Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Tanya jawab seputar masa tribulasi

victorc's picture

Tanya jawab seputar masa tribulasi 

Oleh Victor Christianto

 

Shalom aleikhem,

Saudara saudari dan bapak ibu terkasih, mungkin banyak di antara Anda yang bertanya-tanya: Apakah masa tribulasi akan segera tiba? Apakah gereja-gereja juga akan memasuki masa tersebut? Apa yang perlu dipersiapkan?

Berikut ini tanya jawab singkat dengan seorang di antara mahasiswa kami kemarin. Saya rangkumkan secara ringkas di sini. Semoga berguna.

 

Bacaan:

Matius 24:7-8 (TB) 

"Sebab bangsa akan bangkit melawan bangsa, dan kerajaan melawan kerajaan. Akan ada kelaparan dan gempa bumi di berbagai tempat. Akan tetapi semuanya itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru."

 

Tanya jawab:

(Penanya: Y)

(Jawaban penulis: V)

 

Y: Shalom.. Apa pendapat bpk mengenai jaman antikris? Saya seringkali dengar hampir semua perkataan pemimpin2 gereja meyakini bhw gereja akan mengalami (melewati) masa kesusahan besar yang dikenal dengan masa antikris. Apakah itu Alkitabiah?

V: Halo ...memang masa tribulasi akan segera tiba..dan saya kira sdh dimulai..

Hanya figur antikris yg utama belum muncul.

 

Y: Jadi gereja harus melalui masa tribulasi itu?

V: Memang seluruh dunia akan memasuki masa masa sulit tersebut...Namun demikian saya yakin Tuhan akan sediakan perlindungan bagi anak-anakNya yang berlindung di bawah naunganNya. Itulah makna Psalm 91. Di situ ada janji perlindungan oleh para malaikat. Ada bukunya bahwa para malaikat sedang dilepaskan dalam jumlah besar untuk menolong anak anak Tuhan.*

Ilustrasi: salah satu penafsiran atas teks Matius 24 (bertolak dari model pre-milenialisme). **

 

Y: Malaikat-malaikat pelindung ini untuk apa ya pak?

Bukankah gereja yang beranggapan kita harus melewati masa tribulasi itu adalah masa gereja teraniaya? Saat gereja teraniaya maka makna Mzm 91 akan kabur.

 

V: Begini..kalau pemahaman saya. Memang masa tribulasi itu akan dahsyat..itu yang disebut masa penampian oleh Tuhan Yesus.

Artinya: kuasa kuasa jahat akan dilepaskan.

Namun Tuhan akan mengirimkan para malaikat untuk melindungi gereja-Nya dan orang-orang kudusNya dari masa kesusahan itu (itu makna dari Mazmur 91).

Ini saya lagi rencana mau tulis artikel tentang bagaimana meningkatkan produk pertanian***,.karena kabarnya masa kesesakan itu termasuk bencana sampar dan kelaparan.

Sampar/wabah sudah kita alami, kelaparan yg belum.

 

Y: Menarik. Bagaimana caranya untuk bisa berdialog dengan Malaikat? Kenapa bukan kepada Yesus saja pak?

V: Ada tiga presentasi saya dari tahun lalu: mematikan mesin pembuat dosa, belajar berjalan dengan iman dan mendengar suara Tuhan. Bisa diunduh di http://www.SecondComingInstitute.com.

Namun bagaimanapun, yang terpenting adalah kasih.

Nanti saat pengadilan terakhir, hanya satu pertanyaan yang akan diajukan Yesus, Sang Hakim Pengadilan Terakhir, kepada setiap orang: "Sudahkah kamu belajar mengasihi?"

Atau

"Did you learn to love?"

 

Itulah pertanyaan yg mesti kita jawab.

Semangat ya. 

 

Catatan:

*Ulasan mengenai karya/buku tentang malaikat sudah pernah saya tulis di artikel terdahulu. Lihat: https://sabdaspace.org/review_agenda_malaikat_kevin_zadai

**Sebenarnya ada beberapa pengajaran yang bervariasi, ada yg amil, postmil, dan premil. Lihat misalnya buku karya Anthony Hoekema, Akhir Zaman, Penerbit Momentum.

***Lihat artikel kami di academia: url: (79) (PDF) A review on Electroculture, Magnetoculture and Laserculture to boost plant growth | V. Christianto - Academia.edu

 

Versi 1.0: 26 Maret 2021, pk. 17:24

Versi 1.1: 31 Maret 2021, pk. 8:16

VC

 

Sumber Alkitab:

(1) https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=matius%2024:3-14;%20Lukas%2021:7-19

__________________

Dari hamba yang tidak berguna (Lih. Lukas 17:10)

Prepare for the Second Coming of Jesus Christ.