Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Nasihat orang fasik

mujizat's picture

Tadi malam saya dan anak saya makan malam di sebuah rumah makan Padang murah meriah di Jokya. Saya dan anak saya duduk menghadap sebuah meja, dan di dekat kami ada tiga orang anak muda duduk menghadap sebuah meja lainnya. Dua lelaki muda dan seorang gadis, sepertinya mereka dari luar kota Yogya dan ambil kuliah di Yogya. Si anak gadis sepertinya "baru", dan salah satu lelaki muda itu sepertinya lebih senior. Cowok ini bicaranya banyak banget kalau ngak boleh dibilang cerewet. It's ok, saya menghargai kebebasan berekspresi. Tapi ada sebuah perkataan cowok itu yang tidak sedap didengar buat orangtua-orangtua yang menguliahkan anaknya dan indekost di Yogya.

"Rokok? " kata si senior kepada lelaki muda lainnya menawarin rokok, dan lelaki muda ini segera mencabut sebatang rokok dari kotak rokok yang disodorkan seniornya.

"Kamu juga, ambil " kata si senior menawarin barang yang dapat menyebabkan impotensi dan gangguan kehamilan dan janin itu.

"Ndak lah, saya ndak merokok" jawab si cewek.

"Ndak apa-apa,... belajar,... mumpung jauh dari orang tua." minta si cowok senior.

Aku memalingkan mukaku untuk menatap tampang "iblis" itu, dan sepertinya ingin menelan dia hidup-hidup,......................

__________________

 Tani Desa

Geadley Lian's picture

Kawal

Sabar pak,selagi bisa mengawal diri ngga perlu cari gara2.Lagian cewek itu kan menolak.Cumaan kalo cewek itu diapa-apain ya mungkin bisa masuk campur.

__________________

geadley

mujizat's picture

Geadley Lian

Tentu saja saya sebatas manatapnya sejenak, lalu kembali menikmati nasi Padang bersama putri tersayang (semua anak saya, semuanya tersayang).

Saya jadi lebih paham makna "kemarahan suci" ketika Yesus membawa cambuk mengusir orang2 yang jualan di bait Allah.  Anak saya yang gede juga protektif thd adik-adiknya, Puji Tuhan.

Salam.

__________________

 Tani Desa

Miyabi's picture

@Mujizat

Lata kitab tetangga sebelah: "Tidaklah beriman seseorang sampai Aku mengujinya." Di satu  sisi kita sebel sama para penggoda, di sisi lain dengan adanya penggoda itu, ujian terjadi dan mereka yang lulus ujian boleh bersukacita. Erich Fromm juga bilang bahwa agresi semacam yang akan Anda lakukan itu dipicu oleh cinta. 

Tambahan saya, cinta juga musti memberi ruang agar orang yang kita cintai itu dapat belajar, baik itu belajar dari ketaatan maupun belajar dari kejatuhan. Kejatuhan adalah hal yang buruk namun ketika kita bangkit kembali, itu juga kemenangan yang berharga.

__________________

".... ...."

mujizat's picture

@Miyabi

Mungkin saya kelewat protektif, dan sepertinya saya perlu belajar "melepas" anak2 saya belajar mandiri.

Kalau tetangga yg lain percaya karma, saya percaya tabur tuai, tapi lebih percaya lagi kebaikan Tuhan.

Tks.

JBU

__________________

 Tani Desa

Geadley Lian's picture

Sedia

Asalkan saja seorang anak sudah cukup mengenal Allah & sudah siap menghadapi dunia luar yang penuh mencabar itu.Persediaan yang rapi adalah sangat penting saat anak2 sudah mendewasa.

__________________

geadley

PlainBread's picture

rumah makan padang

dan anda mau menelan "iblis" yang menawari rokok, selagi makan makanan di rumah makan padang? Anda tau kan, seperti rokok, kolesterol juga bisa menyebabkan impotensi. 

a pot calling a kettle black.

tapi mungkin saya salah. anda pastinya sedang menginjili di rumah makan padang, bukan lagi makan rendang (berima).