Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Oleh-oleh TKW: anak bertubuh Indonesia wajah Arab

mujizat's picture

Dalam dasawarsa terakhir Indonesia masih mengirimkan  buruh TKW yang sebagian besar dikirim ke Arab Saudi. Para pahlawan devisa ini adalah hamba-hamba orang atau hamba manusia karena melayani orang lain dengan bekerja sebagai buruh  dan memperoleh penghasilan dari situ. Lebih dari satu minggu yang lalu sebuah stasiun TV swasta membahas TKW-TKW yang ketika pulang juga membawa “oleh-oleh” seorang atau beberapa orang anak bertubuh Indonesia berwajah Arab (koq bisa yah? Ini namanya mukjijat kale?), padahal mereka tidak pernah menikah sebelumnya.

Sebenarnya pekerjaan melayani majikan dalam urusan ranjang BUKAN termasuk uraian tugas seorang buruh, tetapi apakah itu terjadi karena TKW tersebut“merayu” majikan pria, ataukah lantaran mereka diperkosa kita hanya dapat menduga-duga kecuali kalau yang bersangkutan membeberkan kejadian sebenarnya secara jujur,.. Namun jika mereka ternyata dipaksa melayani dalam urusan syahwat, maka mereka telah menerima perlakuan sebagai budak, bukan lagi sebagai hamba atau buruh,…

Sayangnya pemerintah sepertinya menutup mata terhadap kejadian-kejadian seperti itu, buktinya tidak ada follow-up dan membiarkan itu tetap menjadi catatan pedih rakyat (atau saya yang ketinggalan berita?). Perlu adanya punggawa negeri yang peka terhadap masalah-masalah sosial seperti ini, yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, keadilan dan cinta kasih.

__________________

 Tani Desa

Geadley Lian's picture

Waktu tidak bisa diputar

Tidak tersangka arab mengalami masalah sosial seperti itu.Aku sempat berpendapat suatu ketika dulu bahwa arab adalah negara yang pentingkan maruah tapi ternyata sama saja dengan negara lain.Tapi apakan daya TKW,kalo sudah terlanjur,waktu tidak bisa diputar lagi.

__________________

geadley

HASLAN's picture

@ sedikit..!!!

Lebih dari satu minggu yang lalu sebuah stasiun TV swasta membahas TKW-TKW yang ketika pulang juga membawa “oleh-oleh” seorang atau beberapa orang anak bertubuh Indonesia berwajah Arab (koq bisa yah? Ini namanya mukjijat kale?), padahal mereka tidak pernah menikah sebelumnya.

 

Hati - hati pada kata - kata satire yang terpasang. Bagai manapun ini SABDASPACE. jangan sampai ada yang tersenyum sinis...!!!

 

Untuk lainnya. SEPERTI BIASA jawaban BASI ini terucap KEMBALI....

 

Perlu sikap tegas dari pemerintah dalam pencegahan HAL itu terulang kembali. Caranya memfokuskan TENAGA terlatih dan skill yang cukup dalam semi-Formal dan/atau Formal. Wajib menguasai bahasa Ingris dan/atau Bahasa tempat lokasi kerja.

 

Kalau tidak bisa...!!!

 

Mending tetep di INDONESIA...

 

ORANG LUAR saja tidak MALU BERUSAHA MULAI dari STATUS KECIL  di INDONESIA..

KENAPA KITA tidak MAU...???

 

Jadi ingat lagu - lagu EBIET G ADE...!!! Smile

 

 

                                                         Ngacir)
                                                              .…

                                                           !!!!!!!!

                                                           ????

__________________

Masih belajar............

Bila salah tolong diperbaiki.......

Bila melenceng tolong ditegur...

God Bless Us...

Rusdy's picture

Peran Pemerintah

Saya sendiri juga menyalahkan pemerintah. Kekayaan alam habis dikuras para pengusaha (kebun / penambang / dll) karena aparat terkait mungkin disuap. Eeh, sekarang, kekayaan Sumber Daya Manusia juga tidak dilindungi (TKW).

Kalo dari sisi masyarakat, saya juga nggak tau gimana cara mengatasinya, selaen komplen sana-sini.

 

manguns's picture

Wooiii jangan pada sirik dung

Bagi mereka, dapet duit, dapet enak, dan perbaikan keturunan, dapet turunan nabi. Kalo satu dua di tabokin mah biasa aja... kenapa kita harus refoot.

Geadley Lian's picture

Tidak bisa

Itu soal maruah,uang & harta tidak bisa menjamin apa2.

__________________

geadley

Purnomo's picture

Bang Muji, jangan bergegas menyalahkan pemerintah.

Pada mulanya, bisa jadi yang salah majikannya. Kalau ini penyebabnya, tentu pemerintah ikut salah karena tidak memberi perlindungan yang memadai.

Tetapi bisa saja yang salah TKW-nya. Foto sampel yang Anda unggah menunjukkan betapa cantiknya anak ini. Jangan-jangan, ini dugaan juga lho, ibunya yang salah karena ingin punya anak cantik.

Seorang TKW pernah chatting dengan saya mengungkapkan keinginannya untuk punya anak dari "bibit unggul." Apa motivasinya? Karena bila anaknya kelak lahir ganteng atau cantik gampang cari duit di Indonesia. Entah karena mendapat pasangan hidup yang kaya raya, atau jadi bintang sinetron, dan kemudian mengembalikan investasi ibunya. Karena saya tidak bisa membukakan Alkitab, saya hanya berpesan "careful ajalah jangan malah kena AIDS." Untung dia membatalkan maksudnya.

Bukan dia seorang yang punya keinginan seperti itu. Masih ada yang lain. Tidak perlu dengan majikannya karena mereka bisa melakukan dengan orang luar rumah pada hari Minggu. Biasanya keinginan ini muncul menjelang habis masa kontrak mereka agar tidak repot bila dipecat.

Kehadiran gereja-gereja Indonesia di Hongkong, Malaysia dan Singapore sangat membantu melindungi tenaga kerja perantauan. Kehadiran mereka kemudian diikuti oleh organisasi Muslim yang kuatir adanya pemurtadan. Dengan hadirnya 2 kelompok ini, jangan kata diperkosa, baru dimaki saja mereka sudah melapor. Mereka juga dianjurkan untuk menyimpan gajinya di bank tertentu agar tidak kesulitan mentranser uangnya ke Indonesia. Ketika mereka akan pulang 2 kelompok organisasi ini membantu mereka sehingga mereka tidak kena tipu orang. Belum lagi komunikasi mereka melalui BB yang saling menguatkan dan menghibur.

Saya tidak tahu kepan gereja Indonesia mau hadir di Arab Saudi.

Salam.

manguns's picture

@Purnomo: ha..ha..ha..

Saya tidak tahu kepan gereja Indonesia mau hadir di Arab Saud

Pertama: kirim tkw (kristen) dulu dari papua, menado, tapanuli

Kedua bekali dg cupeng atau badong atau jempang: dg kunci elektronik passw yang bisa dikirim lewat internet

Ketiga: masukan ke agenda sinode atau pgi, atau mawi atau whatever ...

keempat: buntu....kehabisan ide

Geadley Lian's picture

Doa & harapan

Berharap & berdoa,itu yang penting,karna hanya dengan kuasa doa,segala sesuatu bisa terjadi.Perzinahan sebenarnya sangat dilarang.

__________________

geadley

manguns's picture

@Geadley: Berbuat

Berdoa, katanya setengah dari perbuatan. Dan kita diajarin: berbuat, berdoa dan berharap: seturut kehendakNya.

Berharap dan berdoa (saja) = delusional

Maju dan berangkat perang: artinya sudah tahu bakalan membunuh atau dibunuh. Kalau mati namanya RISIKO

Cari duit kearab, berharap dapat keturunan nabi, kalau diperkosa dan disiksa namanya RISIKO. Kalau nggak dapet suami arab yang jadi istri ke 4, supaya nggak dianggap ZINAH.. namanya RISIKO.

Dan, untuk kepentingan SS sebagai ajang diskusi: DOA dan HARAP apa nich menurut @Geadley ? agar diusulkan jadi ajang doa nasional, atau rally doa 7/24, atau kkr doa tkw, atau dll

-supaya mata pemerintah terbuka?

-supaya TKW tidak diperkosa?

-supaya dikawin jadi istri ke 2 3 4?

-supaya walaupun diperkosa arab hasilnya tetap wajah lokal indon?

peace bro: humor aja supaya nggak tegang

Geadley Lian's picture

Sesuatu

Agar kejadian yang sama tidak lagi berulang & pemerintah bisa buat sesuatu tentang kasus ini.

__________________

geadley