak punya keturunan.
12. Apabila Iblis yang menggoda Hawa, kenapa nggak ada lagi binatang yang dirasuki iblis lalu ngerumpi ma manusia tercatat di Alkitab.
13. apabila Iblis menjelma jadi ular, kenapa nggak ada kisah lain Iblis menjelma jadi binatang lalu ngerumpi dengan manusia?
14. apabila Iblis yang goda Hawa, maka hanya ada satu kisah manusia ngerumpi dengan Iblis selain kisah Yesus di padang gurun

 

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

whoislikegod's picture

Sandman ga seru dong

Kalau bantu jangan berikan seluruh 'senjata' tapi bertahap. Karena kalau begitu berarti bakal direbut ma Hai-Hai. Hai-Hai mah dah kampiun di sini.

Sori ya Hai... whoislikegod dan sandman memang seia sekata dan 'tukang tadah air yang menetes'. Hahaha itu lah jurus 'samber nyawa'

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

sandman's picture

@WILG ha ha ha ha

di buat 3 pertanyaan2 mau elo embat berapa point tuh? 14/3 = 4 point ha ha ha ha

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

whoislikegod's picture

ga kepikir Man...

Aku malah ra mikir tekan kana preennnnnnn.... 14/3=4 point hahahaha.... jan ngakak tenan.... rak kepikir..... [gubrak.... tiba seka kursi].....

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

sandman's picture

@WILG ...ndang..

ndang lungguh.. mengko PREMANE TEKA

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

whoislikegod's picture

emang sapa? Hai Hai?

wes lungguh meneh kok... Sapa premane? Hai Hai? Ra papa Man? Hai Hai wong Jabar ra isa basa jawa.... Tau neng yogja paling wes lali... hihihi... Hai Hai pancen rak ngenaki... dijak ngeroh sitik-sitik kok ya moh pa meneh dijak ngerock... weeeeh... malah senenge keroncong....

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

mujizat's picture

HAI HAI serik tak bandhingke whoislikegod,

Wah, rame

Nganti dho apal lageyane HAI HAI.

Sengojo tak incrit-incrit, biar gayeng.

Thanks all masukan.

Mujzat

__________________

 Tani Desa

sandman's picture

@WILG dong ra sih?

sapa wae, pokoke PREMANE TEKA...

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

whoislikegod's picture

Sejujurnya?

ora Man? Hahahaha... ngakakku kok ra entek-entek....

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

sandman's picture

PREMANE TEKA = premannya

PREMANE TEKA = premannya datang/ premannya cekik.. halah..

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

whoislikegod's picture

Nek gitu ya mudeng tapi..

seng mbok maksud preman kui sapa????

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

antisehat's picture

mujizat: gimana?

dear mujizat...

seorang teman pernah berkata:

bisa saja pelepasan diri sendiri,

dengan berdoa sungguh, dalam nama Yesus Kristus,

gimana tuch...?

___________________________ 

giVe tHank’s wiTh gReaTfull heArt

www.antisehat.com

 

mujizat's picture

@antisehat tentu bisa untuk yang dewasa rohani

antisehat:

dear mujizat...

seorang teman pernah berkata:

bisa saja pelepasan diri sendiri,

dengan berdoa sungguh, dalam nama Yesus Kristus,

gimana tuch...?

Tentu saja bisa. Pelepasan (oleh orang lain) dibutuhkan untuk:

1.  Orang yg samasekali "tak berdaya" contoh yg di Gadara (animasi blog ini)

2.  Orang yang "masih bayi rohani".

Namun ketika seseorang mulai sadar untuk betapa pentingnya jaga kekudusan dan bina hubungan yang lebih karib dengan TUHAN, maka ia bisa "pelepasan sendiri". Sangat alkitabiah. Mengakui smua kesalahan (bila Roh Kudus ingatkan), maka Roh Kudus yang mengerjakan sisanya.

Damaisejahtera yang melampaui segala akal adalah salah satu tanda bahwa manusia roh kita bersih.

JBU

Mujizat

__________________

 Tani Desa

hai hai's picture

@Mujizat, Magdalena dan Ayub

Magdalena

dan juga beberapa orang perempuan yang telah disembuhkan dari roh-roh jahat atau berbagai penyakit, yaitu Maria yang disebut Magdalena, yang telah dibebaskan dari tujuh roh jahat, Lukas 8:2

Setelah Yesus bangkit pagi-pagi pada hari pertama minggu itu, Ia mula-mula menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena. Dari padanya Yesus pernah mengusir tujuh setan. Markus 16:9

Pernah mendengar istilah TERSIRAT dan TERSURAT?

Ne ga ana SURAT-e ko tapi neng ana SIRAT-e kui jenenge othak-athik digathuk-gathuke.

Kalau gak ada SURATNYA tapi tapi ada SIRATNYA itu namanya utak-atik biar nyambung.

Itu namanya jurus tafsir 1001 mimpi.

Ketika dirasuki roh jahat, manusia menjadi gila, bukan menjadi jahat.

AYUB

Bukankah Engkau yang membuat pagar sekeliling dia dan rumahnya serta segala yang dimilikinya? Apa yang dikerjakannya telah Kauberkati dan apa yang dimilikinya makin bertambah di negeri itu. Ayub 1:10

Tetapi ulurkanlah tangan-Mu dan jamahlah segala yang dipunyainya, ia pasti mengutuki Engkau di hadapan-Mu." Ayub 1:11

Maka firman TUHAN kepada Iblis: "Nah, segala yang dipunyainya ada dalam kuasamu; hanya janganlah engkau mengulurkan tanganmu terhadap dirinya." Kemudian pergilah Iblis dari hadapan TUHAN. Ayub 1:12

Mujizat coba anda baca dengan hati hati ayat ke 10 dan 11. Tangan siapa yang BERKUASA menjamah? Setelah anda paham, baru baca ayat ke 11. siapa yang MEMBERI perintah?

Anda mengajarkan bahwa Ayub dicobai Iblis? Iblis hanya menjalankan PERINTAH. Anda mengajarkan bahwa Allah MENCOBAI Ayub? Allah tidak MENCOBAI, Allah tidak perlu mencobai karena Dia Mahatahu.

Naas dan berkat; Kemalangan dan kenyamanan, semuanya adalah satu paket. Ktika mendaki gunung menuju puncak, menanjak, menurun, datar, lurus dan  menikung semuanya adalah satu paket dari jalan ke gunung.

Manusialah yang mencobai manusia. Keinginan manusia mencobai manusia itu sendiri. Ketika kelimpahan, keinginan kita mencobai kita. Ketika kekurangan keinginan kita mencobai kita. Ketika sehat keinginan kita mencobai kita. Ketika sakit keinginan kita mencobai kita.

Mujizat, soal Ular di taman eden, silahkan belajar dulu dech, coba pertimbangkan dengan pertanyaan-pertanyaan dari wilg dan sandman.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

mama nia's picture

Ko Hai Hai ....

Ko Hai Hai,

Iblis hanya menjalankan PERINTAH..

PERINTAH dari Allah..?

tapi..

Manusialah yang mencobai diri sendiri...

Keinginan manusia mencobai manusia itu sendiri...

Mmmm....masih mikir...!!

Ada petunjuk lagi gak Ko...?

mujizat's picture

HAI HAI, kerasukan tidak selalu berarti GILA

Syukurlah, Anda akhirnya baca juga soal Maria Magdalena.

Ketika dirasuki roh jahat, manusia menjadi gila, bukan menjadi jahat.

Wah, salah lagi koh. Coba simak ini:

Yoh 13:27

27 Dan sesudah Yudas menerima roti itu, ia kerasukan Iblis. Maka Yesus  berkata kepadanya: "Apa yang hendak kauperbuat, perbuatlah dengan segera."

Soal Ayub, rasa-rasanya kita sedang bahas tentang asal muasal ide, bukan soal kuasa. Anda salah lagi koh.

Ayub mewakili orang yang berada dalam proteksi TUHAN karena ketaatannya, sehingga iblis sulit menyerang dia kecuali atas seijin Allah.

Kagak nyambung, kagak nyambung.

Mujizat

 

__________________

 Tani Desa

hendro's picture

@Mujizat: apa bedanya?

Mujizat,

Mo nanya nih. Apakah kerasukan Iblis, roh jahat, dan setan itu sama?

.:Hendro
For the earth will be full of the knowledge of the glory of the Lord as the sea is covered by the waters.[Hab.2:14 BBE]

__________________

.:Hendro

For the earth will be full of the knowledge of the glory of the Lord as the sea is covered by the waters.[Hab.2:14 BBE]

mujizat's picture

@hendro , serupa (somehow) tak sama

Syalom,

Bung hendro menulis:

Mujizat,

Mo nanya nih. Apakah kerasukan Iblis, roh jahat, dan setan itu sama?

Coba kita lihat kesaksian alkitab tentang itu.

Pribadi yang disebut Iblis sepertinya tunggal, dan alkitab LAI tidak pernah menyebutnya jamak. Begitupun dengan Satan, pribadi tunggal, sehingga sementara saya menyimpulkan bahwa Iblis = Satan (saya belum sempat membandingkan dengan Amplified Version). Orang yang kerasukan iblis, - menurut saya - ia tetap seseorang yang sadar. Hanya saja iblis memanifestasikan dirinya lewat pikiran, melalui ide-ide yang (menurut Tuhan) jahat.

Yudas Iskariot (secara explicit) kerasukan Iblis

Dan sesudah Yudas menerima roti itu, ia kerasukan Iblis. Maka Yesus berkata kepadanya: "Apa yang hendak kauperbuat, perbuatlah dengan segera." (Yoh 13:27)

Roh-roh jahat (jamak) juga disebut setan-setan (jamak) oleh alkitab, maka saya simpulkan bhw pengertiannya sama. Maka sepertinya tidak salah bilamana beberapa denominasi gereja tertentu mengajarkan bahwa Iblis dan Satan,  "orangnya" sama, pribadi tunggal, sedangkan roh2 jahat identik dengan setan2 , merupakan pribadi jamak.

Kerasukan roh2 jahat bisa bermacam2 , ada yang sampai tidak sadar total (org di Gadara, animasi blog ini), ada yang - masih sadar - namun muncul keinginan2 kuat , sesuai /menurut karakteristik roh2 jahat yang merasukinya, contoh kasus, Maria Magdalena, dan gejala2 lainnya.

Mudah2an membantu.

Tuhan Yesus memberkati.

Mujizat

 

__________________

 Tani Desa

hai hai's picture

@Mujizat & Mama nia, Iblis ...

Mujizat, Iblis artinya PENENTANG dan PENDAKWA. Iblis bukan NAMA pemimpin malaikat pemberontak. Setiap makluk yang MENENTANG dan MENDAKWA Allah adalah IBLIS.

Apabila anda pelajari kisah-kisah Yesus mengusir roh jahat, maka anda akan tahu apa itu kerasukan dan kenapa setiap roh jahat yang ketemu Yesus MENGENALINYA. Apabila anda membaca tulisan saya Misteri Dua Jalan Keselamatan dengan seksama, maka anda akan tahu apa itu DOMBA dan apa itu ORANG UPAHAN. Roh-roh jahat yang bekerja atau manisfestasi dalam wujud dan berinteraksi dengan manusia adalah ORANG UPAHAN. Khusus untuk malaikat dan roh-roh jahat, mereka hanya melakukan PERSIS yang Allah inginkan. Bila mereka melanggar BATAS, maka mereka langsung dibelenggu. Silahkan cari ayat-ayat Alkitabnya.

Allah tidak mencobai dan Allah tidak BISA dicobai! Silahkan cari ayat Alkitabnya. Apabila anda menganggap Iblislah yang memberi IDE kepada Allah untuk membuat Ayub NELONGSO (menderita) maka anda mengajarkan bahwa Allah BISA dicobai oleh Iblis. Anda tahu kenapa Allah mengabulkan DOA? Karena Doa kita COCOK dengan Kehendak-Nya, bukan karena kita ngotot. Anda tahu kenapa Allah mengabulkan DOA Iblis? Karena doanya cocok dengan rencana Allah.

Mama nia, penjelasan ini cukup untuk anda? 

 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

mama nia's picture

Ko Hai Hai : Makasih...

Syalom Ko Hai Hai,

Makasih Ko atas penjelasannya...

Yesus mengatakan bhw pencuri dan perampok (roh-roh jahat) ada di dlm kandang ini. Roh-roh jahat ini mengambil wujud sbg orang upahan. Orang upahan mengenali Sang Gembala.Itulah sebabnya kenapa setiap roh jahat yg ketemu Yesus mengenaliNya.

Ketika roh-roh jahat mengambil wujud sbg orang upahan,mereka kehilangan kendali.Domba domba tdk mendengarkan mereka bahkan lari daripadanya. Mereka tdk punya kendali apapun atas domba domba,itu berarti jika domba domba melakukan dosa maka itu karena dicobai oleh keinginan diri sendiri bkn karena keinginan roh roh jahat. Roh-roh jahat hanya melakukan persis seperti yg Allah inginkan,contoh seperti Ayub,iblis dipakai utk menggenapi rencana Allah.Iblis tdk bisa melakukan lebih dari yg diperintahkan Allah.Ini berarti jg bhw iblis tdk bs seenaknya merasuki seseorang,harus atas seijin Allah.Ini berarti jg bhw seseorang bs atau tdk bs dirasuki iblis bukan karena apakah seseorang memiliki Roh yg lbh besar daripada roh yg ada di dunia ini tapi apakah Allah mengijinkan atau tdk. Jadi manusia berbuat dosa karena dicobai oleh keinginan diri sendiri,iblis hanya berperan sesuai dgn yg Allah inginkan.

Jika seseorang dirasuki roh-roh jahat maka dia tdk bs mengurus diri sendiri,tdk waras,kehilangan kesadaran (contoh org Gerasa). Kalo seseorang berbuat dosa karena ada roh jahat dlm dirinya maka kondisi orang itu pasti mengenaskan...tp nyatanya walaupun kita berbuat dosa, kondisi kita gak seperti org Gerasa.

Masih segitu Ko pemahaman  saya,mohon dikoreksi ya....

Btw...penjelasan anda di atas menjawab pertanyaan anda di Aku Tidak Percaya Mujizat II...tp Ko,saya blm dapatin inti dari blog Aku Tidak Percaya Mujizat II padahal ini penting sekali,saya baru dapatin Sang Inisiator dan Sang Penanggap...ada petunjuk lagi gak Ko?

Thanks ya Ko..

mama nia's picture

Ko Hai Hai : Maaf...

Ko Hai Hai,

Maaf Ko ttg Aku Tdk Percaya Mujizat II ternyata saya kurang teliti bacanya. Saya udah baca ulang dan udah menemukan ''mutiara'' nya  (biar sama ama teman2 lainnya)...hehehe...

Thanks...

dennis santoso a.k.a nis's picture

@mama nia: share dunk

kalo dah ketemu mutiaranya, di-share dong ama si babi ini... pleaseeeeee ;-)

mama nia's picture

Dennis : maksud mutiara...

Hallo Nis,

Saya bilang ke Ko Hai Hai kalo saya udah ketemu mutiara dari blog Aku Tdk Percaya Mujizat II spy Ko Hai Hai gak usah ksh petunjuk lg..

Ini yg saya maksud dgn mutiara itu :

Angin adalah udara yang bergerak. Udara bergerak karena perbedaan tekanan, dari yang tekanannya tinggi ke tempat yang tekanannya rendah. Allah sudah MENCIPTAKAN hukumnya. Di dalam 6 hari penciptaan Allah sudah menciptakan HUKUM alam agar pada saat Musa menyentuh permukaan laut dengan tongkatnya, angin timur dengan kekuatan yang cukup untuk menguak air laut sampai di situ. Itu berarti MUJIZAT membelah laut MERAH bukan intervensi Allah, namun KETETAPAN yang sudah dibuat Allah dalam 6 hari penciptaan. Allah membelah laut merah tanpa MELANGGAR atau MENYIMPANG atau MELAMPAUI hukum alam karena Allah sudah membuat HUKUM agar semua hukum-hukum alam yang ada BERSINERGI dan bermuara pada MUJIZAT itu.

Tidak ada Intervensi, tidak ada hukum alam yang dilanggar. KARENA semuanya sudah diciptakan dalam 6 hari penciptaan.

Emang msh hrs dipikirkan lg,tp penjelasan Ko Hai Hai di atas cukup utk menuntun saya dlm belajar memahami bagian lainnya...

Gitu lho Nis...

hai hai's picture

Mama nia, Anda Melampaui ...

Mama nia, pemahaman anda sudah melampaui banyak blogger lainnya. Pembahasan MUJIZAT adalah SYARAT untuk memahami DUA JALAN KESELAMATAN. Tanpa memahami Mujizat dengan benar, akan kesulitan untuk memahami dua jalan keselamatan dengan benar.

Semuanya sudah selesai diciptakan pada hari keenam. Apabila anda baca Aku Tidak Percaya Mujizat, maka anda akan menemukan kisah Allah memerintahkan Musa untuk menyentuh gunung namun Musa menggebuknya dua kali. Walaupun Musa melanggar perintah Allah namun air tetap menggelontor. Allah ngamuk dan Musa dilarang masuk Tanah Kanaan. Bukankah itu adalah bukti bahwa segalanya sudah selesai diciptakan pada hari keenam?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

mujizat's picture

HAI HAI, nabi lancang, penyangkal FIRMAN

Syalom,

Dear HAI HAI,

Alasan saya masuk ke Pasar Klewer ialah, karena seseorang jengkel kpd HAI HAI soal AKU TIDAK PERCAYA MUJIZAT (Part 1) dan mengajak saya masuk ke SS. Saya sudah coba tanya jawab soal itu kpd HAI HAI, tetapi dgn jawaban HAI HAI yang menjurus ke debat kusir, saya tinggalkan blog itu, bukan karena saya puas dengan jawabanmu, melainkan percuma dilanjutkan di blog yang sudah kelewat buesaaar itu, males bacanya.

Nah, karena sdr mama mia sudah singgung itu di sini, dan dalam blog saya ini, soal pelepasan, yang mau tak mau juga relevan dengan soal mujizat, yang begitu Anda sangkali, saya ajak Anda share soal itu.

Lewat posting ini saya MENUDUH hai hai menyangkali Firman, tetapi mudah2an saja tuduhan saya ini keliru.

PERTAMA

Dari Keluaran 4:1-8

1 Lalu sahut Musa: "Bagaimana jika mereka tidak percaya kepadaku dan tidak mendengarkan perkataanku, melainkan berkata: TUHAN tidak menampakkan diri kepadamu?"

2 TUHAN berfirman kepadanya: "Apakah yang di tanganmu itu?" Jawab Musa: "Tongkat."

3 Firman TUHAN: "Lemparkanlah itu ke tanah." Dan ketika dilemparkannya ke tanah, maka tongkat itu menjadi ular, sehingga Musa lari meninggalkannya.

4 Tetapi firman TUHAN kepada Musa: "Ulurkanlah tanganmu dan peganglah ekornya" — Musa mengulurkan tangannya, ditangkapnya ular itu, lalu menjadi tongkat di tangannya

5 —"supaya mereka percaya, bahwa TUHAN, Allah nenek moyang mereka, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub telah menampakkan diri kepadamu."

6 Lagi firman TUHAN kepadanya: "Masukkanlah tanganmu ke dalam bajumu." Dimasukkannya tangannya ke dalam bajunya, dan setelah ditariknya ke luar, maka tangannya kena kusta, putih seperti salju.

7 Sesudah itu firman-Nya: "Masukkanlah tanganmu kembali ke dalam bajumu." Musa memasukkan tangannya kembali ke dalam bajunya dan setelah ditariknya ke luar, maka tangan itu pulih kembali seperti seluruh badannya.

8 "Jika mereka tidak percaya kepadamu dan tidak mengindahkan tanda mujizat yang pertama, maka mereka akan percaya kepada tanda mujizat yang kedua.

Perhatikan baik-baik ayat 8, bagian kalimat yang saya bold.

TUHAN BERFIRMAN , bahwa peristiwa berubahnya tongkat Musa menjadi seekor ular (ayat 3) adalah MUJIZAT .

TUHAN BERFIRMAN , bahwa peristiwa yang terjadi pada tangan Musa yang tiba-tiba kena kusta ketika TUHAN suruh Musa memasukkan tangan ke bajunya adalah MUJIZAT .

Perhatikan juga bahwa dalam peristiwa-peristiwa itu, Alkitab mencatatnya secara eksplisit, sudah gamblang, sudah jelas, artinya tidak perlu ditafsirkan atau diterjemahkan lagi dengan 1001 tafsir mimpimu.

Tetapi mungkin saya salah, maka tolong jelaskan kaitan kedua peristiwa tsb dengan Penciptaan hari ke-enam. Jangan kasih link ah, malas.

KEDUA

Keluaran 7:1-3

1 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Lihat, Aku mengangkat engkau sebagai Allah bagi Firaun, dan Harun, abangmu, akan menjadi nabimu.
2 Engkau harus mengatakan segala yang Kuperintahkan kepadamu, dan Harun, abangmu, harus berbicara kepada Firaun, supaya dibiarkannya orang Israel itu pergi dari negerinya.
3 Tetapi Aku akan mengeraskan hati Firaun, dan Aku akan memperbanyak tanda-tanda dan mujizat-mujizat yang Kubuat di tanah Mesir.

Ayat 3 menyatakan bahwa TUHAN akan memperbanyak mujizat, jadi lebih dari dua. Perhatikan yang saya bold dan yang merah.

Perhatikan, sekali lagi perhatikan, buka mata lebar-lebar !!!!

TUHAN yang melakukan MUJIZAT-MUJIZAT itu, dan ditinjau dari sudut  WAKTU, mujizat2 itu dilakukan TUHAN  BUKAN pada 6 hari penciptaan, melainkan jauh sesudah itu.  Menurut otak waras, hal itu berarti TUHAN masih melakukan mujizat sesudah hari keenam.

JIka HAI HAI menafsirkan, atau membuat sendiri definisi mujizat sebagai "dari tidak ada menjadi ada" dan dengan sikapmu itu engkau MENYANGKALI FIRMAN TUHAN, maka benarlah tulisan sdr KIEM, bahwa di SS ini ada orang yang MENGUMBAR TAFSIR seenak udelnya, dan menginjak-injak kebenaran FIRMAN,

ENGKAULAH itu, HAI HAI, bertobatlah.

Saya tulis ini karena mengasihimu, lebih baik engkau berdarah-darah sekarang daripada disambar geledek dan binasa dalam keadaan tiada bertobat.

Celakalah dunia dengan segala penyesatannya: memang penyesatan harus ada, tetapi celakalah orang yang mengadakannya.(Matius 18:7)

Mujizat

 

__________________

 Tani Desa

mama nia's picture

Ko Hai Hai : konsisten..

Syalom Ko Hai Hai,

Makasih Ko atas pujiannya...

Semua itu saya dapatkan dari mempelajari tulisan2 anda di SS ini.Saya hanyalah orang awam yg merasa lebih enjoy belajar Alkitab pake cara anda.Saya baca Alkitab dan jg tulisan2 anda utk menuntun saya memahami firman Tuhan yg anda bahas dlm tulisan anda.Saya menemukan BANYAK JAWABAN2 BARU utk pertanyaan2 lama...dan menurut saya apa yg anda jelaskan sangat konsisten.Contohnya,saya belajar tentang umat pilihan Allah di dua perumpamaan yg berbeda yg anda tulis yaitu perumpamaan ttg penabur dan Yesus adalah Gembala yg baik (Misteri 2 jln keselamatan).Tanah yg subur adalah umat pilihan Allah dan domba domba yg dipanggil adalah umat pilihan Allah.Jika dlm suatu perumpamaan kita salah mengartikan apa/siapa diumpamakan menjadi apa/siapa maka pemahamannya jadi tdk konsisten.Anda jg mengajarkan ttg ''ilmu kehidupan'',satu yg jd pegangan saya adalah I Love Myself, menurut saya itu ilmu dasyattt...skrg saya tahu kenapa anda adalah seorang adidas tp anda jg seorang bo beng cu...semoga saya jg bisa memenuhi kodrat saya...

Thanks Ko...

 

hai hai's picture

Mama nia, Hanya Meneruskan

Mama nia, terima kasih atas pujiannya.

Saya hanya meneruskan, tidak membuat ajaran baru.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

hai hai's picture

@Mujizat, Ha ha ha ha

Saudara mujizat, saya sudah menulis dua tulisan untuk membahas masalah mujizat. Bila anda tidak mau membaca dan mempelajarinya, lalu untuk apa mengajak saya diskusi tentang mujizat?

Ha ha ha ha ha ha ... Anda pikir anda siapa? Ha ha ha ha ha  ha .... Kalau anda mau pinter, rajin-rajinlah belajar. Kalau mau berlaku seenak jidatnya dan semua blogger menuruti perintah anda, bikin SITUS sendiri maka anda dapat menjadi Tuhan di sana.

Ha ha ha ha ha ... Itulah akibatnya kalau hidup dengan tahyul dan dogeng, MAU pinter tapi malas belajar!  Itu pula yang membuat anda GEDE kepalanya namun kosong karena isinya tahyul dan dongeng semua.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

mujizat's picture

HAI HAI, saya faham gaya pencemooh yg tdk konsekwen

Syalom,

Anda takut? Sudah terkapar?

Apa sih susahnya jawab? Terlalu sibuk?

Hitunglah berapa blogger yg sudah engkau sesatkan.

Ya sudah, kalau ngeper, aku dan Roh Kudus yang ketempatmu, buat menelanjangi dikau.

Mujizat

__________________

 Tani Desa

mujizat's picture

HAI HAI, dari dulu IBLIS takut Firman,

Dear HAI HAI,

Sudah KO rupanya,

Di seluruh arena, HA HAI (baca = roh penyesat) kalah terus, sebab HAI HAI pakai akal bulus, mujizat pakai Firman.

Tunjukkan bahwa HAI HAI memiliki Tanda-Tanda Orang Percaya (Markus 16:17-18)

Mujizat

__________________

 Tani Desa

hai hai's picture

@Mujizat, Ha ha ha ha ...

Mujizat, ha ha ha ha ... Anda lucu sekali! Harusnya anda sadar bahwa mengejek hai hai adalah pekerjaan sia-sia. Ha ha ha ha ha...

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

mujizat's picture

@hai hai, thanks, saya memahami, jurus roh NAGA

Dear HAI HAI,

Di SS ini saya diberkati banyak, salah satunya adalah jurus andalan Anda, yaitu NGELES, yaitu kabur dengan berteriak: " AAAAAAAAA" dengan sedikit makian.

Aku jadi ingat, kira2 empat  tahun  yll, waktu itu anak saya, Petra, tiba2 mata rohnya terbuka, dan telinga rohnya terbuka, ia bisa melihat setan baik siang bolong ataupun malam hari.

Pernah saya mendoakan seseorang yang kerasukan setan, beberapa diantaranya dalam bentuk roh naga.

Ketika saya menengking roh naga itu, tiba2 anak saya menutup telinganya secara reflek,...

Aku tanya:"Kenapa kamu tutup telingamu Pet? "

Petra: " Lha ularnya itu loh pi, waktu dia lari sambil berteriak melengking, keras sekali pi? "

Makanya, jurus ngeles ternyata mirip2 jurus roh naga. Aku serius !!

Tetapi thanks berat, sudi mampir ke warung saya.

GBU.

Mujizat

__________________

 Tani Desa

Heru Imam Santoso's picture

Dasar yang bagus

Dasar alkitab yang bagus untuk sebuah mujizat. Memberikan Pencerahan. Semoga kita semua dapat menjadi pelaku Firman yang baik

__________________

To God Be The Glory

mujizat's picture

@Heru Imam Santoso. Amin 3x

Tuhan Yesus memang luarbiasa.

GBU

Mujizat

__________________

 Tani Desa