Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Beginikah teori Korban?

josia_sembiring's picture

Orang2 Kristen percaya dengan kalimat-kalimat Yesus tapi tidak ada yang pernah kritis bertanya : " Doktrin apa ini???"  atau " Theologia model apa ini???"

Who cares... mungkin begitu yang ada di benak kebanyakan Kristen. Kenapa? Karena gw suka dengan apa yang gw percayai dan gw tidak terganggu dan gentar dengan apapun serangan mereka. Haloooo.... kawan... kalau engkau berpikir seperti itu, bagaimana kamu bisa mencari kerajaan Allah dan kebenarannya? Percayalah, engkau hanyalah jadi objek permainan para mafia Kerajaan Sorga or saya sebut Mafia Bapa Sorgawi. Well silahkan memaki-maki apapun kepada saya sebab engkau punya darah Yesus. Maksudnya apa? Maksudnya engkau punya meterai garansi engkau akan diampuni.

Ada satu kalimat Yesus yang menggugurkan teori Korban atau keadilan atau nyawa ganti nyawa. Yaitu :

Jika kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni kesalahan orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmud  

Lihat, Yesus mengatakannya. Jelas gamblang. Seandainya saudara saya atau teman saya atau bahkan musuh saya yang disebut orang tidak saya ampuni, apakah saya layak mendapat pengampunan? Jawabnya tidak. Lalu kemana darah Yesus? Who cares, with the blood. The problem is you ! Kamu tidak mengampuni maka wajar kamu juga tidak akan diampuni. Ukuran yang kamu pakai akan diukurkan kepadamu ! PUAS ?

Drama apa lagi ini? Ah Yesus becanda mengenai kalimat itu. Sorry to say, Yesus mengatakannya di Bukit pastinya suaranya kencang dan lantang agar semua dengar. Yang pasti serius bukan main-main. Bukan pekerjaan enteng berceloteh 3 pasal (pasal 5-7) diatas bukit disaksikan mungkin ribuan orang dan diantaranya pasti ada yang kritis (Yahudi, Farisi, Saduki, Zelot).

Tidak main-main Yesus berkata  tentang pemisahan kambing dan domba. Kapan kami melihat engkau telanjang? or Dipenjara or bla...bla...bla? Well bukan Yesus yang telanjang, tapi mereka... orang2 kecil (terkecil). Melakukan kepada mereka berarti melakukan kepada-Ku (begitulah kata Raja itu). Percayakah engkau akan perkataan-Ku ini ? (begitulah kata Yesus). Supaya mereka satu. Kalau ada yang bermusuhan dan tidak saling mengampuni, mustahil bersatu. Ya, supaya mereka satu sama seperti kita Satu. Teori Korban pengampunan memang sangat mahal sekali harganya. Carilah teori yang murah. Ampunilah kesalahan orang !