Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Kenapa Allah Menciptakan Iblis

Debu tanah's picture

Judul blog ini barangkali adalah pertanyaan yang banyak dilontarkan oleh orang Kristen. Kenapa Allah menciptakan Iblis yang menggoda manusia sehingga jatuh ke dalam dosa? Pertanyaan lainnya adalah: Kenapa Allah membiarkan penderitaan? Kenapa Allah membiarkan manusia jatuh ke dalam dosa? Kenapa Allah menciptakan neraka? Allah yang bagaimana kah yang menciptakan semuanya itu?

Dalam percakapan dengan Yesus, murid-murid-Nya bertanya:

Yohanes 9:2 Murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya: "Rabi, siapakah yang berbuat dosa, orang ini sendiri atau orang tuanya, sehingga ia dilahirkan buta?"

Lalu Yesus menjawab:

Yohanes 9:3 Jawab Yesus: "Bukan dia dan bukan juga orang tuanya, tetapi karena pekerjaan-pekerjaan Allah harus dinyatakan di dalam dia.

Jadi kita bisa menyimpulkan kebanyakan penderitaan bukanlah akibat dosa kita sendiri dan dosa secara umum (keturunan).

Untuk kasus di atas, kita tahu Yesus akhirnya menyembuhkan orang tersebut, perkerjaan-pekerjaan Allah dinyatakan di dalam dia. Tetapi bagaimana dengan ribuan orang buta yang tidak pernah bisa melihat terang?

Alkitab mengajarkan bahwa Yesus adalah terang, untuk menjadi terang maka dunia haruslah gelap. Bila dunia tidak gelap, maka dunia tidak membutuhkan terang itu. Jadi ketidak benaran manusia menunjukkan kebenaran Allah, supaya kebenaran Allah menjadi kebenaran manusia. Itulah yang dikehendaki Allah.

Roma  3:5 Tetapi jika ketidakbenaran kita menunjukkan kebenaran Allah, apakah yang akan kita katakan? Tidak adilkah Allah -- aku berkata sebagai manusia -- jika Ia menampakkan murka-Nya?

Lalu ada yang bertanya, apa tidak terlalu beresiko menciptakan manusia yang bisa jatuh ke dalam dosa dan Allah menciptakan Iblis untuk menggoda manusia? Kenapa Allah tidak menciptakan manusia yang tanpa kelemahan dan dosa saja?

Allah sudah melakukannya. Allah telah menciptakan makhluk yang teramat mulia, makhluk itu bernama Lucifer, saking mulianya dia tidak membutuhkan Terang itu, di waktu yang lampau sebelum kita dijadikan, dia sudah memberontak dan membawa sepertiga malaikat bersamanya.

Bila mata kita terbuka karena anugerah Tuhan, maka kita akan tahu bahwa kelemahan kita adalah anugerah yang teramat besar.

II Korintus  12:10 Karena itu aku senang dan rela di dalam kelemahan, di dalam siksaan, di dalam kesukaran, di dalam penganiayaan dan kesesakan oleh karena Kristus. Sebab jika aku lemah, maka aku kuat.

Bila kita sudah tahu bahwa penderitaan adalah anugerah, masihkan kita akan menangis dengan keras bila mengalami semuanya itu?

Kelemahan dan penderitaan adalah ibarat bahan kepompong yang mengubah ulat menjadi kupu-kupu! Kita akan heran melihat bahwa dari kepompong yang bentuknya demikian bisa keluar kupu-kupu bermacam-macam. Berbeda-beda keindahannya. Tidakkah kita penasaran kita akan menjadi kupu-kupu yang bagaimana nantinya? Apakah menjadi kupu-kupu berwarna hitam biasa saja atau kupu-kupu berwarna-warni yang indah?

Namun tetap saja sebagian besar manusia akan binasa. Karena tidak puas atas jawaban itu, sekali lagi ada yang bertanya kenapa Allah yang maha kasih tidak menciptakan manusia yang tidak bisa jatuh ke dalam dosa? Kenapa Allah menciptakan Iblis yang menggoda manusia?

Saya tidak tahu, karena saya bukan Allah !

Yang saya tahu di sinilah kita semua berada: dalam dosa, kelemahan dan penderitaan sehingga membutuhkan terang Allah. Terang Allah itu sudah datang ke dunia, nama-Nya Yesus Kristus!!

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Vantillian's picture

Deta, Iblis...

Deta : Allah sudah melakukannya. Allah telah menciptakan makhluk yang teramat mulia, makhluk itu bernama Lucifer, saking mulianya dia tidak membutuhkan Terang itu, di waktu yang lampau sebelum kita dijadikan, dia sudah memberontak dan membawa sepertiga malaikat bersamanya.

Deta, darimana anda tahu bahwa Iblis itu bernama Lucifer? Iblis memang kena hukuman karena kesombongannya, tetapi menyatakan Lucifer adalah Iblis? Darimana anda tahu? Silakan anda baca disini. Mungkin sebagian besar kita pernah memegang pendapat demikian dulu, tapi sekarang mesti diuji...

Debu tanah's picture

@ Vant, kasih tahu saya

Bukti? Dari Hongkong! Silakan buktikan bahwa nama Iblis bukan Lucifer. Sementara ini saya pake nama Lucifer saja.

Kalo sudah terbukti siapakah nama Iblis kasih tahu saya ya!

Tidak peduli entah ternyata nama asli Iblis adalah "ADAM" seperti dalam blog yg anda sarankan itu atau siapapun tidak masalah, akan saya edit blog saya ini. Hahahaha..

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Vantillian's picture

Deta, anda sudah baca kan?

Deta, anda sudah baca kan buktinya dari link yang saya kasih? kata Lucifer dalam bahasa Latin digunakan dalam versi Vulgata. Dalam 2 Petrus 1:19 tetap menggunakan Lucifer untuk bintang timur, menurut anda itu NAMA Iblis? Hahahaha...Sudah terbukti, namun pura-pura tidak tahu...

2Pe 1:19  et habemus firmiorem propheticum sermonem cui bene facitis adtendentes quasi lucernae lucenti in caliginoso loco donec dies inlucescat et lucifer oriatur in cordibus vestris

Nah, deta...tolong anda jelaskan mengapa ada kata Lucifer dalam Alkitab Vulgata tersebut? Bila anda tidak mengerti, coba anda cocokkan dengan LAI. Kira2 lucifer disana apa maksudnya? Sedangkan KJV dalam terjemahannya TIDAK menggunakan kata Lucifer lagi. KJV hanya menggunakannya SEKALI dalam keseluruhan Alkitab, yaitu dalam Yesaya 14:12. Penganut KJV Only harus melihat ketidakkonsistenan dalam hal ini. Berarti ada unsur tafsir dalam terjemahan KJV? Saya juga tidak tahu.

Deta, buat apa saya tahu NAMA ASLI Iblis? Silakan anda cari sendiri, haha...Tapi mengaku Iblis adalah Lucifer, itu tandanya anda harus mengedit blog anda lagi....Silakan ngeyel terus....

Debu tanah's picture

@ Vant, saya tidak peduli

Vant:
Deta, buat apa saya tahu NAMA ASLI Iblis? Silakan anda cari sendiri, haha...Tapi mengaku Iblis adalah Lucifer, itu tandanya anda harus mengedit blog anda lagi....Silakan ngeyel terus....

DETA:

Lho, lalu buat apa kamu ngurusin blog saya ini?

Banyak orang mengatakan nama Iblis adalah Lucifer, maka saya menggunakan kata itu, supaya nyambung mas. Bereans menamai iblis LUCIEL, Hai menamai Iblis = Adam, terserah deh. Hahaha..

Kl ngotot jg, silakan anda kampanye untuk mengubah nama Iblis tsb. Bl sudah berhasil merubah nama Iblis kasih tahu saya ya, maka akan saya edit blog saya ini. Hehe

Kenapa saya tidak peduli pd permintaan anda untuk membuktikan apakah Lucifer nama Iblis? Karena itu bukan inti blog ini.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Vantillian's picture

Deta, haha...seperti biasa...blog anda menggenaskan

Haha...Deta, saya sudah kasih bukti, anda ngeyel...Tapi seperti biasa, blog anda cuma untuk mempermalukan diri anda....Haha.... Terserah sih anda mau edit atau tidak, tapi ya kayak dulu lah, blog anda populer hanya untuk menunjukkan kebebalan dan kesombongan anda....Ok, saya gak ngurusin blog anda, ga level ya yaoo...

Debu tanah's picture

@ Vant, haruskah saya edit?

Wah saya tidak merasa mempermalukan diri sendiri tuh.

Yang sombong siapa? Haruskah saya edit kata "Lucifer" dalam blog ini menjadi "Adam" supaya anda happy seperti dalam blog yg anda banggakan itu? Hahaha...

Anda ini benar2 pelanggan yang gak tahu diri ya, saya lg dagang pisang koq maksa beli mangga, piye toh mas?

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Vantillian's picture

Deta, haha....

Deta, anda tidak harus mengedit kok...Itu tergantung anda...Tapi kalau ada pelanggan, bok dilayani....Jangan asal main ngeyel...siapapun bisa...Kalau gak bisa melayani, bilang terus terang....Kalau tidak, anda cuma sepertinya dipermainkan dalam blog sendiri....Kan kasihan kan?

Debu tanah's picture

@ Vant, sudah dijawab Pniel

Bagus kl paham itu hak saya. Tp bagi saya pertanyaan anda diluar konteks blog ini, sdh saya jelaskan di atas.

Rupanya Pniel yang sabar melayani gaya anda dan menjawab pertanyaaan anda itu, jadi silakan dilanjut. Hehehe..

Tapi saya membaca gelagat buruk, anda masih pake jurus lama dan tidak ada peningkatan ilmu.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Vantillian's picture

Deta, anda juga sama...

Deta, jurus anda juga sama, mempermalukan blog sendiri....Haha..Jurus lama saja anda dan Pniel udah keteteran, apalagi jurus baru...Haha...Baru dikasih sedikit logika sederhana, si superman sudah tumbang, haiya...Cin Phai Se ya....

Debu tanah's picture

@ Vant, jurus ngalor ngidul dan jurus ngeles

Hehehe... Maaf ya mas, saya tidak mempermalukan diri saya sendiri. Saya tidak melayani debat kusir kamu kan?

Saya lihat kamu tidak mampu melayani Pniel, payah deh kamu. Tampaknya Pniel benar, kamu tidak pantas menyandang nickname Vantillian !

Jurus yang anda gunakan menafsirkan Yesaya 14:2 persis seperti jurus Suheng anda dalam menafsirkan Ibrani 2:14, baca SINI. Yaitu menggunakan jurus NGAWUR! Ini yang saya sebut dengan jurus lama anda! Hahaha..

Anda sepaham ya dengan suheng anda itu? Anda sih terlalu lama bergaul dengan beliau jadi ketularan penyakitnya. Hahaha..

Siapa yang mempermalukan diri sendiri?

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Vantillian's picture

Deta, kalau gak sanggup

Deta, kalau gak sanggup layani, bilang saja terus terang....Link anda itu urusan anda dengan blogger lain. Kalalu anda bilang gak bisa layani saya, kan saya maklumi. Kasihan yang buka toko kan? Atau anda mau bilang lagi AKHIRNYA anda SEDANG mencari kebenaran seperti lapak anda terdahulu? Hahaha...

Debu tanah's picture

@ Vant, yang ngelink pertama siapa?

Lha, anda kan yang ngelink-ngelink duluan ke blog orang lain? Tuh baca komentar pertama anda. Udah lupa ya? Konsisten dong!

Mana bisa dibilang tidak sanggup? Wong saya tidak ngelayani anda debat kusir? Pniel yang sepaham dengan saya sudah melayani anda, sama saja kan? Dan ternyata anda tidak mampu mengimbangi!

Btw, kok maksa harus saya yang melayani anda sih? Wah anda masih dendam ama saya ya? Hehehe.. gak baik lho!

Saya memang jujur berkata bahwa saya SEDANG mencari kebenaran, itu sebab saya upayakan banyak merenung dan belajar. Paulus saja bilang dia masih "mengejar", siapa saya?

(Tapi saya "mengejar" menurut ukuran iman yang dikaruniakan Allah pada saya.)

Dan siapa anda? Anda yang MERASA tahu segala hal dan MAKSA orang supaya MENERIMA pemahaman kalian! Karena gak mampu berargumen seringkali menggunakan jurus-jurus yang tidak fair sama sekali.

Tuh terbukti kan siapa yang sombong?

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Vantillian's picture

deta, coba baca...

Deta, coba baca dulu koment saya baik-baik, siapa yang maksa? Haha....Memang bo phai se la...Link saya itu buat anda belajar, sedangkan link yang anda kasih itu buat anda malu, itu bedanya lho...Haha.,....Dendam? dendam dari Hongkong? Ngapain dendam ama yang gak level? Hohoho....Ya, sudah, lain kali buka lapak, tulis NB : Gak bisa layani karena sedang mencari kebenaran. Hehe...

Debu tanah's picture

@ Vant, kan saya bilang

Kan saya bilang sudah dilayani oleh Pniel, sama saja kan dia saudara kita juga kan? Dia lebih hebat malah dalam menjelasakan secara teologis. Jadi silakan dijawab argumen Pniel itu.

Tapi saran saya jangan pake jurus ngeles lah. Malu atuh, kecuali motivasi anda dalam berdebat memang salah sama sekali. Buktikan bahwa motivasi mu benar, buktikan kamu tidak dendam sama saya. Hehehe.. 

Gimana?

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Vantillian's picture

Deta, gini aza deh....

Deta, siapa yang ngeles? Bukankah anda yang ngeles ketika saya beritahu anda? Kenapa sekarang berubah jadi Adam? Menyalahkan Hawa? Hoho...Anda memang menyerahkan kepada Pniel, tapi coba lihat argumennya, isinya kumur-kumur semua. Belum bisa membedakan perumpamaan, analogi dan personifikasi. Haha, dia uda keteteran tuh, dia saudara kita juga kan? Kenapa tidak anda bantu? Kasihan atuh....

Motivasi siapa yang melihat? Itu urusan saya dengan Tuhan. Kita sedang diskusi topik, bukan diskusi motivasi siapa yang jelek. Coba baca deh komentar Pniel, penuh sumpah serapah, untung ga ada kutuknya. Kalau ada, maka saya bisa jadi bencong, gawat dah....Habis itu, pniel malah gak bisa bedain Vant adalah bencong itu apakah sama analoginya dengan Vant adalah blogger. Haha...

Debu tanah's picture

@ Vant, saya ulangi

Gini ya mas, bagi saya mengenai nama Lucifer bukan hal penting, mau diganti "Adam" atau "hantu belau" kek, gak masalah, yang penting pembaca ngerti maksud saya. Ngerti mas?

Karena anda lelet, saya ulangi deh: saya lagi jual pisang, tidak jual mangga, sementara anda nyarinya mangga... Kemudian kebetulan Pniel lewat lapak saya dan dia jualan mangga, maka dia jual mangganya pada anda. Ya anda dong yang tawar menawar denga dia. Mosok saya ikutan nimbrung? Hehehe..

Mengenai motivasi anda, sangat jelas dari cara anda berkomentar lho.

Makanya cobalah inisiatif lebih lembut pada Pniel, mungkin dia juga akan lebih lembut berkomentar. Yah seperti saya pada anda ini lah. Hehehe..

Lihat sendiri kan gara-gara kalian lapak saya jadi banyak sampah tuh..

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Vantillian's picture

Deta, coba bercermin

Deta, coba bercermin...Bukankah sampah-sampah saya telah memperkaya blog bangkai anda? Sampah saja anda sudah tidak bisa urus...Haha...Apalagi mutiara? Kalau anda menolak belajar rendah hati, ya siap2 dengan sampah yang menghiasi tulisan anda...Yah, setidaknya sampah lebih baik dari bangkai kan?

Debu tanah's picture

@ Vant, biar anda puas saya edit deh..

Karena anda memaksa, supaya anda puas saya edit deh sesuai dengan blog yang anda sarankan itu:

Allah sudah melakukannya. Allah telah menciptakan makhluk yang teramat mulia, makhluk itu bernama ADAM, saking mulianya dia tidak membutuhkan Terang itu, di waktu yang lampau sebelum kita dijadikan, dia sudah memberontak dan membawa sepertiga malaikat bersamanya.

Puas anda? Gimana, apa blog saya sudah tidak BANGKAI lagi kan?

Hahahaha...

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Vantillian's picture

Deta, hahaha...

Deta, inilah caranya orang bebal memperbaiki diri...Makin perbaiki, makin bebal... memang ini kebenaran yang sangat mengherankan...

Debu tanah's picture

@ Vant, ini kan saran anda..

Hehehe.. anda tertawa kan? Sangat lucu ya? Hahaha.. itulah lucunya anda itu!

Dalam blog ini saya menulis:

Allah sudah melakukannya. Allah telah menciptakan makhluk yang teramat mulia, makhluk itu bernama Lucifer, saking mulianya dia tidak membutuhkan Terang itu, di waktu yang lampau sebelum kita dijadikan, dia sudah memberontak dan membawa sepertiga malaikat bersamanya.

Padahal saya sudah mengatakan alasan saya menggunakan nama itu, karena kebanyakan orang tahunya bahwa nama iblis adalah Lucifer dengan referensi Yesaya 14:12 spt penjelasan Pniel. Juga sudah saya jelaskan bahwa ini bukan lah inti blog ini.

Tapi anda tetap NGOTOT berkata bahwa saya salah bahwa Lucifer bukan Iblis, dan memberikan link blog suheng anda yg mengatakan bahwa iblis = Adam, dan memberikan argumen dari ayat lain yang tidak ada hubungannya sama sekali. Lalu dengan terpaksa saya edit menjadi:

Allah sudah melakukannya. Allah telah menciptakan makhluk yang teramat mulia, makhluk itu bernama ADAM, saking mulianya dia tidak membutuhkan Terang itu, di waktu yang lampau sebelum kita dijadikan, dia sudah memberontak dan membawa sepertiga malaikat bersamanya.

Padahal saya sudah bilang SAYA TIDAK PERDULI entah nama iblis itu adalah ADAM, HANTU BELAU atau siapapun. Dengan itikad baik itulah saya MENGALAH dan sudah menggantinya menjadi ADAM, kenapa sekarang anda tidak happy?

Anda sebenarnya maunya apa sich?? 

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Vantillian's picture

Deta, haha

Deta, inilah caranya orang bebal memperbaiki diri...Makin perbaiki, makin bebal... memang ini kebenaran yang sangat mengherankan...

Debu tanah's picture

@ Vant, melempem

Hehehe.. koq melempem gini mas. Ada 2 kemungkinan nih:

1. Anda sudah menyadari kesalahan anda, tapi karena malu ngakuin ya melempem gini.

2. Anda sebenarnya masih NGOTOT, tapi karena sudah tidak mampu berargumen lg ya jadi melempem juga.

 

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Vantillian's picture

Deta, haha

Deta, inilah caranya orang bebal memperbaiki diri dan berargumen...Makin perbaiki dan berargumen, makin bebal... memang ini kebenaran yang sangat mengherankan...

Pniel's picture

Deta, tambahan dari saya.

Lucifer berarti bintang timur. SATU-SATUNYA ayat di Alkitab yang MEMPERSONIFIKASIKAN  kata 'Lucifer' sbg the fallen angel adalah didalam Yesaya.14:12. Kata tsb BUKAN HANYA sekedar sebutan/gelar TETAPI JUGA Alkitab menyatakan Lucifer sbg the fallen angel !

PERLAKUAN Alkitab terhadap istilah ini (Lucifer) pada ayat tsb TIDAK SAMA dengan kasus kata Lucifer yang ada di bagian lain Alkitab. Dalam I Petrus.1:19 kata Lucifer dipakai sbg penggambaran/perbandingan/analogi dari kalimat sebelumnya. Dalam Wah.2:28 kata Lucifer dipakai dalam arti simbolik. Dalam Wahy.22:16 kata Lucifer dipakai sbg sebutan/gelar Kristus.

Jadi tak heran kalau para theolog/penafsir menafsirkan Lucifer sbg the fallen angel/iblis sesuai konteksnya karena memang Alkitab yang menyatakan demikian. Dan ini bisa diterima secara luas dikalangan kekristenan Injili.

Tetapi rupanya kelompok sesat yang sering mengklaim dirinya reformed selalu sok yak yak o dengan maksud menjelekkan reformed dan menipu SSer supaya terkecoh dengannya.

Kata memang boleh sama, tetapi harus melihat konteksnya bagaimana konteks memperlakukan kata tsb dalam suatu rangkaian kalimat yang utuh.

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

hai hai's picture

@Pniel, Jangan Berkotek

Lucifer berarti bintang timur. SATU-SATUNYA ayat di Alkitab yang MEMPERSONIFIKASIKAN  kata 'Lucifer' sbg the fallen angel adalah didalam Yesaya.14:12. Kata tsb BUKAN HANYA sekedar sebutan/gelar TETAPI JUGA Alkitab menyatakan Lucifer sbg the fallen angel !

PERLAKUAN Alkitab terhadap istilah ini (Lucifer) pada ayat tsb TIDAK SAMA dengan kasus kata Lucifer yang ada di bagian lain Alkitab. Dalam I Petrus.1:19 kata Lucifer dipakai sbg penggambaran/perbandingan/analogi dari kalimat sebelumnya. Dalam Wah.2:28 kata Lucifer dipakai dalam arti simbolik. Dalam Wahy.22:16 kata Lucifer dipakai sbg sebutan/gelar Kristus.


Jadi tak heran kalau para theolog/penafsir menafsirkan Lucifer sbg the fallen angel/iblis sesuai konteksnya karena memang Alkitab yang menyatakan demikian. Dan ini bisa diterima secara luas dikalangan kekristenan Injili.

Tetapi rupanya kelompok sesat yang sering mengklaim dirinya reformed selalu sok yak yak o dengan maksud menjelekkan reformed dan menipu SSer supaya terkecoh dengannya.


Kata memang boleh sama, tetapi harus melihat konteksnya bagaimana konteks memperlakukan kata tsb dalam suatu rangkaian kalimat yang utuh.


Ha ha ha ha .... Pniel ha ha ha ha  ...... Setiap kali anda berkata tentang KONTEKS saya ngakak sampai sakit perut. Hal itu terjadi karena setiap kali anda berkata KONTEK yang anda maksudkan adalah jurus tafsir 1001 mimpi.

Walaupun menggunakan kata yang berbeda namun JURUS anda seiring sejalan dengan JURUS Budi Asali yang ketika pake jurus tafsir 1001 mimpi selalu bilang, "Kita harus memahaminya secara ROHANI" juga seiring dengan gaya para pengkotbah alam roh yang selalu bilang, "Jangan gunakan akal, namun pahami dengan roh." KOTEK, MAKNA ROHANI, MAKNA ROH ketiga-tiganya sama-sama berangkat dari stasiun yang sama yaitu JURUS tafsir 1001 mimpi.

Mari kita bahas tentang Yesaya 14:12 untuk melihat bagaimana KONTEKS Pniel MENGHARUSKAN Heylel ben Shachar = bintang timur putera Fajar dalam ayat tersebut adalah MALAIKAT?

Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putera Fajar, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa! Yesaya 14:12

Engkau yang tadinya berkata dalam hatimu: Aku hendak naik ke langit, aku hendak mendirikan takhtaku mengatasi bintang-bintang Allah, dan aku hendak duduk di atas bukit pertemuan, jauh di sebelah utara. Yesaya 14:13

Aku hendak naik mengatasi ketinggian awan-awan, hendak menyamai Yang Mahatinggi! Yesaya 14:14

Sebaliknya, ke dalam dunia orang mati engkau diturunkan, ke tempat yang paling dalam di liang kubur. Yesaya 14:15

Orang-orang yang melihat engkau akan memperhatikan dan mengamat-amati engkau, katanya: Inikah dia yang telah membuat bumi gemetar, dan yang telah membuat kerajaan-kerajaan bergoncang, Yesaya 14:16

yang telah membuat dunia seperti padang gurun, dan menghancurkan kota-kotanya, yang tidak melepaskan orang-orangnya yang terkurung pulang ke rumah? Yesaya 14:17

Pniel, tolong tunjukkan, KALIMAT atau KATA mana di dalam ayat-ayat tersebut di atas yang MENGKONTEKSKAN bahwa bintang timur putera Fajar dalam Yesaya 14:12 adalah MALAIKAT?

KONTEKSNYA bintang timur putera Fajar dalam Yesaya 14:12 harus TAFSIRKAN sebagai FALLEN ANGEL alias MALAIKAT. Pniel, itu bukan KONTEKS namannya, namun KOTEK. bintang timur putera Fajar dalam Yesaya 14:12 harus TAFSIRKAN sebagai FALLEN ANGEL alias MALAIKAT karena Pniel BERKOTEK bahwa itu KONTEKSNYA. Ha ha ha ha ....

Ha ha ha ha ... Pniel, Adrina jauh lebih cerdik dari anda karena walaupun sudah diejek dan ditantang, dia sama sekali tidak berani mengutak-atik ayt-ayat yang saya gunakan untuk mendukung blog: Naga Besar itu Si Ular Tua Yang Disebut Iblis atau Satan Adalah ADAM.

Nah, Pniel yagn terhormat, tolong tunjukkan konteksnya kepada kami atau anda memang HANYA jago BERKOTEK? Ha ha ha ha ...

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Pniel's picture

@anak iblis, berlakulah ksatria!

anak iblis, berlakulah ksatria. Saya telah menanyai anda mengenai arti kata 'Adam', tetapi sampai sekarang anda belum menjawabnya, malah menuduh saya berdebat kursi..Eh, koq sekarang enak aja anda memulai perdebatan dengan memberi saya pertanyaan, emangnya anda amnesia dengan pertanyaan saya sebelumnya itu?

anak iblis, kalau anda memang mengakui pintar sedunia dan menjadi nabi yang paling diilhami oleh Sang Gelap, silahkan jawab dulu pertanyaan saya yang AMAT SANGAT mudah SEKALI. Berlakulah ksatria! Saya cukup sibuk hari ini sehingga saya tdk akan melayani bualan anda.

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

hai hai's picture

@Pniel, Bila Anda...

Pniel, sudahlah. bila nggak ngerti apa arti Adam dan terlalu malas mencari walau udah di kasih linknya, memang benar-benar Bo kiu (tidak tertolong lagi).

Namun nggak apa-apa karena tujuan saya memberi komentar bukan hanya agar anda bertobat namun juga memberi tahu blogger lainnya tentang ajaran Alkitab yang benar. Bila anda nggak mau bertobat, emang gua pikirin? Ha ha ha ha ...

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

hai hai's picture

@VAntillian, Percuma

Vantillian, percuma ngurusin debu tanah. Buang-buang waktu!

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

@ Vant, dengerin tuh saran Om Hai

Betul Vant, jangan ngurusin blog saya. Urus saja kawan anda yang sesat itu! Bantu dia memecahkan temuan barunya misteri Iblis = Adam. Hahahaha...

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

Vant, Orang Bodoh ...

Vantillian, orang bodoh masih bisa diajar namun orang yang sudah MEMUTUSKAN untuk BEBAL benar-benar bo kiu (tak tertolong) jadi biarkan dia mengagul-agulkan kebebalannya dan mempertontonkan kebodohannya.

Jangan pernah berusaha mengajar orang demikian, sebab ketika diajar dia akan berlaku KURANG AJAR.  Buang waktu percuma.

Oh Tuhan, musnahkanlah orang-orang bebal di dunia ini agar dunia ini menjadi lebih nyaman.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

@ Vant, Bila orang bebal berdoa

Ada seorang bebal dengan pedenya berdoa demikian:

Orang bebal: Oh Tuhan, musnahkanlah orang-orang bebal di dunia ini agar dunia ini menjadi lebih nyaman.

Tuhan: Waduh kamu yakin berdoa demikian?

Orang bebal: 100% yakin Tuhan!

Tuhan: Bila demikian, maka kamulah yang pertama Aku musnahkan ! Mau?

Orang Bebal: Haaa?? Ampuon Tuhan !!! Ampuon !!

Tuhan: Makanya jangan PENTANG BACOT SEMBARANGAN !!

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Pniel's picture

@Deta, ini pendapat saya untuk anda, cc:Vantillian.

Para penafsir/theolog menafsirkan bhw Lucifer adalah penghulu malaikat yang telah jatuh didalam dosa, dengan menggunakan dasar Yesaya.14:12, bukan bagian lain dari Alkitab (Wahyu.2:28, II Petrus.1:19); Karena disana (Yes.14:12) 'lucifer' dipersonifikasikan sbg suatu pribadi yang sebelumnya menduduki tempat tinggi di langit namun pada akhirnya ia dihempaskan ke bumi karena kecongkakannya. Sedangkan di II Petrus.1:19, 'lucifer' disana dipergunakan sbg mana apa adanya arti dasar kata tsb, yaitu Venus/bintang timur karena konteksnya mencoba menggambarkan atau mengumpamakan seseorang yang mendapat peneguhan (iluminasi) dari firman yang disampaikan oleh para nabi. Sedangkan di Wahyu.2:28 kata 'lucifer' disana harus diartikan sbg simbolis. Banyak para penafsir yang mengartikannya sbg 'ikut memerintah bersama dengan Kristus' atau 'kemuliaan besar di sorga'. Wahyu.22:16, disana 'bintang timur' (lucifer) menurut konteksnya harus diartikan sbg Yesus Kristus. Terkadang sebutan/penggambaran untuk Kristus dan iblis adalah sama. Bedanya adalah yang satu dipakai sbg suatu penghormatan, sedangkan yang lain dipakai dalam arti yang negatif.

Misal : di I Petrus  5:8 ("Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.") iblis digambarkan sbg singa. NAMUN di Wahyu 5:5 ("Lalu berkatalah seorang dari tua-tua itu kepadaku: "Jangan engkau menangis! Sesungguhnya, singa dari suku Yehuda, yaitu tunas Daud, telah menang, sehingga Ia dapat membuka gulungan kitab itu dan membuka ketujuh meterainya.") Kristus juga dijuluki sbg singa.

Iblis memang suka meniru2 Tuhan atau pekerjaan-Nya atau apapun yang berhubungan denganNya, misal : menyamar sbg malaikat terang. Tujuan iblis melakukan semua itu adalah untuk menerkam lawan yang lengah dan yang mudah dibodohi olehnya.

Vant : Iblis memang kena hukuman karena kesombongannya, tetapi menyatakan Lucifer adalah Iblis? Darimana anda tahu?

Kalau Vant menolak bhw Lucifer bukan iblis, maka pertanyaan saya adalah coba Vant jelaskan kalimat anda sendiri yang ada diatas yang saya bold! Berikan justifikasi ayat FT!

Sekian dulu. Thanks.

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

sandman's picture

@Pniel 2 ayat itu..

Apakah singa dalam dua ayat itu bisa di bandingkan? yang satu disebutkan "sama seperti" atau dengan kata lain itu seumpama, dan yang satu adalah julukan, saya kira tentu beda tafsiran antara perumpamaan dan julukan.

 

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

Vantillian's picture

Pniel, anda kumur2?

Para penafsir/theolog menafsirkan bhw Lucifer adalah penghulu malaikat yang telah jatuh didalam dosa, dengan menggunakan dasar Yesaya.14:12, bukan bagian lain dari Alkitab (Wahyu.2:28, II Petrus.1:19); Karena disana (Yes.14:12) 'lucifer' dipersonifikasikan sbg suatu pribadi yang sebelumnya menduduki tempat tinggi di langit namun pada akhirnya ia dihempaskan ke bumi karena kecongkakannya. Sedangkan di II Petrus.1:19, 'lucifer' disana dipergunakan sbg mana apa adanya arti dasar kata tsb, yaitu Venus/bintang timur karena konteksnya mencoba menggambarkan atau mengumpamakan seseorang yang mendapat peneguhan (iluminasi) dari firman yang disampaikan oleh para nabi. Sedangkan di Wahyu.2:28 kata 'lucifer' disana harus diartikan sbg simbolis. Banyak para penafsir yang mengartikannya sbg 'ikut memerintah bersama dengan Kristus' atau 'kemuliaan besar di sorga'. Wahyu.22:16, disana 'bintang timur' (lucifer) menurut konteksnya harus diartikan sbg Yesus Kristus. Terkadang sebutan/penggambaran untuk Kristus dan iblis adalah sama. Bedanya adalah yang satu dipakai sbg suatu penghormatan, sedangkan yang lain dipakai dalam arti yang negatif.

Pniel, anda sedang melatih kumur-kumur? Saya sudah menunjukkan pola tafsir saya terhadap kata Lucifer, silakan dibantah..Ngapain anda nulis sampah di atas...

Misal : di I Petrus  5:8 ("Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.") iblis digambarkan sbg singa. NAMUN di Wahyu 5:5 ("Lalu berkatalah seorang dari tua-tua itu kepadaku: "Jangan engkau menangis! Sesungguhnya, singa dari suku Yehuda, yaitu tunas Daud, telah menang, sehingga Ia dapat membuka gulungan kitab itu dan membuka ketujuh meterainya.") Kristus juga dijuluki sbg singa.

Luar biasa penafsiran analogi anda..Nampaknya anda sangat mengenal teknik saya. Haha...Sayangnya anda lupa, SINGA itu bukan NAMA Yesus maupun IBLIS. Sedangkan yang saya bahas itu LUCIFER adalah NAMA Iblis. Silakan anda hubungkan lagi deh....

Vant : Iblis memang kena hukuman karena kesombongannya, tetapi menyatakan Lucifer adalah Iblis? Darimana anda tahu?

Kalau Vant menolak bhw Lucifer bukan iblis, maka pertanyaan saya adalah coba Vant jelaskan kalimat anda sendiri yang ada diatas yang saya bold! Berikan justifikasi ayat FT!

Pniel, ayatnya ada di I Timotius....Silakan dibaca sampai habis....Khusus untuk penatua/penilik jemaat....

Debu tanah's picture

@ Pniel, thanks

Thank u brow untuk penjelasannya.

Tampaknya ilmu si Vantilian blm maju-maju. Masih jurus yang dulu, mirip jurus suhengnya.  Hehehe.. silakan dilanjut.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Pniel's picture

@Sandman

Sandman,ke 2 ayat tsb bisa dibandingkan karena walaupun yang satu penggambaran sedangkan yang lain sebutan/julukan tetapi tetap ke 2 ayat tsb memakai kata yang sama,'SINGA', bukan dalam pengertian yang sebenarnya (kucing besar) namun dalam pengertian alegori yang berbeda. Iblis tentu tdk berbentuk singa karena ia adalah makhluk roh, begitu pula Tuhan Yesus tdk berbentuk singa karena Ia adalah Roh. Iblis digambarkan sbg singa karena pola pekerjaannya didalam menjatuhkan manusia mirip spt singa. Kristus dijuluki sbg singa karena Ia adalah yang paling utama/pemimpin -sama spt singa adalah raja rimba.

Konteks menentukan bagaimana kita mengartikan dua kata yang kelihatannya sama namun mempunyai arti yang berbeda, kalau tidak kita akan jatuh ke dalam jurang eisegesis.

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

sandman's picture

@Pniel

Pniel, walaupun kedua ayat tersebut memiliki kata pembanding yang sama yaitu "singa" akan tetapi anda tidak bisa mengabaikan frase yang merupakan sebuah kesatuan,  kata yang satu adalah SINGA dan yang kedua adalah SINGA YEHUDA.

Ketika anda mencoba menganalogikan arti kata LUCIFER dengan  arti kata kedua ayat tersebut saya kira  tidak bisa disamakan, karena kedua aya tersebut memperbandinkan kata dan frase. Sedangkan wacana yang di lempar oleh vantillian sudah jelas satu kata yang sama dalam wilayah ayat yang berbeda. Intinya kita harus punya sebuah titik awal yang bagaimana mentafsir sebuah ayat, atau dengan kata lain kita punya, "guideline" dulu. 

 

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

Pniel's picture

@Sandman

Sandman : Pniel, walaupun kedua ayat tersebut memiliki kata pembanding yang sama yaitu "singa" akan tetapi anda tidak bisa mengabaikan frase yang merupakan sebuah kesatuan,  kata yang satu adalah SINGA dan yang kedua adalah SINGA YEHUDA.

Kedua kata pembanding tsb menggunakan kata yang sama 'SINGA'. Tentu tdk mungkin mempunyai arti yang bertolak belakang dengan kata yang dipakai. Kecuali kalau analogi yg dipakai berbeda, misal : yang satu SINGA, yang lain KANCIL. Apakah anda hendak membedakan antara 'SINGA' dan 'SINGA dari YEHUDA'? Kalau iya, silahkan dijelaskan apa maksud kata yang pertama dan apa maksud kata yang kedua (dalam konteks masing2 ayat). Saya tunggu jawaban anda!

Sandman : Ketika anda mencoba menganalogikan arti kata LUCIFER dengan  arti kata kedua ayat tersebut saya kira  tidak bisa disamakan, karena kedua aya tersebut memperbandinkan kata dan frase. Sedangkan wacana yang di lempar oleh vantillian sudah jelas satu kata yang sama dalam wilayah ayat yang berbeda. Intinya kita harus punya sebuah titik awal yang bagaimana mentafsir sebuah ayat, atau dengan kata lain kita punya, "guideline" dulu. 

Silahkan dijelaskan guideline yang anda maksud yang berhubungan dengan issue ini dan aplikasikan pada persoalan yang anda coba angkat (LUCIFER dan SINGA) !

Thanks.

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

sandman's picture

@Pniel

Pniel bukankah sudah jelas, yang satu itu "seumpama' dan yang satu "julukan" kalaupun memakai kata yang sama "singa" tanpa harus menafsirpun saya kira kita bisa tahu, jika hal itu mempunyai makna yang berbeda, bukan begitu?

Bukankah sudah saya katakan dari tadi, vantillian menanyakan 1 kata yang sama dalam wilayah ayat yang berbeda, sedangkan analogi anda 1 kata dibandingkan dengan frase dalam wilayah ayat yang berbeda. Kurang jelas?

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

Pniel's picture

Sandman, silahkan dijelaskan! Thanks.

Bro, kalau anda kesulitan menangkap atau menjawab pertanyaan saya, maka saya akan sederhanakan pertanyaan saya : apakah artinya kata 'SINGA' di I Pet.5:8 dan frasa 'SINGA DARI SUKU YEHUDA' di Wahyu.5:5??

Pertanyaan saya cukup jelas dan singkat bukan!? Saya tunggu jawabannya!

Thanks.

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

sandman's picture

@pniel bukankah...

anda sudah tahu jawabnya dan  sudah menuliskannya untuk saya? jadi kenapa harus pura2 dalam perahu...

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

Pniel's picture

@Sandman, OK lah kalau begitu.

Bro, saya menanyakan penafsirannya kepada anda sebab anda mengkritik saya dalam hal tsb. Saya suka dikritik (thanks) tetapi alangkah baiknya kalau pengritik memberitahu saya mengenai hal yang sebenarnya, bukan malah melempar balik ke saya lagi.

OK lah kalau begitu. Berarti anda setuju dengan penafsiran saya. Penafsiran saya menunjang akan premis awal saya mengenai kata 'SINGA'. Berarti anda setuju dengan saya dalam hal ini.

Terima kasih Bro. Bless.

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

sandman's picture

@Pniel bukan soal tafsirna

Analogi saya:

Sadarlah s  dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis 1 , berjalan keliling t  sama seperti singa u  yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

bandingkan

Sebab Aku ini seperti singa d  bagi Efraim, dan seperti singa muda bagi kaum Yehuda. Aku, Aku ini akan menerkam, e  lalu pergi, Aku akan membawa lari dan tidak ada yang melepaskan. f

ini analogi anda:

Sadarlah s  dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis 1 , berjalan keliling t  sama seperti singa u  yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

bandingkan

"Lalu berkatalah seorang dari tua-tua itu kepadaku: "Jangan engkau menangis! Sesungguhnya, singa dari suku Yehuda, yaitu tunas Daud, telah menang, sehingga Ia dapat membuka gulungan kitab itu dan membuka ketujuh meterainya.

semoga dengan contoh diatas anda mengerti maksud saya, bukan hasil tafsiran yang saya kritik tapi samplenya. Karena vantillian itu mengangkat isu 1 kata dalam wilayah ayat yang berbeda. Silahkan lanjutkan, biarkan aku belajar lagi.

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

Pniel's picture

@Sandman

Bro, anda mengatakan : bukan tafsiran. tetapi sekarang anda mencoba menyodorkan dan membandingkan ayat2 Alkitab kepada saya. Apa maksud anda, Bro? Bukankah anda sedang mempertanyakan arti dari kata 'singa' dari ayat2 tsb dan ini sama dengan anda menanyakan arti dari ayat2 tsb?? Bukankah yang anda maksudkan toh larinya ke penafsiran ayat juga???

Bro, apakah anda bingung dengan apa yang hendak anda maksudkan ??

Bro, saya hanya menyampaikan gagasan bhw ide LUCIFER yang dikenakan ke diri Allah dan iblis SAMA DENGAN ide SINGA yang dikenakan ke diri Allah dan juga iblis. Keduanya SAMA-SAMA dikenakan kepada DUA pribadi yang berbeda : Allah dan Iblis, namun dengan pengertian yang berbeda.

Kalaulah di Wahyu.5:5 kata 'singa' disana ketambahan frasa 'dari suku Yehuda' toh tidak merubah arti dari ide yang hendak dimaksudkan oleh Allah melalui nabi Yohanes, dengan memakai kata 'SINGA'.

Kalaulah artinya tdk jauh berbeda dengan kata 'singa' yang ada di I Pet.5:8, kenapa anda bedakan dan menuduh saya tdk menggunakan guideline yang benar??

Kalaulah pendapat saya diatas salah, kenapa anda tdk menunjukkan mana yang benar? bukankah pada akhirnya ini menyangkut penafsiran Alkitab juga??

Thanks.

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

sandman's picture

@Pniel

iyah aku tahu maksud kamu pniel, lihat analagiku itu sama juga soal si iblis dan Allah yang memakai kata "seperti singa", jika analogi itu di bandingkan ke analogi si lucifernya vantillian saya kira bisa masuk, karena mewakili hal yang sama dalam wilayah ayat yang berbeda.  kalau memang tidak bisa mengerti oklah.

 

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

Vantillian's picture

Sandman, Pniel menang GAYA, tapi kalau ISI, hahaha

Sandman, setelah diberikan contoh, nampakanya Pniel harus belajar bahasa Indonesia kembali. Itulah akibatnya kalau kebanyakan debat, cuma menang GAYA, kalau soal ISI, hahaha....Jadi, tolong maklumi dia...Dia masih ga ngerti bahwa contoh analogi yang dia berikan ( SINGA dan LUCIFER) hanya GAYA, tapi ISINYA, hahaha....Dia juga gak akan ngerti kalau saya tulis begini :

Kalimat 1: Saya adalah Vantillian di SS ini.

Kalimat 2 : Saya adalah (seperti ) Singa di SS ini.

Pertanyaan 1 : Siapakah Vantillian di SS ini? Jawabannya : Saya

Pertanyaan 2 : Siapakah Singa di SS ini? Jawabannya : Saya

Saya yakin Pniel belum bisa dan belum mampu membedakan kalimat dan pertanyaan di atas, mana yang mutlak benar, mana yang bisa benar bisa salah, mana yang belum tentu benar DAN mana yang tergantung KONTEKS...Hahaha

Pniel's picture

@Vant, anda satu-satunya SSer yang SOK tapi melompong!

Vant : Kalimat 1: Saya adalah Vantillian di SS ini.

Kalimat 2 : Saya adalah (seperti ) Singa di SS ini.

Pertanyaan 1 : Siapakah Vantillian di SS ini? Jawabannya : Saya

Pertanyaan 2 : Siapakah Singa di SS ini? Jawabannya : Saya

Orang tolol spt anda mana bisa menangkap kalimat saya yang sudah saya tulis dengan jelas?

PNIEL WROTE :

Para penafsir/theolog menafsirkan bhw Lucifer adalah penghulu malaikat yang telah jatuh didalam dosa, dengan menggunakan dasar Yesaya.14:12, BUKAN bagian lain dari Alkitab (Wahyu.2:28, II Petrus.1:19); Karena disana (Yes.14:12) 'lucifer' dipersonifikasikan sbg suatu pribadi yang sebelumnya menduduki tempat tinggi di langit namun pada akhirnya ia dihempaskan ke bumi karena kecongkakannya. Sedangkan di II Petrus.1:19, 'lucifer' disana dipergunakan sbg mana apa adanya arti dasar kata tsb, yaitu Venus/bintang timur karena konteksnya mencoba menggambarkan atau mengumpamakan seseorang yang mendapat peneguhan (iluminasi) dari firman yang disampaikan oleh para nabi. Sedangkan di Wahyu.2:28 kata 'lucifer' disana harus diartikan sbg simbolis. Banyak para penafsir yang mengartikannya sbg 'ikut memerintah bersama dengan Kristus' atau 'kemuliaan besar di sorga'. Wahyu.22:16, disana 'bintang timur' (lucifer) menurut konteksnya harus diartikan sbg Yesus Kristus.

Terkadang SEBUTAN/PENGGAMBARAN untuk Kristus dan iblis adalah sama. Bedanya adalah yang satu dipakai sbg suatu penghormatan, sedangkan yang lain dipakai dalam arti yang negatif. Misal : di I Petrus  5:8  iblis digambarkan sbg singa. NAMUN di Wahyu 5:5 Kristus juga dijuluki sbg singa.

(Dikirimkan oleh Pniel pada Rab, 2009-11-11 14:58)

Anda rupanya terlalu TOLOL untuk memahami tulisan saya diatas sehingga ngelindur dan menciptakan TEOREMA sendiri yang ngaco belo.

Anda masih punya PR yang sampai sekarang belum mampu anda jawab (atau anda terlalu bodoh karena TIDAK PUNYA OTAK untuk menjawabnya???), yaitu :

Vant : Iblis memang kena hukuman karena kesombongannya, tetapi menyatakan Lucifer adalah Iblis? Darimana anda tahu?

Kalau Vant menolak bhw Lucifer bukan iblis, maka pertanyaan saya adalah coba Vant JELASKAN kalimat anda sendiri yang ada diatas yang saya bold! Berikan JUSTIFIKASI ayat FT!

(Dikirimkan oleh Pniel pada Rab, 2009-11-11 14:58)

PR ini masih terus bertengger gagah perkasa sebagai bukti bhw anda bukanlah seorang reformed yang cerdas melainkan PENYESAT YANG TOLOL RUAR BINASA.

Jangan memakai KEDOK REFORMED untuk ngibuli SSer. Ajaran anda sama sekali tdk mencerminkan theology reformed. Anda hanya kutip sana sini lalu tafsir seenak udele dewe.

Kalau tidak bisa jawab pertanyaan saya, jangan sesumbar dan mengumpat sembarangan kayak KEBO YANG GEGER OTAK!

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

Vantillian's picture

Pniel, Terkadang?

Pniel : Terkadang SEBUTAN/PENGGAMBARAN untuk Kristus dan iblis adalah sama. Bedanya adalah yang satu dipakai sbg suatu penghormatan, sedangkan yang lain dipakai dalam arti yang negatif. Misal : di I Petrus  5:8  iblis digambarkan sbg singa. NAMUN di Wahyu 5:5 Kristus juga dijuluki sbg singa.

Pniel, apa itu TERKADANG? Maksudnya Terkadang Lucifer itu Iblis, Terkadang Lucifer bukan Iblis? Haiya, sampai sekarang masih gak ngerti hukum kontradiksi? Maki tak jelas lagi....Bo Phai Se...Hahaha.....Saya cuma mengomentari ini karena isi anda semuanya kumur-kumur.

Saya sudah berikan ayatnya, silakan dibantah kalau salah. Ok? Baca saja 1 Timotius 3: 1-7...

sandman's picture

@Vant, Deta, dan Pniel Menurutku..

Apa yang mau disampaikan oleh vantillian adalah sebagai berikut, apakah LUCIFER itu MUTLAK IBLIS? itu saja.. sebelum problem ini disepakati mungkin kita tidak akan menemui titik temu untuk menyelesaikannya.

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

Vantillian's picture

Sandman, hehe...

Sandman, sebenarnya saya sudah jelaskan dengan jelas mengenai ini di atas. Kalau Lucifer hanya simbol buat Iblis di yesaya 14 sedangkan di 2 Pet 1:19 kata lucifer bukan simbol buat Iblis, berarti Lucifer Bukan Nama Iblis. Juga berarti kata Lucifer Tergantung KONTEKS....Tapi yang suka ngomong konteks malah gak ngerti konteks, lalu kumur tak jelas, maki tak ada arah. Sudah jelas gak bisa jawab logika sederhana tapi gak tahu malu ( bo phai se) karena gak mau ngaku. Haha...Kata lucifer masih kontroversi. Apakah itu Bintang timur/Fajar yang memancar cuma berarti simbolik atau memang benar2 adalah NAMA Iblis? Anda bisa membaca sedikit info di wikipedia. Tapi biarkan dulu si Pniel bermulut besar dulu, biar dia tahu gimana rasa malu itu.

Pniel's picture

@Vant, Konteks...konteks...& jelaskan!

Vant : Pniel, apa itu TERKADANG? Maksudnya Terkadang Lucifer itu Iblis, Terkadang Lucifer bukan Iblis? Haiya, sampai sekarang masih gak ngerti hukum kontradiksi? Maki tak jelas lagi....Bo Phai Se...Hahaha.....Saya cuma mengomentari ini karena isi anda semuanya kumur-kumur.

Silahkan lihat konteks ayat yang dimaksud mengenai istilah 'bintang timur'  yang bisa diartikan sbg iblis atau bukan. Saya sudah menjelaskannya pada postingan saya pertama kali di blog ini...jangan PURA PURA tdk melihat lalu berlaku bodoh dengan menanyakan pertanyaan yang menggelikan diatas.

Vant : Saya sudah berikan ayatnya, silakan dibantah kalau salah. Ok? Baca saja 1 Timotius 3: 1-7...

Ok lah.  rupanya kalimat saya dibawah ini TERLALU TINGGI untuk anda mengerti.

Kalau Vant menolak bhw Lucifer bukan iblis, maka pertanyaan saya adalah coba Vant JELASKAN kalimat anda sendiri yang ada diatas yang saya bold! Berikan JUSTIFIKASI ayat FT!

(Dikirimkan oleh Pniel pada Rab, 2009-11-11 14:58)

Sekarang saya mau menanyakan kepada anda dengan pertanyaan yang saya SEDERHANAKAN, dimanakah letak pemahaman dari ayat FT 1 Timotius 3: 1-7 yang anda jadikan dasar dari ajaran anda "Iblis memang kena hukuman karena kesombongannya" ???

SILAHKAN DIJELASKAN !

Saya mengajak anda berdebat dengan baik-baik dan berdasarkan Alkitab. Jangan meledek sembarangan dan menganggap orang lain tolol, tulisannya sampah dan hanya anda sendiri yang pintar sedunia. Silahkan dijawab dengan baik-baik pula!!!

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

Vantillian's picture

Pniel, selesaikan dulu Lucifer...

Pniel, anda ngajak debat, tapi anda maki-maki terus. Tolong anda perhatikan komentar anda semua, penuh makian dan hujatan, anda masih berani berdebat? haha....Anda debat atau memaki? Anda belajar debat dari Budi Asali atau dari mamak-mamak di pasar?

Pniel, saya sudah jelaskan Lucifer BUKAN nama Iblis, anda celoteh sampah semua, padahal kutipan yang anda kutip membuktikan bahwa KATA Lucifer dapat merujuk kepada objek lain. Benar bukan? Ngaku aza susah banget. Berarti Lucifer bukan Iblis donk. Konteks Yesaya 14 itu apa? Konteks Iblis sebagai malaikat jatuh? Atau konteks membicarakan nama Iblis? Atau konteks lain? Anda tahu, anda lah orang terbodoh yang sama sekali tidak mengerti apa inti topik yang saya jelaskan kepada deta. tapi anda kalah malu, gak mau ngaku. Jelas kutipan anda menyiratkan Lucifer bukan NAMA Iblis. Ngaku kan gampang.

Para penafsir/theolog menafsirkan bhw Lucifer adalah penghulu malaikat yang telah jatuh didalam dosa, dengan menggunakan dasar Yesaya.14:12, BUKAN bagian lain dari Alkitab (Wahyu.2:28, II Petrus.1:19); Karena disana (Yes.14:12) 'lucifer' dipersonifikasikan sbg suatu pribadi yang sebelumnya menduduki tempat tinggi di langit namun pada akhirnya ia dihempaskan ke bumi karena kecongkakannya. Sedangkan di II Petrus.1:19, 'lucifer' disana dipergunakan sbg mana apa adanya arti dasar kata tsb, yaitu Venus/bintang timur karena konteksnya mencoba menggambarkan atau mengumpamakan seseorang yang mendapat peneguhan (iluminasi) dari firman yang disampaikan oleh para nabi. Sedangkan di Wahyu.2:28 kata 'lucifer' disana harus diartikan sbg simbolis. Banyak para penafsir yang mengartikannya sbg 'ikut memerintah bersama dengan Kristus' atau 'kemuliaan besar di sorga'. Wahyu.22:16, disana 'bintang timur' (lucifer) menurut konteksnya harus diartikan sbg Yesus Kristus.

Bukankah Lucifer itu bisa Yesus? haha....Anda bolot atau pura-pura bodoh? Anda mau katakan itu KONTEKS? Justru itu yang saya maksudkan. Berarti anda setuju Lucifer bukan nama Iblis kan? TOLONG bilang itu pada deta ya? Pniel, selesaikan dulu ini...Lagipula banyak maki gak ada gunanya. Yang jelas anda gak tahu apa yang anda kumur kan. Model begini sudah berdebat dengan banyak orang? Hahaha.....Menjawab logika sederhana aza udah keteteran, membedakan hukum kontradiksi saja gak bisa, mau debat? Debat saja dengan anak SMA dulu, baru hadapi saya. Ini nih logikanya lagi. Tolong tentukan jawaban mana yang sesuai konteks.

Kalimat 1: Saya adalah Vantillian di SS ini.

Kalimat 2 : Saya adalah (seperti ) Singa di SS ini.

Pertanyaan 1 : Siapakah Vantillian di SS ini? Jawabannya : Saya

Pertanyaan 2 : Siapakah Singa di SS ini? Jawabannya : Saya

Justifikasi Firman? Oh, ini yang anda maksudkan? Biar saya kutip untuk anda baca :

1 Timotius

3:1 Benarlah perkataan ini: "Orang yang menghendaki jabatan penilik jemaat menginginkan pekerjaan yang indah."
3:2 Karena itu penilik jemaat haruslah seorang yang tak bercacat, suami dari satu isteri, dapat menahan diri, bijaksana, sopan, suka memberi tumpangan, cakap mengajar orang,
3:3 bukan peminum, bukan pemarah melainkan peramah, pendamai, bukan hamba uang,
3:4 seorang kepala keluarga yang baik, disegani dan dihormati oleh anak-anaknya.
3:5 Jikalau seorang tidak tahu mengepalai keluarganya sendiri, bagaimanakah ia dapat mengurus Jemaat Allah?
3:6 Janganlah ia seorang yang baru bertobat, agar jangan ia menjadi sombong dan kena hukuman Iblis.
3:7 Hendaklah ia juga mempunyai nama baik di luar jemaat, agar jangan ia digugat orang dan jatuh ke dalam jerat Iblis.

Justifikasi Firman apa ya? Justifikasi seperti ini?

Pniel : Saya menjustifikasi bhw Lucifer yang di identikkan oleh mayoritas orang Kristen dan ditafsirkan oleh para theolog,

Haha...Sori...saya tidak mengikuti standar justifikasi anda...Karena terbukti justifikasi anda ngawur..Lagipula buku teologi saya belum banyak, mana bisa dijustifikasi kayak justifikasi ala Budi Asali, sang teolog tukang kutip...Kalah daftar pustaka sih...


Pniel : Saya mengajak anda berdebat dengan baik-baik dan berdasarkan Alkitab. Jangan meledek sembarangan dan menganggap orang lain tolol, tulisannya sampah dan hanya anda sendiri yang pintar sedunia. Silahkan dijawab dengan baik-baik pula!!!

Pniel, TOLONG bercermin pada komentar sendiri dulu, baru teriak sana-teriak sini...Anda jawab dengan baik-baik? Maafkan saya, melihat komentar hujatan anda, benar2 anda bukan level debat saya. Ilmu logika sederhana saja tidak tamat. Sori Pniel, saya minta maaf. Ilmu anda dari kemarin cuma teriak sana-sini. Anda pikir dengan memaki maka ilmu anda hebat? Di SS, anda kelihatan bodoh dan tolol, bukan karena anda tidak pintar, namun anda sombong. Bukankah anda kelihatan sangat memalukan? Haha....

Pniel's picture

Vant, inilah PENJELASAN TERAKHIR dari saya mengenai DIRI ANDA!

Vant, anda tahu kenapa saya mengolok anda? karena setiap kali saya mencoba berdiskusi baik baik dengan anda selalu dapat ledekan dan olokan yang tak bermutu dari anda. Silahkan review kembali history debat kita di SS ini.

Saya tdk tahu kenapa anda anda begitu memusuhi saya. Sempat saya berpikir apakah karena kehadiran saya disini berpotensi menggeser kedudukan anda sbg 'guru' di SS sehingga anda berusaha mendiskreditkan saya??? atau karena alasan yang lain??? Saya tdk tahu.

Vant, kalau anda menggelak bhw anda bukan seorang pengumpat, saya akan rujuk dalam blog ini dimana ANDALAH YANG PERTAMA KALI MELAKUKAN PENGOLOKAN tsb.

Pertama kali saya mengomentari BLOG DETA dengan menanggapi postingan anda, adalah dalam komentar ini :

http://www.sabdaspace.org/kenapa_allah_menciptakan_iblis#comment-56014

(Dikirimkan oleh Pniel pada Rab, 2009-11-11 14:58)

Dalam komentar saya tsb TDK ADA SAMA SEKALI OLOK-OLOKAN SAYA KEPADA ANDA. Saya BAIK BAIK menanyakan apa yang menjadi pendapat anda. TETAPI APA BALASAN YANG SAYA DAPAT DARI ANDA????

Pniel, anda sedang melatih KUMUR-KUMUR?... Ngapain anda nulis SAMPAH di atas...

(Dikirimkan oleh Vantillian pada Rab, 2009-11-11 16:12)

Vant, kalau memang jawaban saya anda rasa tdk mengena akan apa yang sedang anda tulis sebaiknyalah anda tunjukkan kepada saya dengan BAIK BAIK. Kenapa anda harus mengolok2 saya? Apakah memang sudah menjadi sifat asli anda untuk selalu mengejek orang lain yang anda anggap sbg musuh anda walaupun orang tsb tdk memusuhi anda??

Ketika saya mencoba kembali untuk menawarkan diskusi baik-baik dengan anda, apa yang saya dapatkan????

Pniel, anda ngajak debat, tapi anda maki-maki terus. Tolong anda perhatikan komentar anda semua, penuh makian dan hujatan, anda masih berani berdebat? haha....Anda debat atau memaki? Anda belajar debat dari Budi Asali atau dari mamak-mamak di pasar?

Pniel, TOLONG bercermin pada komentar sendiri dulu, baru teriak sana-teriak sini...Anda jawab dengan baik-baik? Maafkan saya, melihat komentar hujatan anda, benar2 anda bukan level debat saya. Ilmu logika sederhana saja tidak tamat. Sori Pniel, saya minta maaf. Ilmu anda dari kemarin cuma teriak sana-sini. Anda pikir dengan memaki maka ilmu anda hebat? Di SS, anda kelihatan bodoh dan tolol, bukan karena anda tidak pintar, namun anda sombong. Bukankah anda kelihatan sangat memalukan? Haha....

(Dikirimkan oleh Vantillian pada Kam, 2009-11-12 22:26)

Vant, saya tahu betul bagaimana karakter orang seperti anda ini dari tulisan2 yang anda buat. Hai Hai walaupun dia juga seorang pencemooh tetapi ia masih bisa mengendalikan dirinya kala sedang berdiskusi sehingga ga terlalu banyak mengumbar kata-kata cemooh. Mungkin ini disebabkan Hai Hai jauh lebih dewasa dan tua secara umur lebih daripada anda.

Saya malas untuk berdebat dengan anda karena akan lebih banyak cemoohnya daripada diskusinya. Saya tdk akan meladeni anda bukan karena saya tdk mampu. Menghadapi orang sekaliber S3 spt Dr. Steven Liauw dan Dr.Suhento Liauw saya sanggup menaklukkannya, masak dengan orang spt anda yang tdk punya kemampuan cukup saya tdk mampu?? Anda anggap pernyataan saya ini bentuk kesombongan? hahaha...saya menyatakan ini bukan untuk gagah-gagahan atau menyombongkan diri tetapi untuk membuktikan bhw seorang pencemooh spt anda tdk layak untuk merendahkan orang lain.

Sekian dulu Vant.

Tuhan Yesus memberkati.

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

Vantillian's picture

Pniel, Silakan Bercermin....

Pniel, saya tidak memusuhi anda. Saya tidak dendam kepada anda. Silakan anda baca komentar anda SEMUANYA. Siapa yang mengumpat dan memaki? Bukankah dari awal saya TETAP berargumen secara JELAS kepada anda? Saya menyatakan LUCIFER BUKAN NAMA IBLIS. Anda datang dan menjelaskan ini dan itu. PAda intinya kutipan anda sama dengan pendapat saya. Tapi anda kumur-kumur terus TIDAK ADA ARAH. Dan anda MALU ngaku bahwa Lucifer ternyata BUKAN Iblis, tapi bisa juga Tuhan Yesus? Saya memakai contoh sederhana, anda bahkan tidak menjawab, tetapi mengumpat. Siapa yang menyatakan bencong, kebo, dsb? Haha...Pniel, anda tahu, orng bebal kalau mau berdebat begitu caranya. Coba anda perhatikan cara debat anda. ANda debat dari TOPIK kepada DIRI. Anda debat dari MASALAH akhirnya berujung kepada PRIBADI. Anda bilang sudah berdebat dengan banyak orang? Debat dari Hongkong? Anda tahu, di depan publik, kalau anda menuliskan komentar di atas ini, bukankah anda seharusnya MALU karena cengeng? Setelah mencaci maki habis orang lain, kemudian menyalahkan orang lain mengumpat dan mengolok2? Saya menuliskan komentar saya berdasarkan standar orang tertentu. Kepada anda, saya menuliskan komentar dengan pedas.

Anda minta justifikasi ayat Firman mana tentang kesombongan Iblis, bukankah saya sudah kasih? Justifikasi apa? Bahwa saya harus KUTIP kutipan teolog supaya tulisan saya VALID? Haha....Itu bukan justifikasi namanya, itu tukang kutip daftar pustaka. Hanya pecundang bebal yang selalu berteriak menang ketika bertarung. Anda mau berdebat dengan siapapun, tapi nyatanya anda TIDAK BISA melawan argumen saya di SS. Berkali2 saya sudah peringatkan, anda malahan kekeh jumekeh. Mungkin anda punya reputasi debat di gereja anda. Tapi kalau di SS??? Hahaha....Lihat saja, anda bahkan tidak bisa membedakan hukum kontradiksi. Lucifer adalah Iblis dan Lucifer BUKAN Iblis bahkan anda kurang nangkap. Pniel, silakan bercermin dulu......

Soal Hai-hai, memang dia jauh lebih bijaksana dan tua dari saya. Karena itu saya belajar banyak darinya. Anda tidak belajar dari mulanya. Sehingga umpatan dan makian anda makin lama makin mahir. Pniel, silakan bercermin saja. Lihat argumen anda. Anda sudah di Skak mat tapi membela diri dengan menyalahkan orang lain. Silakan baca komentar anda sendiri dan MALULAH pada diri sendiri. Lalu siapkan diri anda, hadapi saya di ronde berikut. Mau Debat dengan Suhento Liauw berdasarkan Model anda gini? hahaha...Tolong saya satu hal, jangan mewakili reformed vs fundamentalis. Anda sangat memalukan....

Pniel's picture

Vant, bukti bhw anda kerasukan lucifer...

Vant : Pniel, anda sedang melatih kumur-kumur? Saya sudah menunjukkan pola tafsir saya terhadap kata Lucifer, silakan dibantah..Ngapain anda nulis sampah di atas...

Anda sudah menafsirkan kata 'lucifer'? mana? sejauh ini anda hanya mengutip dari Alkitab latin untuk kata lucifer, lalu anda melemparkan pertanyaan mengenai I Petrus.1:19. Anda belum menjelaskan apa-apa yang menjadi issue ini. Anda kerasukan lucifer shg menganggap tulisan orang lain sbg sampah?

Vant : Luar biasa penafsiran analogi anda..Nampaknya anda sangat mengenal teknik saya. Haha...Sayangnya anda lupa, SINGA itu bukan NAMA Yesus maupun IBLIS. Sedangkan yang saya bahas itu LUCIFER adalah NAMA Iblis. Silakan anda hubungkan lagi deh....

Saya tidak pernah mengatakan bhw SINGA adalah nama Yesus maupun iblis. Anda pasti sedang trance ketika baca kalimat saya ya?

Vant : Pniel, ayatnya ada di I Timotius....Silakan dibaca sampai habis....Khusus untuk penatua/penilik jemaat....

Seperti Hai Hai demikian juga Vant : ngacir kalau ditanya balik!

Silahkan dijawab!

Hahaha...anda sungguh memalukan memakai nickname seorang apologet reformed. MENGENASKAN!

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

Vantillian's picture

Pniel, silakan dibantah saja...

Pniel, Iblis terkena hukuman karena kesombongannya, silakan anda baca 1 Timotius 3....Bacalah sampai ayat 7...Satu hal yang perlu saya ingatkan, anda perlu membaca terjemahan Kitab Suci lainnya juga supaya anda jangan bermulut besar lagi menghadapi saya...

Mengenai SINGA dan LUCIFER, nampak jelas anda tidak mengerti mengapa saya menyatakan Lucifer BUKAN nama Iblis. Haha....Anda mentok? Apa persamaan antara perumpamaan SINGA dengan menyebutkan Iblis adalah Lucifer? Nampaknya anda yang ngacir kawan.....Anda belum menjawab sudah bermulut besar.....

Lucifer itu Iblis

Lucifer itu bintang timur

Maka, Bintang timur itu Iblis

Nah, silakan anda beri komentar terhadap logika di atas..Hati2, jangan bermulut besar lagi, supaya anda tidak dipermalukan...Haha

Pniel's picture

Vant, silahkan dijawab jangan ngacir!

Vant : Pniel, Iblis terkena hukuman karena kesombongannya, silakan anda baca 1 Timotius 3....Bacalah sampai ayat 7...Satu hal yang perlu saya ingatkan, anda perlu membaca terjemahan Kitab Suci lainnya juga supaya anda jangan bermulut besar lagi menghadapi saya...

Hahaha...anda memang pembual yang suka ngacir Vant. Logika anda payah, anda suka eisegesis, sifat anda tidak bersahabat, suka meledek, dll. Jadi tak salahkah kalau saya katakan bhw anda sedang kerasukan lucifer?

Andai apologet reformed yg namanya anda pakai itu masih hidup, tentu ia akan protes kepada anda karena anda sama sekali tdk mencerminkan kepandaian dan kerendahan hatinya.

Anda berargumentasi bhw iblis terkena hukuman karena kesombongan. Lalu saya bertannya dimana dasar Alkitab. Anda mengambil ayat di I Tim.3...sbg dasarnya. Silahkan dijelaskan apakah benar justifikasi ayat tsb thdp bualan anda!

Jangan lari Vant kalau tidak maka layaklah anda disebut pengecut yang suka membual!

Vant : Mengenai SINGA dan LUCIFER, nampak jelas anda tidak mengerti mengapa saya menyatakan Lucifer BUKAN nama Iblis. Haha....Anda mentok? Apa persamaan antara perumpamaan SINGA dengan menyebutkan Iblis adalah Lucifer? Nampaknya anda yang ngacir kawan.....Anda belum menjawab sudah bermulut besar.....

Lucifer itu Iblis

Lucifer itu bintang timur

Maka, Bintang timur itu Iblis

Spt yang sudah saya utarakan bhw kebanyakan penafsir menyebut iblis sbg lucifer dengan mengambil dasar di Yes.14:12 BUKAN dibagian lain di Alkitab, demikian juga saya mencoba mengutarakan bhw bukan hanya issue 'lucifer' aja yg dipakai sbg sebutan untuk Tuhan maupun iblis, salah satunya adalah 'singa'. Saya sdh menyebutkan ayatnya dan menjelaskannya secara singkat.

Hahaha...Vant rupanya sifat anda sungguh buruk dan mengenaskan shg anda selalu menuduh saya yang bukan2.

Vant : Nah, silakan anda beri komentar terhadap logika di atas..Hati2, jangan bermulut besar lagi, supaya anda tidak dipermalukan...Haha

Logika diatas? logika apa? anda tidak punya otak shg ga pernah nyambung dengan argumentasi saya koq dibilang logika!?

Hahaha....Vant, anda dan Hai Hai tdk akan pernah bisa mempermalukan satya, JUSTRU andalah yang mempermalukan diri sendiri dengan mengatakan bhw ada jenis kelamin ketiga selain laki - laki dan perempuan, yaitu bukan laki-laki dan bukan perempuan. Hahahaha.....anda memang BENCONG!

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

Vantillian's picture

Pniel, anda masih kumur-kumur?

Hahaha...anda memang pembual yang suka ngacir Vant. Logika anda payah, anda suka eisegesis, sifat anda tidak bersahabat, suka meledek, dll. Jadi tak salahkah kalau saya katakan bhw anda sedang kerasukan lucifer?

Andai apologet reformed yg namanya anda pakai itu masih hidup, tentu ia akan protes kepada anda karena anda sama sekali tdk mencerminkan kepandaian dan kerendahan hatinya.

Lho? Anda masih kumur-kumur?  Anda bertanya dimana terdapat kalimat hukuman Iblis karena sombong, bukankah saya sudah menjawab di 1 Timotius 3 dari ayat 1-7? Haha...Silakan dipelajari dan dibantah kalau saya salah...Sederhana bukan? Tidak usah kumur-kumur ntah kemana...Ntar muntahan anda harus anda jilat balik sama seperti hukum kontradiksi kemarin.

Spt yang sudah saya utarakan bhw kebanyakan penafsir menyebut iblis sbg lucifer dengan mengambil dasar di Yes.14:12 BUKAN dibagian lain di Alkitab, demikian juga saya mencoba mengutarakan bhw bukan hanya issue 'lucifer' aja yg dipakai sbg sebutan untuk Tuhan maupun iblis, salah satunya adalah 'singa'. Saya sdh menyebutkan ayatnya dan menjelaskannya secara singkat.

Anda kumur-kumur lagi? Yang saya tanyakan kepada anda adalah apa persamaan PERUMPAMAAN SINGA dan PENAMAAN PRIBADI? Anda masih bloon? Gak ngerti? Ini saya kasih contoh :

Yesus itu (diumpamakan ) singa

Iblis itu (diumpamakan) singa

Jadi, singa adalah yesus dan Iblis??????

APA SAMANYA dengan

Lucifer itu Iblis

Lucifer itu Bintang Timur

Jadi, bintang timur adalah Iblis??????

Ketika anda menyebut SINGA, anda HARUS menjelaskan apa MAKSUDNYA, tetapi ketika anda menyebut LUCIFER, apakah anda HARUS menjelaskan apa maksudnya? Atau Lucifer=Iblis? Itu saja gak bisa...Anda belajar dari guru mana? Lalu ketika anda menyebut Lucifer adalah Iblis di SATU bagian, sementara di BAGIAN lain Lucifer BUKAN Iblis, bukankah itu namanya Pniel vs Non Pniel? Hahaha....Jadi Lucifer itu Nama atau Bukan? Pertanyaan saya sederhana...Silakan dijawab....

Logika diatas? logika apa? anda tidak punya otak shg ga pernah nyambung dengan argumentasi saya koq dibilang logika!?

Hahaha....Vant, anda dan Hai Hai tdk akan pernah bisa mempermalukan satya, JUSTRU andalah yang mempermalukan diri sendiri dengan mengatakan bhw ada jenis kelamin ketiga selain laki - laki dan perempuan, yaitu bukan laki-laki dan bukan perempuan. Hahahaha.....anda memang BENCONG!

Masih belajar kumur-kumur? Hati-hati menjilat muntahan sendiri......

Pniel's picture

Vant, bencong yang lagi mabok.

Vant : Lho? Anda masih kumur-kumur?  Anda bertanya dimana terdapat kalimat hukuman Iblis karena sombong, bukankah saya sudah menjawab di 1 Timotius 3 dari ayat 1-7? Haha...Silakan dipelajari dan dibantah kalau saya salah...Sederhana bukan? Tidak usah kumur-kumur ntah kemana...Ntar muntahan anda harus anda jilat balik sama seperti hukum kontradiksi kemarin.

Aduh...anda ini benar-benar BENCONG! Ditanya ga njawab eh..malah ngumpat-umpat. Sedang trance ya?

Saya tdk hanya sekedar menanyakan dasar ayatnya tetapi justifikasi dari ayat tsb thdp argumentasi anda. Anda tdk punya otak, ya?

Vant : Anda kumur-kumur lagi? Yang saya tanyakan kepada anda adalah apa persamaan PERUMPAMAAN SINGA dan PENAMAAN PRIBADI? Anda masih bloon? Gak ngerti? Ini saya kasih contoh :

Yesus itu (diumpamakan ) singa

Iblis itu (diumpamakan) singa

Jadi, singa adalah yesus dan Iblis??????

APA SAMANYA dengan

Lucifer itu Iblis

Lucifer itu Bintang Timur

Jadi, bintang timur adalah Iblis??????

Orang sedang trance spt anda mana bisa menangkap kalimat saya!? Eh...malah ngedumel ngalor ngidul, membicarakan hal yang lain.

Siapa yang mengatakan bhw singa adalah Yesus dan iblis??? hahaha anda trance...ngambil kesimpulan sendiri dari pemikiran sendiri.

Saya menjustifikasi bhw Lucifer yang di identikkan oleh mayoritas orang Kristen dan ditafsirkan oleh para theolog, mengambil dasar Yes.14:12. Tentunya ini tdk bisa disamakan dengan ayat yg anda utarakan di I Petrus.1:19 atau Wahyu.2:28 atau Wahyu.22:16. Berdasarkan argumentasi itu maka saya mengambil ilustrasi mengenai kata singa yang bisa berbeda arti, tergantung dari konteksnya.

Hahaha...Vant...Vant...SS adalah tempat orang berdiskusi dengan akal sehat dan memakai dasar Alkitab, bukan tempatnya orang bencong yang mabok!

Vant : Masih belajar kumur-kumur? Hati-hati menjilat muntahan sendiri......

Hahaha...saya sedang menulis di depan komputer, BUKAN sedang berkumur-kumur. Mana bisa kumur-kumur mengetik di keyboard?? 

Kalau menjilat muntahan sendiri...hmmm...siapa takut!? Daripada anda yang sukanya jilat pantat anak iblis sampai basah....hahaha...

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

Vantillian's picture

Pniel, anda memang bo phai se....

Pniel, silakan anda baca kalimat komentar kumur-kumur anda di atas, dan silakan maki terus....Yeh...namanya juga gaya debat abolotgetika....Haha...

Saya menjustifikasi bhw Lucifer yang di identikkan oleh mayoritas orang Kristen dan ditafsirkan oleh para theolog, mengambil dasar Yes.14:12. Tentunya ini tdk bisa disamakan dengan ayat yg anda utarakan di I Petrus.1:19 atau Wahyu.2:28 atau Wahyu.22:16. Berdasarkan argumentasi itu maka saya mengambil ilustrasi mengenai kata singa yang bisa berbeda arti, tergantung dari konteksnya.

Anda justifikasi dari Hongkong? Jadi sekarang kebenaran berdasarkan yang di bold-garis di atas? Hoho...benar2 reformed bo phai se...Ilustrasi? Konteks? Dari Hongkong? APa konteks dari yesaya 14? Jadi Lucifer itu bukan nama Iblis kan? Kata Lucifer kan tergantung konteks? Benar Pniel? Hahaha....Kelihatan bolotnya.... Nah, silakan anda pecahkan dulu logika yang saya kasih...( eits, ini memerlukan hukum kontradiksi/non kontradiksi, anda perlu belajar dulu yah...)

Vant : Anda kumur-kumur lagi? Yang saya tanyakan kepada anda adalah apa persamaan PERUMPAMAAN SINGA dan PENAMAAN PRIBADI? Anda masih bloon? Gak ngerti? Ini saya kasih contoh :

Yesus itu (diumpamakan ) singa

Iblis itu (diumpamakan) singa

Jadi, singa adalah yesus dan Iblis??????

APA SAMANYA dengan

Lucifer itu Iblis

Lucifer itu Bintang Timur

Jadi, bintang timur adalah Iblis??????

 

Pniel's picture

Vant, atololgetik yang suka ngumpat.

Daripada lo umpat-umpat dan trance, mending hati dulu dan baca koment saya hati-hati. Tetapi saya meragukan bhw anda bisa membaca tulisan saya sebab terbukti dari diskusi di SS ini bahwa anda tidak punya otak. Tapi ga apa-apa, ini lebih baik karena SSer lain bisa ngeliat betapa nyampahnya seorang atololgetik yg mengaku reformed ini.

http://www.sabdaspace.org/kenapa_allah_menciptakan_iblis#comment-56014

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

Vantillian's picture

Pniel, anda memang gak level...

Pniel, haha.....Siapa yang mengumpat? Bukankah saya sudah memberikan banyak argumen? Anda tidak mampu mengikuti logika saya? Karena gak mampu memahami hukum kontradiksi? Haha....Pniel, Pniel...anda benar2 bukan level dalam diskusi ini...Sori, silakan anda yang baca, siapa yang mengumpat dan kumur-kumur gak karuan? anda atau saya? Haiya, Bo phai se...

hai hai's picture

@Vant, Dia Belajar Dari Budi Asali

Vant, si Pniel belajar logika dari Pdt. Budi Asali MDiv dan menurutnya, ilmunya baru seujung kuku ilmu gurunya. Mustahil berharap banyak darinya bukan? Ha ha ha ha ha ...

Nampaknya dia baru menguasai ilmu memaki dan menuduh orang sembarangan itu sebabnya dia menggunakannya dengan berlimpah.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Vantillian's picture

Hai..Benar-benar abolotgetika....

Hai, memang benar. Setelah melihat Pniel bertarung, sungguh suatu gaya pertarungan yang memalukan gurunya. Pertama hukum logika tidak dikuasai tapi sok berlogika. Memakai istilah logika tapi terbukti bermulut besar. Setelah melalui beberapa pertarungan, nampaknya ilmunya makin merosot menjadi ilmu kumur-kumur muntah sana muntah sini. Menggunakan metode apologetika tapi hasilnya abolotgetika. Bayangkan gaya debat seperti di bawah ini :

Vant : Luar biasa penafsiran analogi anda..Nampaknya anda sangat mengenal teknik saya. Haha...Sayangnya anda lupa, SINGA itu bukan NAMA Yesus maupun IBLIS. Sedangkan yang saya bahas itu LUCIFER adalah NAMA Iblis. Silakan anda hubungkan lagi deh....

Pniel : Saya tidak pernah mengatakan bhw SINGA adalah nama Yesus maupun iblis. Anda pasti sedang trance ketika baca kalimat saya ya?

Haha....Benar-benar abolotgetika....Kerika dikasih contoh, malah memaki maki tak jelas...Haha...Model seperti ini cuma menang TERIAK lalu MENJILAT muntahan sendiri. Haiya, benar2 bo phai se....

Pniel's picture

@anak iblis, sengatmu telah dipatahkan.

Hahaha...anda cs (termasuk Vant) bukanlah tandingan saya. Setelah saya patahkan sengat anda di sini, sekarang anda hanya pandai berkoar-koar saja.

Kalian berdua (Hai Hai dan Vantillian) memang soulmate. Sama-sama GURU SESAT. Penyesat yang mencoba menyamar sbg orang reformed agar supaya bisa ngibulin SSer bhw kalian berdua Alkitabiah.

Tetapi sayang, SSer punya logika dan Alkitab, sehingga mereka jeli melihat bhw anda berdua tak ubahnya adalah ANAK DARI SI PENDUSTA.

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

Vantillian's picture

Pniel, hahaha...

Bo Phai Se....

jesusfreaks's picture

@sandman : ular, ular tua, ular beludak, naga

Dear brow, Bagaimana dengan kata ular, ular tua, ular beludak, naga harusnya beda dong ? Sama kayak singa dan singa yehuda berbeda. Bintang timur dan bintang fajar dan bintang terang juga beda dong.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

sandman's picture

@JF Aku tahu...

My Beloved JF

Seperti biasa umpan tidak akan saya sambar tapi alih-alih memenuhi rasa ingin tahu anda saya akan berikan link silahkan klik disini

Semoga bisa membantu yah  ^ ^

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

jesusfreaks's picture

@vantilian : pertanyaan pniel

Saya cuma mau tanya pertanyaan yang sama dgn pniel. Kamu bilang iblis dihukum karena kesombongannya, darimana kamu tahu ini ? Iblis yg manakah yang sombong ? Apakah kamu sebagai anak iblis bisa selamat ?

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Vantillian's picture

JF, emangnya Iblis ada berapa?

????

jesusfreaks's picture

@vantilian : mene ketehe

Justru itu yang mau saya cari. Deta bilang lucifer, kamu bilang bukan. Nah iblis yang sombong katamu, iblis yang mana ? Mana ayatnya ? Wah ngalor ngidul nih. Payah lo.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Vantillian's picture

JF,baca deh

JF, baca lagi deh dari atas, saya sudah kasih jawabannya...Setelah itu, baru anda pikir lagi apakah Bapa surgawi mengasihi Lucifer. Haha...Lucifer dari Hongkong???

jesusfreaks's picture

@vantilian : blog saya & ini dipisahkan dong...

payah lo... kayak polri aza, gak bisa menempatkan proritas antara masalah dan akar masalah.

pertanyaan Pniel dan saya, akan saya buat simple.
apakah IBLISmu pada ayat rujukanmu dibawah ini adalah ADAM atau "LUCIFER".
 
saya kasih tanda kutip, agar nama itu jangan dipermasalahkan dulu.
setelah clear, IBLISmu adam atau bukan, baru kita bergerak...
 
INI IBLISmu :
 
I Timotius  1
1:20 di antaranya Himeneus dan Aleksander, yang telah kuserahkan kepada Iblis, supaya jera mereka menghujat.
 
 
I Timotius  3
3:6 Janganlah ia seorang yang baru bertobat, agar jangan ia menjadi sombong dan kena hukuman Iblis. 
 
 
I Timotius  3
3:7 Hendaklah ia juga mempunyai nama baik di luar jemaat, agar jangan ia digugat orang dan jatuh ke dalam jerat Iblis. 
 
 
I Timotius  5
5:15 Karena beberapa janda telah tersesat mengikut Iblis. 
 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Vantillian's picture

JF, payah juga lo...

JF, payah juga lo...Yang saya permasalahkan adalah nama Iblis=Lucifer atau pribadi Iblis=Lucifer. Coba anda baca lagi dari atas komentar saya kepada Pniel dan Deta. Lalu Iblis dihukum karena kesombongannya. Ayatnya sudah anda kutip pada 3:6. Sepertinya anda salah masuk topik permasalahan ya? Klik disini untuk jalur yang benar. Silakan anda diskusi disana.

Debu tanah's picture

@ Vant & JF, JF kamu bantulah saya

Saya gak paham mau nya si Vant itu apa?

Dia protes, karena saya menulis:

Allah sudah melakukannya. Allah telah menciptakan makhluk yang teramat mulia, makhluk itu bernama Lucifer, saking mulianya dia tidak membutuhkan Terang itu, di waktu yang lampau sebelum kita dijadikan, dia sudah memberontak dan membawa sepertiga malaikat bersamanya.

 

Dia menyarankan saya untuk membaca blog Suheng-nya yang berkata iblis = Adam, sebagai referensi. Makanya saya edit menjadi:

Allah sudah melakukannya. Allah telah menciptakan makhluk yang teramat mulia, makhluk itu bernama ADAM, saking mulianya dia tidak membutuhkan Terang itu, di waktu yang lampau sebelum kita dijadikan, dia sudah memberontak dan membawa sepertiga malaikat bersamanya.

 

Lha, bukannya happy, malah menuduh saya bebal. Ini maksudnya apa toh?

Masak saya harus menulis:

Allah sudah melakukannya. Allah telah menciptakan makhluk yang teramat mulia, makhluk itu bernama IBLIS, saking mulianya dia tidak membutuhkan Terang itu, di waktu yang lampau sebelum kita dijadikan, dia sudah memberontak dan membawa sepertiga malaikat bersamanya.

 

Ya ndak matching dong! Masak makhluk yang teramat mulia namanya "IBLIS" / DEVIL / DIABOLOS ?

Juga sudah saya jelaskan bahwa saya tidak peduli entah nama Iblis itu ternyata bukan Lucifer, yang penting semua orang yang baca ngerti. Saya juga udah bilang saya lagi jual pisang bukan mangga, eh dia ngotot mau beli mangga. Tapi si Vant ini emang orang yang sangat sulit mengerti. Entah dia ini BEBAL atau benar-benar bodoh??

JF, kamu tolong tanyakan dialah maunya apa, soalnya si Vant pasti menjawab begini lagi:

Deta, inilah caranya orang bebal memperbaiki diri dan berargumen...Makin perbaiki dan berargumen, makin bebal... memang ini kebenaran yang sangat mengherankan...

 

Tolong ya JF, kamu jadi wasit deh.

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Pniel's picture

@JF, Vant sudah ngacir dari sejak dulu.

Bro JF, jangan terlalu banyak mengharapkan jawaban dari atololgetik yang ga punya otak. Dia tidak sanggup mikir walaupun pertanyaan kita sangat sederhana sekali....ntar malah kita yang diumpat-umpat..hahaha...Jadi harap maklum kalau dia pakai jurus ngalor ngidul.

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

mujizat's picture

@Deta, emang SUHENG itu artinya apa ?

 

 

 

 

 

 

Deta wrote:

Jurus yang anda gunakan menafsirkan Yesaya 14:2 persis seperti jurus Suheng anda dalam menafsirkan Ibrani 2:14, baca SINI. Yaitu menggunakan jurus NGAWUR! Ini yang saya sebut dengan jurus lama anda! Hahaha..

Anda sepaham ya dengan suheng anda itu? Anda sih terlalu lama bergaul dengan beliau jadi ketularan penyakitnya. Hahaha..

Mujizat:

Tanya dunk,...

Emang Su Heng itu artinya apa?  Dari bahasa mana?

Apakah SU = otak dan HENG = miring ?

Karena,....

Di alam imajinasi, saya bertanya pada seseorang:

"Bapak, bapak, ... Apa bentul Iblis itu adalah Adam sendiri? " tanyaku.

"Apa ? " jawab beliau kaget, trus melanjutkan

" Benar-benar sesat pemahaman itu! Siapa yang berkata begitu?" lanjutnya.

MUJIZAT

__________________

 Tani Desa

Josua Manurung's picture

capek...

capek mata... capek hati...

saudara-saudara seiman dalam Kristus Yesus...

yang saya ingat hanya kata-kata ini:

BEBAL, BODOH, SOK TAHU, SESAT, NGEYEL,  dll...

maafkan saya yang protes...

tapi saya juga sudah memaafkan semuanya... hehehe...

maju terus SS!

 

BIG GBU!

__________________

BIG GBU!