Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Hati

5p Arta's picture

Alkitab mencatat beberapa kebenaran tentang hati manusia, diantaranya :

Kej 6 : 5  Ketika dilihat TUHAN, bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata,

Kej 8 : 21  Ketika TUHAN mencium persembahan yang harum itu, berfirmanlah TUHAN dalam hati-Nya: "Aku takkan mengutuk bumi ini lagi karena manusia, sekalipun yang ditimbulkan hatinya adalah jahat dari sejak kecilnya, dan Aku takkan membinasakan lagi segala yang hidup seperti yang telah Kulakukan.

Pkh 9 : 3  Inilah yang celaka dalam segala sesuatu yang terjadi di bawah matahari; nasib semua orang sama. Hati anak-anak manusiapun penuh dengan kejahatan, dan kebebalan ada dalam hati mereka seumur hidup, dan kemudian mereka menuju alam orang mati.

Itulah 3 kebenaran yang tercatat di dalam Alkitab.

1. Hati manusia cenderung untuk membuahkan kejahatan.

2. hati manusia adalah jahat sejak kecilnya.

3. Kebebalan ada di dalam hati manusia seumur hidup.

-----------------------------------------------------------------------------

Bangsa Israel adalah bangsa pilihan Tuhan. Alkitab mencatat beberapa kebenaran tentang bangsa Israel, diantaranya :

Yer 5 : 23  Tetapi bangsa ini mempunyai hati yang selalu melawan dan memberontak; mereka telah menyimpang dan menghilang.

Yeh 3 : 7  Akan tetapi kaum Israel tidak mau mendengarkan engkau, sebab mereka tidak mau mendengarkan Aku, karena seluruh kaum Israel berkepala batu dan bertegar hati.

Yeh 20 : 6  oleh karena mereka menolak peraturan-peraturan-Ku dan tidak hidup menurut ketetapan-ketetapan-Ku dan melanggar kekudusan hari-hari Sabat-Ku; sebab hati mereka mengikuti berhala-berhala mereka.

Bangsa Israel adalah bangsa pilihan Tuhan yang memiliki hati yang tegar, memberontak, melawan dan jahat dengan mengikuti berhala - berhala mereka. Ketika Alkitab menuliskan semua hal di atas, apakah itu berarti ada bangsa lain yang memiliki hati yang baik ?

Mustahil. Kenapa ?

Karena Alkitab menuliskan bahwa hati manusia adalah jahat dari sejak kecilnya dan cenderung membuahkan kejahatan. Dengan kata lain, apabila bangsa israel yang adalah bangsa pilihan Tuhan memiliki hati yang jahat, maka bangsa lainpun juga memiliki hati yang jahat. Tidak ada satupun bangsa yang memiliki hati yang baik. Semua hati bangsa - bangsa adalah jahat.

Apabila anda memahami apa yang saya tuliskan di atas, maka anda tidak akan kesulitan untuk memahami

Mat 15 : 19  Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat.

Alkitab tidak mencatat "dari hati yang jahat timbul segala.........." tetapi Alkitab hanya mencatat "dari hati timbul segala.............."

Apakah anda sudah mengerti ? kalau belum, silahkan anda mengulangi membaca lagi dari awal. Tetapi apabila sudah, mari kita lanjutkan.

Nuh

Kejadian 6 : 8  Tetapi Nuh mendapat kasih karunia di mata TUHAN.

Kenapa Nuh mendapatkan kasih karunia dari Tuhan ? Apakah hatinya baik ?

Mustahil

Kej 9 : 20   Nuh menjadi petani; dialah yang mula-mula membuat kebun anggur.

Kej 9 : 21  Setelah ia minum anggur, mabuklah ia dan ia telanjang dalam kemahnya.

Kej 9 : 24  Setelah Nuh sadar dari mabuknya dan mendengar apa yang dilakukan anak bungsunya kepadanya,

Kej 9 : 25  berkatalah ia: "Terkutuklah Kanaan, hendaklah ia menjadi hamba yang paling hina bagi saudara-saudaranya."

Pembaca yang terhormat, anda tahu apa yang dilakukan oleh Nuh sebenarnya adalah hal yang jahat. Kenapa jahat, karena Nuh mengutuk kanaan yang adalah keturunan ham anaknya. Dan anda tahu apa yang selanjutnya terjadi dengan kanaan dan keturunan - keturunannya ? Sangat - sangat mengenaskan ( silahkan membaca lebih teliti lagi di Alkitab tentang kanaan dan keturunan - keturunannya )

Kenapa Nuh mengutuk, karena dia diliputi oleh panas hati ( amarah )

Yak 1 : 20  sebab amarah manusia tidak mengerjakan kebenaran di hadapan Allah.

Mzm 37 : 8  Berhentilah marah dan tinggalkanlah panas hati itu, jangan marah, itu hanya membawa kepada kejahatan.

Mzm 4 : 4   Biarlah kamu marah, tetapi jangan berbuat dosa; berkata-katalah dalam hatimu di tempat tidurmu, tetapi tetaplah diam.

Bukankah itu yang terjadi dengan Nuh ? Setelah mendengar, lalu dia mengutuk. Dari manakah datangnya kutukan itu ? Dari hati Nuh.

Musa

Alkitab mencatat, Musa dipilih oleh Tuhan untuk membawa bangsa Israel (bangsa pilihannya) untuk keluar dari Mesir. Kenapa Tuhan memilih Musa ? Apakah hatinya baik ?

Mustahil

Kel 2 : 11   Pada waktu itu, ketika Musa telah dewasa, ia keluar mendapatkan saudara-saudaranya untuk melihat kerja paksa mereka; lalu dilihatnyalah seorang Mesir memukul seorang Ibrani, seorang dari saudara-saudaranya itu.

Kel 2 : 12  Ia menoleh ke sana sini dan ketika dilihatnya tidak ada orang, dibunuhnya orang Mesir itu, dan disembunyikannya mayatnya dalam pasir.

Kisah diatas adalah kisah sebelum Tuhan menampakkan diri kepada Musa. Kisah itu adalah kisah yang sering dijadikan dasar bahwa Musa memiliki hati yang baik karena membela saudaranya. Tetapi sebenarnya kisah di atas adalah kisah yang menggambarkan bahwa hati Musa sama seperti hati manusia yang lain. Yaitu menimbulkan kejahatan, yaitu membunuh. Ingatkah anda tentang kisah pembunuhan yang dilakukan oleh Kain ? Dari mana Kain bisa melakukan pembunuhan kepada Habel ? Tentu saja dari hatinya.

Karena itu, Tuhan mustahil memilih Musa karena  hatinya baik. Kenapa ? Karena Musa adalah seorang pembunuh.

Daud

Daud dipilih oleh Tuhan karena melihat hatinya.

1 Sam 16 : 7  Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: "Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati."

Seperti apakah hatinya Daud ?

Ingatkah anda kisah Daud yang meniduri Batsyeba, ketika Uria suami Batsyeba sedang pergi berperang ? Apa yang Daud rencanakan ?

Rencana jahat.

dimulai dari perzinahan, diakhiri dengan pembunuhan. Itulah hati yang dimiliki Daud.

-----------------------------------------------------------------

Dari ketiga contoh diatas, saya rasa cukup untuk mewakili kisah - kisah lain tentang kejahatan yang ditimbulkan oleh hati manusia.

Apabila hati manusia jahat dari sejak kecilnya, apakah hati manusia bisa berubah menjadi baik?

Dapat.

Dan bagaimanakah caranya ?

Tuhan merubah hati melalui proses yang panjang.

Tuhan merubah hati Musa melalui setiap kejadian yang dialaminya, ketika membawa bangsa Israel keluar dari tanah mesir. Dan itu memerlukan proses yang panjang Untuk lebih jelasnya silahkan klik di sini

Tuhan merubah hati secara singkat.

Anda tahu hati paulus ketika melakukan perjalanan menuju ke Damsyik untuk menganiaya murid - murid yang mengikuti jalan Tuhan ?

Kis 9 : 1  Sementara itu berkobar-kobar hati Saulus untuk mengancam dan membunuh murid-murid Tuhan. Ia menghadap Imam Besar,

Itulah yang tercatat di Alkitab. tetapi dalam hitungan detik, Saulus bertobat. kenapa? karena Tuhan yang melakukannya.

Sebenarnya, hati manusia bisa berubah menjadi baik karena siapa ?

1. Roh yang melakukannya.

Yoh 16 : 8  Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman;

2. Allah yang melakukannya.

Roma 8 : 28  Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.


GB

( bersambung )

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?