Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Kehidupan dalam kekristenan

Geadley Lian's picture

Banyak orang mengaku dirinya kristen tapi kehidupan sehariannya tidak menunjukkan mereka kristen.

Banyak orang merasa bahwa mereka benar serta tidak mengaku bahwa ada orang lain yg lebih benar.

Orang kristen tidak perlu menyatakan mereka kristen karena bisa terlihat dari wataknya.

Seseorang tidak perlu terlalu merasa dirinya benar jika tahu ada kebenaran lain.

Watak utama seorang kristen adalah rendah hati,panjang sabar & setia pada Tuhan yakni tidak terlalu merasa dirinya benar.Di sini saya ingin berkongsi cerita tentang seorang ibu.

Ibu ini terlalu keras terhadap anak tunggalnya sehingga setiap hari anak itu sering mendengar ibunya ngomel trus bahkan ditambahi dengan cubit2an yakni tamparan yg kuat.Dulu sewaktu kecil,anak tunggal ibu ini pernah dimarain teruk sekali bahkan ditendang oleh ortunya & kenangan itu sering bermain-main di pikirannya bahkan sampai saat ini ibu ini tidak berubah sama seperti suaminya.Kedua-duanya sama keras merasa diri benar & sering berantam & tidak ada hari yg tenang dalam keluarga anak tunggal ini.

Keluarga ini orang kristen tapi kehidupan kekristenan tidak pernah ditunjukkan sama skali.Sampai saat ini anak tunggal keluarga ini tidak bisa mencapai impian nya yaitu mau bekerja karena dipaksa kuliah meski anak ini tidak mau,Walhal anak ini sudah masuk usia belia.

Kesimpulan dari kisah ini adalah dalam sebuah keluarga,seseorang itu harus memahami kehendak anak belianya & apabila seorang anak sudah merasakan kepahitan sewaktu kecilnya,bisa saja hubungan antara anak & ortu retak.Seorang anak kalo dipaksa kuliah tapi pilihannya adalah bekerja,mustinya ortu harus paham kehendaknya karena kalo dipaksa berkali-kali tapi tetap tidak mau,tiada gunanya.

Sebagai tambahan disini,kebetulan juga si anak tunggal ini tidaklah begitu cemerlang dari segi akademik tapi kalo bekerja dia bisa.

Mungkin situasi seperti ini jarang berlaku dalam setiap keluarga karena masing2 mengutamakan kasih sayang dalam keluarga.Ortu bisa saja mengajar anak2 tapi tidak terlalu keras seperti kisah di atas.

Bagi pendapat saya,kalo anak tunggal ini mau bekerja,sebagai ortu perlu diberi peluang agar bisa merasa sendiri suasana bekerja.Memang pada dasarnya,bekerja itu bagus karena tidak perlu mengharapkan ortu beri apa2,sendiri bisa dapatkan sesuatu utk diri sendiri/jika perlu bisa juga titipkan sesuatu buat orang tersayang.Saya dapat bayangkan jika anak ini lari dari ortunya pasti tidak akan kembali lagi.

Untung saja si anak tunggal ingat Tuhan,kalo tidak sudah lama pergi.Ingin saya ingatkan di sini bahwa paksaan bukanlah sifat kristen melainkan sabar & memberi peluang.Memang ada yg akademiknya lemah tapi sama2 manusia juga & masing2 mempunyai keupayaan yg berbeda-beda.

__________________

geadley

guestx's picture

ada waktu untuk memaksa, ada waktu untuk membiarkan

gw paling anti dengan pemaksaan anak, tp ada kalanya seorang anak perlu dipaksa ketika dia tidak tahu apa yang dilakukannya

gw paling anti dengan pemanjaan anak, tp ada kalanya satu-satunya yang dibutuhkan seorang anak pada suatu saat adalah perlakuan yang membuatnya merasa dianggap, disayang dan diterima

menurut gw, menjadi manusia - entah itu sebagai anak, sebagai orang tua, atau sebagai apa pun - perlu tahu setidak-tidaknya tiga hal :

  • tahu apa yang baik bagi diri sendiri dan berupaya melakukannya
  • tahu apa yang baik bagi orang lain dan berupaya melakukannya
  • tahu apa yang diinginkan Tuhan dan berupaya melakukan kehendakNya

menjadi orang tua perlu belajar, agar tahu cara menjadi orang tua

kebanyakan yg gw temui, anak-anak hancur karena dikerasi/dipaksa atau dilembuti/dibiarkan pada saat dan dengan cara yang tak tepat

kalau sudah tamat belajar tentang bgmn jadi orang tua, maka akan tahu memutuskan kapan harus maksa dan bagaimana caranya, kapan harus membiarkan dan bagaimana caranya

kalaupun belum tamat tapi mau belajar terus, maka keputusan-keputusan tentang memaksa dan membiarkan itu akan lebih cerdas, tidak dibuat sembarangan atau hanya mau cari gampangnya bg orang-tua saja

__________________

------- XXX -------

Geadley Lian's picture

juga

Gw juga tidak suka pemaksaan kalo tidak mau sesuatu & terlalu berlembutan juga tidak enak,tapi kalo seorang anak kecil dipaksa makan itu soal biasa,bisa saja dengan berlembut spy mau.

Kepedihan yg dirasai waktu kecil pada dasarnya tidak mudah dilupakan hari demi hari seiring tahun.Itu pasti saja akan menimbulkan ketidaksenangan dalam hati.

Tapi persoalan itu hanya mudah dilupain saat berkomunikasi dengan temen2 terdekat & yg terutama adalah Yesus.Tapi keberadaan manusia ini ya,tidak bisa ikut perintah alkitab 100%.

__________________

geadley