Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Tampilan dan Fitur Terkini SABDA Space

Sejak dirilis pertama kali pada bulan Agustus 2006, SABDA Space telah berkembang cukup baik. Sampai tulisan ini diturunkan, sejumlah 216 artikel blog dapat dinikmati oleh para pengunjung, maupun para pengguna. Bagaimana halnya dengan komentar? Cukup berimbang. Hingga akhir Oktober 2006 tercatat sejumlah 103 komentar telah dilayangkan, baik terhadap artikel blog maupun terhadap komentar lainnya.

SABDA Space yang diluncurkan pada bulan Agustus yang lalu menyajikan "theme" yang dapat diganti-ganti sesuai selera. Sayangnya, penggunaan "theme" tersebut tampaknya telah menimbulkan kendala dalam mengakses situs penyedia blog ini. Oleh karena itu, kami mulai mempersiapkan sebuah tampilan baru yang tentunya dapat diakses dengan lebih mudah.

Setelah beberapa waktu mempersiapkan tampilan tersebut, terhitung sejak Jumat, 10 November 2006 yang lalu, SABDA Space hadir dengan tampilan yang baru. Meski kali ini terkesan lebih sederhana, setidaknya SABDA Space diharapkan dapat diakses dengan lebih cepat ketimbang dengan tampilan terdahulu.

Perubahan yang dilakukan tidak hanya dari sisi tampilan. Sejumlah fasilitas baru kini dapat dimanfaatkan oleh para pengguna maupun pengunjung. Fasilitas pertama berupa sistem penilaian. Setiap blogger akan beroleh nilai seiring dengan jumlah artikel blog dan komentar yang dikirimkannya. Setiap postingan artikel blog akan dihargai tujuh poin, sedangkan setiap komentar dihargai tiga poin. Dengan sistem pemberian nilai ini, hanya blogger dengan nilai tertinggi saja yang akan muncul dalam daftar blogger di halaman muka.

Bila dalam SABDA Space tampilan sebelumnya foto-foto Anda tidak terpampang di halaman depan, dalam tampilan terkini, setiap pengunjung dapat menampilkan foto masing-masing. Bahkan setiap kali Anda menulis blog, foto tersebut akan tampil menghias blog Anda. Hanya saja ukuran maksimal untuk setiap foto adalah 30 kb.

Bila sebelumnya Anda menemukan daftar blogger yang sangat panjang, kini Anda tidak akan menemukan daftar serupa. Sebuah halaman khusus telah disediakan oleh pengelola situs blog ini untuk mengetahui para blogger. Namun, mengingat sistem pemberian nilai, tentu saja Anda tidak akan menemukan akun-akun blogger yang belum berpartisipasi. Para blogger yang ditampilkan dalam halaman tersebut adalah para blogger yang setidaknya pernah menyumbangkan sebuah komentar maupun artikel ke SABDA Space.

Selain itu, fasilitas untuk mencetak halaman ("print page") juga telah disediakan. Fasilitas ini diharapkan membantu para pengguna maupun pengunjung yang hendak mencetak suatu artikel blog tertentu. Tentu saja Anda yang berniat menggunakan artikel-artikel blog di SABDA Space harus mengonfirmasi para penulisnya terlebih dahulu.

Kini Anda juga dapat mengirimkan artikel-artikel tertentu kepada relasi Anda. Dengan memanfaatkan fasilitas ini, relasi Anda akan mendapatkan pemberitahuan via e-mail mengenai artikel tersebut sehingga bisa menikmati dan mendapatkan berkat dari tulisan tersebut.

Tertarik untuk mengetahui jumlah artikel di SABDA Space sejauh ini? Silakan mengunjungi halaman Daftar Judul Blog, yang terdapat di bagian "header", untuk melihat daftar artikel blog mulai dari postingan pertama hingga postingan terkini. Dari halaman tersebut, Anda dapat memilih untuk membaca artikel-artikel yang menarik minat Anda tanpa harus mengunjungi halaman-halaman blog masing-masing.

Akhirnya, para pengunjung yang belum terdaftar sebagai pengguna SABDA Space kini beroleh kesempatan untuk memberikan komentar terhadap artikel-artikel blog tertentu.

Nah, sampai sejauh ini, apakah Anda tertarik untuk mengomentari tampilan dan fasilitas baru SABDA Space ini? Silakan.